cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: Oktober 2019" : 10 Documents clear
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI SISWA KELAS III SD INPRES PACCERAKANG KOTA MAKASSAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA INDONESIA Ummu Khaltsum
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.974 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi siswa dalam pembelajaran membacabahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dalam bentukpersentase. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dipaparkan suatu kesimpulan bahwamotivasi siswa kelas III SD Inpres Paccerakang kota Makassardalam pembelajaran membacapada dasarnya dibagi atas dua bagian yaitu: motivasi yang bersifat eksternal dan motivasi yangbersifat internal. Motivasi siswa yang bersifat internal dalam aktivitas pembelajaran membacamasih tergolong rendah. Siswa III SD Inpres Paccerakang kota Makassar pada umumnya belummemiliki kesadaran yang mendalam dalam pembelajaran membaca. Siswa belum memahamipentingnya membaca dalam kehidupan manusia. Siswa lebih berminat dalam aktivitasmenggambar daripada membaca buku pelajaran.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES MARISO II KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR Syarifah Aeni Rahman
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.26 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model ARIAS di kelas IV serta mengetahuiperbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model ARIAS dan kelompokkontrol menggunakan metode konvensional matapelajaran IPS di kelas IV diSD Inpres Mariso II. JenisPenelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi EksperimentalResearch. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS yaitu mengaktifkan siswa karena serangkaianlangkah-langkah pembelajaran ini betul-betul melibatkan pengalaman nyata siswa, kepuasan karena dalampembelajaran diberikan penguatan serta rasa percaya diri pada siswa. Selain itu,terdapat perbedaan yangsignifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen menggunakan model ARIASdan hasil belajarkelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional, dimana hasil belajar kelompok eksperimenjauh lebih tinggi.
PENINGKATKAN PARTISIPASI MELALUI MODEL PBL BERBANTU MEDIA KARTU MASALAH KELAS IV TEMA 8 SEKOLAH DASAR Arwin Elfani Fitriana; Sri Harmianto; Okto Wijayanti
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.148 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2476

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan partisipasi belajar siswa melalui model pembelajaran Probem Based Learning (PBL) berbantumedia kartu masalah. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap antara lai tahap perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatilawangyang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulandata yang digunakan adalah lembar observasi partisiasi siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembarobservasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi siswa. Hasil peningkatan terjadi pada setiap siklusnya.Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantu media kartu masalah dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada tema 8 Daerah TempatTinggalku di kelas IV SD Negeri 2 Jatilawang, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara. Hasil observasipartisipasi siswa pada siklus I yaitu 2,57, presentase ketuntasan 12,9% dengan kriteria kurang baikmeningkat pada siklus II menjadi 3,52, presentase ketuntasan 74,19% dengan kriteria baik. Presentaseketuntasan partisipasi belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan dengankriteria baik dan meningkat.Kata Kunci: Partisipasi; PBL; Kartu masalah. The background of this research was caused of the low of student's learning participation. The aim of this research is toimprove students' learning participation through pbl model with media problem card at grade IV Theme 8. Thisresearch was implemented through some steps that weree planning, implementing, observing and reflecting step. Thesubject of this research was students at grade IV in elementary school 2 jatilawang with total numbers 31 studentsconsist of 14 men and 17 women. The instruments of collecting data were students' participation observation sheet,teacher's activity observation sheet, students' activity observation sheet and students evaluation sheet. The result of theimprovements happened in each cycle. This improvement showed that the use of problem based learning method withmedia problem card could improve students' learning participation in theme 8 Tempat Tinggalku in class VIElementary school 2 Jatilawang, Wanayasa, banjarnegara. The result of the observation improved in cycle 11 became3,52, percentage completeness 74,19 % in good criterion. The students learning participation percentage completenesshas reached the indicator of success that has specified in good criterion and improvement.Keywords: Participation, PBL, Problem Card
PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SOSIODRAMA BERBASIS “ATONG” PADA TEMA 8 DI KELAS IV SD NEGERI 1 LIMPAKUWUS Aji Heru Muslim
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.21 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa pada Tema 8 di kelas IV SD Negeri 1 Limpakuwus dengan menggunakan pembelajaran Sosiodrama berbasis  ATONG. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain PTK Arikunto. Obyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 30 anak yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrument tes dan non tes. Instrument tes terdiri dari tes tertulis dalam bentuk uraian  yang dilakukan pada setiap akhir pertemuan. Sedangkan instrument non tes terdiri dari observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada Siklus I Pertemuan 1 dan 2 yaitu 50% dan 63% dan pada siklus II pertemun 3 dan 4 diperoleh ketuntasan klasikal yaitu 83% dan 93%. Sikap kerjasama siswa diperoleh skor pada siklus I yaitu 69 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh skor yaitu 88 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran sosiodrama berbasis ATONG siswa kelas IV SD Negeri 1 Limpakuwus.
PENINGKATAN KERJASAMA BELAJAR MELALUI MODEL TEST-TAKING TEAMS BERBANTU MULTIMEDIA POWERPOINT TEMA 8 DI SEKOLAH DASAR Rahma Nur Izza
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.767 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama peserta didik pada Tema 8 “Daerah TempatTinggalku” di Kelas IV SDN 02 Bumiayu dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif teknik Test-Taking Teams berbantuan multimedia powerpoint. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasyang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Obyek penelitian ini yaitu pesertadidik kelas IV yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 23 peserta didik laki-laki dan 13 pesertadidik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrumen tes dan non-tes.Hasil observasi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa sikap kerjasamapeserta didik mengalami peningkatan, pada sikap kerjasama peserta didik siklus I memperoleh nilaipersentase sebesar 62,1% menjadi 93,05% di akhir siklus II dengan kriteria sangat baik. Persentasekerjasama peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu dengan kriteriabaik dan meningkat. This research aims to enhance the students teamwork in the theme 8 “Area Where I Lived” in class IV ElementarySchool 2 Bumiayu using collaborative learning techniques Test-Taking Teams assisted by multimedia Powerpoint. Thistype of research is a class action research consisting of 2 cycles and each cycle consists of 2 times meeting. The researchobject is class IV students which consists of 36 students consisting of 23 male learners and 13 female learners. Theinstruments used in data collection include test and non-test instruments. The results of the observation on cycle I andcycle II study showed that the cooperation of learners increased, in cooperation cycle I gained a percentage value of6.21% to 93.05% at the end of cycle II with criteria Excellent. The percentage of student cooperation has reached adetermined success indicator with good criteria and increases.Keywords: Teamwork; Collaborative Learning; Test-Taking Technique; Powerpoint Multimedia
PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VCT GEJALA KONTINUM TEMA 8 DI KELAS V SEKOLAH DASAR Desi Kusuma Wardhani; Sri Muryaningsih
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.469 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2478

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap toleransi siswa tema 8 lingkungan sahabat kitadi kelas V SD Negeri I Lumbir dengan menggunakan model pembelajaran VCT Gejala Kontinum.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiridari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 8siswa laki-laki. Instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi instrument tesdan non tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi sikap toleransi siswa, lembarobservasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa Analisis data yang digunakan terdiri darianalisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai persentase sikaptoleransi siswa pada Siklus I sebesar 61,4% dengan kriteria baik dan Siklus II diperoleh skor sebesar 81,4%dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan yaitu adanyapeningkatan sikap toleransi siswamenggunakan model pembelajaran VCT Gejala Kontinum di kelas V SDNegeri I Lumbir
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AKTIVITAS HOT PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SD I Ketut Supadma; Ni Nyoman Kusmariyatni; I Gede Margunayasa
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.011 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas Higher Order Thinking (HOT). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru dan 2 orang dosen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran adalah lembar penelitian menggunakan rating scale berupa lembar penilaian perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas HOT, (2) produk ini telah divalidasi dengan skor rata-rata silabus sebesar 4,75 dengan kualifikasi sangat baik, skor rata-rata RPP keseluruhan sebesar 4,70 dengan kualifikasi sangat baik, dan skor rata-rata LKPD keseluruhan sebesar 4,70 dengan kualifikasi sangat baik.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Dina Dahliana; Nike Sri Setiawati; Taufina Taufina
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.281 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2211

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 10 Lambung Bukit Kecamatan Pauh, Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan rancangan The Static Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester II SD Negeri 10 Lambung Bukit Kecamatan Pauh yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 47 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pengujian terhadap data dari kelas sampel yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan thitung= 2,464 dan ttabel= 1,677 dengan db= 47 (n1+n2–2=24+25-2=47) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitungttabel(2,464 1,677)  maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan kesimpulan  bahwa “hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan saintifik lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 10 Lambung Bukit Kecamatan Pauh”.
EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA dwi winarti; Rahyu Setiani
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.88 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan media Pop Up Book padapembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Jepun. Menggunakanpendekatan kuantitatifdengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dan desain NonequivalentControl Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Jepun yangterdiridari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 68 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 2sampel secara random yaitu dimana kelas A sebagai kelas exsperimen yang berjumlah sebanyak 34 siswadan satu kelas yaitu kelas B yang berjumlah sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun Teknik dalampengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi dan metodetes. Berdasarkanhasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai derajat kebebeasan (df) N-2 sebesar 38. Hasil yangdiperoleh untuk ttabelsebesar 2,024 dan thitungsebesar 10,633. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karenanilaithitungttabel(10,633 2,024) dan signifikan 0,000 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehinggadapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan efektivitas media pembelajaran Pop Up Book padapembelajaran cooperatiftipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Jepun
IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR QUR’ANI AL-IKHLASH RAPPANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG Jumiati Lanta; Lababa Riana
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2: Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v2i2.2229

Abstract

This research aim to  description: 1) how profile elementary school Qur’ani Al- Ikhlas Rappang (Sidenreg Rappang Regency), and 2) reinforcement of  Implementation education character at elementary school Qur’ani Al- Ikhlas Rappang (Sidenreng Rappang Regency). This research it was descriptive kualitative research  through case study. The data resources were; head master, teachers, Parents, and pupil of elemntary school Qur’ani Al-Ikhlas Rappang. Technique collecting data by using observation, intervew and documentation. Data analysis by using Milles Huberman technique was covered; data reduction, provided data, verification data. To make validitatioan data, the research was  used  triangulasi sources and triangulasi method. The research result showed that was; 1) elementary school Qur’ani Al- Ikhlash Rappang was one of the basic  Islamic private elemntary  school, located in Rappang, Distric pancarijang, Sidenreng Rappang regency, south sulawasi , Indonesia. This school was builded in 2014 as collabaration Wahdaislamiyah Sidenreng Rappang Regency with inhabitants, and parents of the students. This institute was overation by fullday school system and have point of view “ bertauhid dan berprestasi”; 2) Implementation education character elemntary school Qur’ani Al-Ikhlash Rappang implemnted through culture and school system as well as; best attitude, education, makes good condition, good suggest, good communication, 9K concep (kerapian, kebersihan, ketertiban, kesopanan, keindahan, kerindangan, kedisiplinan, keimanan, dan ketaqwaan). The aplication of education charakter  through cleaning around school with self awarness. Everyday, teachers showed attitude to keep clean around the school, as well as students have become accustomed to cleaned their class  without command.

Page 1 of 1 | Total Record : 10