cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2022): Juli" : 15 Documents clear
Model Pembelajaran Problem Based Instruction(PBI) Terhadap Hasil Belajar Servis Pendek Bulutangkis Pada Peserta Didik Kelas XI MA Feri Kurniawan
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.41836

Abstract

Kemampuan servis permainan bulutangkis peserta didik kelas X MA Mazra’atul Ulum Paciran tahun pelajaran 2019/2020 Masih belum baik Hal ini terbukti dengan Hasil servis bulutangkis Yang dilakukan, yaitu pada pembelajaran tahun 2019 dengan nilai rata-rata 60,20 atau dalam persentase sebesar 35,71%, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau mendapat nilai ≥ 70 hanya mencapai 10,71%. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Peneliti melakukan penelitian di MA Mazra’atul Ulum Paciran dengan sampel peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 25 orang dan kegiatan penelitian dimulai pada tanggal 21 September 2021-12 Oktober 2021 yang dilakukan secara Luring atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan penelitian ini terdiri dari pre-test pengetahuan, pre-test keterampilan, pemberian tindakan 6 kali tatap muka, post-test pengetahuan dan pos- test keterampilan. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata pre-test pengetahuan sebesar 33,52 dan nilai post-test pengetahuan sebesar 51,28 sedangkan nilai pre-test keterampilan sebesar 7,32 dan nilai rata-rata post-test sebesar 10,08. Dari hasil tersebut terdapat kenaikan nilai hasil belajar peserta didik yang dapat dikatakan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan yaitu model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar servis pendek bulutangkis peserta didik kelas XI.
Media Pembelajaran Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas VII I Made Gelgel Jani; Wahjoedi Wahjoedi Wahjoedi; Ni Putu Dwi Sucita Dartini
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.43085

Abstract

Pendidik PJOK tidak menguasai materi yang diajarkan  kepada peserta didik salah satunya yaitu sepak bola. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menciptakan  media pembelajaran teknik dasar passing sepakbola berbentuk video.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif adalah teknik analisis data yang digunakan. Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu dalam bentuk video tutorial yang berisikan materi tentang pengertian teknik dasar passing sepakbola dan cara melakukan teknik dasar passing sepakbola dengan kaki bagian dalam. Berdasarkan tanggapan ahli isi mata pelajaran menunjukkan bahwa video tutorial teknik dasar passing sepakbola kaki bagian dalam memperoleh persentase 92% pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli media pembelajaran memperoleh persentase 94% berada pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 78% berada pada kualifikasi baik,Tanggapan praktisi lapangan memperoleh persentase 92% berada pada kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sepakbola layak digunakan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Media pembelajaran ini diharapkan mampu untuk menjawab permasalahan di atas atau permasalahan yang ada yang menggunakan model ADDIE. Hal itu dilakukan untuk menyempurnakan media pembelajaran yang di buat agar menarik dan layak digunakan.
Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket I K. G. Wira Artika; I PT. Darmayasa; Ni PT. Dwi Sucita Dartini
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.43109

Abstract

Aktivitas pada saat menerima pembelajaran teknik dasar shooting bola basket (shooting dengan satu tangan dan shooting dengan dua tangan) masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis video toturial dengan model ADDIE materi Teknik dasar shooting bola basket. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini ada 4 (empat) para ahli yaitu: ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli isi /materi pembelajaran, dan praktisi lapangan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pencatatan dokumen, angket atau kuesioner. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk Deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan ahli media pembelajaran dengan presentase 86% berada pada kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran dengan presentase 82% berada pada kualifikasi baik,  ahli isi/materi pembelajaran dengan presentase 82% berada pada kualifikasi baik, dan ahli praktisi lapangan dengan presentase 84% berada pada kualifikasi baik. Bagi peserta didik, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan Peserta didik lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Guru, siswa dan sekolah untuk menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial model ADDIE dalam melaksanakan pembelajaran.
Kendala Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IX SMP Komang Apriyani; I Wayan Artanayasa; I Ketut Semarayasa
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.43809

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kendala dalam pembelajaran daring PJOK bagi peserta didik di SMP. Banyak guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pembelajaran pendidikan jasmani kurang kreatif sehingga akan berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran yang tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kendala peserta didik dalam pembelajaran daring pjok pada masa pandemi covid-19 kelas IX SMP. Jenis penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei menggunakan angket atau kuisioner yang diberikan kepada peserta didik. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persentase rata-rata skor kendala dalam pembelajaran PJOK pada masing-masing aspek, yaitu aspek manusiawi sebesar 74,62%, aspek material sebesar 72,69%, aspek fasilitas perlengkapan sebesar 78,67%, dan aspek prosedur sebesar 73,66%. Simpulan menunjukkan peserta didik memiliki kendala yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi covid-19 di kelas IX SMP. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu mengatasi kendala peserta didik dalam pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi covid-19.
Hubungan Antara Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kecemasan Winda Irna Oktaviana; Wahyu Indra Bayu; Herri Yusfi
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.44115

Abstract

Dampak dari social distancing yang mengakibatkan mereka harus belajar melalui daring atau dalam jaringan, rata-rata peserta didik ini berumur 14-17 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif serta menggunakan rancangan korelasi atau corellation. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik SMK. Sampel pada penelitian ini dimbil secara acak yaitu kelas 10 dan 11 berjumlah 348 orang peserta didik. Instrumen pada penelitian menggunakan kuisioner international physical activity quesionaire (IPAQ) untuk aktivitas fisik dan kuesioner depression anxiety stress scale (DASS42) untuk tingkat kecemasan. Teknik analisis data diolah dengan peprsentase dan uji chi-square menggunakan bantuan komputer pada program exel dan SPSS 22. Berdasarkan analisis persentase data yang diperoleh yakni untuk aktivitas fisik diperoleh persentase 11% berjumlah 38 orang peserta didik dengan kategori rendah, 40% berjumlah 138 orang peserta didik dengan kategori sedang, dan 49% berjumlah 172 orang peserta didik dengan kategori tinggi. Untuk hasil tingkat kecemasan 49% berjumlah 170 orang peserta didik dengan kategori normal, 9% berjumlah 31 orang peserta didik dengan kategori ringan, 20% berjumlah 60 orang peserta didik kategori sedang, 19% berjumlah 65 orang peserta didik dengan kategori parah, dan 4% berjumlah 14 orang peserta didik dengan kategori sangat parah. Hasil teknik analisis pada uji chi-square yaitu nilai signifikansi=0,147 yaitu lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Penerapan dari penelitian ini yaitu bahwa saja aktivitas fisik tidak ada hubungan dengan tingkat kecemasn pada peserta didik SMK.
COVID-19 Health Protocols in BRI Liga 1: A Case Report Arif Wicaksono; Alfan Nur Asyhar
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.44341

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pandemic had changed daily life activities including sport. Sport event usually gathered many people in sport venue that can became disease transmission.  Sport events were cancelled and stop because of pandemic so did soccer. Professional athletes, teams, stakeholders, and nation worldwide were trying to restart the soccer competition in strict COVID-19 health protocols. Indonesian soccer competition known as BRI Liga 1 held a competition in strict COVID-19 health protocols during pandemic era. All people involved in competition should had fully vaccinated, follow bubble system, use face mask, use hand sanitizer, maintain distancing, and undergo COVID-19 test series. As many as 18 teams, 900 subjects were observed during 25 August 2021 to 3 October 2021. Six thousands and three hundreds PCR test and 5,400 antigen test undertaken during observation period. Health protocols used to prevent transmission and cluster caused by the competition. All athletes and team officials obey the COVID-19 health protocols resulted by no COVID-19 case in the time of observation. Soccer competition can be held in   pandemic era using strict health protocols and can be a pilot to other sports.
Image Destination Tuan Rumah PON: Apakah Ada Hubungan dengan Sikap dan Kemungkinan Berkunjung Lagi? Tri Setyo Guntoro; Wahyu Indra Bayu; Soleh Solahuddin; Evi Sinaga; Rodhi Rusdianto Hidayat; Friska Sari Gracia Sinaga; Miftah Fariz Prima Putra
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.45323

Abstract

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang olahraga terbesar nasional. Namun begitu, kajian tentang bagaimana image destination tuan rumah PON belum pernah dilakukan. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis image destination yang ada di Papua selaku tuan rumah PON ke-XX. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional digunakan dalam penelitian ini. Terdapat tiga instrumen yang digunakan dalam riset ini yaitu Scale of Destination Image (SDI), Attitude toward Revisit (AR), dan Revisit Intention (RI). Data penelitian diambil di empat cluster tempat penyelenggara PON ke-XX. Data penelitian dikumpulkan dengan memadukan dua cara yaitu offline dan online. Berdasarkan 230 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini dengan rentang usia 16 - 57 tahun (M = 23,56; SD = 5,70). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dan korelasi dengan memanfaatkan bantuan program IBM SPSS v.26. Hasil penelitian menemukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara image destination dan sikap serta keinginan untuk mengunjungi kembali Papua. Penelitian selanjutnya dapat mengobservasi lebih lanjut pengaruh faktor biaya, serta faktor-faktor lain yang berkaitan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Papua.
Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Kelas X SMA Putu Sri Astini; I Nyoman Kanca; I Ketut Semarayasa
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.46726

Abstract

Kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK pada materi teknik dasar passing bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran hybrid learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non-randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA yaitu terdiri dari 250 orang peserta didik dan dibagi menjadi 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X-IBB 1 sebagai kelompok eksperimen dan X-IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,504 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,333. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,000 yaitu p kurang dari 0,05. Hasil penelitian model pembelajaran hybrid berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada peserta didik kelas X. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran hybrid karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada peserta didik.
Faktor Sosioekonomi dan Tingkat Aktivitas Fisik Remaja pada Masa Pandemi COVID-19: Studi pada Siswa SMK Salmi; Thesa Dwi Markuri
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.44958

Abstract

Penerapan pembatasan fisik selama pandemi COVID-19 dalam dunia pendidikan berdampak pada pengurangan jam belajar di sekolah bahkan pengalihan kegiatan sepenuhnya dari rumah. Hal ini dapat mendorong penurunan tingkat aktivitas fisik remaja usia sekolah menengah atas.  Penelitian ini bertujuan untuk faktor sosioekonomi dan tingkat aktivitas fisik remaja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian merupakan studi deskriptif yang melibatkan 76 orang remaja berusia 16-19 yang merupakan siswa SMK dan memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Faktor aktivitas fisik berupa keterlibatan dalam pekerjaan orang tua dan cara berangkat ke sekolah diamati pada penelitian ini. Aktivitas fisik responden selama 7 hari diukur dengan Global Physical activity Questionnare (GPAQ) untuk melihat gambaran aktivitas fisik responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki orang tua dengan pekerjaan petani dan menjadi lebih sering terlibat dalam membantu pekerjaan orang tua pada masa pandemi COVID-19. Hasil pengukuran aktivitas fisik menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki aktivitas fisik pada level sedang. Adanya peningkatan intensitas membantu pekerjaan orang tua diduga mengkompensasi penurunan aktivitas fisik akibat kebijakan belajar dari rumah yang diterapkan  pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Aktivitas fisik sangat penting dalam managemen indeks massa tubuh untuk mencegah berbagai penyakit terutama penyakit kardiometabolik.
Konstruksi Tes Ketepatan Forehand topspin Pada Cabang Olahraga Tenis Meja Erwin Dwi Meilinda; Indra Safari; Adang Sudrazat
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 10 No. 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v10i2.49882

Abstract

Perkembangan tenis meja kurang memiliki minat sehingga memiliki minat sehingga sulit menemukan atlet yang berkarakter di dalam permainan tenis meja. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menciptakan kontruksi tes ketepatan forehand topspin pada cabang olahraga tenis meja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Sampel diambil menggunakan purposive sampling. Jumlah subjek penelitian sebanyak 50 orang. Prosedur penelititian terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji skala kecil hasil uji validitas menunjukkan nilai r hitung lebih dari r table (0,44), selanjutnya pada uji validitas skala besar nilai r hitung lebih dari r table maka data dinyatakan Valid. Tahap selanjutnya pada uji reliabilitas skala kecil nilai 0,630 lebih dari 0,60. Sedangkan pada uji reliabilitas skala besar nilai 0,643 lebih dari 0,60 maka data dapat dinyatakan reliabel. Simpulan dari penelitian ini adalah kontruksi tes ketepatan forehand topspin tenis meja dapat digunakan karena sudah dinyatakan valid dan reliabel.

Page 1 of 2 | Total Record : 15