cover
Contact Name
Anyan
Contact Email
anyanright@stkippersada.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
munnawar.thoha99@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/index
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)
ISSN : 26571528     EISSN : 25410938     DOI : 10.31932
JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun elektronik
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI" : 7 Documents clear
MODAL SOSIAL SEBAGAI SUATU ASPEK DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Sabinus Beni; Blasius Manggu; Sensusiana Sensusiana
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.544 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v3i1.155

Abstract

Credit Union (CU) merupakan bagian dari Koperasi Simpan Pinjam, dimana CU bernaung dibawah Induk Koperasi Kredit (Inkopdit). Pada tahun 1852 dan 1864 koperasi ini kemudian dikembangkan oleh Herman Schulze Delitzsch dan Friedrich Wilhelm Raiffeisen menjadi Credit Union (CU).Pada tahun 1975 mulai diperkenalkan Credit Union ke Kalimantan Barat oleh CUCO Indonesia (Credit Union Counselling Office) yang berpusat di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif bertujuan menjelaskan modal sosial sebagai suatu aspek dalam rangka pemberdayaan masyarakat di dalam Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo serta usaha mereka dalam memberdayakan para anggotanya. Penelitian ini dilaksanakan pada Credit Union Bonaventura Tempat Pelayanan Ledo, dengan waktu penelitian mulai bulan Januari 2017 sampai bulan Desember 2017. Populasi target penelitian adalah anggota, calon anggota, masyarakat umum, pengurus, dan manajemen Credit Union Bonaventura TP Ledo. Teknikdalammenentukansumber data primer atau informan adalah purposive sampling melalui key person. Kata Kunci: Credit Union, Modal Sosial, Pemberdayaan Masyarakat
PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 6 NANGA PINOH Yayan Kristiani; Dessy Triana Relita; Munawar Thoharudin
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.388 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v3i1.153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Aktif Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa materi interaksi sebagai proses sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian eksperimen berjumlah 23 orang dan kelas control 25 orang. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa pretest dan postest yang di dapat dari tes uji berbentuk esay. Analisis data menggunakan uji-t, Hasil dari uji hipotesis diperoleh hasil posttest diketahui bahwa nilai thitung adalah 3,16 sedangkan nilai ttabel pada α = 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 23 + 25 - 2 = 46, adalah 2,021. Hal ini berarti nilai thitung> ttabel yaitu 3,20> 2,021 maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Active Learning Tipe Team Quiz dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada interaksi sebagai proses sosialKata kunci: Active Learning Tipe Team Quiz , Hasil Belajar
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMP KARYA SEKADAU Magdalena Magdalena; Yunita Astikawati
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.235 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v3i1.157

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui penggunaan media audio visual di kelas X SMA Karya Sekadau. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X dan guru mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media audio visual dalam pelajaran ekonomi mampu menarik perhatian siswa dalam belajar dan dapat memberikan motivasi belajar dan kemudahan kepada siswa untuk memahami materi yang disampaikan guru, dengan cara guru menampilkan video motivasi dan video pembelajaran yang, serta melalui penyajian microsoftpowerpoint yang berkaitan dengan materi yang dibahas. Faktor pendukung penggunaan media audio visual sangat membantu guru dalam penyampaian materi, terjangkau dalam pembiayaan, mudah digunakan dan menarik bagi siswa, dapat didesain sendiri, dan fasilitas media audio visual sudah tersedia di setiap kelas. Faktor penghambat penggunaan adalah apabila Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak beroperasi yang mengakibatkan tidak adanya sumber energi listrik. Respon siswa terhadap penggunaan media audio visual dalam kegiatan pembelajaran sangat positif. Kata kunci: Media Audio Visual dan Pelajaran Ekonomi
ANALISIS SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 02 TEMPUNAK Masardi Duat Umpang; Munawar Thoharudin
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.032 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v3i1.161

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana dan  faktor apa yang mempengaruhi Sikap Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 02 Tempunak. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dari 77 siswa kelas VIII SMP Negeri 02, guru bidang studi dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan meliputi observasi, wawancara. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi guru dan siswa, lembar wawancara siswa, guru, dan orang tua siswa. Teknik analisis data:1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh:1) sikap belajar siswa , 2) Faktor sikap belajar siswa, faktor interen, adanya kesadaran dari dalam diri untuk lebih rajin lagi belajar, faktor ekstern, adanya dukukungan dari orang tua berupa motivasi, bimbingan, dan menyediakan fasilitas senyaman mungkin untuk siswa belajar; 3) Upaya guru dalam meningkatkan perstasi belajar siswa, membuat suasana kelas terasa nyaman, memotivasi, dan membimbing siswaKata Kunci: Sikap Belajar Siswa, IPS Terpadu 
PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN ENDE Sirilus Sirhi
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.008 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v3i1.154

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah: Pertama, untuk mendeskripsikan variabel motivasi kerja dan disiplin kerja dan kinerja guru SMA Muhammadiyah Ende, NTT. Kedua, untuk menganalisis dampak dari variabel motivasi kerja dan disiplin kerja dan kinerja guru, ketiga untuk menganalisis antara motivasi keja dan disiplin kerja. memberi efek menonjol dalam kinerja guru SMA Muhammadiyah Ende, NTT. Untuk menyelidiki pengaruh dari variabel motivasi kerja (XI) disiplin guru (X2) untuk meningkatkan kinerja guru (Y) motivasi kerja (XI) memberikan pengaruh terhadap variabel kinerja guru (Y), peneliti menggunakan teknik analisis korelasi product moment, metode cronbach alpha, analisis regresi linier ganda, F test dan t test, dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama variabel motivasi (XI) dan disiplin guru (X2) terdapat pengaruh dengan peningkatan kinerja guru secara serentak positif dan efek signifikan dan efek partial (orang-orang). Kedua variabel motivasi kerja (XI) memiliki pengaruh terhadap sifat dari peningkatan kinerja guru SMA Muhammadiyah Ende Flores NTTKata kunci: Motivasi Kerja, Disiplin Guru, Kinerja Guru
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TAKE AND GIVE SMP NEGERI 1 KETUNGAU HILIR Seli Marselina; Yulia Suriyanti; Avelius Dominggus Sore
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.796 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v3i1.159

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu pokok bahasan pelaku ekonomi menggunakan model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Ketungau Hilir. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB dengan jumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa pada siklus I, yaitu rata-rata nilai kelas 62,43 dan ketuntasan klasikal mencapai 62,96%. Sedangkan hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa sudah berada pada kategori BAIK. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan lebih baik dari pada siklus I. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai siswa mencapai 72 untuk rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal 88,57%. Sedangkan hasil observasiberada pada kategori SANGAT BAIK. Dengan demikian, upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model take and give pada materi pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian indonesia kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ketungau Hilir Tahun Pelajaran 2017/2018 dinyatakan berhasil.Kata Kunci: Take and Give, Hasil Belajar
PENGARUH FAKTOR INTERN DAN FAKTOR EKSTERN TERHADAP KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI I Anna Marganingsih
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.49 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v3i1.156

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi. Pendidikan Ekonomi berjumlah 31 mahasiswa yang sekaligus sebagai populasi dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini meliputi Faktor Intern (X1) terdiri dari kondisi kesehatan, minat, motivasi dan kebiasaan belajar, dan Faktor Ekstern (X2) terdiri dari lingkungan kampus, keluarga dan masyarakat, dan Kesulitan Belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I (Y). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi hasil tugas terstruktur pada tengah semester pertama dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan faktor intern dan faktor ekstern berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I. Kata Kunci: Faktor Intern, Faktor Ekstern, Kesulitan Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 7