cover
Contact Name
Zulfan
Contact Email
zulfanzainal@serambimekkah.ac.id
Phone
+6281360353540
Journal Mail Official
jnkti@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Gedung H Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Jl. T. Imum Lueng Bata , Telp. (0651)26160 Batoh – Banda Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi
ISSN : 26208342     EISSN : 26213052     DOI : https://doi.org/10.32672/jnkti.v4i6
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah tahun 2018. Jurnal ini terbit sebanyak enam edisi dalam satu tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember baik cetak (P-ISSN : 2620-8342) dan online (E-ISSN: 2621-3052). Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan bidang Komputer dan Teknologi Informasi dengan scope Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Elektronika dan Sistem Kontrol, Multimedia dan Pengolahan Citrat Digital serta bidang lainnya yang relevan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2023): Oktober 2023" : 4 Documents clear
Perancangan Aplikasi Pendaftaran Online Rawat Jalan Berbasis Web Pada Rumah Sakit Umum Rachmi Dewi Arfani Zarrodin; Henny Dwi Bhakti
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 6, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v6i5.6836

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi pendaftaran rawat jalan berbasis website di Rumah Sakit Umum Rachmi Dewi. Metode Waterfall digunakan dalam penelitian ini, karena metode ini umumnya digunakan dalam pengembangan sistem perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pendaftaran rawat jalan online yang diakses melalui website. Pengujian menggunakan metode black box telah dilakukan terhadap semua input dan fitur aplikasi, dan hasilnya sesuai dengan perancangan dan harapan. Diharapkan bahwa aplikasi ini akan mempermudah proses pendaftaran pasien rawat jalan, menghemat waktu pasien dan karyawan, serta mengurangi waktu antrian.Kata kunci: Aplikasi, Pendaftaran Online Rumah Sakit, Website, WaterfallAbstract - This research aims to design and develop a website-based outpatient registration application at Rachmi Dewi General Hospital. The Waterfall method is used in this research because this method is generally used in software system development. The result of this research is an online outpatient registration application that is accessed via the website. Testing using the black box method has been carried out on all input and application features, and the results are to the design and expectations. Hopefully, this application will simplify the outpatient registration process, save time for patients and employees, and reduce queue times.Keywords: Application, Hospital Online Registration, Website, Waterfall
Pembuatan Game Kuis Fiqih Dengan Menggunakan Construct 3 Di MA Sukamiskin Ambi Nur Akbar; Asti Herliana
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 6, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v6i5.6676

Abstract

Abstrak - Salah satu sekolah yang mengajarkan fiqih tentang sholat wajib adalah Madrasah Aliyah Sukamiskin meski lembaga ini setara dengan sekolah menengah atas namun pemberajaran tentang tata cara sholat fardu lima waktu masih tetap diberikan hal ini mengingat bahwa adanya fakta remaja sebagian di Indonesia telah terpengaruh oleh budaya barat sehingga penomena malas dalam meningalkan sholat sudah diangap biasa dan masih banyak peserta didik yang sholat fardunya masih bolong bahkan ada yang tidak melaksanakan sholat sama sekali hal ini melainkan kurangnya perhatian orangtua maupun guru di sekolah yang meyababkan kesadaran peserta didik tentang  pentingnya melaksanakan ibadah sholat fardu Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan game edukatif jenis kuis yang berfokus pada “ibadah sholat” berbasis Android menggunakan Construct 3 dengan metode ADDIE. Hasilnya game fiqih tentang sholat cukup membantu proses pembelajaran guru dan siswa sebagai metode pembelajaran metode baru. Game edukatif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran  yang mengembangkan kreativitas anak-anak untuk belajar sambil bermainKata kunci: Game fiqih, Sholat wajib,  Construct 3, Aplikasi Berbasis Android. Abstract - One of the schools that teaches fiqh about obligatory prayers is Madrasah Aliyah Sukamiskin, although this institution is equivalent to a high school, teaching about the procedures for the five daily fardu prayers is still given, given the fact that some teenagers in Indonesia have been influenced by western culture so that the phenomenon laziness in leaving the prayer is considered normal and there are still many students whose fardu prayers are still perforated and some do not even pray at all. developing a quiz-type educational game that focuses on "prayer worship" based on Android using Construct 3 with the ADDIE method. The result is that the fiqh game about prayer is sufficient to help the learning process of teachers and students as a new learning method. This educational game can be used as a learning medium that develops children's creativity to learn while playing.Keywords: Fiqh game, obligatory prayer, Construct 3, Android-based application.
Simulator Instrumen Gitar Berbasis Android di Duff Music Studio Muhammad Yoga Pratama; Erfian Junianto
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 6, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v6i5.6790

Abstract

Abstrak - Memainkan alat musik gitar akan membawa rasa puas bagi para pengunjung studio musik. Mempelajari gitar secara otodidak bagi pemula tidaklah mudah, serta orang-orang yang tidak mempunyai cukup biaya untuk kursus gitar tentu menjadi masalah. Belum lagi harga instrumen gitar yang terbilang cukup mahal bagi para pemula yang hanya ingin bersenang-senang saja memainkan alat musik tersebut. Hal ini membuat pihak studio memiliki kekhawatiran bahwa peralatannya akan cepat rusak jika digunakan oleh pemula yang masih belajar. Dibutuhkan solusi agar seseorang mampu berlatih alat musik gitar secara mandiri. Sehingga ketika datang berkunjung ke studio musik dapat langsung memainkan gitar tanpa ada jeda kekakuan memainkan alat musik tersebut. Model 4D Thiagaraja cukup tepat digunakan pada pembuatan aplikasi multimedia dengan tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi edukatif belajar gitar untuk pemula berbasis Android. Penelitian ini menghasilkan aplikasi dengan fitur suara gitar dan efek strum yang realistis, gaya gitar yang berbeda, serta tombol konten pengguna. Hasil pengujian didapatkan kelayakan aplikasi dalam memberikan fasilitas bagi pengunjung studio yang khususnya masih pemula dalam bermain gitar.Kata kunci: Alat Musik Gitar, Simulator Alat Musik, Aplikasi Berbasis Android, Duff Music Studio. Abstract - Playing a guitar instrument will bring satisfaction to the music studio visitors. Learning guitar self-taught for beginners is not easy, and people who don't have enough money for guitar lessons are certainly a problem. Not to mention the price of the guitar instrument which is quite expensive for beginners who just want to have fun playing the instrument. This makes the studio have concerns that the equipment will be damaged quickly if used by beginners who are still learning. A solution is needed so that someone is able to practice guitar instruments independently. So that when you come to visit the music studio, you can directly play the guitar without a pause in the stiffness of playing the instrument. Thiagaraja's 4D model is quite appropriate to use in making multimedia applications with the aim of this research being to create an educational application for learning guitar for Android-based beginners. This research resulted in an application that features realistic guitar sounds and strum effects, different guitar styles, as well as user content buttons. The test results obtained the feasibility of the application in providing facilities for studio visitors, especially those who are still beginners in playing guitar.Keywords: Guitar Musical Instrument, Musical Instrument Simulator, Android Based Application, Duff Music Studio.
Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Kasir Unit Pelayanan Jasa Toko Raya Computer Berbasis WEB Crisna Rio Pakusadewa; Umi Chotijah
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 6, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v6i5.6815

Abstract

Abstrak - Dalam konteks era digital yang terus berkembang, pengelolaan sistem informasi kasir sangatlah penting untuk mendukung operasional berbagai bisnis, termasuk unit layanan seperti Toko Raya Computer. Sistem informasi kasir yang efektif tidak hanya menyederhanakan proses transaksi, tetapi juga memfasilitasi pengelolaan inventaris yang efisien dan pelacakan penjualan yang akurat. Artikel ini menjelaskan tentang implementasi sistem informasi kasir pada unit pelayanan Toko Raya Computer yang sebelumnya menghadapi permasalahan transaksi manual sehingga memperlambat proses dan mempengaruhi kinerja karyawan. Dengan menerapkan sistem informasi kasir, Toko Raya Komputer berhasil mempercepat proses transaksi dan meningkatkan akurasi data. Sistem ini tidak hanya menyederhanakan transaksi sehari-hari, tetapi juga memberikan kemampuan untuk menghasilkan laporan data yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan strategis dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. Keputusan untuk mengadopsi sistem informasi kasir membantu Toko Raya Computer mengatasi keterbatasan manual dan membuka pintu bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di masa depan.Kata Kunci : Sistem Informasi, Rancangan Pembangunan, Waterfall Abstract - In the context of the ever-growing digital era, cashier information system management is very important to support the operations of various businesses, including service units such as Toko Raya Computer. An effective cashier information system not only simplifies the transaction process, but also facilitates efficient inventory management and accurate sales tracking. This article explains the implementation of a cashier information system at the Toko Raya Computer service unit which previously faced manual transaction problems, which slowed down the process and affected employee performance. By implementing a cashier information system, Toko Raya Computer succeeded in speeding up the transaction process and increasing data accuracy. This system not only simplifies daily transactions, but also provides the ability to generate accurate data reports to support strategic decision making and improve overall operational efficiency. The decision to adopt a cashier information system helped Toko Raya Computer overcome manual limitations and opened the door for sustainable business growth in the future.Keywords: Information System, Development Plan, Waterfall

Page 1 of 1 | Total Record : 4