cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bio-Lectura
ISSN : 2339241X     EISSN : 25982427     DOI : -
Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Biology, and Biology Education.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2014)" : 4 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DALAM MEMPERKIRAKAN URUTAN WARNA POLA MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS Afridawati Afridawati
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v1i1.272

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan hasil belajar Kognitif anaka siswa Taman Kanak-Kanak Mawar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. (2) Meningkatkan aktivitas belajar anak Taman Kanak-Kanak Mawar Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan Metode Demontrasi merupakan metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas terstruktur. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dengan menggunakan metode Demontrasi hasil belajar siswa mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I rerata kelas mencapai 81,32 dengan ketuntasan belajar 100%, lalu meningkat pada siklus II menjadi 87,50 dengan ketuntasan belajar 100 %. (2) Setelah diterapkannya metode Demontrasi dengan tepat maka aktivitas dan prestasi belajar Kognitif pada anak Taman Kanak-Kanak Mawar Tanjung Rambutan dapat meningkat. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dari pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-4 untuk kategori sangat baik (A) diperoleh hasil sebagai berikut : 45,83%; 56,25%; 68,73%; 81,25%; Sedangkan hasil kerja kelompok untuk kategori sangat baik diperoleh hasil sebagai berikut: 33,33%; 44,44%; 55,55%; dan 77,77%.
MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR MENULIS BERBAGAI BENTUK GARIS MELALUI MODEL DEMONSTRASIANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PENYASAWAN TAHUN 2014 Nurhayati Nurhayati
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v1i1.274

Abstract

ABSTRAK : Model pembelajaran demonstrasi adalah model pembelajaran yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar menulis anak kelompok BTaman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Tahun 2014. Data penelitian ini diambil melalui pengamatan/observasi dan tes hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar menulis kelompok B TK Aisyiyah Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Tahun 2014.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA ANTARA KELAS YANG MENERAPKAN PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN KELAS YANG MENERAPKAN PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVE- MENT DIVISION) MENGGUNAKAN HANDOUT Jumiati Jumiati; Lizawati Lizawati
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v1i1.275

Abstract

ABSTRACT: This research aimed to know the comparison of students’achievemeat in biology between class who apply TGT (tournament team games) with a class who apply STAD (student achievement division team) using handouts in the digestive system at VII grade studentsSMPN 19 Pekanbaru.This research was conducted in odd semester, October 2014.The design of the researchwasweak experiment, the static group pretes-posttest Design.The sample wasthe students gradeVIII1 and VIII2. With the member of each class was 35 students.Which taken by simple random sampling. Data were collected, through pretest, posttest, andteacher’s and students’activity sheets.Data were analysed by using independent t-test independent 2sample. The everage ofN-Gain in TGT class was 0.72 (high)and STAD class was 0.42 (middle). There fore, it cau be concluded that there was a differences on student’ learning achievement on class who apply TGT and STAD. Learning model TGT was better tobe used to impore student’s learning achieveman grade VIII SMP Negeri 19 Pekanbaru academic year 2014/2015.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 6 PEKANBARU PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TAHUN AJARAN 2013/2014 Martala Sari; Ermadi Ermadi
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v1i1.276

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 6 Pekanbaru pada materi bioteknologi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan February 2014. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX3 dan IX4 dengan jumlah siswa masing-masing 25 siswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test apabila data berdistribusi normal dan homogen dan U Mann-Whitney apabila data tidak berdistribusi normal atau tidak homogen. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,61, sedangkan pada kelas kontrol 0,44 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 6 Pekanbaru pada materi bioteknologi tahun ajaran 2013/2014.

Page 1 of 1 | Total Record : 4