cover
Contact Name
Irfan Habibie Martanegara
Contact Email
irfanhabibie@uika-bogor.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.tadibuna@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 22525793     EISSN : 26227215     DOI : -
Core Subject : Education,
Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, ISSN: 2252-5793 (Print) 2622-7215 (Electronic) is a journal of Islamic education published twice a year (April-October) on Islamic education with the scope of study are fundamental of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), development of Islamic educational institutions (development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others) as well as studies of the concept of Islamic education (Islamic educational leading figure, Quran sunnah text, and others).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2018)" : 6 Documents clear
Pendidikan Islami dalam Pemikiran Hasan Langgulung Badruzaman Badruzaman; Didin Hafidhuddin; Endin Mujahidin
TA`DIBUNA Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.976 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v7i1.1341

Abstract

Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sukron Muhammad Toha
TA`DIBUNA Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.147 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v7i1.1364

Abstract

Rendahnya kualitas pembelajaran merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan sekarang ini, seperti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada Proses pembelajaran pendidikan agama yang terjadi biasanya bersifat seadanya, formalitas, rutinitas, dan kurang bermakna. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama adalah dengan memperbaiki kualitas pembelajaran, yaitu melalui Metode Active learning. rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran agama Islam dapat meningkatkan pemahaman siswa SDIT Al Hikmah dan serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanakan metode active learning pada siswa SDIT Al Hikmah. Penelitian ini deskripsi pelaksanaan metode active learning untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran agama Islam SDIT Al Hikmah serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode active learning di dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran agama Islam SDIT Al Hikmah. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) dengan sumber data dari siswa, guru PAI, wakil kepala sekolah, kepala sekolah dan pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan pemahaman siswa serta dokumen di SDIT Al Hikmah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan metode active learning mempengaruhi dalam peningkatkan pemahaman siswa kelas SDIT Al Hikmah, sehingga siswa aktif dalam kelas dan dapat memahami pendidikan agama Islam dengan metode yang menarik dan tidak membosankan. Hal tersebut ditandai dengan naiknya nilai siswa secara cukup signifikan. faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode active learning yaitu diskusi kelompok.
Efektivitas Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dede Kusnadi; Nanang Fattah; Adian Husaini; Ruhenda Ruhenda
TA`DIBUNA Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.021 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v7i1.1348

Abstract

Integrasi dalam Sistem Pembelajaran di Pesantren Udi Fakhruddin; Didin Saepudin
TA`DIBUNA Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.609 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v7i1.1355

Abstract

Pendidikan Islam dalam Perspektif Ulama Bugis K.H. Lanre Said Muhammad Zaitun Rasmin
TA`DIBUNA Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.571 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v7i1.1361

Abstract

Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah Makmudi Makmudi; Ahmad Tafsir; Ending Bahruddin; Ahmad Alim
TA`DIBUNA Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.849 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v7i1.1366

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 6