cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
WIDYA LAKSANA
ISSN : 14104369     EISSN : 25496859     DOI : -
Core Subject : Education,
Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and August
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2015)" : 10 Documents clear
PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BUSUNGBIU KABUPATEN BULELENG Ndara Tenggu Rendra
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.206 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9829

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat (P2M) ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi guru SD di Kecamatan Busungbiu dalam menulis karya ilmiah dan (2) meningkatkan kemampuan guru SD di Kecamatan Busungbiu dalam menulis karya ilmiah berupa laporan penelitian. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan melalui pelatihan dengan metode ceramah, tanya jawab, demontrasi, dan latihan (tutorial). Setelah kegiatan pelatihan dilaksanakan monitoring atau evaluasi oleh panitia pelaksanaan untuk melihat dan mendampingi guru dalam penulisan karya ilmiah. Hasi penelitian menunjukkan bahwa bahwa program P2M berlangsung dengan baik dan lancar. Program ini mampu memberi motivasi kepada guru dalam menulis karya ilmiah dan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penelitian serta menulis laporan penelitian. Kendala-kendala yang muncul pada tahap penelitian dan penulisan hasil penelitian dapat diatasi dengan metode pendampingan. Adapun saran yang dapat diajukan dari hasil program P2M, bagi guru-guru SD diharapkan memiliki motivasi dan senantiasa membudayakan kegiatan menulis ilmiah. Bagi praktisi pendidikan diharapkan senantiasa dapat membantu guru-guru SD dalam kegiatan menulis ilmiah. Bagi LPM melalui DIPA UNDIKSHA hendaknya selalu menjebati program sejenis untuk terus dapat dilaksanakan dan dikembangkan.
EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR Ni Made Ratminingsih
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.077 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9830

Abstract

Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk membahas temuan dari hasil kuesioner dan hasil observasi tentang efektivitas pelatihan penggunaan bahasa kelas (classroom language) yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan P2M DIPA Undiksha tahun 2014. Pelatihan yang diberikan merupakan salah satu jenis pengembangan profesi dalam jabatan (in-service training) sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru-guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 25 guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris di SD di Kecamatan Sukasada. Hasil kuesioner membuktikan bahwa pelatihan yang diberikan secara keseluruhan dinilai oleh para guru memiliki tingkat efektivitas yang sangat baik, yaitu 87%. Hasil observasi kelas pasca pelatihan oleh tiga guru yang mengimplementasikan bahasa kelas juga membuktikan adanya peningkatan kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa kelas jika dibandingkan dengan observasi awal pra-pelatihan. Ketiga guru terkategori baik dlam penggunaan bahasa kelas berdasarkan hasil observasi 2 pasca pelatihan (72%).
PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN PENYUSUNAN ASESMEN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MIPA DI SMP, SMK DAN SMA KECAMATAN KUBUTAMBAHAN BULELENG I Nyoman Wijana
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.256 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9831

Abstract

Kondisi sekolah SMP, SMK dan SMA di Kecamatan Kubutambahan menunjukkan keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah, letak geografis sekolah yang jauh dari perkotaan, kondisi ekonomi peserta didik termasuk ke dalam kategori menengah ke bawah, kompetensi pendidik yang belum maksimal memahami kurikulum 2013, dan belum banyak tersentuh oleh kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh lembaga terkait. Oleh karenanya dipandang sangat penting dilakukan pengabdian masyarakat di Kecamatan Kubutambahan khusu di sekolah SMP, SMK dan SMA dengan mengangkat permasalahan seperti pemantapan pemahaman  kurikulum 2013, pengembangan pembelajaran, dan penyusunan asesmen yang berorientasi pada kurikulum 2013 melalui model pelatihan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk: (1) memantapkan pemahaman guru-guru AMP, SMK dan SMA yang ada di Kecamatan Kubutambahan tentang kurikulum 2013; (2) meningkatkat kemampuan guru-guru SMP, SMK dan SMA yang ada di Kecamatan Kubutambahan dalam rangka penyusunan perangkat pembelajaran dan pengembangan model pembelajarannya terkait dengan kurikulum 2013; dan (3) meningkatkan kemampuan guru-guru SMP, SMK dan SMA yang ada di Kecamatan Kubutambahan dalam rangka penyusunan asesmen yang berorientasi pada kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode diskusi-informasi dan metode drill. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan (1) Pemahaman umum para pendidik di sekolah SMP, SMK dan SMA, Kecamatan Kubutambahan tentang kurikulum 2013 telah mengalami peningkatan; (2) Persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di sekolah SMP, SMK dan SMA di Kecamatan Kubutambahan terkait kurikulum 2013 telah sesuai dengan tuntutan yang ada pada kurikulum 2013; dan (3) Kemampuan guru-guru SMP, SMK dan SMA di Kecamatan Kubutambahan dalam menyusun asesmen yang berorientasi pada kurikulum 2013 telah mengalami peningkatan. 
PELATIHAN PENYUSUNAN ISNTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR GUGUS V KECAMATAN KUBU DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 I Gusti Ngurah Pujawan
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.373 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9832

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep guru-guru SD Gugus V Kecamatan Kubu tentang penilaian autektik dan 2) Meningkatkan kemampuan guru-guru SD Gugus V Kecamatan Kubu untuk membuat dan menggunakan instrument penilaian autentik. Program ini diinpirasi oleh rencana implementasi Kurikulum 3013 di SD Gugus V Kecamatan Kubu namun d sisi lain pihak sekolah khsusnya para guru merasa belum siap untuk melaksanaknnya. Permasalhan utama yang dihadapi Gugus V Kecamatan Kubu saat ini adalah kurangnya pemahaman dan kemampuan guru-guru SD Gugus V Kecamatan Kubu dalam menyusun dan menggunakan instrument penilaian autektik. Program pengambdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2014 di SD N 3 Ban dalam bentuk pelatihan sehari yang terdiri dari sesi pemaparan materi, diskusi, pengembangan instrument penilaian autektik dan simulasi penggunaannya. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah terjadi peningkatan pemahaman dan kemampuan guru-guru SD di gugus V Kecamatan Kubu dalam menyusun dan menggunakan istrumen penilaian autektik.
PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) PEMBELAJARAN TERPADU KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SD DENGAN REFLECTIVE MODEL Putu Kerti Nitiasih
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.602 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9833

Abstract

Keberhasilan sebuah sekolah salah satunya ditentukan oleh kualitas manajerial dan pengawasan yang baik terhadap segala proses yang dilaksanakan disekolah dimaksud. Manajerial dan pengawasan yang baik dimungkinkan dengan adanya fungsi manajemen dan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah secara terarah dan berkesinambungan. Perbaikan dilakukan secara berkala dan diperlukan evaluasi terhadap pelaksanaan manjerial dan pengawasan yang dimaksud. Perbaikan melalui evaluasi yang berkelanjutan dapat dilakukan melalui penelitian tindakan sekolah. namun faktanya, pengetahuan dan kemampuan para kepala sekolah dan pengawas SD terkait PTS dan pelaksanaanya dilapangan masih perlu ditingkatkan. Oleh karna itu, program pelatihan Penelitian Tindaka Sekolah untuk para Kepala Sekolah dan Pengawas SD Se-Kecamatan Banjar dilaksanakan. Metode pelatihan dan pendampingan menggunakan metode Reflective Model.
PENDIDIKAN PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR GUGUS III KEAMATAN KUBU DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 I Made Ardana
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.3 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9834

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep guru-guru SD Gugus III Kecamatan Kubu tentang pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific dan 2) Meningkatkan kemampuan guru-guru SD Gugus III Kecamatan Kubu untuk membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific. Program ini diinspirasi oleh rencana implementasi Kuikulum 2013 di SD Gugus III Kecamatan Kubu namun di sisi lain pihak sekolah khususnya para guru merasa belum siap untuk melaksanakannya. Permasalahan utama yang dihadapi GUgus III Kecamatan Kubu saat ini adalah kurangnya pemahaman dn kemampuan guru-guru SD Gugus III Kecamatan KUbu dalam membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific. Progra pengabdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2014 di SD N 4 Tianyar dalm bentuk pendidikan dan pelatihan yang terdiri dar sesi pemaparan materi, diskusi, pengembangan perangkat pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific dan pelatihan peer teaching. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah terjadi peningkatan pemahaman dan kemampuan guru-guru SD di Gugus III Kecamatan Kubu dalam membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific.
PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANJAR JAWA I Nyoman Suardana
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.608 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9835

Abstract

Pendidikan karakter diarahkan untuk membantu peserta didik mengembangkan kepribadian, sehat mental, cerdas, serta menjadi anggota masyarakat yang berguna.Pengembangan pendidikan karakter merupakan salah satu amanat kurikulum 2013. Namun, SD Negeri 1 Banjar Jawa pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 belum menerapkan kurikulum 2013 dan guru-gurunya belum memiliki pemahaman yang menandai tentang konsep pendidikan karakter. Kegiatan P2M ini bertujuan membantu guru-guru SD Negeri 1 Banjar Jawa dalam mengelola pendidikan karakter sehingga pembelajaran yang dilakukan mampu mengembangkan karakter peserta didik secara optimal.Sasaran kegiatan P2M ini adalah guru-guru dan kepala SD Negeri 1 Banjar Jawa.Metode pelaksanaan P2M adalah metode pendidikan dan latihan serta pendampingan kepada guru-guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran pendidikan karakter.Kegiatan P2M ini menggunakan pola kaji tindak pembelajaran Pendidikan dan pelatihan dilaksanakan tanggal 3 Mei 2014, sedangkan implementasi perangkat pembelajaran dilaksanakan tanggal 9 Mei 2014 di SD Negeri 1 Banjar Jawa. Kegiatan P2M dihadiri oleh 15 peserta dari guru SD Negeri 1 Banjar Jawa, kepala SD Negeri 1 Banjar Jawa, dan 3 orang pengawas pendidikan dasar. Hasil P2M menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru-guru SD Negeri 1 Banjar Jawa tentang konsep pendidikan karakter. Di samping itu, kegiatan P2M dapat meningkatakan kemampuan guru-guru SD Negeri 1 Banjar Jawa dalam; 1) mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dari kompetensi dasar, 2) merancang perangkat pembelajaran pendidikan karakter, 3) mengimplementasikan pembelajaran pendidikan karakter, 4) merancang asesmen pendidikan karakter dan mengimplementasikan dalam penilaian karakter peserta didik. Kegiatan P2M mendapat respon positif dari guru-guru yang terlibat dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan.
SOSIALISASI PELATIHAN PERMAINAN DAN PERATURAN GATEBALL BAGI GURU PENJASORKES SE-KABUPATEN BULELENG I Ketut Sudiana
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.979 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9836

Abstract

Letak topografi Buleleng memiliki potensi tidak hanya pada bidang pariwisata dan budaya tetapi juga pada bidang olahraga. Salah satu olahraga yang mendapat manfaat dari letak topografi ini adalah permainan gateball. Permainan olahraga gateball adalah permainan dengan memasukkan bola ke gawang sebanyak-banyaknya dengan menggunakan stik. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan metode nstruktur yang berasal dari pengda PERGATSI Bali yang memiliki kualifikasi dibidnag permainan gateballyang sudah berlisensi Nasional. Sedangkan materi yang akan diberikan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari : 1) melaksanakan pre-test, 2) Memberikan materi pokokyang meliputi: bentuk permainan, peraturan permainan  dan peraturan pertandingan; 3) Memberikan materi praktek: Keterampilan permainan dan praktek mewasiti; 4)Melaksanakan evaluasi secara teoritis dan praktek. Tujuan kegiatan ini adalah: 1) Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kepada guru penjasorkes mengenai permainan dan peraturan gateball; 2) sebagai upaya meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia khususnya guru penjasorkes di Kabupaten Buleleng untuk lebih kreatif mengembangkan cabang olahraga baru berkembang khususnya permainan dan peraturan gateball. Kesimpulan adalah melaksanakan landasan yang kuat bagi guru-guru penjasorkes di Buleleng dalam melaksanakan tugas di lapangan. Karena sumber daya manusia yang telah dibina, dan dilatih akan memberikan peluang kepada mereka untuk melakukan olah piker, rasa dan raga sebagai tanggungjawab moral dan melaksanakan tugas di lapangan.
PENYUSUNAN CASH FLOW STATEMENT BERBASIS KOMPUTER DAN ANALISIS KREDIT PADA KSP SANJIWANI Ni Luh Gede Erni Sulindawati
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.539 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9837

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan (1) meningkatkan kemampuan parapengurus atau pegawai KSP Sanjiwani dalam menyusun Cash flow statement (Laporan arus kas); (2) meningkatakan kemampuan para pengurus atau pegawai KSP Sanjiwani dalam menggunakan aplikasi komputer; (3) meingkatkan kemampuan para pengurus atau pegawai KSP Sanjiwani dalam menganalisis kredit. Laporan Aruus Kas berdasarkan SAK ETAP merupkan laporan yang menyajikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran kas suatu entitas ekonomi selama suatu periode akuntansi. Penyusunana laporan arus kas dikerjakan dengan menggunakan aplikasi komputer excel. Dengan menggunakan aplikasi komputer penyusunan laporan arus kas dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. untuk mencapai tujuan kegiatan P2M tersebut digunakan metode dalam bentuk pelatihan penyusunan Cashflow statement, pelatihan penggunaan aplikasi komputer, dan pelatihan penganalisaan kredit bagi pengurus atau pegawai KSP Sanjiwani. Adapun tahapan kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari tahapan persiapan, tahap implementasi dan tahap monitoring.  Dari hasil evaluasi bahwa KSP Sanjiwani sudah mampu menyusun cash flow statement dengan menggunakan aplikasi komputer serta mampu menganalisis kredit dengan baik, dengan skor rata-rata 91%. Pelaksanaan kegiatan ini dapat dikategorikan bermanfaat bagi KSP Sanjiwani dilihat dari sikap pengurus atau pegawai koperasi yang berperan aktif, mempunyai motivasi tinggi, mau bekerjasama dan memiliki inisiatif terhadap kegiatan yang telah dilakukan. 
PELATIHAN PERHITUNGAN PAJAK BERDASARKAN PP NOMOR 46 TAHUN 2013 KEPADA KOPERASI ANGGOTA GERAKAN KOPERASI DI KABUPATEN BULELENG Lucy Sri Musmini
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.222 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v4i1.9838

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan perhitungan pajak berdasarkan PP nomor 46 tahun 2013 kepada koperasi anggota gerakan koperasi Kabupaten Buleleng, sehingga dapat menghitung dan melaporkan pajak penghasilan final berdasrkan PP nomor 46 tahun 2013, pada koperasi masing-masing peserta pelatihan. Hasilkegiatan pengabdian ini memperlihatkan bahwa para peserta, terutama pengurus dan karyawan koperasi, menjadi lebih memahami tentang cara menghitung dan melaporkan melaporkan pajak penghasilan final berdasarkan PP nomor 46 tahun 2013.

Page 1 of 1 | Total Record : 10