Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) is a collection of scientific articles in the field of Informatics / ICT Education widely and the field of Information Technology, published and managed by Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. JANAPATI first published in 2012 and will be published three times a year in March, July, and December. This journal is expected to bridge the gap between understanding the latest research Informatika. In addition, this journal can be a place to communicate and enhance cooperation among researchers and practitioners.
Articles
494 Documents
Portal Web Komunitas Guru Online Sebagai Media Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan
Candiasa, I Made
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (232.118 KB)
âBanyak upaya sudah dilakukan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang merata kepada semua warga negara, namun hasilnya belum optimal. Perluasan dan pemerataan akses pendidikan sampai hari ini banyak menemui kendala, seperti kondisi geografis, pendapatan masyarakat, dan pendapatan daerah. Ketiga faktor tersebut berimplikasi pada penyediaan sumber daya pendidikan. Salah satu solusi yang tidak mahal dan dapat menembus kendala geografis telah dikembangkan dalam wujud portal web komunitas guru online yang dapat memfasilitasi perluasan akses pendidikan sekaligus subsidi silang informasi pembelajaran untuk menjamin pemerataan pendidikan. Media ini sudah diuji oleh pakar dan diujicoba terbatas dengan melibatkan beberapa orang guru, beberapa orang siswa, dan beberapa orang anggota masyarakat umum. Hasil uji pakar menunjukkan bahwa media ini memenuhi syarat cukup untuk diterapkan. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa media ini cukup efektif untuk dijadikan media perluasan dan pemerataan akses pendidikan. Media ini dapat menjadi perpanjangan tangan dari forum seperti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) karena mampu mengkomunikasikan guru-guru lintas kabupaten/kota dan bahkan lintas provinsi. Media tersebut dapat dijadikan media pertukaran informasi pembelajaran oleh guru, sehingga siswa dapat mengakses informasi pembelajaran dari sekolah lain. Selain itu, media ini dapat dimanfaatkan sebagai media evaluasi diri bagi sekolah karena dari media tersebut sekolah dapat membandingkan dirinya dengan sekolah lain dalam kualitas pembelajaran. Mekanisme seperti di atas diharapkan dapat mendorong pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
Perancangan Game Jalak Bai Berbasis Android
Jayanegara, I Nyoman;
Yasa, I WayanAdi Putra
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (979.851 KB)
Jalak Bali merupakan burung endemik Indonesia yang hanya ada di Bali dan bahkan burung ini telah menjadi maskot dari pulau Dewata (Bali). Burung Jalak Bali mengalami penurunan populasi dan dikategorikan ke dalam satwa langka dan nyaris punah, sehingga keberadaannya dilindungi oleh Undang-Undang. Untuk itu perlu upaya untuk pelestarian Jalak Bali dengan langkah menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap hewan ini melalui sebuah permainan (game). Game ini ditujukan pada anak-anak usia 9-12 tahundan bersifat edukasi, yang berisi pengenalan dari burung Jalak Bali khususnya tentang ciri-ciri, habitat, makanan dan pemangsanya.Game ini berbasis Android, dimana sistem operasi ini cukup besar pengggunanya di Indonesia.
Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Kupang
Tumimomor, Mailany;
Jando, Emanuel;
Meolbatak, Emiliana
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (437.246 KB)
Kota Kupang memiliki potensi wisata yang beragam, baik potensi alam  maupun kekayaan budaya. Perkembangan pariwisata di Kota Kupang semakin meningkat, oleh sebab itu diperlukan pendekatan secara teknologi dalam mendapatkan informasi pariwisata guna meningkatkan pendapatan melalui usaha pengembangan potensi wisata daerah ini. Dengan adanya pendekatan teknologi diharapkan informasi potensi pariwisata di Kota Kupang dapat diterima dengan lebih optimal oleh para wisatawan. Kondisi ini dapat dipenuhi dengan adanya Sistem Informasi Geografis (SIG).Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data melalui studi literature, wawancara, dan observasi, menganalisa kebutuhan perangkat lunak, melakukan digitasi peta, membangun database, merancang antar muka, dan melakukan pengujian program sebagai tahap akhir. Sistem yang dibangun berbasis web ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.Penelitian ini menghasilkan sebuah SIG di Kota Kupang yang berbasis web yang didalamnya terdapat informasi jenis wisata, lokasi wisata serta fasilitas wisata tambahan berupa informasi hotel dan travel yang ada di Kota Kupang. Sistem ini juga menyajikan informasi â informasi berita mengenai kegiatan pariwisata yang ada di wilayah Kota Kupang maupun di luar wilayah Kota Kupang yang masih tercakup dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor
Sukendry, Ni Made Nafta;
Wirawan, I Made Agus;
Sunarya, I Made Gede
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (3565.147 KB)
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengimplementasikan Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor. (2) Untuk mengetahui uji kesesuaian Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor terhadap data. (3) Untuk mengetahui uji akurasi dan presisi Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor terhadap data. (4) Untuk mengetahui respons pengguna sistem dan pakar dalam Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan ADDIE yang menggunakan lima tahap dalam pengaplikasian yakni Analysis-Design-Develop- Implement-Evaluate.Fungsi ADDIE menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program. Perancangan dilakukan dengan menggunakan DFD. Untuk mengetahui respon pengguna terhadap sistem ini diperoleh menggunakan metode angket. Sistem pakar ini diimplementasi menggunakan framework CodeIgniter, PHP, dan CSS3. Untuk implementasi basis data dari sistem pakar ini menggunakan MySQL melalui aplikasi XAMPP. Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Terdapat menu Beranda, Konsultasi, Informasi Penyakit, Member dan Bantuan. Hasil uji kesesuaian sistem dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 92%. Hasil uji akurasi dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 93.25% dan hasil uji presisi dengan persentase 92.85%. Respon pengguna yaitu masyarakat umum dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 90.26%. Maka, dapat disimpulkan Â
Pengembangan Aplikasi Konversi Video Digital Greyscale Menjadi Video Digital Berwarna Dengan Menggunakan Metode Global Image Matching
Widiantara, Ketut;
Kesiman, Made Windu Antara;
Sunarya, I Made Gede
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (5075.746 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi yang dapat mengkonversi video digital greyscale menjadi video digital berwarna secara cepat, mudah dan hasil pewarnaan yang memuaskan. Input dari aplikasi ini berupa video greyscale dan citra warna acuan, dan output dari aplikasi ini adalah sebuah video berwarna dengan nuansa warna yang mengacu pada citra warna acuan yang di-input-kan. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Global Image Matching yang diimplementasikan pada lingkungan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan editor NetBeans 7.2.1. Pada aplikasi yang dibuat terdapat tiga proses utama yaitu proses ekstrak video, proses pewarnaan, dan proses render. Proses ekstrak merupakan proses memecah video menjadi frameframe dan audio. Proses pewarnaan merupakan proses yang mengimplementasikan metode Global Image Matching, dimana frame-frame hasil ekstraksi akan dilakukan pewarnaan pada proses ini. Sedangkan proses render merupakan proses penggabungan frame-frame hasil pewarnaan dengan file audio hasil ekstraksi menjadi sebuah video berwarna. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi konversi video digital greyscale menjadi video digital berwarna ini dapat melakukan proses konversi dengan sangat mudah dan cepat.
Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Jerawat di Wajah dengan Metode Certainty Factor
Aryani, Ketut Arlin;
Divayana, Dewa Gede Hendra;
Wirawan, I Made Agus
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1267.314 KB)
Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan sebuah sistem pakar diagnosis penyakit jerawat di wajah dengan metode certainty factor. (2) Mengetahui tingkat akurasi sistem pakar diagnosis penyakit jerawat di wajah dengan metode certainty factor. Penelitian ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan jerawat yang dialami oleh masyarakat sehingga dapat menjadi sebagai langkah pencegahan dini untuk mencegah penyakit jerawat menjadi semakin meradang. Selain itu, sistem ini dapat membantu dokter untuk mendiagnosa pasien dan dapat menyimpan hasil rekam medis pasien sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian treatment selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian Rapid Application Development (RAD). Untuk proses pengujian, dilakukan tiga (3) tahap proses pengujian yaitu: (1) uji whitebox, (2) uji blackbox, dan (3) uji akurasi sistem. Hasil dari uji akurasi sistem diperoleh akurasi penuh sebesar 85%, akurasi sebagian sebesar 15% dan error sebesar 0%.
Aplikasi Pembelajaran Pengenal Aksara Bali Menggunakan Metode Template Matching
Dewi, Made Sulatri;
Kesiman, Made Windu Antara;
Sunarya, I Made Gede
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (865.079 KB)
âPenelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi pembelajaran pengenal Aksara Bali untuk memudahkan orang dalam belajar mengenal tulisan Aksara Bali secara lebih efisien dari segi waktu dan tempat. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode template matching. Input dari aplikasi ini berupa tulisan dari user menggunakan digital pen, touchpad maupun mouse dan keluarannya berupa gambar Aksara Bali yang memiliki nilai kesalahan (error) paling kecil. Implementasi dari metode template matching ini menghasilkan sebuah perangkat lunak yang disebut Balinese Character Matching. Aplikasi ini dikembangkan berbasis web sehingga dapat digunakan oleh banyak user tanpa keterbatasan tempat dan waktu. Pada aplikasi ini terdapat dua proses utama yaitu preprocessing dan pengenalan dengan metode template matching. Proses preprocessing terdiri dari grayscale, thresholding dan normalisasi ukuran. Pada normalisasi ukuran dilakukan proses pencarian batas, croping, penskalaan dan pemberian label 1 dan 0. Uji coba program dilakukan oleh admin (orang yang datanya disimpan pada database) dan user (orang yang datanya tidak disimpan pada database). Bagi admin yang melakukan uji coba hasil yang diperoleh lebih akurat yaitu dengan rata-rata 95,45%, sedangkan hasil pengujian pada user memperoleh rata-rata sebesar 86,25%.
Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Perkiraan Produksi Air Minum Kemasan Dengan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto
Supriadi, Ketut Era
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1491.525 KB)
PT Tirta Mumbul Jaya Abadi yaitu salah satu perusahaan air minum di kota Singaraja, masih seringkali mengalami kekeliruan dalam perhitungan seperti jumlah produksi. Perkembangan teori logika fuzzy dapat digunakan untuk memodelkan berbagai sistem, mampu memetakan suatu input kedalam suatu output tanpa mengabaikan faktorâfaktor yang ada. Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengembangkan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Perkiraan Produksi Air Minum Kemasan dengan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto di PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi. Pengembangan Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto.Hasil dari penelitian ini yaitu berupa Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Perkiraan Produksi Air Minum Kemasan Dengan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto. Seluruh Kebutuhan fungsional aplikasi ini telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangannya. Secara umum aplikasi mendapatkan respon sangat baik dilihat dari beberapa hasil pengujian angket yaitu : a) Angket Uji Kesesuaian Proses Aplikasi, b) Angket Penilaian Respon Pengguna Terhadap Aplikasi.
Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa
Suarsana, I M.;
Mahayukti, G.A.
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (427.857 KB)
The aim of this research was to develop a problem solving oriented e-module of algebra, to analiyze effectiveness of the use of emodule in improving critical thinking skill, and to describe response of students to the e-module. This research was conducted using the design of research and development by adopting a Plomp model as follows: a) preliminary investigation phase, b) design phase, c) realization/construction phase, d) test, evaluation, and revision phase and, e) implementation phase. The result shows that: 1) emodule has been prepared good quality, but still need to be refined again, 2) critical thinking skill of students can be enhanced to good level, 3) the response of students to the lectures which implemented using the e-module is very positive
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PPL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK SE-KOTA SINGARAJA
Santika, Dewayu Candra;
Darmawiguna, I Gede Mahendra;
Santyadiputra, Gede Saindra
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 3 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (401.92 KB)
Abstrakâ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, hubungan antara kompetensi profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, hubungan kompetensi pedagogik dan profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja.Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Penelitian dilakukan dengan metode ex post facto (dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi secara sistematik, kemudian peneliti mengamati kebelakang tentang faktor â faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kajian tersebut). Data angket siswa dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, (3) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja. Â