cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)
ISSN : 20898673     EISSN : 25484265     DOI : -
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) is a collection of scientific articles in the field of Informatics / ICT Education widely and the field of Information Technology, published and managed by Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. JANAPATI first published in 2012 and will be published three times a year in March, July, and December. This journal is expected to bridge the gap between understanding the latest research Informatika. In addition, this journal can be a place to communicate and enhance cooperation among researchers and practitioners.
Arjuna Subject : -
Articles 556 Documents
Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Kupang Tumimomor, Mailany; Jando, Emanuel; Meolbatak, Emiliana
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.246 KB)

Abstract

Kota Kupang memiliki potensi wisata yang beragam, baik potensi alam  maupun kekayaan budaya. Perkembangan pariwisata di Kota Kupang semakin meningkat, oleh sebab itu diperlukan pendekatan secara teknologi dalam mendapatkan informasi pariwisata guna meningkatkan pendapatan melalui  usaha pengembangan potensi wisata daerah ini. Dengan adanya pendekatan teknologi diharapkan informasi potensi pariwisata di Kota Kupang dapat diterima dengan lebih optimal oleh para wisatawan. Kondisi ini dapat dipenuhi dengan adanya Sistem Informasi Geografis (SIG).Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data melalui studi literature, wawancara, dan observasi, menganalisa kebutuhan perangkat lunak, melakukan digitasi peta, membangun database, merancang antar muka, dan melakukan pengujian program sebagai tahap akhir. Sistem yang dibangun berbasis web ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.Penelitian ini menghasilkan sebuah SIG di Kota Kupang  yang berbasis web yang didalamnya terdapat informasi jenis wisata, lokasi wisata serta fasilitas wisata tambahan berupa informasi hotel dan travel yang ada di Kota Kupang. Sistem ini juga menyajikan informasi – informasi berita mengenai kegiatan pariwisata yang ada di wilayah Kota Kupang maupun di luar wilayah Kota Kupang yang masih tercakup dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor Sunarya, I Made Gede; Wirawan, I Made Agus; Sukendry, Ni Made Nafta
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3565.147 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengimplementasikan Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor. (2) Untuk mengetahui uji kesesuaian Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor terhadap data. (3) Untuk mengetahui uji akurasi dan presisi Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor terhadap data. (4) Untuk mengetahui respons pengguna sistem dan pakar dalam Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita dan Alternatif Pencegahan Menggunakan Metode Certainty Factor. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan ADDIE yang menggunakan lima tahap dalam pengaplikasian yakni Analysis-Design-Develop- Implement-Evaluate.Fungsi ADDIE menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program. Perancangan dilakukan dengan menggunakan DFD. Untuk mengetahui respon pengguna terhadap sistem ini diperoleh menggunakan metode angket. Sistem pakar ini diimplementasi menggunakan framework CodeIgniter, PHP, dan CSS3. Untuk implementasi basis data dari sistem pakar ini menggunakan MySQL melalui aplikasi XAMPP. Sistem Pakar Pendeteksi Gizi Balita telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Terdapat menu Beranda, Konsultasi, Informasi Penyakit, Member dan Bantuan. Hasil uji kesesuaian sistem dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 92%. Hasil uji akurasi dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 93.25% dan hasil uji presisi dengan persentase 92.85%. Respon pengguna yaitu masyarakat umum dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 90.26%. Maka, dapat disimpulkan  
Pengembangan Aplikasi Konversi Video Digital Greyscale Menjadi Video Digital Berwarna Dengan Menggunakan Metode Global Image Matching Widiantara, Ketut; Kesiman, Made Windu Antara; Sunarya, I Made Gede
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5075.746 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi yang dapat mengkonversi video digital greyscale menjadi video digital berwarna secara cepat, mudah dan hasil pewarnaan yang memuaskan. Input dari aplikasi ini berupa video greyscale dan citra warna acuan, dan output dari aplikasi ini adalah sebuah video berwarna dengan nuansa warna yang mengacu pada citra warna acuan yang di-input-kan.  Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Global Image Matching yang diimplementasikan pada lingkungan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan editor NetBeans 7.2.1. Pada aplikasi yang dibuat terdapat tiga proses utama yaitu proses ekstrak video, proses pewarnaan, dan proses render. Proses ekstrak merupakan proses memecah video menjadi frameframe dan audio. Proses pewarnaan merupakan proses yang mengimplementasikan metode Global Image Matching, dimana frame-frame hasil ekstraksi akan dilakukan pewarnaan pada proses ini. Sedangkan proses render merupakan proses penggabungan frame-frame hasil pewarnaan dengan file audio hasil ekstraksi menjadi sebuah video berwarna. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi konversi video digital greyscale menjadi video digital berwarna ini dapat melakukan proses konversi dengan sangat mudah dan cepat.
Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Jerawat di Wajah dengan Metode Certainty Factor Aryani, Ketut Arlin; Divayana, Dewa Gede Hendra; Wirawan, I Made Agus
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1267.314 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan sebuah sistem pakar diagnosis penyakit jerawat di wajah dengan metode certainty factor. (2) Mengetahui tingkat akurasi sistem pakar diagnosis penyakit jerawat di wajah dengan metode certainty factor. Penelitian ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan jerawat yang dialami oleh masyarakat sehingga dapat menjadi sebagai langkah pencegahan dini untuk mencegah penyakit jerawat menjadi semakin meradang. Selain itu, sistem ini dapat membantu dokter untuk mendiagnosa pasien dan dapat menyimpan hasil rekam medis pasien sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian treatment selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian Rapid Application Development (RAD). Untuk proses pengujian, dilakukan tiga (3) tahap proses pengujian yaitu: (1) uji whitebox, (2) uji blackbox, dan (3) uji akurasi sistem. Hasil dari uji akurasi sistem diperoleh akurasi penuh sebesar 85%, akurasi sebagian sebesar 15% dan error sebesar 0%.
Aplikasi Pembelajaran Pengenal Aksara Bali Menggunakan Metode Template Matching Dewi, Made Sulatri; Kesiman, Made Windu Antara; Sunarya, I Made Gede
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.079 KB)

Abstract

—Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi pembelajaran pengenal Aksara Bali untuk memudahkan orang dalam belajar mengenal tulisan Aksara Bali secara lebih efisien dari segi waktu dan tempat. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode template matching. Input dari aplikasi ini berupa tulisan dari user menggunakan digital pen, touchpad maupun mouse dan keluarannya berupa gambar Aksara Bali yang memiliki nilai kesalahan (error) paling kecil. Implementasi dari metode template matching ini menghasilkan sebuah perangkat lunak yang disebut Balinese Character Matching. Aplikasi ini dikembangkan berbasis web sehingga dapat digunakan oleh banyak user tanpa keterbatasan tempat dan waktu. Pada aplikasi ini terdapat dua proses utama yaitu preprocessing dan pengenalan dengan metode template matching. Proses preprocessing terdiri dari grayscale, thresholding dan normalisasi ukuran. Pada normalisasi ukuran dilakukan proses pencarian batas, croping, penskalaan dan pemberian label 1 dan 0. Uji coba program dilakukan oleh admin (orang yang datanya disimpan pada database) dan user (orang yang datanya tidak disimpan pada database). Bagi admin yang melakukan uji coba hasil yang diperoleh lebih akurat yaitu dengan rata-rata 95,45%, sedangkan hasil pengujian pada user memperoleh rata-rata sebesar 86,25%.
Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Perkiraan Produksi Air Minum Kemasan Dengan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto Supriadi, Ketut Era
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1491.525 KB)

Abstract

PT Tirta Mumbul Jaya Abadi  yaitu salah satu perusahaan air minum di kota Singaraja, masih seringkali mengalami kekeliruan dalam perhitungan seperti jumlah produksi. Perkembangan teori logika fuzzy dapat digunakan untuk memodelkan berbagai sistem, mampu memetakan suatu input kedalam suatu output tanpa mengabaikan faktor–faktor yang ada. Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengembangkan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Perkiraan Produksi Air Minum Kemasan dengan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto  di PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi. Pengembangan Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto.Hasil dari penelitian ini yaitu berupa Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Perkiraan Produksi Air Minum Kemasan Dengan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto. Seluruh Kebutuhan fungsional aplikasi ini telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangannya. Secara umum aplikasi mendapatkan respon sangat baik dilihat dari beberapa hasil pengujian angket yaitu : a) Angket Uji Kesesuaian Proses Aplikasi, b) Angket Penilaian Respon Pengguna Terhadap Aplikasi.
Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Suarsana, I M.; Mahayukti, G.A.
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.857 KB)

Abstract

The aim of this research was to develop a problem solving oriented e-module of algebra, to analiyze effectiveness of the use of emodule in improving critical thinking skill, and to describe response of students to the e-module. This research was conducted using the design of research and development by adopting a Plomp model as follows: a) preliminary investigation phase, b) design phase, c) realization/construction phase, d) test, evaluation, and revision phase and, e) implementation phase. The result shows that: 1) emodule has been prepared good quality, but still need to be refined again, 2) critical thinking skill of students can be enhanced to good level, 3) the response of students to the lectures which implemented using the e-module is very positive
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PPL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK SE-KOTA SINGARAJA Santika, Dewayu Candra; Darmawiguna, I Gede Mahendra; Santyadiputra, Gede Saindra
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 3 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.92 KB)

Abstract

Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, hubungan antara kompetensi profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, hubungan kompetensi pedagogik dan profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja.Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Penelitian dilakukan dengan metode ex post facto (dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi secara sistematik, kemudian peneliti mengamati kebelakang tentang faktor – faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kajian tersebut). Data angket siswa dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja, (3) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap motivasi belajar siswa SMK se-Kota Singaraja.  
ANALISIS USABILITAS PADA APLIKASI MOBILE TRIP PLANNER ETOURISM PARIWISATA DI BALI Nirmala, Bagus Made Sabda; Liandana, Made
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 6, No 3 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.569 KB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang sangat berkembang di Bali. Masyarakat lokal seperti di desa Gobleg, desa Munduk, desa Sambangan, Desa Wanagiri dan desa lainnya di Bali mempertahankan cara alami dalam mengolah hasil alam mereka. Masyarakat lokal di desa ini, perlu mendapat perhatian lebih, dalam memperkenalkan sumber daya alam, sumber daya manusia serta kearifan lokal yang mereka miliki dalam industri pariwisata tanpa merusak tradisi yang sudah dimiliki desa tersebut. Saat ini masih kurang sarana untuk memperkenalkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara tentang potensi desa dan kearifan lokal di Bali. Kunjungan terhadap desa wisata jarang mendapat sentuhan promosi pariwisata pada umumnya. Kearifan lokal hingga desa wisata masih kurang memanfaatkan teknologi informasi serta media promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile android Trip Planner, dalam bidang etourism yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk mengetahui lokasi tempat wisata di sekitar desa wisata yang ada di Bali. Penelitian ini berfokus pada kebergunaan atau usabilitas dari aplikasi trip planner dengan mengukur aspek efficiency of use, learnability, satisfaction, memorability dan error frequency. Pengujian usabilitas ini digunakan untuk menunjukkan kemudahan user dalam menggunakan aplikasi ini. Pengujian dilakukan dengan memberikan pertanyaan terkait aspek usabilitas. Hasil pengujian menunjukkan nilai 3,73 dari skala 5 dalam hal kemudahan user mengingat kembali tampilan dan menu aplikasi ini yang mencakup aspek memorability dan satisfaction.
Augmented Reality Book Sistem Rumah Tradisional Bali Berdasarkan Asta Kosala-Kosali Wiartika P, I Made Endra; Nyoman C, Padma; Darmawiguna, I Gede Mahendra; Kesiman, Made Windu Antara
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5911.064 KB)

Abstract

Perkembangan zaman membawa perubahan terhadap keberadaan rumah di Bali yang mulai mendapat pengaruh dari arsitektur luar. Asta Kosala-kosali merupakan tata cara, tata letak, dantata bangunan untuk bangunan tempat tinggal di Bali yang sesuai dengan landasan filosofis, etis, dan ritual sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat Bali. Tujuan dari penelitian adalah dikembangkannya aplikasi yang dapat dijadikan media untuk mempermudah mempelajari, memperkenalkan dan melestarikan konsep system rumah tradisional Bali berdasarkan Asta Kosalakosali.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development), untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book sistem rumah tradisional Bali berdasarkan Asta Kosala-kosali. Augmented Reality Book menggunakan library vuforia mampu menggabungkan benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone android menampilkan objek tiga dimensi bangunan tradisional Bali berdasarkan konsep Asta Kosala-kosali dan memainkan suara narasi penjelasan, sehingga lebih mudah untuk  mengamati dan berinteraksi dengan objek yang dimunculkan. Hasil penelitian dikembangkannya buku dan aplikasi sistem rumah tradisional Bali berbasis android yang dapat dijadikan solusi guna mempermudah dan memberikan pengalaman baru dalam mempelajari konsep Asta Kosala-kosali. Sehingga masyarakat Bali memahami bahwa pembuatan rumah di Bali bersumber pada konsep Asta Kosala-kosali yang berdasarkan atas pola keseimbangan atau keharmonisan (Tri Hita Karana).

Page 1 of 56 | Total Record : 556


Filter by Year

2012 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 1 (2024) Vol. 12 No. 3 (2023) Vol. 12 No. 2 (2023) Vol. 12 No. 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2022) Vol. 11 No. 2 (2022) Vol. 11 No. 1 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol. 10 No. 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021) Vol 9, No 3 (2020) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 3 (2018) Vol 7, No 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol. 7 No. 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 3 (2017) Vol 6, No 3 (2017) Vol. 6 No. 3 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 2 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017) Vol 5, No 3 (2016) Vol. 5 No. 3 (2016) Vol 5, No 3 (2016) Vol. 5 No. 2 (2016) Vol 5, No 2 (2016) Vol 5, No 2 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol. 5 No. 1 (2016) Vol 4, No 3 (2015) Vol. 4 No. 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol. 4 No. 2 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol. 4 No. 1 (2015) Vol 3, No 3 (2014) Vol. 3 No. 3 (2014) Vol 3, No 3 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol. 3 No. 2 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol. 3 No. 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 2, No 3 (2013) Vol. 2 No. 3 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol. 2 No. 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 1, No 3 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 3 (2012) Vol. 1 No. 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol 1, No 1 (2012) Vol. 1 No. 1 (2012) Vol 1, No 1 (2012) More Issue