cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)
ISSN : 20898673     EISSN : 25484265     DOI : -
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) is a collection of scientific articles in the field of Informatics / ICT Education widely and the field of Information Technology, published and managed by Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. JANAPATI first published in 2012 and will be published three times a year in March, July, and December. This journal is expected to bridge the gap between understanding the latest research Informatika. In addition, this journal can be a place to communicate and enhance cooperation among researchers and practitioners.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2016)" : 6 Documents clear
Rancang Bangun CD Interaktif Pembelajaran Pengolahan Citra Digital Berbasis Multimedia Dengan Model Classic Tutorial Kasman Rukun; Asrul Huda; Yeka Hendriyani
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 5 No. 2 (2016)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v5i2.9745

Abstract

Pengolahan Citra Digital merupakan mata pelajaran wajib paket keahlian bagi siswa SMK jurusan Multimedia. Pembelajaran Pengolahan Citra Digital ini lebih mengarah pada kegiatan praktikum berbasis kompetensi dengan tujuan untuk memberikan bekal keterampilan yang kuat disertai dengan landasan teori yang realistis kepada siswa. Namun masih banyak terdapat beberapa siswa tidak menguasai dan memahami pelajaran yang diberikan guru dikarenakan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan monoton. Untuk itu perlu untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menguasai materi berupa Multimedia Interaktif yang dikemas dalam sebuah CD. Dalam perancangan materi digunakan model classic tutorial dan melalui prosedur teknis pembelajaran multimedia interaktif yaitu : Analisis kebutuhan, identifikasi materi, menentukan model pembelajaran, desain flow chart, penulisan story board, pengumpulan bahan grafis, pengumpulan bahan animasi, pemograman, finishing dan mastering, uji coba, revisi produk akhir. Pembuatan CD multimedia interaktif ini menggunakan software aplikasi Macromedia Director 2004 dan aplikasi pendukung lainnya. CD multimedia interaktif ini juga dilengkapi dengan test formatif untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. CD multimedia interaktif pembelajaran dengan model classic tutorial mata pelajaran pengolahan citra digital diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi siswa dalam proses pembelajarannya.
Penerapan Extraction-Transformation-Loading (ETL) Dalam Data Warehouse (Studi Kasus : Departemen Pertanian) Rahmadi Wijaya; Bambang Pudjoatmodjo
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 5 No. 2 (2016)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v5i2.9855

Abstract

Proses Extraction-Transformation-Loading (ETL) pada pembangunan data warehouse berperan melakukan ekstraksi data dari berbagai sumber, pengubahan data ke bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan pengisian ke storage data warehouse. Termasuk di dalam fungsi ETL terdapat proses data cleansing yang menangani redundansi, inkonsistensi dan integritas data. Proses ETL akan mengisikan data dari sumber ke integration layer yang merupakan tempat data dari data warehouse tergabung dan terintegrasi. Dari integration layer, data dapat dikelompokkan dengan lingkup yang lebih kecil dan sesuai kebutuhan dalam repository lain yang disebut data mart. Program reporting dari data warehouse akan berhubungan dengan data mart sebagai sumber datanya.Penelitian ini merupakan bagian dari Penelitian berbasis profesi pembangunan data warehouse. Secara khusus Penelitian menangani proses ETL. Pada Penelitian ini dibangun metadata bagi proses ETL yang menyimpan definisi data sumber, data arget (data warehouse), dePenelitian keterhubungan antara data sumber dan data target, serta dePenelitian transformasi data dari data sumber ke data target. Dibangun juga program ETL dengan teknologi DTS pada SQL Server 2000 yang menggunakan metadata tersebut. Diharapkan dengan adanya metadata bagi proses ETL dapat dibangun program ETL yang memiliki tingkat reusability tinggi. Kesimpulan utama yang dapat diambil dari Penelitian ini adalah penggunaan proses ETL yang dinamis (menggunakan metadata ETL) sangat diperlukan apabila berhubungan dengan sistem operasional yang masih labil dan berkemungkinan besar mengalami perubahan skema basis data. Proses ETL dinamis juga diperlukan untuk menangani kebutuhan pengguna akan laporan yang bertambah.
Integrasi Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif Berbasis TIK untuk Menumbuhkan Nilai Berkarakter Siswa: Studi Tentang Pembelajaran Berkarakter Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Kota Padang Muhammad Sahnan; Ashabul Khairi
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 5 No. 2 (2016)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v5i2.9856

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan integrasi pembelajaran koopertif dan kompetitif berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menumbuhkan nilai berkarakter. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, langkah pembelajaran kooperatif dan kompetitif berbasis TIK untuk menumbuhkan nilai berkarakter siswa terdiri dari enam langkah yaitu; 1) bentuk kelompok, 2) pengamatan, 3) bertanya, 4) mengumpulkan informasi, 5) mengolah informasi dan 6) mengkomunikasikan. Integrasi pembelajaran kooperatif dan kompetitif berbasis TIK dapat menumbuhkan nilai karakter siswa. Pembelajaran dilakukan secara berkelompok dan siswa diajak untuk berkompetisi dengan pendidik sebagai fasilitator serta memunculkan unsur TIK berupa video yang diputar melalui powerpoint memberikan suasana pembelajaran yang akrab dan menyenangkan serta memotivasi siswa. Secara tidak langsung nilai karakter dapat tumbuh pada semangat siswa.
Model Basis Data dan Implementasinya Dalam Menunjang Pembuatan Data Warehouse Pada Sistem Manajemen Koleksi Museum - Wasino; Bagus Mulyawan; - Indrajani
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 5 No. 2 (2016)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v5i2.9857

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang data warehouse pada Sistem Manajemen Koleksi Museum dan membuat laporan yang mendukung penggunaan data warehouse museum di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode literatur, metode pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, metode analisis menggunakan Data Flow Diagram, dan metode desain data warehouse menggunakan metode empat langkah pemodelan dimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan data desain warehouse untuk mendukung museum di Indonesia dalam keputusan di mana data warehouse dapat menyediakan sumber data multidimensi sesuai dengan analisis kebutuhan, mengintegrasikan database antara departemen dalam museum, memiliki struktur granularity tinggi yang mendukung pembuatan laporan menjadi lebih kompak dan memudahkan proses analisis, dan sebagai sumber data dalam penerapan Business Intelligence.
Praktikalitas Perancangan Media e-Learning Berbasis Video Eril Syahmaidi; Hendra Hidayat
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 5 No. 2 (2016)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v5i2.9858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan media pembelajaran berupa media e-learning berbasis video yang praktis untuk pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model IDI (Instructional Development Institute). Penelitian ini melihat apakah media e- learning berbasis video yang dirancang ini praktis, kemudian dilakukan uji coba kepada pengguna, yaitu guru dan siswa. Aspek yang diuji cobakan kepada guru untuk melihat aspek akses e-learning, aspek materi, aspek penyajian, aspek media e-learning berbasis video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-learning berbasis video oleh guru sudah praktis, sedangkan kepada siswa untuk melihat minat siswa, proses penggunaannya, peningkatan keaktifan siswa dan waktu siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA dengan menggunakan media E-Learning Berbasis Video. Hasil praktikalitas oleh siswa sudah praktis. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa media e-learning berbasis video telah praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran di SMA dan dapat dikembangkan serta digunakan pada mata pelajaran yang berbeda.
Pengembangan Kamus Anggah – Ungguhing Bahasa Bali I Made Agus Wirawan; Ida Bagus Made Ludy Paryatna
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 5 No. 2 (2016)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v5i2.9859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan sebuah media kamus anggah – ungguhing bahasa bali. 2) mengetahui hasil respon mahasiswa yang dibelajarkan dengan media kamus anggah – ungguhing bahasa bali . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dimana desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan Model Dick & Carey. Karena luaran utama yang akan dihasilkan dalam penelitian berupa sebuah perangkat lunak, maka dalam proses pengembangan media akan dilengkapi dengan metode khusus pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan Waterfall-based Model. Agar dapat divalidasi secara akademik dan ilmiah, produk perangkat lunak yang dihasilkan dari proses pengembangan ini akan divalidasi dan diuji melalui tiga tahap pengujian yaitu : (1)Pengujian produk secara teknik (technical test) sebagai sebuah perangkat

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 2 (2024) Vol. 13 No. 1 (2024) Vol. 12 No. 3 (2023) Vol. 12 No. 2 (2023) Vol. 12 No. 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2022) Vol. 11 No. 2 (2022) Vol. 11 No. 1 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol. 10 No. 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021) Vol 9, No 3 (2020) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 3 (2018) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol. 7 No. 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 3 (2017) Vol 6, No 3 (2017) Vol. 6 No. 3 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 2 (2017) Vol 6, No 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017) Vol. 6 No. 1 (2017) Vol 5, No 3 (2016) Vol. 5 No. 3 (2016) Vol 5, No 3 (2016) Vol. 5 No. 2 (2016) Vol 5, No 2 (2016) Vol 5, No 2 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol. 5 No. 1 (2016) Vol. 4 No. 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol. 4 No. 2 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol. 4 No. 1 (2015) Vol 3, No 3 (2014) Vol. 3 No. 3 (2014) Vol 3, No 3 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol. 3 No. 2 (2014) Vol. 3 No. 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 2, No 3 (2013) Vol. 2 No. 3 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol. 2 No. 2 (2013) Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 3 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol 1, No 1 (2012) Vol. 1 No. 1 (2012) Vol 1, No 1 (2012) More Issue