cover
Contact Name
Ika Priantari
Contact Email
ichapriantari.83@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ichapriantari.83@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi
ISSN : 25277111     EISSN : 25281615     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI adalah pupblikasi yang memuat artikel Pendidikan Biologi, Penelitian Murni Biologi, sumber, bahan, atau media pembelajaran Biologi / Sains (bahan pembelajaran Biologi di semua tingkat pendidikan dan aplikasi dalam masyarakat), Kurikulum Pendidikan Biologi di semua tingkatan, Penelitian Tindakan Kelas (CAR) dan Lesson Study, Penelitian Kualitatif Lainnya Pendidikan Biologi, Manajemen Sekolah dan Manajemen Laboratorium Biologi / Sains, Evaluasi Pembelajaran Biologi / Sains, Isu Profesional Guru / Tren Pendidikan Biologi. dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan di Terbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI" : 16 Documents clear
ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN PENGEMAS PADA MANISAN KERING TERONG HIJAU (Solanum melongena L) Ulfa, Rosiana; Harsanti, Restiani Sih; Azis, Mohammad Rifkhi
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.256 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2650

Abstract

Perkembangan produk olahan pangan bersifat dinamis, berbagai cara dilakukan untuk dapat memperpanjang umur simpan dan mengurangi kerusakan produk pangan, salah satu adalah dengan melakukan pengemasan. Produk manisan terong merupakan salah satu upaya olahan alternatif dari terung hijau, untuk meningkatkan jumlah konsumsi dan pemanfaatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan pengemas plastik yang tepat untuk memperpanjang umur simpan dari manisan terung hijau. Hasil penelitian didapatkan setelah melakukan pembuatan manisan kering terung hijau yang diawali dengan tahap pencucian, penusukan, perendaman, pemasakan, pengeringan, pengemasan dan penyimpanan selama 7 hari. Kadar air manisan terung terbaik diketahui pada kemasan jenis plastik PE yaitu sebesar 33,8%. Sedangkan nilai ALT menunjukkan bahwa semakin rendah permeabilitas kadar air yang dimiliki oleh jenis bahan pengemas, maka semakin besar kemungkinan bagi mikroorganisme untuk tumbuh. Bahan pengemas jenis LDPE memiliki nilai ALT yang paling tinggi diantara PE, PET dan kombinasi LDPE. Hal ini diarenakan permeabilitasnya terhadap udara cukup tinggi.
MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR Usman, Ali
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.978 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2651

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) didukung Resitasi. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian model siklus Hopkins yang terdiri dari empat fase yakni perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan atau observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus penelitian akan terus berlanjut sampai mencapai tujuan penelitian. Perangkat pembelajaran yang digunakan berupa Silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian dilaporkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong selama mengikuti pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran TPS (Think Phair Share) didukung Resitasi mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 69,7%, siklus 1 sebesar 72,4%  sampai siklus 2 sebesar 80,3%.  
ANALISIS KETERAMPILAN BERIKIR KRITIS SISWA SMA DI KECAMATAN SAKO DAN ALANG-ALANG LEBAR Kurniyasari, Heni; Hidayat, Saleh; Harfian, Binar Azwar Anas
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.404 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat penguasaan keterampilan berpikir kritis siswa SMA di Kecamatan Sako dan Kecamatan Alang-alang Lebar. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan nontes dan tes. Analisis data menggunakan Ms. Excel dengan menghitung persentase tingkat penguasaan. Hasil penelitian menunjukkan Kecamatan Sako terkategori rendah dengan persentase sebesar 38,99% dan Kecamatan Alang-alang Lebar terkategori sedang dengan persentase 52,99%. Indikator yang terkategori rendah di Kecamatan Sako adalah menganalisis 40,09%, mengevaluasi 25,82%, dan menjelaskan 34,97%. Indikator tertinggi adalah pengaturan diri 53,27%. Di Kecamatan Alang-alang Lebar indikator dengan persentase terendah adalah mengevaluasi 43,52% dan tertinggi adalah pengaturan diri 59,03%.
KUALITAS AIR BUDIDAYA UDANG VANAMEI DENGAN Bacillus megaterium DAN Bacillus aquimaris Adharani, Nadya; Wardhana, Megandhi G; Harsanti, Restiani Sih
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.167 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas air budidaya udang vaneme dengan sistem bioflok menggunakan dua jenis bakteri laut asal cilacap yaitu Bacillus megaterium dan Bacillus aquimaris, dimana terdapat 4 perlakuan dengan 3 ulangan. Hasil yang diperoleh bahwa dengan budidaya sistem bioflok lebih baik dibandingkan konvensional dalam menurunkan limbah organik. P2 adalah perlakuan paling efektif dalam menurunkan kadar amonia, nitrat, dan nitrit, dengan prosesntase sebesar 35% untuk amonia, 61% untuk nitrat, dan penurunan 27% untuk nitrit. Melalui sistem bioflok lebih efektif dan berpengaruh terhadap panjang dan bobot pada udang dibandingan tanpa sistem bioflok. Bahwa P2 menghasil panjang dan bobot yang lebih besar diantara perlakuan lainnya dengan rerata panjang sebesar 9.2 cm dan rerata bobot sebesar 4.6 gr.
MENINGKATKAN LITERASI IPA MELALUI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN JENG KELIN GALLAW UNTUK SISWA SMP Prasetiyaningsih, Anis
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.569 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2648

Abstract

SMPN 3 Jember telah menerapkan kurikulum 2013 terintegrasi dengan literasi dan PPK melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik.  Penelitian ini menggunakan 3 indikator pada aspek kompetensi PISA 2015 yaitu 1)kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah; 2)mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah; 3)menginterpretasi data dan bukti ilmiah.  Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan kemampuan literasi IPA.melalui inovasi model pembelajaran Jeng Kelin Gallaw pada siswa kelas VIII-A di SMP 3 Jember.  Desain PTK Kemmis and McTaggrart dan dilakukan sebanyak 2 siklus.  Indikator pencapaian keberhasilan yang digunakan adalah ada peningkatan kemampuan literasi IPA siswa pada aspek kompetensi menggunakan instrumen soal tes tulis dengan 3 indikator aspek kompetensi. Hasil ini menunjukkan bahwa inovasi model pembelajaran Jeng Kelin Gallaw dapat meningkatkan kemampuan literasi IPA siswa kelas VIII-A.
KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI Munandar, Kukuh
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.164 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2653

Abstract

Penelitian ?Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Biologi? dilakukan untuk mengetahui profil kompetensi pedagogik calon guru biologi yang melaksanakan PLP 2.2 (Pengenalan Lapangan Persekolahan tahap 2 ke 2). Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pada mahasiswa calon guru biologi PLP 2.2 di MTsN 5 Jember. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket/kuisoner pedagogik  self evaluation dengan skala 5 dan lembar penilaian dalam pedoman PLP FKIP UM Jember tahun ajaran 2017/2018 dengan skala 4. Berdasar analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan pedagogik mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Jember yang melaksanakan PLP 2.2 di MTs Negeri 5 Jember 2017/2018 secara penilaian dosen pembimbing dan guru pamong dalam kategori sangat baik, self evaluation mahasiswa pendidikan biologi dalam kategoti baik, tetapi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dalam kategori cukup.
DISCOVERY LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Sutoyo, Sutoyo; Priantari, Ika
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.961 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2649

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut siswa memiliki kemampuan Critical Thingking, Colaboration, Comunication, Creativity. Critical thingking dibutuhkan untuk bisa menganalisis suatu masalah dan menenmukan solusinya. Hasil pra siklus kemampuan berpikir kritis siswa di dapatkan data dengan karakteristik Sangat Kurang 37,5%; Kurang 54,2%. Dibutuhkan  model pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model yang tepat yaitu Discovery Learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus. Kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran Biologi Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember semester ganjil 2018/2019 meningkat. Pada siklus I dengan karakteristik baik 25% ; dan karakteristik sangat baik 4,2%. Pada siklus II terjadi peningkatan Karakteristik baik 79,2%; dan karakteristik sangat baik 4,2%. Pada pra siklus siswa tidak ada yang mencapai (0%) untuk karakteristik baik dan sangat baik.
KEANEKARAGAMAN Bryophyta DI DUSUN SUMBERCANDIK KABUPATEN JEMBER Purbasari, Yuni Asto; Akhmadi, Arief Noor
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.861 KB) | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2654

Abstract

Salah satu keanekaragaman flora di Indonesia adalah tumbuhan lumut. Lumut banyak ditemukan di daerah hutan yang beriklim tropis serta memiliki kondisi tanah yang lembap, salah satu hutan yang masih memiliki kondisi tersebut yaitu pegunungan Argopuro. Dusun Sumbercandik Desa Panduman Kabupaten Jember terletak di Kaki Gunung Argopuro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan lumut dengan mengidentifikasi dan menginventarisasi serta menghitung faktor-faktor abiotik yang mempengaruhi pertumbuhan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan metode garis berpetak. Hasil penelitian tumbuhan lumut yang ditemukan berjumlah 14 spesies, 12 genus, 11 famili dan 8 ordo dengan 9 divisi Bryophyta dan 5 divisi Marchantiophyta. Tumbuhan yang mendominan yaitu Fissidens schmidii dengan nilai INP 52,60%. Adapun faktor abiotik yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan lumut diantaranya dengan masing-masing rata-rata suhu 30,80 C, kelembapan 57,13%, pH 6,4 dan Intensitas cahaya 79540 lux.
ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN PENGEMAS PADA MANISAN KERING TERONG HIJAU (Solanum melongena L) Rosiana Ulfa; Restiani Sih Harsanti; Mohammad Rifkhi Azis
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2650

Abstract

Perkembangan produk olahan pangan bersifat dinamis, berbagai cara dilakukan untuk dapat memperpanjang umur simpan dan mengurangi kerusakan produk pangan, salah satu adalah dengan melakukan pengemasan. Produk manisan terong merupakan salah satu upaya olahan alternatif dari terung hijau, untuk meningkatkan jumlah konsumsi dan pemanfaatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan pengemas plastik yang tepat untuk memperpanjang umur simpan dari manisan terung hijau. Hasil penelitian didapatkan setelah melakukan pembuatan manisan kering terung hijau yang diawali dengan tahap pencucian, penusukan, perendaman, pemasakan, pengeringan, pengemasan dan penyimpanan selama 7 hari. Kadar air manisan terung terbaik diketahui pada kemasan jenis plastik PE yaitu sebesar 33,8%. Sedangkan nilai ALT menunjukkan bahwa semakin rendah permeabilitas kadar air yang dimiliki oleh jenis bahan pengemas, maka semakin besar kemungkinan bagi mikroorganisme untuk tumbuh. Bahan pengemas jenis LDPE memiliki nilai ALT yang paling tinggi diantara PE, PET dan kombinasi LDPE. Hal ini diarenakan permeabilitasnya terhadap udara cukup tinggi.
MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR Ali Usman
BIOMA Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/bioma.v4i1.2651

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) didukung Resitasi. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian model siklus Hopkins yang terdiri dari empat fase yakni perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan atau observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus penelitian akan terus berlanjut sampai mencapai tujuan penelitian. Perangkat pembelajaran yang digunakan berupa Silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian dilaporkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong selama mengikuti pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran TPS (Think Phair Share) didukung Resitasi mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 69,7%, siklus 1 sebesar 72,4%  sampai siklus 2 sebesar 80,3%.  

Page 1 of 2 | Total Record : 16