cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
ISSN : 26139677     EISSN : 25992600     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha" : 10 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMODELKAN MATEMATIKA PROGRAM LINEAR Mubarokah, Imro'atul; Nusantara, Toto; Sa'dijah, Cholis; Susanto, Hery
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.24716

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam memodelkan matematika program linear berdasarkan prosedur Newman. Pada Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam memodelkan matematika. Berdasarkan proses dan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak ada satupun siswa yang benar dalam  membaca soal yang diberikan, diantaranya yaitu dalam menentukan variabel, 2) Kesalahan siswa dalam memahami apa yang dimaksud pada soal yang diberikan ada 4 orang subyek penelitian, 3) Kesalahan siswa dalam mentransformasi soal cerita, yaitu mengubah soal cerita ke dalam kalimat matematika ada 4 orang subyek penelitian yang belum dapat memodelkan matematika dengan benar, 4) Kesalahan siswa dalam keterampilan proses, yaitu mengolah model matematika yang telah ditentukan untuk mencari penyelesaian ada 3 orang subyek penelitian, dan 5) Kesalahan penulisan jawaban, yaitu menyimpulkan jawaban yang diminta juga tidak ada satupun siswa yang benar. Kata Kunci : Kesalahan Siswa; Memodelkan Matematika; Program Linear
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI APTITUDE TREATMENT INTERACTION Saraswati, I Gusti Ayu Armini
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.26004

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Aptitude Treatment Interaction.
PENGGUNAAN ALGORITMA RECURSIVE BEST FIRST SEARCH DAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP UNTUK MENYELESAIKAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM (STUDI KASUS DI PT. ARTA BOGA CEMERLANG) Windasari, Ulfah
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.25483

Abstract

Pendistribusian barang dari suatu sumber ke beberapa tempat tujuan seringkali memiliki beberapa pilihan rute perjalanan. Masing-masing rute memiliki jarak tempuh yang berbeda dan berujung pada perbedaan biaya yang harus dikeluarkan. Berdasarkan hasil pengamatan di PT Arta Boga Cemerlang ditemukan permasalahan yaitu pendistribusian barang hanya dilakukan berdasarkan pengalaman. Padahal dengan menggunakan algoritma matematika, biaya distribusi barang dapat lebih dioptimalkan. Tujuan utama penelitian ini adalah menerapkan Algoritma Recursive Best First Search (RBFS) untuk menyelesaikan Traveling Salesman problem (TSP) di PT. Arta Boga Cemerlang. Pada penelitian ini juga digunakan Bahasa Pemrograman PHP untuk mempermudah perhitungan. Dengan menggunakan metode RBFS diperoleh panjang rute optimal yaitu 12.543 meter. Solusi ini memiliki selisih 2.059 meter dari rute yang digunakan oleh PT. Arta Boga Cemerang sebelumnya.
EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODIFIED GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA SMK Wulandari, I Gusti Ayu Putu Arya; Puspadewi, Kadek Rahayu
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.28682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan analisis matematika siswa kelas X SMK dengan mengintegrasikan sistem kognitif new taxonomy marzano dan pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali implementasi menggunakan tiga kelas dengan masing masing terdiri dari 35 siswa di SMKN 1 Denpasar. Perangkat yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat yang sudah valid berupa (1) buku siswa, (2) buku guru, (3) RPP. Data diolah berdasarkan skor rata-rata dari (1) lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat, (2) lembar pengamatan aktivitas siswa, dan (3) angket respon siswa. Penelitian ini melibatkan lima fase pada proses pembelajaran terdiri dari (1) retrieval knowledge, (2) stimulation, (3) comprehension, (4) problem statement, (5) analyzing, (6) verification, (7) conclusion. Pada implementasi 1 skor rata-rata tingkat kemampuan analisis siswa  seluruh kelas adalah 69,8 yang berarti masih berada pada kriteria rendah. Namun pada implementasi 2 dan 3 skor rata-rata siswa sudah berada pada kriteria baik. Begitu juga dengan tingkat rata-rata keaktifan seluruh siswa pada implementasi 1 adalah 2,38 termasuk dalam kriteria kurang aktif. Setelah dilakukan beberapa kali perbaikan, akhirnya pada implementasi 2 dan 3 aktivitas siswa sudah berada pada kriteria aktif.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 SEMARAPURA Putra, I Nengah Adi Wiguna
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.25422

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Matematika Knisley terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang diguakan adalah eksperimen semu dengan desian penelitian post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Semarapura Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Kelas X MIPA 2 digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 3 digunakan sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian kepada kedua kelompok sampel. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa . Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Matematika Knisley lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Matematika Knisley berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Matematika Knisley, Kemampuan Berpikir Kritis
Pengembangan Media Pembelajaran Pecahan dengan Pendekatan Saintifik Untuk Mendukung Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas VII Cahyady, Fendy Anggara; Astawa, I Wayan Puja; Suarsana, I Made
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.27663

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk membantu siswa memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran materi pecahan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII di SMPN 3 Seririt. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data menggunakan angket yang berupa angket evaluasi ahli, angket respon guru, dan angket respon siswa, serta tes yang berupa tes awal dan tes akhir. Media pembelajaran disusun dengan pendekatan pembelajaran saintifik, sehingga membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penggunaan media pembelajaran juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas VII.
Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Singaraja Ramdhani, Teo
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.24967

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui seberapa jauh peningkatan prestsi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial SMAN 2 Singaraja setelah diterapkan pendekatan hybrid learning; (2) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa kelas XI IPS 1 dengan menggunakan metode hybrid learning berbantuan schoology dan siswa kelas XI IPS 3 yang tidak menggunakan metode hybrid learning pada mata pelajaran matematika di kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial SMAN 2 Singaraja.Sebelum melakukan penelitian, sampel penelitian harus diuji terlebih dahulu kesetaraannya.Data yang digunakan dalam melakukan uji kesetaraan adalah nilai Ulangan Akhir Semester siswa kelas semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian.Data dikumpulkan melalui tes meningkatkan prestasi belajar matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 82,03 dan rata-rata pada kelompok kontrol adalah 68,55. Selain itu, dilihat dari hasil uji hipotesis untuk post test siswa diperoleh nilai sebesar 5,938dan sebesar 2,000yang menunjukkan , artinya siswa yang belajar menggunakan model hybrid learningmempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Blended Learning, Schoology, prestasi belajar
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ Sari, Dewi Setia Meita; 'Adna, Syita Fatih; Mardhiyana, Dewi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.27285

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis butir tes kemampuan pemecahan masalah, hasil kemampuan pemecahan masalah, dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz dengan 7 tahap strategi dalam pemecahan masalah.  Dalam menyelesaikan masalah matematis diperlukan 7 tahap pemecahan masalah yaitu tahap saya mampu/bisa (i can), tahap mendefinisikan (define), tahap eksplorasi (explore), tahap merencanakan (plan), tahap mengerjakan (do it), tahap mengoreksi kembali (check) dan tahap generalisasi (generalize). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Wiradesa yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Siswa kelas XI MIPA 4 diidentifikasi berdasarkan hasil nilai kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz, kemudian dipilih 5 subjek yang mewakili setiap kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu (1) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sangat baik mampu menyelesaikan masalah, mendefinisikan, mengeksplorasi, merencanakan, mengerjakan, mengoreksi kembali, dan generalisasi, (2) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori baik mampu menyelesaikan masalah, mendefinisikan, mengeksplorasi, merencanakan, mengerjakan tetapi masih kurang tepat jawabannya, (3) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori cukup mampu menyelesaikan masalah, mendefinisikan, mengeksplorasi, merencanakan tetapi masih terdapat kesalahan, (4) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori kurang mampu menyelesaikan masalah, mendefinisikan, mengeksplorasi dan merencanakan tetapi masih kurang tepat, (5) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori kurang sekali mampu menyelesaikan masalah, dan mengeksplorasi dan mendefinisikan.Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Teori Wankat dan Oreovocz
ANALISIS KESALAHAN NEWMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK DAN SCAFFOLDING-NYA Budi, Bhakti Setya; Nusantara, Toto Nusantara; Subanji, Subanji Subanji; Susiswo, Susiswo Susiswo
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.24732

Abstract

This study aims to describe the types of errors made by students in solving questions of absolute value and scaffolding based on the Newman error analysis stage. The research method used is descriptive qualitative method. The research subjects are students of class X MA Miftahul Huda Kepanjen. Sampling with purposive sampling technique. Data obtained from the results of student tests, interviews and the scaffolding process. Based on the results of the study there were 81.25% reading errors, while transformation errors were 37.5%, and process skills were 28.13%. From this research it can be concluded that the types of mistakes made by students are reading inaccuracies, comprehension errors, transformation errors, process skill errors and encoding errors. While the form of scaffolding conducted is explaining, reviewing, restructuring and developing conceptual thinking
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ETH MELALUI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Gayatri, Sri Amertha; Suryawan, Putu Pasek; Sugiarta, I Made
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.26226

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe ETH (Everyone is A Teacher Here) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Post Test Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 3 Singaraja dimana pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk tes uraian (essay) dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai  thit=3,610 >ttabel  =1,995. Dengan demikian H0>  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe ETH melalui pembelajaran daring lebih tinggi kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ETH, Kemampuan Komunikasi Matematis

Page 1 of 1 | Total Record : 10