cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
ISSN : 26139677     EISSN : 25992600     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha" : 11 Documents clear
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR Dinda Putri; Rooselyna Ekawati; Shofan Fiangga
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.35865

Abstract

Penalaran merupakan salah satu proses berpikir yang dilakukan manusia dalam menyelesaiakan atau memecahkan masalah. Gaya belajar yang dimiliki siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kemampuan penalaran dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan instrumen tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga subjek visual, auditorial, maupun kinestetik yang memiliki kemampuan penalaran matematika paling baik yakni subjek bergaya belajar visual. Kemampuan penalaran matematika yang dimiliki subjek visual termasuk kategori tinggi karena memiliki kemampuan memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mampu menuliskan kesimpulan dengan kesalahan menjawab dua soal. Sedangkan subjek auditorial dan kinestetik memiliki kemampuan penalaran matematika sedang, kedua subjek ini mampu memahami masalah, membuat rencana, dan melaksanakan rencana dengan baik. Hanya saja pada kemampuan menarik kesimpulan kedua subjek ini masih kurang tepat dan kesalahan dalam menjawab dua soal.
PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI HOTS BERBANTUAN EXELEARNING DAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII Ni Wayan Anggiyani
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.36780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi HOTS dengan bantuan program eXeLearning dan GeoGebra yang valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan kelas VII. Prosedur pengembangan E-LKS berorientasi HOTS ini menerapkan langkah-langkah dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba terbatas dilakukan pada 25 siswa kelas VII H di SMP Negeri 1 Susut. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas E-LKS yang dikembangkan adalah lembar penilaian LKS untuk menilai kevalidan, angket respon siswa untuk menilai kepraktisan, serta tes pemahaman konsep yang terdiri dari pretest dan post-test untuk menilai keefektifan. Kualitas E-LKS yang dikembangkan secara berturut-turut memperoleh skor rata-rata sebesar 4,47 dengan klasifikasi sangat baik sehingga dapat dinyatakan valid, rata-rata skor angket respon siswa sebesar 4,11 dengan klasifikasi baik sehingga dapat dinyatakan praktis, hasil analisis terhadap tes pemahaman konsep siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 80,22% yang memenuhi klasifikasi baik, sedangkan persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan dari 8,00% menjadi 82,76% dengan klasifikasi sangat baik sehingga dapat dinyatakan efektif.
ETNOMATEMATIKA PADA BATIK KAWUNG SEBAGAI REFERENSI KONTEKS BARISAN DAN DERET ARITMATIKA silva yuliana safitri; dian latifah; naila angelani
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.36881

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat pada Batik Kawung Yogyakarta sebagai referensi bahan ajar matematika. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksploratif berupa menggali dan menemukan dengan melakukan penjajakan terhadap pola yang terdapat dalam Batik Kawung Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan etnografis, bertujuan mendapatkan deskripsi dan analisis mendalam tentang kebudayaan melalui kajian pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Batik Kawung Yogyakarta memiliki motif berbentuk aren dan kolang kaling, ini menunjukkan bahwa dalam Batik Kawung Yogyakarta terdapat unsur matematika yaitu pada motif yang membentuk pola barisan aritmatika dan deret aritmatika yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika terkhusus pada materi pola baris aritmatika dan deret aritmatika.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR Saptaningtias febriyanti
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.37152

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, dan dapat dipengaruhi suatu faktor yaitu kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar dan metode wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan siswa bergaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual yang menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kecenderungan mengungkapkan ide-ide matematis, dapat memahami, menafsirkan, mengevaluasi ide-ide matematika dan mampu memakai istilah, lambang matematika. Dibandingkan dengan siswa bergaya belajar kinestetik dan auditorial yang kurang berkompeten dalam mengungkapkan ide matematika, menafsirkan ide matematika, mengevaluasi ide matematika atau memakai istilah, notasi matematika.
PENGEMBANGAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING EDMODO DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING DIMASA PANDEMIK silviana indah; Jayanti Putri Purwaningrum
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.40130

Abstract

Kajian ini dibuat untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi siswa dimasa pandemic. Dengan menerapkan media dan model pembelajaaran yang tepat dapat meingkatkan komunikasi matematis siswa yang menurun dimasa pandemic. Model pembelajaran Discovery Learning dirasa cocok digunakan dalam peningkatan Kemampuan Komunikasi siswa, Model Discovery Learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana model ini benyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Guru hanya memberikan bimbingan kepada siswa agar mereka menemukan pengetahuannya sendiri, bimbingan tersebut hanya berupa pancingan pertanyaan-pertanyaan. Dengan kata lain model Discovery ini menuntut siswa untuk aktif dalam berdiskusi anatar siswa kesiswa. Selain model yang tepat, Media pembelajaran juga harus menyesuaikan dengan topic masalah yang dihadapi, media pembelajaran yang diambil adalah media belajar berbasis E-learning Edmodo. platform ini memberikan fasilitas siswa untuk berinteraksi dengan rekan-rekan sesama siswa maupun siswa dengan guru dalam suasana akademis.saling bertukar pendapat berdiskusi satu sama lain adalah poin yang utama dari Edmodo. Edmodo memiliki tampilan yang mirip dengan sosial media kekinian yaitu Facebook, setiap pelajar pasti telah terbiasa dengan penggunaan sosial media Facebook sehingga dapat dipastikan siswa mampu menggunakan Edmodo.
ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR PADA SISWA KELAS IX.6 SMPN 2 LAHAT Ramlan Effendi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.41001

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lahat dalam menyelesaikan soal matematika pada materi perpangkatan dan bentuk akar. Penelitian ini dilakukan di kelas IX.6 SMP Negeri 2 Lahat Tahun Pelajaran 2021/2022. Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Data penelitian diambil menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi hasil siswa menyelesaikan soal materi perpangkatan dan bentuk akar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan tertinggi pada kesalahan prosedural sebesar 25,52%, kesalahan konsep sebesar 18,23% dan kesalahan perhitungan 11,97%. Kesalahan terjadi karena siswa kurang memahami materi, terburu-buru dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal. Solusi yang dapat dilakukan adalah membiasakan siswa menyelesaikan soal dengan tipe yang berbeda-beda.
Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Era Covid-19 Meri Meri; Asep Jihad; Tika Karlina Rachmawati
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.41344

Abstract

Dasar dari penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan matematis siswa khususnya pada kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui self-regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis pada era covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini ialah kelas VIII dansampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu soal kemampuan komunikasi matematis dan angket self-regulated learning. Perolehan pada hasil diantaranya nilai korelasi dari self-regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis pada era covid-19 sebesar 0,041. Adapun besarnilai koefisien determinan antara self-regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis adalah 0,002. Hal ini menunjukkan bahwa self-regulated learning tidak berpengaruh padakemampuan komunikasi matematis pada era covid-19. Kata kunci: Self-Regulated Learning, Komunikasi Matematis, Covid-19.
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL Justin Eduardo Simarmata
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.45909

Abstract

This research aims to determine the difficulties of students in solving story problems on social arithmetic material for class VII Junior High School. The method used in this research is the descriptive qualitative method. The research subjects were students of class VII D State Junior High School 1 West Malakat. There are three kinds of students’ ability in this research, namely: low, medium, and high. Data collection techniques used are test, interview, and documentation. The instruments in this study were test questions and interview guidelines. Data analysis techniques in this research are data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the research analysis, there are three conclusions, namely: 1) the student who has high score has been able to understand the concept well but the student still found difficulties on applying principles and verbal problems, 2) the student who has medium score has been able to understand the concept, but the student still found difficulties on applying principles and verbal problems, and 3) the student who has low score has not been able to understand the concept and apply the principles and also found difficulties on answering verbal problems.
PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF DALAM PERKULIAHAN DARING STRUKTUR ALJABAR I Nyoman Budayana; I Gusti Nyoman Yudi Hartawan
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.46901

Abstract

Perkuliahan daring merupakan salah satu jawaban dari permasalahan di dunia pendidikan selama pandemi COVID-19. Untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan daring agar berjalan baik, salah satu media yang dapat di manfaatkan adalah penggunaan e-modul interaktif. Penelitian ini bertujuanuntuk : (1) membuat e-modul interaktif yang memenuhi syarat valid sebagai bahan ajar dalam perkuliahan struktur aljabar, (2) mengetahui hasil belajar mahasiswa S1 Matematika setelah menggunakan e-modul interaktif pada mata kuliah struktur aljabar, dan (3) mengetahui respon mahasiswa S1 Matematika terhadap e-moduli interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one shot case study. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut : (1) bahan ajar berupa e-modul interaktif untuk mata kuliah struktur aljabar, (2) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan e-modul interaktif dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 93,75%, (3) respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul interaktif pada proses pembelajaran juga masuk pada kategori baik.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SECARA DARING di MASA PANDEMI I Made Putra Juniantara; Puguh Wahyu Prasetyo; Sugiyem
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v13i1.46913

Abstract

Adanya kasus pandemic covid-19 mendesak pemerintah untuk merubah sistem pendidikan yang awalnya tatap muka menjadi tatap maya yang lebih dikenal dengan pembelajaran daring. Terlihat selama proses pembelajaran daring, motivasi belajar siswa menurun, terutama pada pembelajaran matematika. Penurunan motivasi belajar siswa ini juga terjadi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Setelah dilakukan penyebaran angket motivasi belajar kepada siswa, kemudian dilakukan anaisis data,diperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bantul berada pada kategori sedang. Dari 32 siswa di kelas, terdapat 2 siswa dalam kategori sangat tinggi, 11 siswa dengan tingkat motivasi tinggi, dan 19 siswa dengan tingkat motivasi sedang. Tingkat motivasi belajar siswa dalam kategori sedang ini, terlihat dari terlihat dari kurangnya motivasi siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru selama pembelajaran daring. Selain itu pula, selama pembelajaran daring siswa cenderung tidak mau berusaha untuk menggali sendiri informasi terkait materi pembelajaran dan lebih suka menunggu materi dari guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 11