cover
Contact Name
Akhmad Rizkhi Ridhani
Contact Email
rizkhi.ridhani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
annur.uniskamab@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
ISSN : 24609722     EISSN : 26228297     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021)" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOTHERAPY UNTUK MENGURANGI SMARTPHONE ADDICTION PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MARTAPURA Salsabila Imtinani; Muhammad Yuliansyah; Ainun Heiriyah
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.716 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i1.3318

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif kemajuan teknologi dapat memberikan kemudahan seperti akses data dan informasi, kursus online, buku elektronik, ujian online dan lain sebagainya. Namun di sisi lain, penggunaan teknologi secara berlebihan dapat memicu timbulnya efek samping seperti smartphone addiction. Dan salah satu cara untuk mengurangi hal tersebut yaitu dengan pengalihan fokus dari menggunakan smartphone ke aktivitas lain. Dalam hal ini, aktivitas tersebut adalah bibliotherapy atau terapi bacaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat smartphone addiction yang dialami siswa sebelum diberikan perlakuan dan setelahnya, serta efektivitas bibliotherapy untuk mengurangi smartphone addiction. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental one group pretest posttest. Desain ini dipilih karena paling sesuai dengan variabel penelitian. Dari analisis hasil penelitian menggunakan metode wilcoxon signed rank test, diperoleh hasil negative rank N=3 dengan mean 3,67 dan positive rank N=5 dengan mean 5,00. Hasil tes statistik berdasarkan negative rank dengan Z=-0,981 dan signifikansi 0,326 >0,05 H1 ditolak dan H0 diterima. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan hasil bahwa konseling kelompok dengan teknik bibliotherapy yang telah dilakukan tidak efektif untuk mengurangi smartphone addiction pada siswa.
PERAN KELUARGA DALAM PENGELOLAAN EMOSI ANAK USIA GOLDEN AGE DI DESA GAMBARSARI Iqoh Maulina; Alief Budiyono
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.65 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i1.3404

Abstract

Keluarga merupakan lingkup utama yang mengajarkan anak berbagai emosi yang dapat diungkapkan ketika anak mengalami suatu peristiwa. Dalam usia golden age ini, anak dapat berkembang pesat dalam memperoleh informasi dan anak cenderung meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang tua anak. Orang tua sangat berperan penting dalam perkembangan emosional anak, agar supaya anak dapat terus berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar sesuai dengan peristiwa yang terjadi dan anak dapat mengaplikasikan emosinya secara tepat. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teori Social learning theory merupakan teori yang menjelaskan sosialisasi dan pengaruhnya terhadap perkembangan kepribadian anak. Dengan menggunakan teori tersebut dapat disimpulkan bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap sosialisasi anak dan perkembangan kepribadian anak terutama dalam mengelola emosi anak, yang mana anak akan cenderung menirukan terlebih dahulu apa yang dia lihat dari sekeliling dia terutama dari orang tua dan keluarga terdekatnya.
BIMBINGAN KONSELING INDIVIUAL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKASTINASI MENGHAFAL JUZ’AMMA PADA SANTRI Ilham Nur Yahya; Alief Budiyono
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.618 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i1.3421

Abstract

ABSTRAKPenundaan dalam keilmuan psikologi dikenal dengan prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi perilaku prokrastinasi menghafal Juz’amma pada santri putra. Mengetahui proses pelaksanaan bimbingan konseling individual. Mengetahui kondisi perilaku prokrastinasi menghafal setelah diberikan bimbingan konseling individual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian selama di lapangan Kondisi santri putra melakukan penundaan menghafal Juz’amma. Bimbingan konseling individual dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut. Proses bimbingan melalui beberapa tahapan yaitu 1) Tahap Awal 2) Tahap Pertengahan 3) Tahap Akhir. Bimbingan konseling individual membuat santri memahami potensi dirinya, mampu membuat jadwal kegiatan dan konsisten dalam melaksanakannya. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling individual mengurangi perilaku prokrastinasi menghafal Juz’amma pada santri. Ini dibuktikan perubahan perilaku santri berupa pemahaman akan potensi diri, pengendalian diri, peningkatan kemampuan managemen waktu.Kata Kunci: Bimbingan Konseling Individual; Perilaku Prokrastinasi
PENGEMBANGAN MEDIA POSTER LAYANAN INFORMASI DAMPAK PERNIKAHAN DINI PADA SISWA SMP DI BANJARBARU Tissa Elvina Ananda; Ani Wardah; Aminah Aminah
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.935 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i1.3310

Abstract

Kalimantan Selatan ialah provinsi di Indonesia dengan jumlah pernikahan dini tertinggi di Indonesia yaitu 39,53 % dari jumlah pernikahan (bersumber pada TIM CNN Indonesia, 09 Maret 2019). Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang dilakukan di SMP Negeri 13 Banjarbaru di kecamatan Cempaka, 8 siswa  berhenti sekolah karena menikah, siswa broken home sekitar 50%  dari jumlah seluruh siswa 192 orang. Untuk mengatasi permasalahan pernikahan usia dini perlu pemberian layanan informasi. Dengan adanya pengembangan media ini dapat menghasilkan media poster layanan informasi dampak pernikahan dini pada siswa SMP di Banjarbaru yang teruji keberterimaannya dari aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kemenarikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan media poster layanan informasi dampak pernikahan dini pada siswa SMP di Banjarbaru mengadaptasi dari strategi pengembangan Borg & Gall (dalam Sugiono, 2016) yang memiliki tujuh tahap. Media poster dilakukan pengujian oleh ahli validasi yaitu ahli bimbingan konseling, ahli media dan 5 Guru bimbingan konseling di Banjarbaru. Untuk hasil penilaian dari ahli validasi dan 5 Guru bimbingan konseling mendapatkan kategori “Sangat Layak”.
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK NELAYAN DI SMP NEGERI 1 PULAU LAUT TANJUNG SELAYAR Dina Aida Audria; Sultani Sultani; Didi Susanto
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.972 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i1.3422

Abstract

Upaya guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi siswa untuk terus melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pelajar dan menggapai cita-citanya, dengan memberikan dorongan kepada peserta didik untuk terus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar anak nelayan di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar, untuk mengetahui faktor rendahnya motivasi belajar anak nelayan di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar, untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar anak nelayan di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan layanan konseling kelompok yang dilaksankan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dikatakan berhasil karena dapat mengatasi permasalahan siswa dan meningkatkan motivasi belajar pada anak nelayan di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa anak nelayan yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Upaya guru Bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada anak nelayan di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar.
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA Silvia Septyani; Zainal Fauzi; Rudi Haryadi
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1358.256 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i1.3316

Abstract

Masih banyak ketidakmampuan siswa dalam pengedalian emosi ini sejalan dengan hasil dari studi pendahuluan yang membuktikan siswa memiliki kecerdasan emosional yang rendah di SMA Kecamatan Karang Intan. Upaya guru BK di lapangan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa selama ini hanya sebatas pemberian informasi menggunakan media power point, dimana media yang digunakan tersebut kurang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media permainan kartu UNO untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dan untuk mengetahui kelayakannya. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah menggunakan RnD model PPE yang dikembangkan oleh Richey dan Klein. Hasil penelitian ini telah menghasilkan media permainan Kartu UNO untuk meningkatkan kecerdasan emosional yang layak berdasarkan uji validasi materi dan media. Hasil uji validasi  yang di dapat dari 3 ahli memperoleh hasil rata-rata 4,2 dengan kriteria “sangat baik” dan dari 2 praktisi memperoleh hasil rata-rata 4,5 dengan kriteria “sangat baik” dengan catatan sedikit revisi atau perbaikan dalam model yang dikembangkan. Saran selajutnya model  ini masih memerlukan ujicoba di lapangan guna mengetahui efektifitas dan efisiensinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6