cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2020): September" : 6 Documents clear
KERJASAMA PERMAINAN KICK BALL PADA PEMBELAJARAN DIRECT DAN MOTORIK Samodra, Y. Touvan Juni
Jurnal IKA Vol 18, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v18i2.30058

Abstract

Siswa sekolah dasar merupakan masa mengumpulkan keterampilan gerak dasar,keterampilan dasar dan mempelajari teknik dasar.Keterampilan ini akhirnyadipergunakan untuk bermain. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruhpengaruh model pembelajaran direct instructional dengan menggunakanpermainan kick ball dan mempertimbangkan ketermpilan motorik tinggi danrendah. Perbedaan keterampilan motorik menyebabkan perbedaan dalampartisipasi dalam kegiatan bermain.Permainan yang aman untuk siswa sekolahdasar adalah permainan jenis Field game. Desain penelitian eskperimen hanyapost test dengan 20 siswa dengan kemampua motorik tinggi dan 20 siswa motorikrendah. Setiap kelompok diajar dengan model pembelajaran direct instructional.Permainan kick ball modifikasi dipergunakan dalam penelitian ini. Instrumentpenelitian dengan lembar observasi game performance tournament assessment(GPAI). Data dianalisis dengan uji T sampel bebas. Hasil penelitian menerangkanbahwa kemampuan motorik berpengaruh terhadap penguasaan kerjasama dalambermain. Siswa dengan kemampuan motorik tinggi lebih baik dibandingkandengan siswa yang motorik rendah.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PESERTA DIDIK KELAS V SD N 4 PADANGKERTA Sumaeda, Dewi Sumaeda
Jurnal IKA Vol 18, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v18i2.30059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PJOK materi tolak peluru melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 4 Padang kerta tahun pelajaran 2019/2020. Data hasil belajar Tolak Peluru peserta didik diperoleh dengan menggunakan tes unjuk kerja. Hasil analisis analisis menunjukkan: (1) Aktivitas peserta didikmeningkatdariskor rata-rata 10,15 pada siklus I menjadi 10,26 pada siklus II; (2) hasil belajar tolak peluru peserta didik meningkat dari ketuntasan klasikal 94,73% pada siklus I menjadi 97,37% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran PJOK materi tolak peluru dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Disarankan kepada guru PJOK agar menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada materi tolak peluru untuk peserta didik kelas V sekolah dasar.
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMAN KOTA SINGARAJA Ardiyanti, N M D; Mahayukti, G A; Sugiarta, I M
Jurnal IKA Vol 18, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v18i2.30080

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji proses pembelajaran matematika secara daring di SMAN Kota Singaraja, diukur dari variabel konteks, input, proses dan produk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi evaluasi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas X yang berjumlah 5 orang dan siswa kelas X di SMAN 2 Singaraja dan SMAN 4 Singaraja yang berjumlah 194 orang. Data yang dikumpulkan melalui kueioner sebagai instrumen utama, wawancara dan data studi dokumentasi sebagai instrument pendukung. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan memakai rumus z-skor yang kemudian di ubah ke dalam t-skor. Hasil z-skor dikonversikan ke dalam kuadran prototype teori Glickman. Hasil analisis data menunjukkan, dari siswa menjelaskan komponen konteks bernilai +, input -, proses -, dan produk -. Berdasarkan prototype Glickman, proses pembelajaran matematika secara daring bagi siswa di SMAN Kota Singaraja berada di kuadran III yang tergolong kurang efektif. Guru menyatakan komponen konteks bernilai +, input +, konteks – dan input +. Berdasarkan prototype Glickman, proses pembelajaran matematika secara daring bagi guru di SMAN Kota Singaraja berada di kuadran II yang tergolong efektif. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan proses pembelajaran matematika secara daring di SMAN Kota Singaraja bagi siswa tergolong kurang efektif dan bagi guru tergolong efektif ditinjau dari segi variabel konteks, input, proses dan produk
ENGLISH PRIMARY SCHOOL TEACHERS’ PERCEPTIONS AND IMPLEMENTATION OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE IN GIANYAR Dewi, L.P. Krissiana Permata; Utami, I G A Lokita Purnamika; Dewi, K. Sintya
Jurnal IKA Vol 18, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v18i2.30081

Abstract

This study aimed at describing the primary school English teachers’ perceptions and implementation of pedagogical content knowledge (PCK) of teaching English for young learners (TEYL), as well as the consistency between the perceptions and implementation of PCK in TEYL, especially in Gianyar. This study involved 2 primary school English teachers from 2 different schools in Gianyar which were selected by using convenience sampling. The research design used was embedded mixed method which qualitative is dominantly used. In collecting the data, the instruments used were questionnaire, observation sheet, and interview guide. The results show that both of teachers have a positive perception toward the PCK of teaching English to young learners. However, from the observation data, it is found that both teachers have a very low frequency in implementing the three components of PCK. Moreover, it was revealed that there was lack of consistency between the teachers’ perceptions and the implementation of PCK. Since, there was lack of consistency between the teachers’ perceptions and their implementation of Pedagogical Content Knowledge (PCK) in teaching English for young learners in Gianyar, it is suggested for the teachers to enhance their knowledge about PCK of teaching English to young learners and also enhance their teaching skills by attending seminars or workshops related to teaching English to young learners
PERSEPSI MAHASISWA VOKASI TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI PSIKOLOGI KOMUNIKASI PADA ERA PANDEMI COVID 19 Witari, Ni Nyoman Sri; Suryana, Jajang
Jurnal IKA Vol 18, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v18i2.30082

Abstract

Pembelajaran mata kuliah teori pada program studi diploma yang berbasis vokasi seringkali dianggap kurang mendapat perhatian dari mahasiswa. Dengan merebaknya pandemic covid 19 membuat persepsi tersebut menguat karena perkuliahan dilakukan melalui pertemuan virtual. Dari latar tersebut tujuan penelitian ini adalah 1) untuk membuktikan apakah benar mahasiswa vokasi tidak responsifterhadap pembelajaran mata kuliah teori; 2) mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah teori Psikologi Komunikasi secara daring di era covid 19. Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket menggunakan metode skala Likert, observasi perilaku mahasiswa dan dokumentasi kegiatan belajar dan dianalisis secaradeskriptif kuantitatif dalam bentuk prosentase yang digambarkan dalam sajian data berbentuk angka, tabel dan grafik statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa responsif terhadap pembelajaran matakuliah teori dengan capaian respons positif 82,5% (baik); dan respon terhadap pembelajaran matakuliah teori Psikologi Komunikasi secara daring di era covid 19sangat baik dengan respons positif 86% (sangat baik).
AN ANALYSIS OF THE QUALITY OF TEACHER – MADE MULTIPLE CHOICE TESTS USED AS SUMMATIVE ASSESSMENT FOR ENGLISH SUBJECT AT SMP NEGERI 5 SINGARAJA Saputri, Tikvi Yulia Wahyu
Jurnal IKA Vol 18, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v18i2.30055

Abstract

The teacher – made multiple choice test that used by the teachers to assess the students’ level must have a good quality by following certain norms in constructing it. This study was conducted to analyze the quality of the teacher – made multiple choice tests used as a summative assessment especially for middle test in the first semester at SMP Negeri 5 Singaraja. This study used content analysis design. The datawere obtained from 4 different teacher – made multiple choice tests with the total 100 items. Document analysis was used to compare the teacher – made multiple choice tests with the norms in making a good multiple choice test to decide the quality of each item. Then, the interview was done to get additional information. The result shows that all of the items of teacher – made multiple choice tests fulfilled more than 75% norms, means that they belong to very good quality. However the students’ National Examination score was low.Thus, it can be concluded that the quality of teacher – made MCT is not the only factor that affects the students’ National Examination score.

Page 1 of 1 | Total Record : 6