cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 2 (2017)" : 8 Documents clear
PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK BERBANTUAN RESUME BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEMESTER 2 DI SD NEGERI 2 BUNGKULAN TAHUN PELAJARAN 2015–2016 Ni Luh Gede Dwijani
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  matematika pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bungkulan melalui penerapan metode kerja kelompok berbantuan resume bahan ajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI  SD Negeri 2 Bungkulan  tahun pelajaran 2015-2016 sebanyak 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Dari 26 orang siswa ini dibagi menjadi 5 (lima) kelompok. Kelompok yang dibentuk adalah kelompok heterogen yang terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan bervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi untuk mengetahui keaktifan siswa melaksanakan diskusi kelompok dan metode tes untuk data hasil belajar. Data yang terkumpul diolah dengan langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil analisis data yang didapatkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan  yaitu pada siklus I sebesar 63,27% dalam  kategori rendah dan siklus II mencapai 70,19%  yang termasuk dalam kategori sedang.  Dilihat dari ketuntasan belajar siswa, sebelum tindakan dilakukan mencapai 42,03% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 57,69 % dan pada siklus II mencapai 80,77 %
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Putu Ardana Bukian
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20191

Abstract

Pegembangkan instrumen penilaian  difokus  pada keterampilan berpidato dengan teknik ekstemporan dan teknik menghafal. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah menengah pertama  yang berada di wilayah Singaraja. Sampel siswa yang digunakan sebanyak 280 siswa dan guru Bahasa Indonesia sebanyak 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara meminta bantuan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah tempat meneliti untuk menggunakan rubrik penilaian berpidato yang dikembangkan dalam menilai keterampilan berpidato siswa.Tahapan uji instrumen penilaian kinerja keterampilan berbicara sebagai berikut;  Pertama, hasil uji pakar menunjukkan, semua butir dari dua instrumen yang dikembangkan adalah relevan. Sehingga ketika hasil uji pakar ini dihitung dengan rumus Gregory ditemukan bahwa Validitas Content (VC) dari kedua instrument tersebut sama dengan 1,00. Kedua, analisis validitas butir instrumen dilakukan menggunakan rumus product moment dalam taraf signifikansi 5% dengan rtabel 0,178 ; ditemukan bahwa semua butir pada kedua instrumen penilaian berpidato tersebut adalah valid. Ketiga, perhitungan berikutnya ialah  menghitung reliabilitas butir. Peneliti menggunakan rumus Alpha Cronbach untuk menghitung reliabilitas butir. Hasil perhitungan reliabilitas butir  menunjukkan bahwa instrumen berpidato dengan teknik ekstemporan diperoleh hasil r = 0,663, dan instrumen berpidato dengan teknik menghafal diperoleh hasil r = 0,701. Keempat, untuk uji reliabilitas antarrater, data  dihitung dengan formula C. Hoyt. Hasil yang diperoleh ialah  r=0,911 untuk instrumen berpidato dengan teknik ekstemporan dan r = 0,927 untuk instrumen berpidato dengan teknik menghafal hal tersebut menunjukkan konsistensi reliabilitas antarrater tinggi. Kelima, kepraktisan penggunaan instrumen di analisis dengan T skor. Hasil perhitungan statistik untuk kedua instrument menunjukkan T= 50 yang berarti kedua instrumen tersebut tergolong praktis
KARAKTERISTIK EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN WILAYAH PERBATASAN DARAT BERBASIS NILAI-NILAI NYAMABRAYA I Gede Astra Wesnawa; I Gede Sudirtha
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20192

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Bali selama 3 (tiga) tahun, dengan tujuan untuk menghasilkan model pengelolaan wilayah perbatasan darat berbasis konsep Nyamabraya. Dengan konsep kearifan lokal ini konflik di wilayah perbatasan provinsi, kabupaten, dan desa di Bali dapat  dihindari atau diminimalisir, sehingga terjadi keajegan wilayah bahkan keutuhan NKRI tetap lestari. Salah satu tujuan khusus dari penelitian Tahun I adalah mengidentifikasi karakteristik ekonomi, sosial budaya masyarakat dalam pengelolaan wilayah perbatasan darat, Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan  paradigma penelitian pengembangan tipe prototipycal studies yang dipadukan dengan metode analisis reflektif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik ekonmi masyarakat perbatasan adalah dominan pada sektor pertanian, perkebunan dan peternakan. Karakteristik sosial budaya masyarakat dalam pengelolaan wilayah perbatasan darat dengan “desa kala patra” yang diselaraskan dengan  konsel Tri Hita Karana
CAMPUR KODE DALAM IKLAN DI RADIO DAN TELEVISI Kadek Wirahyuni
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20193

Abstract

Tendensi penggunaan bahasa Indonesia di media massa pada umumnya bersifat agitatif. Pro dan kontra terhadap bahasa di media massa masih terjadi di masyarakat. Hal yang paling menarik dan sering menjadi perhatian di masyarakat adalah penggunaan bahasa dalam iklan. Bahasa iklan yang kita lihat di media massa tentunya tidak selalu menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa asing dan bahasa daerah kerap menjadi pilihan bahasa dalam iklan-iklan tersebut. Di dalam teori bilingualisme, kasus semacam ini dikenal dengan istilah campur kode. Ada dua bentuk campur kode dalam bahasa iklan yang dibahas di sini, yakni campur kode bahasa Inggris dan Italia (bahasa asing) dalam pemakaian bahasa Indonesia (campur kode ke luar) dan campur kode bahasa Bali (bahasa daerah) dalam pemakaian bahasa Indonesia (campur kode ke dalam). Selain itu, terdapat lima wujud campur kode dalam bahasa iklan, yaitu penyisipan kata, penyisipan frasa, penyisipan klausa, penyisipan ungkapan atau idiom, dan penyisipan bentuk baster (gabungan pembentukan asli dan asing). Selanjutnya, ada lima faktor penyebab terjadinya campur kode dalam bahasa iklan, yaitu (1) alasan akademis, (2) gengsi, (3) persuasif, (4) komunikatif, dan (5) latar belakang konsumen. Bahasa dalam iklan yang sering menyelipkan bahasa daerah atau bahasa asing merupakan salah satu bentuk kekayaan (kebakiran) nusantara yang sah saja jika digunakan, mengingat bahasa Indonesia dapat bermanifestasi menjadi banyak pilihan kata dan bersifat arbitrer
PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA BERBASIS SPSS DI STMIK STIKOM INDONESIA Ni Wayan Suardiati Putri; Ni Kadek Suryati
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Statistika berbasis SPSS yang valid dan praktis.Modul yang dikembangkan mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yaitu: investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, tes, evaluasi, revisi, dan implementasi. Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap tes, evaluasi,dan revisi, sehingga hasil dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan prototype final suatu modul yang nantinya siap untuk diimplementasikan lebih luas. Uji validitas dilakukan olehahli  yang menilai modul dan instrument pembelajaran. Pengujian kepraktisan modul diukur dari tiga hal yaitu: keterlaksanaan modul, respons mahasiswa dan respons dosen terhadap keterlaksanaan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas dan kepraktisan
PENGARUH PELATIHAN BACK LATERAL PULLDOWNS DAN SEATED ROWS TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN DAN OTOT PUNGGUNG (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA UKM BOLAVOLI FAKULTAS OLAHRAGA DAN KESEHATAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA-BALI I Kadek Suardika
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20195

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pemberian pelatihan backlateral pulldowns terhadap kekuatan otot lengan dan otot punggung; (2) pengaruh pemberian pelatihan seated rows terhadap kekuatan otot lengan dan otot punggung; (3) perbedaan pengaruh antara pelatihan lateral pulldowns dan pelatihan seated rowsterhadap kekuatan otot lengan dan otot punggung.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan matching only design, dan analisis data menggunakan Anova. Proses pengambilan data dilakukan dengan tes expanding dynamometer dan back dynamometer pada saat pretest dan posttest. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS seri 17.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemberian pelatihan back lateral pulldownsberpengaruh signifikan terhadap kekuatan otot lengan dan punggung, (2) pemberian pelatihan back lateral pulldowns berpengaruh signifikan terhadap kekuatan otot lengan dan punggung, dan (5) terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh pelatihan back lateral pulldownsdan seated rows terhadap kekuatan otot lengan dan punggung
PEMBERIAN TUGAS RUMAH MEMBUAT PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR KIMIA PEBELAJAR KELAS XI-MIA1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA Made Arya Kartawan
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar kimia pebelajar kelas XI-MIA1 SMA Negeri 2 Singaraja.        Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus penelitian diadopsi dari model Kemmis & Taggart.  Sebagai subyek penelitian adalah seluruh pebelajar kelas XI-MIA 1 semester ganjil  SMANegeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi jumlah pertanyaan yang diajukan pebelajar yang telah disiapkan sebagai tugas rumah. Analisis data menggunakan deskriptif-kualitatif, yakni dengan mendeskripsikan jumlah rata-rata pebelajar yang bertanya pada setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas membuat pertanyaan dirumah dapat meningkatkan keaktifan belajar kimia pebelajar di kelas. Keaktifan belajar kimia pebelajar ini dapat terlihat dari jumlahpebelajar yang bertanya di kelas. Jumlah pebelajar yang bertanya pada saat observasi awal sebelum dilakukan tindakan adalah sekitar 16,67%. Setelah diberikan tindakan, jumlah pebelajar yang bertanya pada siklus I adalah 41,67% sedangkan pada siklus II adalah 53,13%. Dengan demikian metode pemberian tugas rumah dalam bentuk membuat pertanyaan mampu meningkatkan keaktifan belajar di kelas.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MICROSOFT MATH TERHADAP HASIL BELAJAR ALJABAR LINIER DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK DI STIMIK STIKOM INDONESIA Ni Kadek Suyati; Ni Wayan Suardiati Putri
Jurnal IKA Vol. 15 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i2.20197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif team games tournament (TGT) berbantuan microsoft math terhadap hasil belajar aljabar linier ditinjau dari kemampuan numerik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian eksperimen group faktorial 2x2 yang dilaksanakan di  STMIK STIKOM Indonesia, dengan sampel jurusan teknik informatika sebanyak 95 mahasiswa pada semester genap yang diperoleh menggunakan simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari skor tes kemampuan numerik dan tes hasil belajar matrik mahasiswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar aljabar linier dan interaksi antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan microsoft math dan konvensional, (Fhitung sebesar 5,316 (p<0.05)), menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara aljabar linier mahasiswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif TGT berbantuan microsoft math dan yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan numerik

Page 1 of 1 | Total Record : 8