cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 1 (2021)" : 7 Documents clear
Pengembangan Modul Pembelajaran PJOK Tematik Terintegratif (Sub tema : Tubuhku) Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD Di Kecamatan Buleleng K.A.K Agung; I.K.B. Astra; N.P.D.S. Dartini
Jurnal IKA Vol. 19 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i1.30733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembebelajaran tematik PJOK tema diriku pada peserta didik kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan modul pembelajaran tematik PJOK menggunakan model Borg & Gall sampai tahap ke 5 Langkah validasi modul pembelajaran tematik PJOK mengadopsi  model Borg & Gall yaitu: uji lapangan persiapan dan peneliti menambahkan uji ahli isi dan uji ahli media agar penelitian lebih signifikan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi modul pembelajaran PJOK ditinjau dari uji ahli isi adalah sangat baik dengan presentase 92,94%. Ahli media berada pada kualifikasi baik dengan presentase 90%. Hasil uji lapangan persiapan berada pada kualifikasi sangat baik dengan presentase 95,35%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik PJOK tema diriku pada kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng layak digunakan. Disarankan lagi peneliti lain dapat melanjutkan eksperimen ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik PJOK.   Kata kunci: Pembelajaran Tematik, PJOK, Model Borg & Gall
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Facebook Pada Materi Pelajaran Fotografi A. Mahardika; N Suharsono; W. Mudana
Jurnal IKA Vol. 19 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i1.31678

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan dan juga sistem pembelajaran di sekolah dan ini merupakan tantangan guru bagaimana tetap dapat melaksanakan protokol kesehatan sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Outdoor Study dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan materi Fotografi berbantuan facebook. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dengan instrument yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tabanan dengan subjek Kelas XI MM yang kemampuan siswanya pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan materi Fotografi cukup rendah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Outdoor Study dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat 4,62% untuk hasil belajar dan dari Siklus I ke  Siklus II naik 8,08% untuk hasil belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Outdoor Study dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa dalam Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan materi Fotografi.Kata kunci : Outdoor Study; Hasil Belajar; Facebook; Fotografi.
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar PMKR Siswa SMK I.W. Widayana
Jurnal IKA Vol. 19 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i1.31731

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatan hasil belajar PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan)   setelah diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games Tournament (TGT pada siswa kelas XII TKRO 3  SMK Negeri 3 Singaraja Subjek penelitian ini siswa kelas XII TKRO3 SMKN 3 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Hasil belajar  PMKR  dikumpulkan dengan metode tes tulis untuk capaian kompetensi pengetahuan, capaian kompetensi keterampilan dikumpulkan dengan test praktik, dan keaktifan siswa dikumpulkan dengan lembar observasi dan analisisnya menggunakan criterion refrenced test (PAP). Hasil penelitian menunjukkan1)Pada capaian kompetensi pengetahuan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kategori cukup  menjadi baik. 2) Pada capaian kompetensi keterampilan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kategori baik  menjadi sangat baik. 3) Pada capaian kompetensi sikap terjadi peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi sangat aktif. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada capaian kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa.Kata Kunci: TGT (Teams-Games Tournament); hasil belajar; PMKR.
An Analysis of Students’ Reading Comprehension Difficulties of Eighth Grade Students at SMP Negeri 4 Tegalalang N.K.R. Saraswati; P.E. Dambayana; N.P.A Pratiwi
Jurnal IKA Vol. 19 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i1.31826

Abstract

This study aimed to investigate students’ reading comprehension difficulties of eighth grade students at SMP N 4 Tegallalang. This study used descriptive quantitative method. To run this research, 129 eighth grade students of SMP N 4 Tegallalang in the academic year 2020/2021 were chosen as the sample. The data of students’ reading comprehension difficulties collected through reading comprehension test. The result of students’ reading comprehension test indicated eight grade students of SMP N 4 Tegallalang have difficulty in all five aspects of reading comprehension. Those were determining main idea, locating reference, understanding vocabulary meaning, making inference, and finding specific information. Determining main idea was the most difficult aspect faced by students which got 72% of the percentage of difficulty. It was followed by locating reference which got 70%. For students’ difficulty in understanding vocabulary and finding specific information the percentage of difficulty were 68% and 67% which only one percent difference. Meanwhile, students’ difficulty in making inference got the lowest of the percentage difficulty which was 63%.Keywords: Difficulties; Reading; Reading Comprehension.
Self-directed Learning in EFL During COVID-19 Pandemic: An Analysis of Teacher's Perception and Students' Learning Autonomy in SMA N 1 Blahbatuh P.M.O. Dewi; L.P. Artini; N.N. Padmadewi
Jurnal IKA Vol. 19 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i1.32094

Abstract

Terdapat 3 tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang pembelajaran mandiri, aktivitas yang diberikan guru selama pembelajaran online, dan mengetahui komponen dan indikator mandiri yang diidentifikasi dalam aktivitas tersebut. Penelitian ini dikategorikan ke dalam metode campuran dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Satu-satunya subjek dari data ini adalah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar siswa kelas X di SMA N 1 Blahbatuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, observasi, dan tabel klasifikasi. Ada tiga hasil utama dari penelitian ini. Pertama, guru memiliki persepsi positif tentang pembelajaran mandiri yang terlihat dari hasil angket. Kedua, kegiatan yang diberikan guru belum maksimal, karena beberapa tahapan pembelajaran belum memuat kegiatan. Terakhir, hanya ada empat komponen pembelajaran mandiri yang diidentifikasi dalam kegiatan yang diberikan oleh guru selama pembelajaran online. Ada kecenderungan guru salah menafsirkan pembelajaran mandiri.Kata kunci: Pembelajaran Mandiri; Persepsi; Pembelajaran Online.
Pembangunan Kawasan Sempadan Pantai Amed dengan Pelibatan Elite Desa Adat Kajian Penguatan Identitas Kelembagaan Lokal N.K.S. Adnyani
Jurnal IKA Vol. 19 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i1.32527

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) Faktor pendorong terjadinya pembangunan kawasan Sepandan Pantai di Desa Amed, (2) Bentuk pelibatan desa adat dalam pengelolaan kawasan sepadan pantai, (3) Pengaruh pelibatan elit desa adat terhadap penguatan identitas kelembagaan lokal.Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan diintegrasikan dengan penelitian kebudayaan (culture research). Pendekatan penelitian etnografi. Lokasi penelitian adalah di Desa Amed Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: Pengejawantahan konsep ruang tradisional Bali di sempadan Pantai Amed telah mengakomodir konsep dan filosofi filosofi Tri Hita Karana, konsep Tri Angga, Luan Teben, Catus Patha dan Sanga Mandala, menghasilkan suatu hirarki dan struktur ruang. Pembagain ruang yang tercipta berdasarkan output landasan konsep pola tata ruang tradisional Bali. Orientasi ruang di sempadan pantai Amed selaras susunan kosmologis filosofi dan konsep ruang tradisonal Bali.Kata kunci: Amed; Desa adat; Sempadan Pantai.
Penataan Kota Singaraja Zaman Kolonial Belanda (Perspektif Sejarah Kota) K.S. Arta; I.M. Pageh; I.W.P. Yasa
Jurnal IKA Vol. 19 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i1.33446

Abstract

Tujuan tulisan ini adalah 1) untuk mengetahui gambaran jelas tentang kosepsi dan tata ruang yang berciri tradisional di Kerajaan Buleleng, 2) untuk memperoleh gambaran jelas landcape Kota Singaraja sebagai kota kolonial Belanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi kesejarahan yang meliputi langkah-langkah: heuritik, kritik, interpretasi, dan Hinstoriografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa landcape kota Singaraja dibangun berdasarkan perpaduan landcape tradisional (geo-religius) dengan landcape modern yang berorientasi pada kehidupan duniawi, sifat rasional ini ditunjukkan dengan adanya sanitasi lingkungan, jalan raya besar untuk transportasi modern, tempat hiburan, sekolah, pusat tentara, penjara, pengadilan dan wujud orientasi dunia barat lainnya. Sarana kota modern tersebut dimaksudkan untuk mengukuhkan kekuasaan kolonial Belanda. Tulisan dengan pendekatan ekohistoris ini dapat dikembangkan menjadi bahan pembelajaran untuk memahami strategi kolonial Belanda dalam mengurung kekuasaan tradisional  yang sangat sacral dengan kekuasaan serba nyata, propan, serba iptek dan bernilai kekuasaan politik, ekonomis dan prestige sosial. Rekomendasi yang diberikan adalah diharapkan pengembangan kota Singaraja sekarang juga memperhatikan pengembangan wilayah pada masa pemerintahan kolonial Belanda, dan tetap menjaga artefak-artepak/ bangunan kolonial yang bisa dijadikan daya Tarik pariwisata Kata Kunci: Penataan Kota; Landcape tradisional; Landcape modern. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7