cover
Contact Name
Yohanes Indrayono
Contact Email
redaksijimfe@unpak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksijimfe@unpak.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 25021400     EISSN : 25025678     DOI : 10.34203/jimfe
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE) aims to publish scientific articles in management which can give contribution to the education and development of the science. JIMFE welcomes empirical, theoretical, and case-based studies articles which are relevant to all management aspects including.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)" : 10 Documents clear
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS E-COMMERCE DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH Megawati Syahril
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.6165

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi penerapan dan pemanfaatan Teknologi Informasi yang berbasis e-commerce di era pandemi Covid-19 sebagai salah satu sarana untuk memasarkan produk-produk dari UMKM dari daerah Kabupaten Sleman, DIY. Menurut data dari Kementrian Koperasi dan UKM, secara jumlah unit, UMKM memiliki pangsa pasar sebesar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Sementara itu, e-commerce sering disebut sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan adanya pandemi Covid-19, UMKM dituntut untuk beradaptasi terhadap perubahan, baik dari pemasaran, maupun proses jual beli. E-commerce adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya saing, memperbesar pemasaran produk, dan pengembangan UMKM itu sendiri. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 30  UMKM yang ada di Kabupaten Sleman, DIY. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan perhitungan regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 20.0 untuk melihat pengaruh tidak langsung antara satu variable dengan variable lainnya.ABSTRACTThe purpose of this research is to find out the significancy of Information Technology within e-commerce in term of its usage and practice during Covid-19 pandemic era as one of the mediums to promote many products from SMEs industry in Kabupaten Sleman, DIY. Based on the data from the Ministry of Cooperatives and SMEs of The Republic of Indonesia, SMEs gain 99,99% of its market share (62.9 million units) of the total amount of Indonesian entrepreneurs. Meanwhile, e-commerce has been said as one of the stimulant factors of economic growth in Indonesia. This pandemic force most of all SMEs to adapt the situation, in term of marketing as well as buy and sell process. E-commerce can be used to increase the competitiveness, enlarging the market products and expansion itself. The method of this research has been done by distributing the questionnaire to 30 SMEs in Kabupaten Sleman, DIY. The author uses SPSS 20.0 to analyze by using ‘Simple Linear Regression’ to find the indirect influence between one variable to the other variable
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. PINUS MERAH ABADI DEPO CIBADAK Herdiyana Herdiyana; Fahira Nurul Azizah
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.5239

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menjelaskan apakah terdapat pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Pinus Merah Abadi Depo Cibadak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu verifikatif, dengan metode penelitian explanatory survey. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Penentuan sampel menggunakan metode sensus dengan jumlah 42 karyawan. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan karyawan terhadap kompensasi yang diberikan perusahaan 84,9% menyatakan sangat baik dan terkait kepuasan kerja yang dirasakan karyawan menunjukkan sebesar 83,9% menyatakan sangat baik. Hasil analisis menunjukkan kompensasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Beberapa implikasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) perusahaan dalam memberikan insentif agar tepat waktu, dan 2) diharapkan perusahaan dapat memberikan perintah pekerjaan sesuai dengan jobdesk karyawan dengan lebih jelas dan detail mengenai pekerjaannya agar karyawan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan arahan yang diberikan, baik itu dalam bentuk intruksi maupun dalam bentuk tulisan deskripsi pekerjaan.ABSTRACTThis study aims to explain whether there is an effect of compensation on employee job satisfaction at PT. Perennial Red Pine at Cibadak Depot. The type of research used is verification, with an explanatory survey research method. The data used are primary and secondary data. Determination of the sample using the census method with a total of 42 employees. The analytical method used is simple linear regression. The results showed that 84.9% of employees responded to the compensation given by the company very well and 83.9% said it was very good regarding the job satisfaction felt by employees. The results of the analysis show that compensation has a positive effect on job satisfaction. Some of the implications that can be given from the results of this study are: 1) the company provides incentives to be on time, and 2) it is expected that the company can provide work orders in accordance with the employee's jobdesk with more clarity and detail regarding their work so that employees can carry out their duties according to the directions given. given, either in the form of instructions or in the form of written job descriptions.
ANALYSIS OF THE FACTORS AFFECTING THE COMMITMENT OF THE HEAD OF THE BUMDESA IN BOGOR REGENCY Herman Herman; Yayan Hadiyat
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.6081

Abstract

ABSTRACTThis study aims to examine and analyze the indicators that influence the commitment to the organization of the Head of BUMDesa in Bogor Regency, using a questionnaire that has been tested for validity and reliability as many as 30 respondents from 131 people, with the verification method carried out through the method and analysis of the Structural Equation model. Based on the results, it can be concluded that affective commitment is the most dominant indicator in influencing commitment to the organization of the head of BUMDesa in Bogor Regency. Meanwhile, the lowest score is normative commitment. Based on the results of this study, the suggestion that can be given is that the head of BUMDesa must increase Normative Commitment through strengthening indicators of having an obligation to the organization and loyalty to the organization. The activities that can be carried out are when the head of BUMDesa is elected, an orientation and job introduction program and the position of the Head of BUMDesa must be carried out or in the form of pre-service activities for the head of BUMDesa.ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis indikator-indikator yang mempengaruhi komitmen organisasi Kepala BUMDesa di Kabupaten Bogor, dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebanyak 30 responden dari 131 orang, dengan metode verifikasi dilakukan melalui metode dan analisis model Structural Equation. Berdasarkan hasil uji analisis dapat disimpulkan bahwa komitmen afektif merupakan indikator yang paling dominan dalam mempengaruhi Komitmen Organisasi kepala BUMDesa di Kabupaten Bogor. Sedangkan skor terendah adalah komitmen normatif. Saran yang dapat diberikan adalah kepala BUMDesa harus meningkatkan komitmen normatif melalui penguatan indikator memiliki kewajiban terhadap organisasi dan loyalitas terhadap organisasi. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah pada saat pemilihan kepala BUMDesa harus dilakukan program orientasi dan pengenalan pekerjaan dan jabatan Kepala BUMDesa atau berupa kegiatan prajabatan kepala BUMDesa.
THE EFFECTIVENESS OF FEMALE BOARD INDEPENDENCY ON INTELLECTUAL CAPITAL: INDONESIAN COMPANIES LISTED ON KOMPAS 100 Estina Sativa; Hesniati Hesniati; Robin Robin
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.5799

Abstract

ABSTRACTThis study examines female independent commissioners' effect on intellectual capital. The population and research sample are companies listed on the Indonesia Stock Exchange with the Kompas 100 index in the 2014-2020 period. The research data used secondary data and purposive sampling data collection methods. Data were analyzed using descriptive statistics, correlation, regression, and robustness tests. This study concludes that female independent commissioners significantly positively affect intellectual capital.  Female commissioners have a high potential to influence the creation of value for the company. It is necessary to increase the opportunity for women to occupy the position of commissioner or independent commissioner, in addition to gender equality and practical and optimal supervision. Therefore, in appointing new commissioners, the board of commissioners needs to consider the company's operational mechanism, whether it is a company operating in the technology orientation sector or the development stage, and consider the individual candidates for commissioners based on previous experiences.ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk meneliti pengaruh komisaris independen wanita terhadap modal intelektual. Populasi dan sampel penelitian berupa perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan indeks Kompas 100 pada periode 2014-2020. Data penelitian menggunakan data sekunder dan metode pengumpulan data purposive sampling. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji korelasi, uji regresi dan robustness test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa komisaris independen wanita berpengaruh signifikan positif terhadap modal intelektual. komisaris wanita mempunyai potensi tinggi mempengaruhi penciptaan value bagi perusahaan. Implikasi manajerial penelitian ini adalah peningkatan kesempatan bagi wanita dalam menduduki posisi komisaris atau komisaris independen perlu dilakukan disamping kesetaraan gender juga adanya pengawasan yang efektif dan optimal. Oleh karena itu, dalam pengangkatan komisaris baru perlu mempertimbangkan mekanisme operasional perusahaan apakah termasuk perusahaan yang beroperasi pada sektor orientasi teknologi atau tahap pengembangan serta dipertimbangkan individu dari calon komisaris berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOMAT CERI PADA IKIFARM HYDROPONIK Ayutyas Sayekti; Fara Festy Welia
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.6078

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah merumuskan ide strategi pengembangan usaha tomat ceri dengan menafaatkan toamt ceri yang tidak lulus sortasi serta menganalisis kelayakan pengembangan berdasarkan aspek finansial dan non finansial. Terdapat kurang lebih 40 kg setiap kali panen selama bulan Januari-maret 2022 yang tidak lolos sortasi penjualan ke hotel maupun supermarket. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT, IFE dan EFE serta analisis kelayakan usaha dan analisis laba rugi. Berdasarkan analisis yang terletak pada kuadran 1 maka perlu dilakukan pengembangan pada tomat ceri dengan memanfaatkan tomat ceri yang tidak lolos sortasi dijadikan permen tomat ceri. Berdasarkan analisis kelayakan usaha dilihat dareiu NPV, IRR, Net B/C dan gross B/C dikatakan layak untuk dijalankan dengan payback period 2 tahun 2 bulan dan laba bersih yang dihasilkan sebesar Rp 7.582.139 pada tahun pertama dan Rp 9.564.179 pada tahun selanjutnya. Berdasarkan analisis switching value terdapat pengaruh waktu pemgembalian jika adanya kenaikan harga bahan baku dan penurunan produksi.    ABSTRACTThis research aimed to formulate an idea for a cherry tomato business development strategy by utilizing cherry tomatoes that did not pass the sorting and to analyze the development feasibility based on financial and non-financial aspects. There were approximately 40 kg of each harvest during January-March 2022 that did not pass the sorting of sales to hotels and supermarkets. The analytical methods used in this research were SWOT, IFE and EFE analysis, business feasibility analysis, as well as profit and loss analysis. Based on the analysis located in quadrant 1, it is necessary to develop cherry tomatoes by utilizing the cherry tomatoes that did not pass the sorting by processing them into cherry tomato candies. Based on the business feasibility analysis seen from the NPV, IRR, Net B/C, and gross B/C, this development strategy is feasible to run with a payback period of 2 years and 2 months and the net profit generated is Rp 7.582.139 in the first year and Rp 9.564.179 in the following year. Based on the switching value analysis, there is an effect of payback time if an increase in raw material prices and a decrease in production occur.
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA ERA VUCA DENGAN PENDEKATAN VRIO Muchamad Bachtiar; Aditya Ramadhan; Lien Herlina; Hairunisa Dzulhira
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.5780

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi resources dan capabilities yang dimiliki Kabupaten Kuningan dan menghasilkan rumusan strategi yang tepat untuk mengelola resources dan capabilities yang dapat menjadi sumber keunggulan bersaing dan berkelanjutan bagi sektor pariwisata Kabupaten Kuningan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah sekitar enam orang. Dimana enam orang tersebut merupakan stakeholder ahli dan berpengalaman di sektor pariwisata Kabupaten Kuningan. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis VRIO framework (valuable, rare, inimitable, organized), Tourism Value Chain (TVC) dan Mix Marketing 4P. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 12 resources yang menjadi sumber keunggulan bersaing berkelanjutan dimana dapat dirumuskan menjadi dua cluster yaitu ecotourism dan cultural tourism. Disporapar perlu melakukan pengembangan aktivitas wisata atau diversifikasi wisata, mendorong pembangunan destinasi digital, pengembangan desa wisata serta pembuatan kalender pariwisata.ABSTRACTThe purpose of this research is to identify the resources and capabilities of Kuningan Regency and to formulate the right strategy to manage those resources and capabilities which can be a source of competitive advantage and sustainability for the tourism sector in Kuningan Regency. This research uses a qualitative descriptive method with a case study approach. Respondents involved in this study amounted to about six people. The six people are expert and experienced stakeholders in the Kuningan Regency tourism sector. The data processing method used is analyzing the VRIO framework (valuable, rare, inimitable, organized), Tourism Value Chain (TVC), and Mix Marketing 4P. The results of this study indicate that there are 12 resources that are sources of a sustainable competitive advantage which can be formulated into two clusters, namely ecotourism and cultural tourism. Disporapar needs to develop tourism activities or diversify tourism, encourage the development of digital destinations, develop tourist villages, and create a tourism calendar.
BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, MOTIVASI KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI M A Faishol Zuhri; Musa Hubeis; Nurhasanah Nurhasanah
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.6166

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partial maupun simultan dari budaya organisasi, gaya kepemimpinan, kualitas sumber daya manusia dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sampel dalam penelitian ini adalah staf pelaksana Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi, gaya kepemimpinan, kualitas sumber daya manusia, dan motivasi kerja berpengaruh  terhadap kinerja pegawai. Hasil penelitian ini berimplikasi pada upaya perusahaan dalam meningkatkan kinerja dengan memperhatikan aspek budaya organisasi, gaya kepemimpinan, kualitas sumber daya manusia, dan motivasi kerja.ABSTRACTThis study aims to analyze both the partial and simultaneous impact of organizational culture, leadership, the quality of human resources, and working motivation on employee performance in the Bureau of Budget Planning and International Cooperation, the Ministry of Public Works and Public Housing of Republic of Indonesia. Our study sample is composed of 100 staff. We collected data by using a questionnaire. Data analysis using multiple regression analysis. The results of the study show that organizational culture, leadership style, quality of human resources, and work motivation affect employee performance. The results of this study have implications for the company's efforts to improve performance by paying attention to aspects of organizational culture, leadership style, quality of human resources, and work motivation.
LEVEL OF SATISFACTION ON SERVICES QUALITY OF LRT SOUTH OF SUMATRA DURING THE CORONA PANDEMIC Driaskoro Budi Sidharta; Siti Nurlaili Triwahyuni; Herdi Agem Priyono; Tegar Brilianza
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.5076

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the quality level of South Sumatra LRT services during the corona pandemic. The population of this study was 360 persons of South Sumatra LRT customers by accidental sampling method. This research was conducted by distributing 24 questions using a questionnaire. Evaluation of the level of desire and performance of the South Sumatra LRT manager is measured using a Likert scale. The result of the evaluation was analyzed using the Customer Satisfaction Index and servqual (gap analysis). The results showed that overall South Sumatra LRT customer was very satisfied, as indicated by CSI of 85,6%. However, all variables need to be improved because there is still a gap between customer desires and the performance of LRT Sumatra Selatan services. The level of service related to preventing the spread of the coronavirus needs to be prioritized.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan LRT Sumatra Selatan pada masa pandemi corona. Populasi penelitian ini adalah pelanggan LRT Sumatra Selatan sebanyak 360 orang dengan metode accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 24 pertanyaan menggunakan kuesioner. Penilaian tingkat keinginan dan kinerja pengelola LRT Sumatra Selatan diukur dengan menggunakan skala Likert. Hasil evaluasi dianalisis dengan menggunakan Customer Satisfaction Index dan servqual (gap analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelanggan LRT Sumsel sangat puas yang ditunjukkan dengan CSI sebesar 85,6%. Namun semua variabel perlu diperbaiki karena masih terdapat gap antara keinginan pelanggan dengan kinerja pelayanan LRT Sumatra Selatan. Tingkat pelayanan terkait pencegahan penyebaran virus corona perlu diprioritaskan.
KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KPR BANK TABUNGAN NEGARA Winda Septiana; Hari Muharam; Agus Setyo Pranowo
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.5781

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menjelaskan apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan KPR pada Bank Tabungan Negara. Penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian eskplanatif, deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan Varian Based Structural Equation Modeling menggunakan software Partial Least Square (PLS) dengan desain penelitian hierarchical component menggunakan reflective-reflective measurement model. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah atau debitur KPR dari PT. Bank Tabungan Negara, Tbk. (Bank BTN) Cabang Bogor sebanyak 70.492 dan jumlah sampelnya sebesar 398. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi penelitian ini yaitu karena faktor kualitas pelayanan sebagai variabel yang memiliki pengaruh paling besar di antara variabel variabel lainnya, sehingga untuk meningkatkan kualitas pelayanan dapat berfokus pada pelayanan pelanggan KPR dengan prima.ABSTRACTThis study aims to explain whether there is an effect of service quality on customer loyalty and the influence of corporate image on KPR customer loyalty at the State Savings Bank. This research is a combination of explanatory, descriptive and quantitative research. This study uses data analysis methods using the Structural Equation Modeling (SEM) method using Varian Based Structural Equation Modeling using Partial Least Square (PLS) software with a hierarchical component research design using a reflective-reflective measurement model. The population in this study were all KPR customers or debtors from PT. State Savings Bank, Tbk. (Bank BTN) Bogor Branch as many as 70,492 and the total sample is 398. The results show that service quality and corporate image have a partial and simultaneous effect on customer loyalty. The implication of this research is because of the service quality factor as the variable that has the greatest influence among other variables, so that to improve service quality it can focus on excellent KPR customer service.
STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) PRODUK RIVENAR+ TAHUN 2022-2023 Lona Amalia; Aprihatiningrum Hidayati
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.5933

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan merancang strategi integrated marketing communication yang dapat dilakukan Rivenar+ untuk periode 2022-2023. Penelitian adalah penelitian terapan dengan pendekatan kualitatif deskrptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada divisi pemasaran perusahaan dan studi dokumen berupa hasil survei minat beli konsumen yang telah dibukukan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis konten. Langkah analisis yang dilakukan adalah menganalisis faktor eksternal dan internal. Hasil analisis ini kemudian akan menghasilkan TOWS matrix yang kemudian akan dituangkan ke dalam Strategi IMC. Penelitian ini menghasilkan strategi integrated marketing communications sebanyak tiga program dengan tujuan meningkatkan awareness dan kesukaan masyarakat terhadap brand Rivenar+. Penggunaan iklan secara above the line (ATL) paling banyak digunakan dalam implementasi strategi. Penggunaan iklan memberikan gambaran yang menyeluruh terkait sebuah brand.ABSTRACTThis study aims to design an integrated marketing communication strategy that can be implemented by Rivenar+ for the 2022-2023 period. This research is applied research with a descriptive qualitative approach. The data collection technique used was interviews with the company's marketing division and document studies in the form of survey results of consumer buying interest that had been recorded. The analysis technique used is content analysis. The analysis step taken is to analyze external and internal factors. The results of this analysis will then produce a TOWS matrix which will then be poured into the IMC Strategy. This research resulted in an Integrated Marketing Communications strategy of 3 programs to increase public awareness and likes for the Rivenar+ brand. The use of advertising above the line (ATL) is most widely used in strategy implementation. The use of advertising provides a comprehensive picture of a brand.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 1 (2023): Vol 9, No. 1 (2023) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022) Vol 8, No 1 (2022): Vol 8, No. 1 (2022) Vol 7, No 2 (2021): Vol 7, No. 2 (2021) Vol 7, No 1 (2021): Vol 7, No. 1 (2021) Vol 6, No 2 (2020): Vol 6, No 2 (2020) Vol 6, No 1 (2020): Vol 6, No 1 (2020) Vol 5, No 2 (2019): Vol 5, No 2 (2019) Vol 5, No 1 (2019): Vol 5, No 1 (2019) Vol 4, No 2 (2018): Vol 4, No 2 (2018) Vol 4, No 1 (2018): Vol 4, No 1 (2018) Vol 2, No 1 (2016): Vol 2, No 1 (2016) Edisi 2 Vol 2, No 1 (2016): Vol 2, No 1 (2016) Edisi 1 Vol 6, No 2 (2014): Vol 6, No 2 (2014) Vol 6, No 1 (2014): Vol 6, No 1 (2014) Vol 5, No 2 (2013): Vol 5, No 2 (2013) Vol 4, No 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Tahun 2018 Vol 3, No 2 (2017): Vol 3, No 2 (2017) Vol 1, No 2 (2015): Vol 1, No 2 (2015) Vol 1, No 1 (2009): Vol 1, No 1 (2009) Vol 2, No 1 (2010): Vol , No 1 (2010) Vol 3, No 2 (2017): Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No. 2 Tahun 2017 Vol 3, No 1 (2017): Volume 3 No. 1 Tahun 2017 Vol 3, No 1 (2017): Vol 3, No 1 (2017) Vol 2, No 1 (2016): VOL 2, NO 1 2016 EDISI 2 Vol 2, No 1 (2016): VOL 2, NO 1 2016 EDISI 1 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NO 2 TAHUN 2016 Vol 2, No 2 (2016): Vol 2, No 2 (2016) Vol 1, No 2 (2015): Vol. 1 No.2 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol 1 No 1 Tahun 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol 1, No 1 (2015) Vol 6, No 2 (2014): vol 6, no 2 (2014) Vol 6, No 1 (2014): Vol 6, No 1 (2014) Vol 5, No 2 (2013): Vol.5 No.2 2013 Vol 5, No 1 (2013): Vol 5, No 1 (2013) Vol 5, No 1 (2013): Vol 5, No 1 (2013) Vol 4, No 2 (2012): Vol 4, No 2 (2012) Vol 4, No 2 (2012): Vol 4, No 2 (2012) Vol 4, No 1 (2012): Vol 4, No 1 (2012) Vol 4, No 1 (2012): Vol 4, No 1 (2012) Vol 3, No 2 (2011): Vol 3, No 2 (2011) Vol 3, No 2 (2011): Vol 3, No 2 (2011) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011) Vol 2, No 1 (2010): Vol.2 No.1 2010 Vol 1, No 1 (2009): Vol. 1 No.1 2009 More Issue