cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 02163241     EISSN : 25410652     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), Mechanical Engineering as well as learning. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015" : 8 Documents clear
KUNCI MAGNETIS DENGAN SINYAL DTMF BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51 Ketut Udy Ariawan
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.947 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6476

Abstract

Keinginan untuk mengamankan suatu barang atau suatu tempat yang bersifat pribadi sehingga menjamin keamanan privasi kita, maka diperlukan suatu peralatan yang tidak dapat diakses oleh orang lain sehingga yang memiliki akses hanya yang dapat menggunakannya saja. Hal ini terjawab dengan adanya kunci elektronik dengan password atau sandi, tetapi hal ini tidaklah efisien apabila kita lupa nomor sandi sehingga kita sering mengalami kesulitan.Kunci magnetis dengan sinyal DTMF berbasis mikrokontroler AT89C51 merupakan kunci elektronik magnetis menggunakan sistem sinyal DTMF yang berfungsi sebagai kunci pengaman untuk suatu ruangan tanpa harus mengingat password atau sandi. Perancangan dan pembuatan sistem ini berdasarkan pada gagasan untuk mendapatkan suatu sistem yang otomatis, aman dan efektif dalam penggunaannya yang kemudian diaplikasikan pada sistem pembuka pintu, sehingga akan mempermudah proses penguncian dan membuka atau menutup pintu secara otomatis. Untuk merealisasikan sistem tersebut tentu saja tidak dimungkinkan untuk membuat alat sesungguhnya yang bisa langsung digunakan, namun dengan mengambil prinsip yang sama alat yang dibuat dibatasi pada ukurannya sehingga dihasilkan alat miniatur (lebih kecil) dari ukuran sesungguhnya. Dalam perancangan suatu sistem yang otomatis diperlukan suatu sistem kontrol yang mampu memproses setiap masukan menjadi keluaran yang sesuai dengan yang diharapkan, oleh sebab itu perancangan menggunakan sistem yang dapat diprogram, yaitu mikrokontroler AT89C51 sebagai komponen kontrol utama. Berdasarkan hasil pengujian rangkaian sensor kartu, rangkaian switch sebagai pendeteksi (sensor) pintu, rangkaian penggerak relay, rangkaian dekoder DTMF, rangkaian pre-amp kartu magnetis, dan pengisian data DTMF pada kartu, maka alat yang dibuat dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya
PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BELAJAR SISWA DAN GURU DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA Anak Agung Gde Ekayana
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.502 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa dan guru beserta hambatan-hambatannya dalam penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar yang ditinjau dari proses pembelajaran, lingkungan dan sarana prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian sekaligus populasi penelitian  yang terdiri atas siswa kelas X, XI, XII dan guru. Data primer diambil dengan metode kuesioner dengan angket sebagai instrumennya. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa dan guru di SMK Negeri 2 Depok Sleman berada pada kategori tinggi, dengan ini berarti fasilitas yang ada disekolah maupun dilingkungan sekolah sudah digunakan dengan optimal untuk mencari referensi belajar maupun untuk pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar untuk siswa kelas X; 75%, siswa kelas XI ; 77.42%, siswa kelas XII; 71.88% dan guru; 66.66%. Ini berarti bahwa sarana prasarana yang ada di sekolah sudah memadai untuk digunakan oleh para siswa dan guru dalam mencari sumber-sumber belajar. Selain dari segi sarana prasarana hambatan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar juga berasal dari internet yaitu makin banyaknya situs pertemanan, seperti facebook, twitter, kaskus dan situs hiburan yang ada di internet yang mempengaruhi produktifitas belajar siswa maupun guru.
PEMANFAATAN RELAI TUNDA WAKTU DAN KONTAKTOR PADA PANEL HUBUNG BAGI (PHB) UNTUK PRAKTEK PENGHASUTAN STARTING MOTOR STAR DELTA I Gede Siden Sudaryana
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.859 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6478

Abstract

Tujuan dari pemanfaatan relai tunda watu selanjutnya disebut TDR (Time Delay Relay) dan kontaktor adalah sebagai salah satu modul pembelajaran mahasiswa di Laboratorium Teknik Tenaga Listrik sebagai pendukung mata kuliah Panel Hubung Bagi (PHB). Selama ini pemahaman yang dimiliki mahasiswa mengenai sistem kerja TDR dan kontaktor belum maksimal, yang menyebabkan mahasiswa belum siap diterjunkan ke lapangan dunia industri, dikarenakan kurangnya modul praktek di Laboratorium. Berdasarkan hal tersebut perlu dirancang dan dibuat suatu alat berupa Modul Praktek sebagai media pembelajaran tentang pengoperasian TDR dan kontaktor. Modul Praktek ini disusun dalam bentuk modul pembelajaran yang berisi uraian materi, tentang operasi sistem kunci rangakaian Otomatisasi Lampu Taman, sistem Direct On Line (DOL), sistem Interlock hidup secara bergantian, Interlock hidup berurutan, Putar balik Motor, penghasutan/starting motor Star-Delta. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang pemanfaatan TDR dan Kontaktor dimana komponen-komponen tersebut adalah sebagai rangkaian kontrol yang dipergunakan pada pengendali sistem penghasutan starting motor star-delta. Sistem hidup berurutan saat push button ON ditekan yaitu rangkaian kontaktor K1 dan K2 yang akan menghubungkan rangkaian motor star, sedang rangkaian kontaktor K1 dan K3 yang akan menghubungkan rangkaian motor menjadi delta. Operasi kontaktor K2 dan K3 bekerja secara berurutan/bergantian. Jika push button OFF ditekan maka semua kontaktor akan terputus. Sistem hidup bergantian menggunakan sistem Interlock dimana K2 dan K3 tidak boleh hidup bersamaan, dimana K3 akan mengalami penundaan waktu selama 5 detik setelah K2 bekerja, sedangkan kontaktor K1 tetap bekerja dengan sistem Direct On Line (DOL). Penundaan waktu bekerjanya kontaktor K3 setelah K2 terputus secara automatis, dengan menggunakan komponen TDR (Time Delay Relay). Hasilnya, dengan pemanfaatan TDR pada rangkaian star-delta mahasiswa lebih mengerti cara kerja rangkaian, dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai mahasiswa semester genap 2014/2015 sebesar 13,82% dari semester sebelumnya genap 2013/2014, yaitu dari 82,61 % menjadi 96,43 %.
TEKNOLOGI MOTOR BAKAR BENSIN UNTUK MENCAPAI PERSYARATAN BATAS MAKSIMAL POLUSI DAN EFISIENSI PEMAKAIAN BAHAN BAKAR BENSIN Nyoman Arya Wigraha
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.645 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6479

Abstract

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa semakin lama semakin meningkatnnya jumlah kendaraan bermotor yang beredar, baik itu kendaraan roda empat,  dan yang mengalami peningkatan cukup tinggi adalah kendaraan bermotor roda dua. Di sini diharapkan kendaraan bermotor yang di produksi menggunakan teknologi untuk memenuhi persyaratan batas maksimal dari polusi yang ditimbulkan pada gas buang.  Setiap pemakai kendaraan bermotor baik itu roda empat maupun roda dua tentunya  mengharapkan dapat memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar. Pengoperasian kendaraan oleh pemakai biasanya tidak akan mencapai hasil yang sama untuk segala kondisi pengoperasian, misalnya pengoperasian  kendaraan pada kecepatan penuh sangat berbeda dengan kendaraan yang dioperasikan di dalam kota yang sering berhenti. Hal ini sangat menentukan pemakaian bahan bakar. Pengaturan pencampuran dan masuknya bahan bakar ke dalam silinder perlu dibedakan, antara operasi beban penuh dan operasi beban rendah atau menengah. Keadaan lingkungan yang makin menguatirkan, disebabkan oleh polusi udara dari kendaraan bermotor, mewajibkan para perencana dan produsen kendaraan bermotor untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah dan lembaga pengawas lingkungan. Standar yang disusun menuju pada suatu kondisi di mana kadar komponen-komponen gas buang yang beracun dan membahayakan kesehatan manusia, dibuat seminimal mungkin dan diusahakan mendekati nol. Agar tuntutan tersebut dapat dipenuhi, telah banyak dilakukan perubahan desain kendaraan bermotor. Beberapa contoh di antaranya yaitu menggunakan material yang lebih ringan, mengganti sistem penyemprotan bahan bakar, mengubah ketinggian pembukaan katup silinder dan waktu mulai buka dan lamanya pembukaan.
HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT WIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 3 SINGARAJA Ni Made Wahyuni
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.458 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 3 Singaraja dan (2) hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan minat wirausaha siswa SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang berjenis korelasi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan kelas XII SMK Negeri 3 Singaraja.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 1.126 orang siswa.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 285 orang siswa yang dipilih dengan teknik tabel Krejcie dan Morgan dan simple randaom sampling.Data dalam penelitian ini adalah data nilai atau prestasi belajar dan data minat wirausaha siswa. Data nilai siswa dikumpulkan dengan cara mengumpulkan data skunder, yaitu mengumpulkan data yang sudah ada di sekolah dan data minat wirausaha dikumpulkan dengan angket minat wirausaha. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 3 Singaraja memiliki nilai siswa diatas rata-rata, yaitu 84,267 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara nilai kewirausahaan dengan minat wirausaha (8,180, p < 0,05). Nilai korelasi hitung antar variabel adalah 0,152.Hal ini menunjukkan sudah signifikan karena rhitung > rtabel. Persamaan regresi dari penelitian ini adalah Y = 155,648 + 0,714X. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki nilai atau prestasi belajar kewirausahaan tinggi belum tentu mempunyai minat berwirausaha tinggi.
SUPPORT VECTOR MACHINE PADA INFORMATION RETRIEVAL I Ketut Purnamawan
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.424 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6481

Abstract

SVM merupakan classsifier yang mempunyai keunggulan dapat mengolah data berdimensi tinggi, tanpa mengalami penurunan performa yang signifikan. SVM sekarang ini semakin banyak dipergunakan. Pada information retrieval, SVM  juga sudah banyak digunakan, khususnya pada bagian proses klasifikasi. Kemampuan SVM untuk mengolah data berdimensi besar sangat cocok untuk diterapkan pada data teks yang cenderung berdimensi besar. Pada tulisan ini dibahas perbandingan performa SVM dengan performa classsifier lain pada information retrieval. Pembahasan dilakukan berdasarkan hasil penelitian beberapa peneliti. Pada satu penelitian didapatkan bahwa SVM mengungguli classsifier lain. Pada penelitian lain didapatkan performa SVM berimbang dengan classsifier lain. Pada akhir tulisan dibahas mengenai langkah-langkah klasifikasi teks menggunakan SVM. Proses klasifikasi teks ini digunakan pada information retrieval data teks.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 SELEMADEG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 I Dewa Made Warnita
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.479 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6482

Abstract

Objek dari penelitian tindakan kelas ini adalah implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Selemadeg tahun pelajaran 2014/2015. Bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Selemadeg tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selemadeg melibatkan 20 orang siswa. Sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang kurang, hanya 30,00%  yang memperoleh nilai ≥ KKM. Penelitian ini dilakukan 4 tahapan yakni : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/penilaian, dan refleksi yang terakomodasi dalam dua siklus pembelajaran. Metode pengumpulan data yaitu mengidentifikasi setiap jawaban dari pelaksanaan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terjadi peningkatan dengan capaian nilai rata-rata sebesar 81,25  dan persentase ketuntasan sebesar 85,00  yag tergolong kategori baik, maka berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa Kelas XI IPA 4  SMA Negeri 1 Selemadeg  tahun pelajaran 2014/2015
ALAT SOLAR TRACKER BERBASIS MIKROKONTROLER 8 BIT ATMega8535 I Wayan Sutaya
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1380.047 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6483

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini adalah membuat prototipe alat solar tracker. Alat ini berfungsi untuk menggerakkan modul sel surya sehingga permukaan sel surya bisa terkena sinar matahari secara maksimal. Saat ini sel surya di Indonesia banyak terpasang secara statis atau tidak dilengkapi alat solar tracker sehingga energi matahari tidak diterima secara maksimal. Hal ini menyebabkan sel surya yang terpasang di beberapa daerah di Indonesia tidak memberikan manfaat yang optimal. Alat solar tracker yang dihasilkan pada penelitian ini diharapkan sebagai solusi dari permasalahan yang ada saat ini. Mikrokontroler 8 bit ATMega8535 yang digunakan sebagai otak utama dari alat solar tracker menjadikan alat ini menjadi berbiaya murah. Serta teknik memprogram dengan bahasa assembly menjadikan alat ini tahan terhadap kegagalan sistem. Solar tracker ini sudah bisa beroperasi dengan baik dan cocok digunakan pada modul sel surya berukuran kecil.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 2 (2023): Edisi Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Edisi Januari 2023 Vol. 19 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022 Vol. 19 No. 1 (2022): Edisi Januari 2022 Vol 18, No 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol. 18 No. 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol. 18 No. 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol. 17 No. 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol. 17 No. 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol. 16 No. 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol 16, No 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol. 16 No. 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 15, No 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol 15, No 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol 14, No 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol. 14 No. 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol. 14 No. 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol 13, No 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol. 13 No. 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol. 13 No. 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol 13, No 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol 12, No 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol 12, No 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol. 12 No. 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol. 11 No. 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol. 11 No. 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol. 10 No. 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol 10, No 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol. 10 No. 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol. 9 No. 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol 9, No 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol. 9 No. 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 9, No 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 8, No 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol. 8 No. 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol. 8 No. 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol 8, No 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol. 7 No. 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol 7, No 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol 7, No 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol 6, No 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol. 6 No. 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol 6, No 1 (2009): Edisi Januari 2009 Vol. 6 No. 1 (2009): Edisi Januari 2009 More Issue