cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 02163241     EISSN : 25410652     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), Mechanical Engineering as well as learning. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010" : 8 Documents clear
Representasi Sistem Berbasis Aturan Menggunakan Format Premis Terurut Putu Hendra Suputra
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.506 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.4

Abstract

AbstrakPengembangan sistem berbasis pengetahuan berpijak pada dua faktor utama yaitu pengkodean mesin inferensi dan representasi pengetahuan. Pengetahuan pada sistem berbasis aturan biasanya diekspresikan dengan format bahasa tertentu yang terpisah dari sintaks pemrograman untuk melakukan penalaran. Terdapat modul program tertentu yang terpisah yang disebut dengan knowledge-base dan inference- engine. Teknik representasi aturan pada tahap analisis berpengaruh pada algoritma inferensi yang akan dilakukan. Salah satu metode representasi aturan adalah dengan memandang setiap kode premis sebagai string terurut yang dapat diakses secara sederhana serta mengurangi ketergantungan pada database management system.Keyword : Aturan produksi, Premis, Sistem Pakar
MEMPELAJARI KONSEP MATEMATIKA YANG TERSEMBUNYI PADA TABEL PERKALIAN MELALUI SPREADSHEET I Nyoman Sukajaya
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.896 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.26

Abstract

Tulisan ini menyajikan sejumlah aktivitas belajar yang dapat dibelajarkan melalui tabel perkalian yang dikembangkan melalui spreadsheet. Aktivitas-aktivitas ini dikembangkan menggunakan fitur perangkat lunak seperti: formula kondisional, format kondisional, fungsi lojik, iterasi dalam penghitungan dan scroll bar. Beragam ide-ide matematika yang lebih kompleks dapat dibelajarkan melalui alat bantu ini yang memungkinkan guru dapat memahami ide-ide lebih mudah seperti: tabel perkalian sebagai spreadsheet, mengembangkan definisi matematis melalui format kondisional, struktur iteratif dalam tabel perkalian dan sifat habis dibagi. Pendekatan yang menekankan pada pengalaman berbasiskan spreadsheet memudahkan guru memaknai generalisasi serta mengapresiasi kreasi penambahan sejumlah konsep dengan tingkat abstraksi yang juga meningkat.Kata kunci: Tabel perkalian, kurikulum matematika tersembunyi, pendidikan guru matematika
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER UNTUK MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS Ni Ketut Kertiasih
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.441 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.27

Abstract

Pemahaman konseptual program linier dibutuhkan untuk membantu dalam menganalisis permasalahan sumber daya meliputi tenaga kerja, bahan baku, dana, dan sebagainya. Hasil analisis tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan terkait dengan optimalisasi tujuan yang hendak dicapai. Dalam melakukan analisa dibutuhkan kemampuan berpikir untuk merepresentasikan dan menerjemahkan masalah-masalah sumber daya. Pembelajaran dengan metoda ceramah, belum bisa memfasilitasi pemahaman secara optimal. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis komputer guna menambah pemahaman terhadap program linier. Dengan pembelajaran berbasis komputer dapat mengembangkan cara berpikir kritis, sehingga mampu untuk melakukan menganalisa permasalahan sumber daya untuk dapat mengambil keputusan secara optimal.Kata kunci: pembelajaran berbasis komputer, program linier, berpikir kritis
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBUDIDAYAAN TANAMAN TOMAT Ni Wayan Marti
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.928 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.28

Abstract

Tanaman tomat merupakan salah satu tanaman yang diminati untuk dibudidayakan, karena buah tomat mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak dan kalori yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan kesehatan. Dalam artikel ini dikembangkan sebuah aplikasi multimedia interaktif pembudidayaan tanaman tomat yang dikemas dalam bentuk CD interaktif. Adapun informasi yang disajikan dalam media ini adalah proses pembudidayaan tanaman tomat, yang meliputi pembibitan, pengolahan media tanam, penanaman, perawatan, pemanenan dan pemasaran komuditinya.Kata kunci : tanaman tomat, budidaya, CD interaktif, multimedia
Sistem Informasi Akademik Berbasis Teknologi Barcode dan Webcam Studi Kasus SMA N 1 Singaraja Kadek Surya Mahedy
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.515 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.29

Abstract

Sekarang ini sistem Akademik pada sebuah sekolah sudah wajib ada, karenalaporan hasil belajar sudah seperti transkrip nilai di perguruan tinggi, selain itu prosespengarsipan data secara terpusat juga sangat diperlukan untuk mempermudah prosespencarian data. Untuk meningkatkan manfaatnya, data harus dicatat secara sistematis,diringkas dan dikelompokkan, serta disajikan dalam laporan. Pengarsipan data secaramanual masih menjadi kendala untuk mendapatkan hasil pencatatan yang baik karenakesalahan-kesalahan dalam pencatatan data sering terjadi serta waktu yang diperlukanuntuk mendapatkan suatu laporan cukup lama. Pada penelitian ini akan dibuat sebuahsistem informasi akademik yang berguna untuk mengatasi kendala-kendala padaproses pengarsian data yang dilakukan secara manual. Sistem ini merupakan sistemyang mudah digunakan, karena pemakai sistem ini tidak memerlukan keahlian khususdalam bidang akademik untuk dapat mengoperasikannya karena sebagian besar tugastugasdikerjakan oleh sistem secara otomatis, mulai dari proses pencarian data-datasampai memproses laporan-laporan. Sistem informasi ini dibangun dengan bahasaVisual Basic 6.0 dan database menggunakan Sql server 2000.Kata-kata kunci : Barcode, Webcam. Akademik
MEDIA INFORMASI PEMANFAATAN DAUN KERING SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN Ni Ketut Ketiasih; Ni Made Indah Yunitha
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.57 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.30

Abstract

Ada beberapa daun kering yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan untukmembuat kerajinan tangan. Untuk memberikan informasi pemanfaatan daun keringsebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan diperlukan sebuah media informasi.Berdasarkan hal tersebut, maka dikembangkan media informasi pembuatan kerajinantangan dengan bahan dasar daun kering. Media informasi ini berisi informasi peralatandan bahan yang dapat digunakan, proses pengeringan bahan, proses pembuatankerajinan, dan beberapa contoh hasil kerajinan dengan bahan daun kering. Mediainformasi ini dikembangkan menggunakan software umum yaitu Macromedia Flash.Melalui media informasi ini diharapkan dapat membantu memberikan informasikepada masyarakat pada umumnya, sehingga masyarakat dapat memiliki keterampilanmembuat kerajinan tangan dengan bahan daun kering. Keterampilan tersebut nantinyadapat dikembangkan untuk membentuk sebuah usaha rumah tangga maupun usahakecil menengah.Kata Kunci: media informasi, kerajinan tangan, daun kering
Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman C++ Luh Joni Erawati Dewi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.915 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.31

Abstract

Tulisan ini adalah hasil pengembangan Media Pembelajaran BahasaPemrograman C++. Media pembelajaran ini merupakan media yang diharapkanmembantu pengguna dalam memahami konsep dan fitur yang terdapat pada bahasapemrograman C++. Media ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaranmandiri bagi pengguna. Adapun materi yang dicakup dalam media ini adalah sejarahmunculnya C++, struktur program, elemen dasar pemrograman dalam bahasa C++,operasi arimatika, percabangan, perulangan sampai dengan array dan fungsi. Mediapembelajaran ini dikembangkan mengikuti paradigma prototyping dengan toolspembantu berupa piranti lunak Adobe Flash CS3, Adobe Photoshop CS3 dan Audacity.Hasil akhir dari pengembangan media ini berbentuk compact disk interaktif dengansasaran pengguna adalah pebelajar yang ingin belajar bahasa pemrograman C++.Kata-kata kunci: bahasa pemrograman, bahasa pemrograman C++, mediapembelajaran.
PERANAN PENGETAHUAN GIZI IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI TERHADAP KECERDASAN ANAK MELALUI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA - Damiati
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.318 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v7i1.32

Abstract

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga salah satu pendidikan formal denganprogram regular yang diselenggarakan di sekolah dimana mempunyai tujuan untukmenjadikan anak didik menjadi kreatif sehingga dapat menggeneralisasikan,mengabstrakkan, dan menemukan hubungan sehingga dapat mengemukakan pendapatdan bersikap, selain itu dapat menumbuhkan nilai-nilai insani dan ilahi dalammasyarakat. Untuk itu anak perlu mendapatkan pendidikan melalui asuhan danbimbingan serta pengawasan dari orang tua selain di sekolah.Agar anak dapat tumbuh kembang dengan optimal orang tua harus memenuhikebutuhan faali anak yaitu kebutuhan anak dalam mendapatkan makanan bergizimulai dalam kandungan sampai dilahirkan yang berguna untuk pertumbuhan badanperkembangan kecerdasannya.Keadaan perkembangan otak sangat terpengaruh apabila kurang gizi terjadisejak dalam kandungan dan berlanjut sampai usia bayi.Keadaan malnutrisi akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janinyang dikandungnya dan memberi dampak terjadinya inferior. Untuk itu diperlukangizi yang cukup bagi calon ibu dan ibu hamil agar anak yang dilahirkan sehat dankelak merupakan sumber daya yang berkualitas dan dapat diandalkan untuk bersaingdi era globalisasi.Kata kunci : Gizi ibu hamil dan menyusui, kecerdasan anak, Pendidikan PKK

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 2 (2023): Edisi Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Edisi Januari 2023 Vol. 19 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022 Vol. 19 No. 1 (2022): Edisi Januari 2022 Vol 18, No 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol. 18 No. 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol. 18 No. 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol 18, No 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol. 17 No. 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol. 17 No. 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol. 16 No. 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol 16, No 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol. 16 No. 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 15, No 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol 15, No 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol 14, No 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol. 14 No. 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol. 14 No. 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol 14, No 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol 13, No 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol. 13 No. 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol. 13 No. 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol 12, No 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol. 12 No. 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol 12, No 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol 11, No 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol. 11 No. 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol. 11 No. 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol. 10 No. 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol. 10 No. 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol 9, No 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol. 9 No. 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol. 9 No. 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 9, No 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 8, No 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol. 8 No. 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol. 8 No. 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol 8, No 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol 7, No 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol. 7 No. 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol 7, No 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol 6, No 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol. 6 No. 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol 6, No 1 (2009): Edisi Januari 2009 Vol. 6 No. 1 (2009): Edisi Januari 2009 More Issue