cover
Contact Name
Isnardi
Contact Email
sains.kopertis10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sains.kopertis10@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sains dan Informatika : Research of Science and Informatic
ISSN : 24599549     EISSN : 2502096X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sains dan Informatika (Print - ISSN : 2459-9549, E-ISSN : 2502-096X) merupakan jurnal penelitian teknologi informatika dan komputer yang menerbitkan tentang hasil penelitian dibidang sains, teknologi komputer, baik dalam pengertian luas maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu yang terkait dengan teknologi informatika komputer. Jurnal Sains dan Informatika terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika" : 11 Documents clear
SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT MENULAR DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR army, widyalelisa
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.573 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3684

Abstract

Abstract Infectious diseases have harmful effects if left unchecked. The limited number and working hours of health workers and the queue of patients makes handling and provision of first aid for patients to be not optimal. Then an expert system was developed which can help in diagnosing and allowing patients based on the facts experienced by the patient and cannot be directly with the doctor. In this study the method of forward chaining method to compile rules and based on certainty factor (CF) method is used to calculate the value of certainty so that the results are decided more clearly. The development phase of this method begins by gathering knowledge from experts or experts from various organizations and facts that build the knowledge base and provide CF values for each type of disease. Available information and problems based on the symptoms experienced by the patient. From the results of system testing, trials were conducted on 20 users, which resulted from the trial and compared with expert claims. This is 85% accurate with error 15%, showing the results of this infectious expert system can help doctors diagnose infectious diseases. based on the events experienced by patients and can provide first aid or early diagnosis by providing solutions to users.Keywords: Expert System, Health, Forward Chaining, Certainty Factor.  Abstract Penyakit menular mempunyai efek yang berbahaya jika dibiarkan. Terbatasnya jumlah dan jam kerja tenaga kesehatan dan banyaknya antrian pasien membuat penanganan dan pemberian pertolongan pertama kepada pasien menjadi tidak optimal. Maka dibuat sistem pakar yang dapat membantu dalam mendiagnosis dan memberikan solusi kepada pasien berdasarkan gejala penyakit menular yang dialami pasien sehingga pasien tidak harus berkonsultasi langsung dengan dokter. Pada penelitian ini digunakan metode forward chaining untuk penyusunan rule dan ditambahkan metode certainty factor (CF) yang digunakan untuk menghitung nilai kepastian agar hasil yang diputuskan lebih jelas. Tahapan pembangunan metode ini dimulai dengan mengumpulkan pengetahuan dari tenaga ahli atau pakar berupa nama penyakit dan gejala penyakit kemudian membangun basis pengetahuan dan memberikan nilai CF pada setiap jenis penyakit. Sehingga didapatkan informasi dan solusi berdasarkan gejala-gejala yang dialami pasien. Dari hasil pengujian sistem yang dilakukan ujicoba kepada 20 orang user dengan tingkat error sebesar 15%, dimana hasil dari ujicoba tersebut dan dibandingkan dengan pendapat dokter diperoleh nilai akurasi dari sistem ini adalah 85% akurat, menunjukan bahwa hasil sistem pakar penyakit menular ini sudah dapat membantu dokter dalam mendiagnosis jenis penyakit menular berdasarkan gelaja-gejala yang dialami pasien dan dapat memberikan pertolongan pertama atau diagnosis dini dengan memberikan solusi kepada user.Kata Kunci : Sistem Pakar, Kesehatan, Forward Chaining, Certainty Factor
APLIKASI PENGOLAHAN DATA GURU MDTA/TPSA SERTA GHARIM DAN IMAM MESJID SECARA ONLINE UNTUK DANA BANTUAN TAHUNAN Handayani, Reti
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1515.861 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3699

Abstract

Dana bantuan tahunan untuk para guru MDTA/TPSA serta gharim dan imam mesjid merupakan program tahunan yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah daerah. Dana ini bisa diperoleh dengan ketentuan masa tugas masing-masing lebih dari satu tahun dan tidak boleh rangkap jabatan yang dibuktikan dengan surat keterangan aktif dari walinagari setempat, kenyataan nya selama ini untuk perekapan data guru MDTA/TPSA serta Gharim dan Imam masjid masih membutuhkan proses waktu yang lama dan pemberian bantuan tersebut ada yang rangkap jabatan dengan kurang pemeriksaan terhadap data yang telah dikumpulkan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dibangun sebuah aplikasi pengolahan data guru MDTA/TPSA, gharim dan iman mesjid secara online, dengan metode metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D yang nanti nya terintegrasi mulai dari calon penerima bantuan dana tahunan sendiri, pihak kecamatan, sampai ke Bagian Kesra. Agar data-data guru MDTA/TPSA dan Gharim, Imam  Mesjid terorganisir dengan baik dan dapat menampung semua data guru MDTA/TPSA dan Gharim, Imam mesjid. Sehingga data yang telah diinputkan tersebut valid dan tidak terjadi redudancy data, agar pemberian bantuan tepat sasaran, dan mudah dalam perekapan dan pembuatan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban dana bantuan tahunan.
Desain Sistem Informasi Pengolahan Data Stok Air Minum Dalam Kemasan Pada Pt.Amia Batusangkar daus, Firdaus
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.468 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3695

Abstract

After conducting research at PT. Amanah Insanillahia Batusangkar found problems regarding the transaction process where the recording is still using Microsoft Excel on a standard basis. This has resulted in reports that are not accurate and precise. Inventory of goods using First In First Out (FIFO) can be controlled more and can know the total inventory costs that exist at any time without having to do the first physical calculation. The results of this study are a design information system inventory data on bottled drinking water stock at PT. AMIA Batusangkar uses the First In First Out (FIFO) method. By utilizing a computerized system is expected to help the decision-making process and by utilizing the PHP programming language as a software and MySQL database, this application can help less effective and efficient ways and can facilitate the making of results reports and decision making.
SISTEM INFORMASI APLIKASI PENGELOLAAN TRANSAKSI KEUANGAN DAN PENDATAAN KONSUMEN PADA CV. PUPLAS Loveri, Tomi Tm
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (905.408 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3584

Abstract

The author conducted research on Cv. Puplas s, aims to know about financial management and data collection of consumers in  Cv. Puplas. Transaction management and report creation that is still manual and do not have a database, so often the occurrence of errors in the processing of financial transactions. Likewise, when the consumer data processing and reporting process given to the leadership takes a long time and less efficient, because the data is still in the form of archives. To overcome this problem, the writer tries to design a system that can solve the problem. This research is done using field research method with direct observation and interview, then in Library Research for Literature study and laboratory research to design Information System using Web Programing CodeIgniter and SQLyog as database manager
OPTIMALISASI JALUR EVAKUASI TSUNAMI MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KOTA PADANG BERBASIS WEB yanto, heri
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.457 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3593

Abstract

Sistem Informasi Geografi adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisa dan menghasilkan data bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan. Pemberian pengetahuan ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu pegetahuan yang berkembang saat ini yaitu sistem Informasi Geografis. Sistem ini akan dapat memberikan suatu informasi yang berguna bagi user dengan pemanfaatan pemetaan GIS.        Sistem Informasi Geografi ini dibangun untuk pemilihan jalur evakuasi yang paling optimal sedangkan metode yang digunakan untuk menggambarkan pemodelannya yaitu menggunakan UML. Sistem ini penulis rancang dengan menggunakan Mapserver dan merupakan berbasis web.
PEMBANGUNAN APLIKASI PEMASARAN PERUMAHAN DEVELOPER KOTA PADANG DENGAN KONSEP COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMEN (CRM) Mahessya, Raja Ayu; Kurnia, Hezy
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1429.488 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3599

Abstract

AbstractThe House is one of the primary requirements for the community. But sometimes to get information on home ideals must take that much because of the need to visit the offices of developer the related needs and income. Problems of information and time is less effective make the researcher wants to help people who want to get information about housing so there is no need to leave the Office only requires internet access so that everyone who wants to buy a home can get the information detail, because on the web developer developer gathering designed in the field in one of the web so that people who want to have a home can look, choose, which corresponds to a location location, price, specs and a home equipped with galleries. This is because the activities of the Customer Relationship Management (CRM) is still traditional. The absence of an organized marketing well, many industrial developers who do marketing and consumer saving data offline. In this research will be an application of Customer Relationship Management to marketing. Consumer relationship should be done with a web media with a variety of on-site CRM. So consumers will be comfortable in the update information.AbstrakRumah merupakan salah satu yang sudah menjadi kebutuhan primer untuk masyarakat. Tetapi terkadang untuk mendapatkan informasi tentang rumah idaman harus memakan waktu yang banyak karena harus mengunjungi kantor-kantor developer yang terkait yang sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan. Permasalahan informasi yang kurang dan waktu yang kurang efektif membuat peneliti ingin membantu masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang perumahan sehingga tidak perlu meninggalkan kantor hanya membutuhkan akses internet sehingga setiap orang yang ingin membeli rumah bisa mendapatkan informasi yang detail, karena pada web yang dirancang mengumpulkan developer developer dikota padang dalam satu web sehingga masyarakat yang ingin mempunyai rumah bisa melihat, memilih, yang sesuai dengan lokasi yang strategis, harga, spesifikasi rumah dan dilengkapi dengan galeri. Hal ini disebabkan karena kegiatan Customer Relationship Management (CRM) yang masih traditional. Tidak adanya pemasaran yang terorganisasi secara baik, Banyak Pelaku industri developer yang melakukan pemasaran dan menyimpan data konsumen secara konvensional. Dalam Penelitian ini akan dibangun suatu aplikasi Customer Relationship Manajemen untuk pemasaran. Hubungan dengan konsumen akan dilakukan dengan suatu media web dengan berbagai fasilitas CRM. Sehingga konsumen akan nyaman dalam update informasi.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SARANA LABORATORIUM SISTEM INFORMASI Darwas, Rahmadini
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.835 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3735

Abstract

AbstractLaboratory is one of the supporting facilities in im[roving the learning process. Problems found by students regarding the information system laboratory facilities at STMIK Indonesia Padang are the computers that suddenly die when operated, the less cold room, display data is blurred, making the inconvenience in the learning process that causes the students less satisfied with the services provided. Students will feel satisfied if the service is expected to match the received. Therefore, a decision support system is needed to analyze the quality of services provided to the students so that it can support the role and function of the laboratory optimally and what attributes need to be improved the quality of service. The method used is Fuzzy Service Quality (Servqual) method. The results showed that the service quality received was not in accordance with the expected because there is a gap of -1.55 for tangibles dimension. Attributes that need to be improved the quality of services are laboratory space is cool and comfortable, the use of laboratories relevant to the field of science, the responsibility of laboratory assistant, the availability of professional teachers and attitudes and behavior of labor officers.AbstrakLaboratorium merupakan salah satu fasilitas pendukung dalam meningkatkan proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan mahasiswa mengenai fasilitas laboratorium sistem informasi pada STMIK Indonesia Padang adalah komputer yang tiba-tiba mati saat dioperasikan, ruangan yang kurang dingin, data display yang buram sehingga membuat ketidaknyamanan dalam proses pembelajaran yang menyebabkan mahasiswa kurang puas terhadap layanan yang diberikan. Mahasiswa akan merasa puas apabila layanan yang diharapkan sesuai dengan yang diterima. Oleh sebab itu, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menganalisis kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa sehingga dapat mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal serta atribut apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya. Metode yang digunakan adalah metode Fuzzy Service Quality (Servqual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang diterima belum sesuai dengan yang diharapkan karena terdapat gap sebesar -1.55 untuk dimensi tangibles. Atribut yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya yaitu ruangan laboratorium yang sejuk dan nyaman, penggunaan laboratorium yang relevan dengan bidang ilmu, tanggungjawab asisten labor, tersedianya tenaga pengajar yang professional dan sikap serta perilaku petugas laborKata kunci : sistem pendukung keputusan, laboratorium, fuzzy, servqual
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN PEMBAYARAN BIAYA BIMBEL (Studi Kasus : Bimbel GAMA) Azandra, Erien Nada
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1326.062 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3743

Abstract

Bimbel Gama merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar di provinsi Sumatera Barat yang memiliki peminat yang cukup banyak, baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Saat ini bimbel Gama sudah memiliki cabang di kota Padang, Bukittinggi, Solok dan Pariaman. Dalam melakukan pengolahan data, terutama data pendaftaran dan laporan keuangan masih menggunakan MS Excel sehingga data tidak tersimpan secara terstruktur dan aman. Termasuk dalam pembuatan slip pembayaran biaya bimbel masih menggunakan kwitansi manual yang ditulis tangan, sehingga bisa menyebabkan terjadinya kesalahan oleh petugas. Untuk mengatasi kesalahan yang mungkin terjadi maka penulis mencoba untuk membangun sebuah system informasi berbasis desktop untuk pengolahan data pendaftaran dan pembyaran biaya bimbel, dimana akan menggunakan MySQL sebagai DBMSnya.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT JANTUNG KORONER DENGAN METODE PROBABILISTIC FUZZY DECISION TREE Aulia, Wizra
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1109.156 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3258

Abstract

Di Indonesia, penyakit jantung koroner menempati posisi pertama sebagai penyakit yang paling banyak mengakibatkan kematian. Jika gejala penyakit jantung koroner  dikenali sejak dini maka dapat dilakukan tindakan antisipasi. Diagnosa dilakukan berdasarkan 6 gejala penyakit jantung koroner yaitu sakit dada, tekanan darah tinggi, kolesterol, kadar gula darah, hasil EKG dan jumlah denjut jantung. Metode yang dipakai adalah Probabilistic Fuzzy Decision Tree (PFDT) dengan algoritma  Probabilistic Fuzzy  ID3. Hasil keakuratan sistem pakar diagnosa penyakit jantung koroner dengan metode PFDT mencapai 95%.In Indonesia, coronary heart disease the first position as the disease that most resulted in death. If symptoms of coronary heart disease are recognized early on, anticipatory action may be taken. Diagnosis is based on 6 symptoms of coronary heart disease  chest pain, high blood pressure, cholesterol, blood sugar, ECG results and heartbeat. The method used is Probabilistic Fuzzy Decision Tree (PFDT) with Probabilistic Fuzzy ID3 algorithm. The result of accuracy of expert system of diagnosis of coronary heart disease by PFDT method reached 95%.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGOLAHAN DATA DI BALAI WILAYAH SUNGAI SUMATERA V KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT Suherman, Yanni; Yadewani, Dorris DY
Jurnal Sains dan Informatika Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1188.365 KB) | DOI: 10.22216/jsi.v4i2.3782

Abstract

RESEARCH THAT THE AUTHOR DID IN THE SUMATRA RIVER REGION HALL V MINISTRY OF PUBLIC WORKS AND PUBLIC HOUSING OF WEST SUMATRA PROVINCE AIMS TO BUILD AN INFORMATION MANAGEMENT SYSTEM FOR DATA PROCESSING PAYING ORDERS AND FUND DISBURSEMENT WARRANTS. THE METHOD USED IS A FIELD STUDY THAT IS CONDUCTING DIRECT INTERVIEWS WITH COMMITMENT MAKING OFFICIALS OF GROUNDWATER AND RAW WATER I, THEN STUDY LIBRARIES AND LABORATORY STUDIES USING VB.NET 2013. THE RESULTS OF THE RESEARCH ARE TO FACILITATE THE DATA PROCESSING. SO THAT CONCLUSIONS CAN BE OBTAINED, WITH THIS MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM, IT CAN FACILITATE THE PROCESSING DATA OF PAYING ORDERS AND FUND DISBURSEMENT WARRANTS TO PRODUCE INFORMATION AND REPORT MAKING CORRECTLY, QUICKLY AND ACCURATELY.

Page 1 of 2 | Total Record : 11