cover
Contact Name
Riki Ruli A. Siregar
Contact Email
riki.ruli@sttpln.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
riki.ruli@sttpln.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Forum Mekanika
ISSN : 23561491     EISSN : -     DOI : -
FORUM MEKANIKA Journal, especially for Civil Engineering Lecturers and generally for all Practitioners to be able to contribute in the form of scientific writing that will be useful for the application of science and technology, especially in the field of Civil Engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022): JURNAL FORUM MEKANIKA" : 5 Documents clear
Komparasi Abu Batu Sebagai Substitusi Pasir Untuk Mengurangi Harga Pokok Produksi Dalam Pembuatan Beton ranti Hidayawanti; Imam Widjoyo; Hannisyah Nur Fadila Febriany
FORUM MEKANIKA Vol 11 No 1 (2022): JURNAL FORUM MEKANIKA
Publisher : Sekolah Tinggi Teknik - PLN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33322/forummekanika.v11i1.1540

Abstract

Abu batu dapat dijadikan sebagai bahan pengganti pasir alam untuk menekan biaya produksi dalam pembuatan beton sebesar 20%. Pada pembuatan beton ini dapat ditambahkan zat metakaolin sebagai material pengikat pada campuran penyusun beton yang dapat menghasilkan beton yang ramah terhadap lingkungan. Beton ini juga memiliki ketahanan dan kekuatan yang tinggi. Metakaolin merupakan pozzolan berbentuk serbuk halus dan ramah terhadap lingkungan. Metodologi yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode studi literatur dari penelitian-penelitian terdahulu. Topik ini berdasarkan literatur yang membahas pengaruh dari penambahan zat Metakaolin terhadap abu batu sebagai bahan pengganti pasir alam. Hal ini dilakukan dengan alasan menghemat biaya produksi pembuatan campuran beton serta menjadikan beton yang ramah lingkungan. Hasil dari komparasi ini berupa efisiensi dari sisi harga pokok produksi yang berasal dari kontribusi prosentasi material abu batu penyusun beton.
Pengaruh Variasi Faktor Air Semen pada Pemanfaatan Slag Mutu Beton Tingkat Tinggi ranti Hidayawanti; Muhammad Sofyan; Mulki Agung Fadilah; Tasya Azzahra; Yang Dena Humairotunnisa
FORUM MEKANIKA Vol 11 No 1 (2022): JURNAL FORUM MEKANIKA
Publisher : Sekolah Tinggi Teknik - PLN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33322/forummekanika.v11i1.1541

Abstract

Dampak negatif yang ditimbulkan dari pembuatan semen yaitu menghasilkannya emisi karbon dioksida yang tentunya tidak baik untuk kesehatan diperlukan sebuah solusi untuk mengsubstitusi semen dalam pembuatan beton, salah satunya yaitu penggunaan slag. Faktor air semen yang sangat berpengaruh dalam kekuatan beton juga akan diperhatikan dan reaksi yang terjadi dengan Slag. Dengan ini maka dilakukan penelitian variasi faktor air semen dalam pemanfaatn slag untuk mengetahui kekuatan beton yang dipengaruhi oleh variasi faktor air semen terhadap substitusi slag. Metode penelitian menggunakan metode campuran pembuatan beton umumnya terdiri dari agregat halus berupa pasir, agregat kasar berupa split, air dan bahan pengikat berupa semen, ditambah dengan bahan tambahan admixture type F dan substansi dari GGBFS ( 0%, 25%, 50%, dan 75% ), pengujian X-Ray Difractiom dan Foto SEM benda uji berupa pecahan beton mutu K-400 dan beton mutu K-500. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan C-S-H gel yang dominan dan terbentuk secara signifikan dari kombinasi antara semen portland dan GGBFS. Namun ditemukan microcrack dan partikel Fly Ash yang tidak bereaksi.
Analisis Ruas Jalan Nasional Klari Kabupaten Karawang Menggunakan Metode MKJI 1997 Abdul Rokhman; Desi Putri; Sriyono D. Siswoyo
FORUM MEKANIKA Vol 11 No 1 (2022): JURNAL FORUM MEKANIKA
Publisher : Sekolah Tinggi Teknik - PLN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33322/forummekanika.v11i1.1635

Abstract

Road is one of the land transportation infrastructure that a very important role in maintaining the continuity of the distribution of goods and other services. A roads are also useful for human migration from one place to another. Road conditions that will affect performance are if the road is overloaded with traffic. In Karawang Regency, especially the Klari National Highway which is the main road in Klari sub-district, and is the entrance to the Karawang Timur toll road as the entry and exit gate for large vehicles, especially factory vehicles, private cars and other public transportation. In this study, we want to know the performance of the road on the Klari highway. The method used to determine the performance of the Klari highway is to use the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI 1997). The survey was conducted during peak hours on Mondays. After doing the analysis and obtained the capacity of the Klari highway to the Cikampek direction of 3172 smp/hour with a degree of saturation of 0.44 and the level of service can be interpreted as being at level B and the capacity of the Klari highway to the direction of Karawang of 2937 smp/hour with a degree of saturation of 0, 49 and the level of service can be interpreted as being at level C.
Penerapan Soft System Methodology untuk Model Konseptual Tingkat Pemahaman Implementasi Management Strategik Berbasis Administrasi Kontrak Dalam Peningkatan Profit Perusahaan Konstruksi Gita Puspa Artiani; Nilam Tantri; Hendrik Sulistio
FORUM MEKANIKA Vol 11 No 1 (2022): JURNAL FORUM MEKANIKA
Publisher : Sekolah Tinggi Teknik - PLN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33322/forummekanika.v11i1.1659

Abstract

The construction world in Indonesia is currently growing rapidly, the competition conditions in the construction world today to get tighter. However, this condition can be a serious threat to the inadequate construction industry and company personnel unpreparedness, especially for project managers in dealing with problems and uncertainties caused by the high level of risk and complexity of the project, so that it can cause a high level of project failure which has an impact on decreasing company profits, so it can cause a high level of project failure which has an impact on decreasing company profits. Some causes that must be addressed include weak project management competence, lack of strategic management understanding based on contract administration by project managers and organizational culture that tends to be reactive. The main purpose of this research is to obtain an overview for the latest form of modeling developments that can be used as a model to see effect of strategic management implementation level based on contract administration by project managers on company performance in an effort to increase company profits. By using Soft System Methodology (SSM), a conceptual model has been built to describes a relationship between understanding level of strategic management implementation based on contract administration on company performance in an effort to increase company profits. Through the steps of SSM implementation has prepared an action plan to be taken, namely, strategic management planning that supports mission, strategies and organization goals
Analisis Pondasi Bored Pile Pada Proyek Metrostater Depok Jawa Barat Achmad Pahrul Rodji; Sahat Martua Sihombing; Mochammad Risky Ramadhan
FORUM MEKANIKA Vol 11 No 1 (2022): JURNAL FORUM MEKANIKA
Publisher : Sekolah Tinggi Teknik - PLN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33322/forummekanika.v11i1.1663

Abstract

Pondasi merupakan bagian dari struktur bawah (sub structure), mempunyai peranan penting dalam memikul beban struktur atas sebagai akibat dari adanya gaya-gaya yang terjadi pada struktur atas (upper structure) seperti gaya angin, gaya gempa maupun berat struktur itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menghitung penurunan (settlement) pondasi bored pile dan menghitung kuat dukung pondasi bored pile berdasarkan hasil standar penetration test (SPT). Metode perhitungan untuk menghitung penurunan menggunakan metode Vesic (1970) dan Software Plaxis. Metode perhitungan untuk menghitung kuat dukung pondasi menggunakan metode Meyerhoff (1956), metode Reese & Wright (1977) dan software Plaxis. Berdasarkan perhitungan Vesic (1970) didapat penurunan sebesar 20,83 mm dan pada Software Plaxis didapat penurunan sebesar 12,32 mm. Berdasarkan data SPT yang diperoleh hasil perhitungan menggunakan metode Meyerhoff (1956) Qu sebesar 1627,8 ton, dengan metode Reese & Wright (1977) Qu sebesar 1276,4 ton dan dengan software Plaxis Qu sebesar 1300 ton. Dari hasil perhitungan penurunan didapat software plaxis lebih mendekati hasil axial test dibanding metode Vesic(1970) begitu pula untuk perhitungan daya dukung pondasi metode Reese & Wright (1977) lebih mendekati hasil axial test dibandingkan dengan metode Meyerhoff (1956) dan software plaxis.

Page 1 of 1 | Total Record : 5