cover
Contact Name
Gilang Ramadan
Contact Email
gilang.ramadan@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljuara@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
JUARA : Jurnal Olahraga
ISSN : 24431117     EISSN : 26551896     DOI : -
Core Subject : Education,
JUARA: Jurnal Olahraga, is a national scientific journal that is open to all learning and sports studies for innovation, creativity, and renewal. JUARA: Jurnal Olahraga is a journal published by the Department of Physical Education, Health and Recreation, STKIP Muhammadiyah Kuningan. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. The Champion Journal is published every January and July by publishing research results in the fields of Sports Education & Recreation, Sports Management, and Sports Science
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga" : 8 Documents clear
Pengaruh Metode Latihan Lay Up Menggunakan Rintangan Dan Tidak Menggunakan Rintangan Didi Muhtarom
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.775 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.239

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah 1). Dalam memberikan latihan lay up guru masih monoton dalam menggunakan metode latihan. 2). Siswa kurang antusias dalam menerima materi latihan lay up. 3). Pembelajaran menjadi membosan karena metode latihan yang diterapkan oleh guru monoton. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Cigugur Kabupaten Kuningan yang tergabung dalam unit kegiatan ekstrakurikuler bola basket yang berjumlah 20 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1). Metode latihan lay up dengan menggunakan rintangan berpengaruh terhadap peningkatan hasil lay up dalam permainan bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Salem secara signifikan. 2). Metode latihan lay up tanpa menggunakan rintangan berpengaruh terhadap peningkatan hasil lay up dalam permainan bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Salem secara signifikan. 3). Metode latihan tanpa menggunakan rintangan lebih berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil lay up dalam permainan bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Salem secara signifikan.
Perbandingan Model Discovery Learning Dengan Model Peer Teaching Terhadap Teknik Passing Bawah Deden Heriyadi; Oman Hadiana
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.805 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.240

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Teaching terhadap hasil belajar Teknik Dasar Passing Bawah dalam Bola Voli Pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain kelompok kontrol Pretest-Posttest, yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang tahun ajaran 2016/1017 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 270 siswa. Setelah diketahui dari pembahasan diatas bahwa antara kedua model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran peer teaching keduanya memiliki pengaruh yang baik, untuk mengetahui mana yang lebih baik dari keduanya maka dari itu dilakukan pengujian independent t-test, maka diperoleh nilai discovery learning dan peer teaching ..Karena maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa Model pembelajaran Peer Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Bawah dalam Bola Voli pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ciawigebang.
Pengaruh Metode Latihan Dan Power Tungkai Terhadap Peningkatan Kecepatan Akselerasi Sprint Dicky Reva Apriana Sanga Dwi; Moch. Asmawi; Aan Wasan; Widiastuti Widiastuti
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.689 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.236

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan assisted training dan metode latihan resisted traning serta power tungkai terhadap peningkatan kecepatan akselerasi sprint pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 56 Mahasiswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai kecepatan akselerasi sprint dari metode latihan assisted training (A1) lebih tinggi dari nilai metode latihan resisted training (A2) mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan. (2). terdapat pengaruh interaksi antara metode latihan (A) dan power tungkai (B) terhadap peningkatan kecepatan akselerasi sprint. (3). Nilai metode latihan assisted training yang mempunyai power tungkai tinggi (A1B1) lebih tinggi dari nilai metode latihan resisted training yang mempunyai power tungkai tinggi (A2B1) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan. (4). Nilai metode latihan assisted training yang mempunyai power tungkai rendah (A1B2) lebih rendah nilai metode latihan resisted training yang mempunyai power tungkai rendah (A2B2) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan.
Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Deden Rahmat; Ribut Wahidi
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.998 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.241

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran passing melalui bimbingan pemandu dan berpasangan terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas V SD Negeri 3 Cipedes Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Cipedes Kabupaten Kuningan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan menetapkan populasi dijadikan sampel penelitian sehingga diperoleh siswa kelas V SD Negeri 3 Cipedes Kabupaten Kuningan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes passing bawah selama 60 detik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran passing melalui bimbingan pemandu dan berpasangan terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas V SD Negeri 3Cipedes Kabupaten Kuningan. Dari hasil pengujian statistic dengan uji t diperoleh t hit (20,861) > t daf (2,68), maka terima H1 artinya terdapat pengaruh pembelajaran passing melalui bimbingan pemandu terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli. Dari hasil pengujian statistic dengan uji t diperoleh t hit (1,024) < t daf (2,68), maka terima H0 artinya tidak terdapat pengaruh pembelajaran passing berpasangan terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli. Dari hasil pengujian statistic dengan uji t diperoleh t hit (10,236) > t daf (2,68), maka terima H1 artinya pengaruh pembelajaran passing melalui bimbingan pemandu dan berpasangan terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas V SD Negeri 3 Cipedes Kabupaten Kuningan pada taraf kepercayaan (α) 0,05 dapat diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran passing melalui bimbingan pemandu dan berpasangan terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas V SD Negeri 3 Cipedes Kabupaten Kuningan.
Model Latihan Passing Bola Basket Berbasis Permainan Anak Usia Pemula Tingkat Smp Teguh Dwi Prasetya; Sudradjat Wiradihardja; Bambang Krida Suwarso; Widiastuti Widiastuti
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.4 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk model latihan passing bola basket berbasis permainan untuk anak usia pemula tingkat SMP. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan pada ekstrakurikuler bola basket SMPN 7 dan SMPN 5 Karawang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil latihan passing bola basket sebelum diberikan model latihan berbasis permainan adalah 62,6, setelah diberikan perlakuan dengan model latihan berbasis permainan adalah 81,28 artinya bahwa nilai rata-rata adanya peningkatan. Dalam uji signifikansi perbedaan dengan SPSS 16 didapat hasil t-hitung p-value = 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan latihan passing bola basket sebelum dan sesudah menggunakan model latihan berbasis permainan.
Tingkat Kebugaran Fisik Dasar Mahasiswa Pendidikan Olahraga Fkip Ums Angkatan Pertama 2017 Nur Subekti
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.655 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik dasar mahasiswa Pendidikan Olahraga FKIP UMS angkatan pertama tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pengukuran Volume oksigen maksimal (VO2max) melalui tes dan pengukuran lari MFT (Multistage Fitness Test). Populasi dan sampel penelitian ini menggunakan mahasiswa aktif Prodi Pendidikan Olahraga FKIP UMS angkatan pertama tahun 2017 berjumlah 90 mahasiswa terdiri dari 80 putra dan 10 putri. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik mengacu pada norma VO2max. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebugaran fisik mahasiswa pendidikan olahraga terdapat 27 orang atau 30% kategori kurang sekali, 39 orang atau 43% kategori kurang, 15 orang atau 17% kategori sedang, 9 orang atau 10% kategori baik, dan belum ada mahasiswa yang memiliki tingkat kebugaran fisik dalam kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat kebugaran fisik dasar mahasiswa pendidikan olahraga FKIP UMS angkatan 2017 masih sangat rendah. Terdapat 66 mahasiswa dari total 90 mahasiswa tingkat kebugaran fisiknya berada pada kategori kurang hingga kurang sekali.
Pengaruh Permainan Tradisional Hadang Terhadap Agility Dani Nurdiansyah
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.073 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.238

Abstract

Penggunaan metode permainan tradisional hadangbertujuan untuk meningkatkan agility peserta ekstrakulikuler pencak silat tapak suci. Pemberian metode latihan permainan tradisional hadang ini dipilih karena masih banyak peserta ekstrakulikuler pencak silat tapak suci yang tingkat agility belum baik. Metode latihan ini juga sangat dianjurkan oleh pelatih-pelatih terkenal oleh karena hasilnya sangat positif bagi perkembangan kelincahan para atlet. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakulikuler pencak silat tapak suci SMK Negeri 1 Ciamis. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa.Data yang dikumpulkan melalui tes awal, dokumentasi, dan tes akhir, kemudian diolah, dianalisis dengan menggunakan uji statistik sehingga memperoleh hasil dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh permainan tradisional hadangdapat meningkatkan agilitypeserta ekstrakulikuler pencak silat tapak suci SMK Negeri 1 Ciamis. Peningkatan agilitysiswa tampak setelah siswa diberi perlakuan permainan tradisional hadangdengan intensitas tinggi, pemberian beban latihan yang tepat, dan dengan waktu istirahat yang tepat pula. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa sebelum diberikan permainan tradisional hadang 8,9. Setelah diberi perlakuan permainan tradisional hadang meningkat menjadi 8,1. Selain itu, keberhasilan dalam meningkatkan agility dipengaruhi oleh metode-metode latihan yang sesuai dengan keadaan dan kemampuan siswa.
Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Terhadap Kondisi Fisik Pada Anak Usia 8 Tahun Sartono Sartono; Firman Adityatama
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.563 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.262

Abstract

Renang merupakan situasi di mana perenang harus mengapung pada air. Seorang anak dapat menguasai renang jika dapat menikmati aktivitas olahraganya. Aktivitas olahraga menggunakan aktivitas akuatik pada anak dapat membantu perkembangan konsep diri untuk meningkatkan adaptif perilaku anak. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh metode pembelajaran renang terhadap kondisi fisik pada anak usia 8 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah anak usia 8 tahun yang berjumlah 30 anak, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan antara lain tes kondisi fisik yang terdiri dari tes berjalan selama 6 menit, tes keseimbangan, tes thrust, tes standing broad jump, tes kekuatan pegangan, tes kekuatan otot, tes kecepatan, dan tes fleksibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas, uji perbedaan dan persentase peningkatan. Penelitian ini menghasilkan simpulan, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran renang terhadap kondisi fisik pada anak usia 8 tahun. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir kelompok metode pembelajaran renang yaitu thitung = 161,3268 lebih besar dari pada ttabel = 2,045 dengan taraf signifikasi 5%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8