cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
admin@aulad.org
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Aulad : Journal on Early Childhood
ISSN : 26554798     EISSN : 2655433X     DOI : -
Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to publish their researches in our Journal. This Journal is published every April, August and December annually. Scientific paper submitted to this journal should follow the following guidelines As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2019): April, 2019" : 6 Documents clear
Penggunaan Media Geometri untuk Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Menciptakan Bentuk Roostin, Erna
Aulad : Journal on Early Childhood Vol 2 No 1 (2019): April, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.162 KB) | DOI: 10.31004/aulad.v2i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran mengenai peningkatan kreativitas anak dalam menciptakan bentuk  di kelompok belajar Bina Insan Mandiri  Kecamatan Cimalaka  Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2017/2018 dalam  kegiatan bermain bentuk-bentuk geometri.  Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi dan Unjuk Kerja. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penggunaan media geometri untuk  meningkatkan kreativitas anak dalam menciptakan bentuk dalam keterperincian dengan dukungan aspek keceriaan, kreatif, disiplin, antusias, dan mandiri.  Peningkatan perilaku  anak dalam aspek kreatif berkatagori baik pada data awal 27%, siklus I 47%, siklus II 67%, dan siklus III 87% dengan grafik meningkat.  Peningkatan kreativitas anak  dalam menciptakan 2 macam bentuk geometri menjadi bentuk yang baru pada katagori anak berkembang sangat baik  dengan grafik meningkat terlihat pada  data awal sebesar 40%, siklus I sebesar 53%,  pada siklus II sebesar 73%, dan terus meningkat pada siklus III sebesar 93%.
Studi Tentang Peran Kepemimpinan Kepala PAUD Librianty, Nany
Aulad : Journal on Early Childhood Vol 2 No 1 (2019): April, 2019 In Press
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.269 KB) | DOI: 10.31004/aulad.v2i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran  peran  kepala sekolah berkaitan dengan fungsi EMASLIM tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan ditriangulasi dan direduksi sehingga menghasilkan kesimpulan.  Peran kepemimpinan kepala PAUD sebagai EMASLIM di PAUD Terpadu Pratiwi telah berjalan dengan baik, dengan adanya berbagai bentuk usaha menanamkan nilai-nilai positif di lingkungan sekolah, adanya tim pengembang yang dibentuk sebagai tim research and development, keikutsertaan dalam berbagai bentuk kompetisi dan pelatihan terkait peningkatan mutu dan kualitas pendidikan PAUD Terpadu Pratiwi. Selain dari pada itu dalam pengelolaan kesiswaan, sarana dan prasarana dilaksanakan secara terprogram dan terperinci sehingga kelemahan dan kekuatan dapat diinventarisir dengan baik yang memungkinkan perencanaan program ke depannya akan lebih baik
Pelibatan Orang Tua melalui Kegiatan Ngamen bareng di TK Nurul Amanah Cianjur Saidah, Ida
Aulad : Journal on Early Childhood Vol 2 No 1 (2019): April, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.249 KB) | DOI: 10.31004/aulad.v2i1.15

Abstract

Penelitian bertujuan  meningkatkan  perhatian orang tua, sekolah, dan lingkungan terhadap perkembangan anak, melalui kegiatan ngamen bareng  diharapkan antara  pendidikan dirumah dan pendidikan di TK tidak terputus, Jenis penelitian  yang dipergunakan adalah penelitian dengan metode survey. Survey pelibatan orang tua dalam kegiatan ngamen bareng  dilakukan  terhadap orang tua murid dan lingkungan, terhadap  perencanaan program kegiatan  ngamen bareng  itu sendiri dan perkembangan anak   di TK Nurul Amanah yang secara langsung terdampak oleh kegiatan  ngamen bareng. Jenis data dan analisis menggunakan penelitian analisis data kualitatif (deskriptif) , yaitu  data dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. Metode penelitian dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan keterlibatan orang tua murid berada pada tingkat yang baik, keluarga secara aktif terlibat secara langsung , merupakan program unggulan TK Nurul Amanah , disusun secara sistematis, berorientasi pada perkembangan aspek seni dan aspek perkembangan fisik motorik anak.
Analisis Perilaku Home Service Orang Tua terhadap Perkembangan Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Gusmaniarti, Gusmaniarti; Suweleh, Wardah
Aulad : Journal on Early Childhood Vol 2 No 1 (2019): April, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.02 KB) | DOI: 10.31004/aulad.v2i1.17

Abstract

Penelitian ini  memfokuskan pada analisa perilaku orang tua terhadap anak dengan menggunakan metode problem-based di sebuah Lembaga TK Insan cendekia Grabagan tulangan. Perilaku  home service yang berlebihan di lakukan orang tua sangat mempengaruhi perkembangan perilaku mandiri dan tanggungjawab anak.yang terlihat jelas di lingkungan sekolah. Tahapan pengamatan yang lakukan peneliti melibatkan pengembangan materi, validasi ahli dan pengujian lapangan berbasis karakter anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.  Hasil penelitian  menggambarkan bahwa  dari 50 siswa paud yang ber umur 5 sampai 6 tahun 80% persen kegiatan kesiapan berangkat sekolah di layani oleh orang tua,90% kegiatan merapikan kamar secara sederhana di lakukan orang tua, 60% aktifitas merapikan permainan di rumah dilakukan orang tua. Data analisis di lakukan secara kualitatif deskriptif.
Peran Orang Tua terhadap anak usia dini (usia 2 tahun) yang mengalami Picky Eater Adhani, Dwi Nurhayati
Aulad : Journal on Early Childhood Vol 2 No 1 (2019): April, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.745 KB) | DOI: 10.31004/aulad.v2i1.18

Abstract

Anak adalah berkah dari Tuhan yang menggembirakan bagi orang tua. Orang tua akan merasa berarti dan memiliki tujuan hidup jika telah hadir seorang anak. Seorang anak memiliki beberapa aspek perkembangan. Aspek-aspek perkembangan tersebut seharusnya dicapai dengan optimal. Perkembangan optimal dapat tercapai jika seorang anak medapatkan dukungan dari orang tua. Namun tidak semua anak memiliki kelancaran dalam perkembangannya. Salah satu hal yang dapat berpengaruh dalam perkembangan anak adalah Picky Eater. Picky eater adalah suatu kondisi dimana  anak memilih-milih jenis makanan tertentu saja. Picky eater memiliki beberapa dampak diantaranya adalah stunting, tidak mandiri karena orang tua harus menyediakan makan yang sesuai dengan keinginan, mempengaruhi pertumbuhan fisik dan daya tahan tubuh anak. Hal ini memerlukan perhatian khusus sehingga perlunya peran orang tua untuk mengatasi picky eater pada anak usia dini agar anak dapat mencapai perkembangan yang optimal.  
Bermain Menggambar Dekoratif untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Annisa, Khotibatun
Aulad : Journal on Early Childhood Vol 2 No 1 (2019): April, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.084 KB) | DOI: 10.31004/aulad.v2i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif pada anak kelompok B TK Mutiara Kampung Godang Bangkinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 16 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak adalah guru mempersiapkan media dan mendemonstrasikan cara menempel/kolase. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan motorik halus naak melalui kegiatan Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6