cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
admin@aulad.org
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Aulad : Journal on Early Childhood
ISSN : 26554798     EISSN : 2655433X     DOI : -
Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to publish their researches in our Journal. This Journal is published every April, August and December annually. Scientific paper submitted to this journal should follow the following guidelines As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022" : 11 Documents clear
Relationship Between Toilet Training Readiness and Children’s Stress With Enuresis Control in Preschool Children Suparno Suparno; Meilina Estiani
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.382

Abstract

Enuresis fungsional (mengompol) adalah gangguan pengeluaran urine yang involunter saat tidur siang/ malam pada anak usia lebih   empat tahun tanpa adanya kelainan fisik maupun penyakit organik. Dampaknya   adalah anak menjadi tidak percaya diri, malu serta hubungan social dengan teman terganggu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kesiapan toilet training dan stress anak dengan control enuresis. Metode penelitian menggunakan desain analitik dengan pendekatan crossectional. Sampel adalah ibu yang memiliki anak berusia 4-6 tahun. Pengambilan sampel dengan random sampling. Pengumpulan data dengan wawancara langsung menggunakan ceklist .   Uji statistik dengan   Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Didapatkan   22,7% tidak mampu mengontrol enuresis,   22,7 %   belum siap melaksanakan toilet training, dan 28,8 % mengalami stress. Analisis statistic didapatkan nilai p=value 0,000. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kesiapan toilet training dan stress dengan control enuresis. Kemampuan anak mengontrol   enuresis   berhubungan dengan kesiapan toilet training dan   stress   anak .
Analisis Teori Hierarki of Needs Abraham Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Azmia Aulia Rahmi; Rina Hizriyani; Cucu Sopiah
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.385

Abstract

Teori hierarki of needs merupakan teori kebutuhan yang membahas tentang struktur kepribadian pada manusia. Kurang optimalnya orang tua dalam menstimulasi perkembangan anak, dapat berdampak pada kehidupan anak dimasa selanjutnya. Perkembangan sosial emosi menjadi aspek yang penting dalam pendidikan anak yang perlu diperhatikan oleh orang tua. pemberian asah, asih dan asuh yang akan menentukan kualitas orang tua dalam mendidik anak. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis teori hierarki of needs Abraham Maslow terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur (library research). Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa teori hierarki of needs Abraham Maslow dapat diterapkan sejak dini sebagai bentuk optimalisasi pemenuhan kebutuhan anak melalui dorongan lingkungan. Pemberian contoh dan perilaku yang dapat ditiru oleh anak merupakan pemenuhan aspek kemampuan penyesuaian diri dan lingkungan yang jika terpuaskan, maka anak dapat mengimitasi pengalaman yang diraihnya kedalam bentuk perilaku sebagai aktualisasi diri dimasa mendatang.
Stimulasi Perkembangan Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Tenggoh-tenggohan Meilina Estiani; Suparno Suparno
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.386

Abstract

Munculnya permainan modern saat ini yang sangat menarik minat anak, seperti gadget dan fun game membuat anak terlihat asyik bermain didunia maya secara individual, sehingga tidak memiliki kesempatan bagi anak untuk bersosialisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menstimulasi perkembangan social anak   melalui permainan tradisional daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yaitu Tenggoh-tenggohan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen. Desain penelitian one group pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 23 orang anak usia 6 — 7 tahun berdomisili di Desa Bumi Kawa Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU, Sumatera Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui penilaian perkembangan social anak dengan observasi berdasarkan indicator kebutuhan belajar anak yang berkaitan dengan perkembangan social menurut Beaty (1995). Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji statistic T-test. Hasil kegiatan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan perkembangan social anak sebelum dan setelah diberikan stimulasi permainan tenggoh-tenggohan. Disimpulkan bahwa permainan tenggoh-tengohan dapat menstimulasi perkembangan sosial anak. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan permainan tradisional pada anak sekolah dalam mengembangkan kemampuan sosial anak.
PESBOOK: Permainan Edukatif Smart Book sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini Eva Oktaviani; Imawan Eko Setiyono
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.387

Abstract

Studi menunjukkan prevalensi keterlambatan perkembangan motorik halus anak usia dini meningkat selama masa pandemi mencapai 60,7%. Motorik halus sangat mempengaruhi kehidupan anak di masa depan, sehingga perlu mendapatkan perhatian yang serius. Pemilihan media dalam proses pembelajaran sangat penting agar anak menjadi lebih tertarik.  Alat permainan edukatif merupakan solusi belajar berbasis permainan yaitu dengan media smart book dan berfungsi sebagai alat stimulasi. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan permainan edukatif smart book (PESBOOK) sebagai media stimulasi motorik halus anak usia dini. Metode  penelitian adalah Research and Development dengan pendekatan PPE yaitu planning, production, evaluation. Hasil uji validasi ahli menunjukkan smart book sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media stimulasi motorik halus.  Uji coba terbatas pada 10 orang anak PAUD menggmbarkan ketrampilan motorik halus anak menjadi berkembang sesuai harapan setelah diberikan stimulus dengan smart book. Pemilihan media pembelajaran yang tepat diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif kepada tumbuh kembang anak secara optimal
Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Gempa Bumi melalui Video Animasi pada Anak Usia 5-6 Tahun Afifaturrahmi Afifaturrahmi; Sofia Hartati; Zarina Akbar
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.388

Abstract

Anak usia dini merupakan salah satu kelompok rentan yang paling beresiko terkena dampak bencana. Kerentanan tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan anak terkait siaga bencana gempa bumi. Kurangnya pengetahuan anak mengenai siaga bencana gempa bumi menjadi salah satu masalah yang perlu segera diatasi dan diberikan solusi. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan anak melalui pembelajaran siaga bencana menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak TK B Negeri Pembina Tanjung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain model penelitian Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Tanjung. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan modifikasi dari instrument yang sudah ada dan telah divalidasi oleh ahli. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan dilihat dari perolehan skor pengetahuan kesiapsiagaan sebelum tindakan dan setelah tindakan di siklus I maupun siklus II yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal.   Penggunaan video animasi dalam pembelajaran siaga bencana dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak
Perkembangan Self Esteem Anak Usia Dini Berdasarkan Pola Pengasuhan Demokratis Sely Nurhidayati Solekha; Jojor Renta Maranatha
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.389

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya faktor psikologi pada anak dalam menunjang perkembangan anak dimasa yang akan datang salah satunya adalah harga diri atau self esteem. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan self esteem anak usia dini yang ditinjau dari pola asuh demokratis. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitattif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Partisipan yang dipilih adalah anak didik di salah satu TK kelompok B yang berusia 5-6 tahun berjumlah 6 anak. Responden penelitian yang dijadikan sumber data adalah orang tua dari anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa   self esteem anak usia dini yang ditinjau dari pola asuh demokratis masuk pada self esteem dengan karakteristik yang positif. Self esteem anak yang positif tersebut tercermin pada pemenuhan komponen self esteem pada diri anak yaitu, perasaan diterima, perasan mampu, dan perasaan berharga. Selain itu, peran orang tua dalam menumbuhkan self esteem anak tercermin melalui 4 upaya yang dilakukan yaitu penerimaan, kehangatan, pengharagaan dan dukungan emosional terhadap anak.
Identifikasi Kemampuan Regulasi Emosi dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Yogyakarta Intan Puspitasari; Ega Asnatasia Maharani; Ali Tarmuji
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.398

Abstract

Penelitian mengenai hubungan regulasi emosi orang tua  dengan berbagai variabel pada anak telah banyak dilakukan. Namun belum pernah dilakukan penelitian mengenai identifikasi kemampuan orang tua  dalam meregulasi emosi khususnya di wilayah Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan regulasi emosi orang tua  serta strategi yang lebih sering digunakan dalam mengelola emosi dalam mengasuh anak usia dini. Subjek dari penelitian ini adalah 53 responden orang tua  yang memiliki anak berusia 2-7 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala regulasi emosi pengasuhan yang dikembangkan peneliti berdasarkan lima strategi regulasi emosi J.J. Gross. Skala terdiri dari 24 aitem dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar α=0,937. Skala disajikan menggunakan Google Form dan disebarkan melalui jejaring sosial media. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 20 untuk mengkategorisasikan tingkat regulasi emosi responden. Hasil dari penelitian ini adalah responden memiliki tingkat regulasi emosi sedang (77,4%) dan tinggi (9,4%). Strategi regulasi emosi dengan nilai selisih rerata empiric yang paling mendekati rerata hipotetik adalah strategi attentional deployment dan response modulation. Sebaran data demografi yang kurang merata merupakan salah satu keterbatasan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu dasar memberikan rekomendasi strategi regulasi emosi pada orang tua  khususnya di lingkup Yogyakarta. Lebih lanjut lagi, rekomendasi tersebut akan diintegrasikan dalam aplikasi regulasi emosi yang dapat digunakan secara mandiri oleh orang tua  untuk mengetahui kemampuan mengelola emosinya.  
Pengembangan Ebook Mitigasi Bencana Kebakaran Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Marinda Nur Aini; Sri Widayati; Kartika Rinakit Adhe; Wulan Patria Saroinsong
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.401

Abstract

Pengenalan mitigasi bencana kebakaran bermanfaat untuk menanamkan kesiapsiagaan dan self-awareness anak dalam menghadapi resiko bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ebook mitigasi bencana kebakaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ASSURE dengan subjek penelitian 20 anak kelompok B di RA Muslimat Jombang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa ebook yang telah layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan nilai persentase validasi materi sebesar 90%, validasi media sebesar 96%. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan perolehan nilai |Z| adalah 4,74 yang mana |Z| > Z_(a „2), yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan ebook terhadap peningkatan pengetahuan mitigasi bencana kebakaran. Implementasi program mitigasi bencana melalui Ebook mitigasi kebakaran memiliki beberapa manfaat diantaranya mudah diakses, mudah digunakan, bersifat general dan fleksibel dapat digunakan diberbagai tempat
Dampak Penggunaan Metode Finger Painting terhadap Perkembangan Seni Anak Usia Dini Deni Susanti; Desyandri Desyandri
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.403

Abstract

Seni mendorong anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen dengan berbagai macam media atau bahkan tanpa media di luar tubuhnya. Eksplorasi dan eksperimen ini penting sebagai strategi belajar bagi anak untuk memperoleh pengalaman yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan metode finger painting terhadap perkembangan seni anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Teknik pengumpulan data penelitian ini didapat dari informasi jurnal yang dianalisis berdasarkan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat tema yang muncul dalam analisis data penelitian ini. Keempat tema tersebut yakni stimulasi perkembangan seni melalui finger painting, bentuk gambar hasil finger painting pada anak usia dini, warna yang digunakan oleh anak ketika finger painting , dan perubahan metode finger painting   dari konteks fisik ke digital. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi penelitian yang berhubungan dengan seni pada anak usia dini mengingat topik yang sejenis masih sangat terbatas.
Implementation of Literacy-Based Early Childhood Learning Program Management Siti Nurul Aprida; Erni Munastiwi Muastiwi; Siti Sri Rahayu
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 5 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v5i3.414

Abstract

The gersamasapa program is a literacy-based educational innovation created by At-Tauhid PAUD with the aim of increasing children's interest in reading and cultivating positive character in children. This study aimed to describe the implementation of literacy-based early childhood learning program management. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques were using observation, interviews and documentation. There were nine subjects or informants in this study consisting of teachers and educational staff at At-Tawhid PAUD. The data collection process was carried out from November to December. The results of this study indicate that the process of 1) planning is carried out by holding a work meeting before the school year begins. The results of the meeting are then listed in the academic calendar and have standard operating procedures (SOP). 2) Organizing involves all parties by forming a gersamasapa program implementation team consisting of persons in charge, chairmen, members, and others which are then listed in an SK (decree). 3) The implementation of the gersamasapa program is carried out through three activities, including one house, one reading corner, literacy training, and storytelling classes. 4) Supervision is carried out by means of home visits and ABC monitoring books

Page 1 of 2 | Total Record : 11