cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika" : 5 Documents clear
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH MEULABOH JOHAN PAHLAWAN Fakhrul Jamal
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa kelas XI IPA SMA Muhamadiyah Meulaboh dalam mempelajari mata pelajaran matematika pada materi peluang. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan angket, sedangkan untuk pengolahan data menggunakan rumus pesentase P = f/n x 100 %. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa kesulitan siswa kelas XI IPA dalam materi peluang adalah kurangnya pemahaman siswa dalam memahami konsep peluang, sering salah menggunakan rumus dalam menyelesaikan soal, juga kebiasaan guru dalam belajar matematika hanya dengan cara mencatat saja di papan tulis, kemudian siswa kurang keinginannya dalam menyelesaikan contoh soal yang diberikan oleh guru. sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa hipotesisnya terbukti benar bahwa adanya kesulitan belajar dalam pelajaran matematika pada materi peluang siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh.Kata Kunci: Analisis Kesulitan Belajar, Matematika, Materi Peluang
MENENTUKAN NILAI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DENGAN MEDIA SOFWER GAMBAR AUTOCAD Samin Samin
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak orang mengenal Gambar AutoCAD sebagai ”bahasa teknik”. Dari gambar orang teknik dapat meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif. Ternyata Gambar AutoCAD  juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang efektif, terutama untuk kompetensi Geometri. Banyak hal yang abstrak, seperti jika sin A = ½, maka A = 30o dan sebaliknya dengan media gambar AutoCAD kasus seperti itu dapat dibuktikan dan menjadi kongkrit/nyata sehingga mudah dikomunikasikan dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Dengan media gambar AutoCAD kompetensi menentukan nilai perbandingan trigonometri menjadi topik pembahasan yang mudah  untuk dikomunikasikan dan dipahami, hal ini terbukti dari experiment yang lakukan,pada SMK Negeri 2 Meulaboh, semua peserta didik puas dan dapat menghitung/mengukur nilai perbandingan trigonometri jika 2 unsur  dari sebuah segitiga siku-siku diketahui. 90% peserta didik dapat menghitung/mengukur besarnya nilai SinA  dan Cos A jika Tg A diketahui dan sebaliknya. Dengan menyajikan data berupa gambar dan ukuranya, 100% peserta didik juga dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri sudut-sudut istimewa dari 0o-360o.Kata kunci: Gambar, AutoCAD, Trigonometri Dan Sudut
PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TIPE PISA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN KONTEN HUBUNGAN DAN PERUBAHAN Mulia Putra; Rita Novita
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah tipe PISA dengan konten perubahan dan hubungan. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswi kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini dimulai dengan memberikan Masalah Literasi Matematika (MLM) tahap pertama yang kemudian diikuti dengan wawancara, kemudian selang beberapa hari siswa diberikan lagi Masalah Literasi Matematika (MLM) dengan masalah yang setera dan juga diikuti dengan wawancara. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengecekan data dengan cara triangulasi waktu.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah PISA dengan konten perubahan dan hubungan, siswa sekolah menengah mampu mengidentifikasikan masalah dengan cara mengungkapkan informasi yang diketahui dari masalah PISA yang terkait dengan konten perubahan dan hubungan, pada tahap berikutnya yaitu menyusun rencana peneyelesaian masalah, siswa bisa menyebutkan langkah atau rencana yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah ini, dan pada tahap pelaksanaan rencana tersebut, siswa sangat dipengaruhi oleh rencana yang telah dibuat dan dia berhasil menyelesaikan masalah tersebut dengan benar. Setelah itu, diakhir langkahnya responden juga mengecek hasil kerja dengan alasan untuk membuat dia lebih yakin. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Masalah Literasi Matematika, PISA, Konten Perubahan dan Hubungan 
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA SMK NEGERI 3 MEULABOH TAHUN 2013/2014 Ningsih, Dina Srikandi
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Matematika. (b) Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas 11 SMK Negeri 3 Meulaboh. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66.67%), siklus II (75.00%), siklus III (87.50%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas 11 SMK Negeri 3 Meulaboh, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran matematika. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Kooperatif  Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar
IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP OPERASI HITUNG PECAHAN DI SMP NEGERI 1 SAWANG (Integrasi dengan Dasar-dasar Pendidikan MIPA) siraj siraj
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep operasi hitung pecahan di SMP 1 Sawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas VII1 SMP Negeri 1 Sawang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai tes dan wawancara. Tes essay untuk menganalisis jawaban siswa tentang kesulitan yang dihadapi. Wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase. Siswa  yang mengalami kesulitan dilandasi dengan mendapat skor < 65% dari skor maksimum soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam dalam memahami konsep porasi hitung pecahan, yaitu dari 13 orang siswa yang diteliti memilki kesulitan menggunakan konsep 19,61% dan kesulitan menggunakan prinsip 20,85%. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan menggunakan prinsip karena kurangnya pemahaman konsep dasar. Kesulitan yang paling banyak dialami oleh siswa adalah menyamakan dua penyebut yang berbeda serta menyelesaikannya, dan menyelesaikan soal dalam bentuk gambar. Kata Kunci: Kesulitan siswa, operasi hitung pecahan  

Page 1 of 1 | Total Record : 5