cover
Contact Name
Sriyono
Contact Email
suryaabdimas@umpwr.ac.id
Phone
+62275321494
Journal Mail Official
suryaabdimas@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. KHA. Dahlan 3 & 6 Purworejo, 54111, Jawa Tengah
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Abdimas
ISSN : 25803492     EISSN : 25803492     DOI : 10.37729/abdimas
Surya Abdimas adalah jurnal yang mengkaji wahana pengembangan serta penerapan llmu Pengetahuan dan Teknologi kepada masyarakat secara luas sebagai bentuk publikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang mencakup konsep, model, dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021)" : 10 Documents clear
Penerapan Program Literasi Melalui Taman Bacaan Masyarakat Oemah Cendekia di Kelurahan Kedungsari Kabupaten Purworejo Ade Sabda Gumelar; Eny Ngesti Utami; Arif Setyadi
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.v5i1.794

Abstract

Program literasi melalui taman bacaan masyarakat oemah cendekia terletak di Desa Kedungsari Kabupaten Purworejo. Mayoritas masyarakat di Desa Kedungsari belum mendapatkan pendidikan yang sesuai harapan. Sebagian besar penduduknya adalah petani yang hanya bertamatkan jenjang pendidikan yang minim sehingga kesulitan dalam mendampingi anak anaknya dalam hal pendidikan. Sehingga dalam pelaksanaan program literasi melibatkan pemuda karangtaruna sebagai mitra program penerapan literasi melalui taman bacaan masyarakat. Mitra program mayoritas siswa SMP dan SMA yang masih haus akan ilmu namun perlu banyaknya pendampingan. Oleh sebab itu tujuan dari program literasi melalui taman bacaan masyarakat oemah cendekia agar saling mencerdaskan kehidupan bangsa dengan bertransformasi menjadi masyarakat berkemajuan dengan pendampingan IPTEK namun tetap mengedepankan moral. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah Persiapan – Penyusunan Literasi – Pelaksanaan Program – Evaluasi dan dalam setiap tahap selalu ada pendampingan dari tim terhadap mitra. Persiapan terdiri dari kesiapan tim, kondisi mitra, materi dan kesepakatan jadwal. Penyusunan literasi terdiri dari buku bacaan dan media pembelajaran. Pelaksanaan program terdiri dari pendirian perpustakaan, kreatifitas, keilmuan dan kepedulian sosial. Persentase penerima manfaat program di taman bacaan Rw 01 50,70 %, taman bacaan Rw 02 70,00%, taman bacaan Rw 03 dengan persentase penerima manfaat tertinggi yaitu 78,79%, taman bacaan Rw 04 58,85%, taman bacaan Rw 05 dengan persentase penerima manfaat terendah yaitu 42,86 %. Dengan total persentase keseluran adalah 57,30% yang berarti penerapan program literasi melalui taman bacaan masyarakat oemah cendekia di Kabupaten Purworejo sudah terlayani
Peningkatan Kemamapuan Guru Fisika di Era New Normal Melalui Pelatihan Eksperimentasi Fisika Yang Mudah dan Efektif Secara Daring Soka Hadiati; Matsun Matsun; Ira Novita Sari; Lia Angraeni; Eti Sukardi; Adi Pramuda
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.vi.813

Abstract

Pembelajaran daring mengakibatkan eksperimen fisika tidak dapat dilaksanakan dengan optimal. Guru dan siswa kesulitan dalam melaksanakan praktikum. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan eksperimentasi fisika yang mudah dan efektif di era new normal. Pelatihan ini menggabungkan metode ekspositori, demonstrasi dan latihan mandiri. Pelatihan eksperimentasi fisika berbasis potensi lokal, daring, dan Arduino menambah pengetahuan terkait jenis-jenis eksperimentasi. Pengetahuan peserta setelah kegiatan pelatihan meningkat dengan n-gain=0,50. Peserta pelatihan memberikan respon yang baik terhadap kegiatan PKM. Eksperimentasi fisika berbasis potensi lokal, daring, dan Arduino menambah variasi praktikum yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran selama masa new normal. Pendampingan implementasi eksperimen fisika perlu dilakukan secara berkelanjutan dan berkala. Guru-guru perlu dibimbing terutama dalam merancang eksperimen berbasis IoT dan mengembangkannya menjadis sebuah alat percobaan yang dapat di terapkan di sekolah
Menumbuhkembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Manisjangan Dengan Menggali Peran Individu dan Kelembagaan Junaedi Setiyono; Semi Sukarni
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.vi.859

Abstract

Taman Baca Masyarakat sangat diperlukan guna menggalakkan literasi membaca terutama di wilayah pedesaan, salah satunya adalah Taman Baca Masyarakat (TBM) Umah Baca Kreatif Manisjangan, Desa Kaliboto, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Kendala yang dihadapi mitra adalah menjadikan TBM memiliki kekhasan memiliki nilai keunggulan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pendampingan kepada TBM dalam upayanya untuk menggali potensi dan peranan baik secara individu maupun kelembagaan. Metode yang digunakan adalah ceramah atau presentasi dari tim pengabdian, dilanjutkan dengan diskusi atau tanya-jawab. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, diperoleh suatu inventarisasi terhadap kekuatan dan kelemahan TBM. Kekuatan tersebut selanjutnya untuk dielaborasi sehingga mencapai hasil yang optimal, sedangkan kelemahannya untuk diantisipasi sehingga tidak berdampak negatif pada keberlangsungan TBM. Implikasi nyata bagi mitra/masyarakat, yaitu TBM dan masyarakat terutama warga Desa Kaliboto, adalah makin jelasnya potensi khas TBM, makin tersiar dan terdokumentasinya kegiatan TBM pada pihak pemerintah desa atau perangkat desa, dan makin eratnya hubungan antara TBM dengan UMP.
Pelatihan dan Penerapan E-Learning dan M-Learning di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman Purnawan Purnawan; Dian Hidayati
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.vi.866

Abstract

Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, diperlukan pengembangan suatu model pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar proses pembelajaran tidak selalu terkesan membosankan, tidak menarik dan monoton yang dapat menghambat proses transfer ilmu. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) Muhammadiyah Minggir, Kabupaten Sleman, belum memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan belajar dan mengajar, sehingga dirasa perlu adanya pendampingan dalam pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan penerapan e-learning dan m-learning bagi guru di SMK Muhammadiyah Minggir. Kegiatan ini bertujuan untuk : (1) memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru dalam memanfaatkan e-learning dan m-learning dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah Minggir, Kabupaten Sleman, (2) melatih para guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dan memberikan media alternatif pembelajaran melalui e-learning (3) meningkatkan pengetahuan dalam membuat materi mata pelajaran, soal dan latihan kepada siswa yang mudah diakses. Metode pelaksanaan pelatihan adalah pemberian modul bagi peserta, tutorial/pendampingan, pelatihan/workshop dan evaluasi proses. Hasil dan dampak dari pelatihan ini adalah mitra semakin paham dan terampil dalam menerapkan E-learning dan M-learning dalam kegiatan pembelajaran
Pemanfaatan Alat Peraga Garis Bilangan untuk Pembelajaran Bilangan Bulat di MI Al Ridlwaniyah Kradenan Pekalongan Rini Utami; Nurina Hidayah; Sayyidatul Karimah
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.vi.870

Abstract

Alat peraga matematika merupakan alat bantu yang digunakan untuk memudahkan pembelajaran matematika. Garis bilangan merupakan alat peraga matematika yang digunakan untuk mempermudah guru dalam mengajarkan konsep bilangan khususnya bilangan bulat. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan memperagakan alat peraga garis bilangan sehingga dapat meningkatkan kompetensi professional guru. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pelatihan pembuatan alat peraga garis bilangan dan di presentasikan didepan peserta pelatihan yang lain. Kegiatan ini diikuti oleh 25 guru MI di Pekalongan yang sangat antusias dengan pelatihan tersebut. Sebanyak 80% guru yang mengikuti mampu membuat dan memperagakan alat peraga garis bilangan sedangkan 20% yang lain masih perlu bimbingan dalam pembuatannya.
Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Ibu Ibu PKK RW.06 Kelurahan Gembor Kota Tangerang Ade Onny Siagian
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.vi.872

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan keluarga dimasa Pandemi Covid-19 kepada Ibu Ibu PKK Rw.06 Kelurahan Gembor Kecamatan Priuk di Kota Tangerang, memberikan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan guna menciptakan ketahanan keuangan yang cukup didalam keluarga selama pandemi berlangsung, menggunakan metode kualitatif yaitu mengurai data kegiatan dalam bentuk kalimat yang teratur, runtun, logis, tidak tumpang tindih dan efektif. Kegiatan pengabdian masayarakat tersebut yang terukur, terarah dan sistematis. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Ibu Ibu PKK Rw.06 kelurahan Gembor Kota Tangerang. Permasalahan diselesaikan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai perkembangan masyarakat yang terdampak covid-19. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi dilanjutkan diskusi sesi tanya jawab sebagai bentuk kegiatan workshop pelatihan pengelolaan keuangan keluarga. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dikarenakan adanya pandemi covid-19. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan Ibu Ibu PKK, adanya tanggapan positif dari peserta dan sebagian besar (85%) peserta telah memahami konsep anggaran pengelolaan keuangan keluarga yang dapat diimplementasikan didalam keluarganya masing masing.
Pelatihan Pengolahan Limbah Tempe Menjadi Pupuk Cair Di Desa Payo Lebar Fitria Lestari; Ivoni Susanti; Ria Dwi Jayati
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.vi.873

Abstract

Desa Payo Lebar merupakan desa yang terletak di Kabupaten Sarolangun Jambi Provinsi Jambi dimana salah satu mata pencaharian masyarakatnya adalah produksi Tempe. Proses produksi tempe memerlukan banyak air yang digunakan untuk perendaman, perebusan, pencucian, serta pengupasan kulit kedelai. Hasil akhir dari proses pengolahan tersebut berupa limbah yang menimbulkan bau tidak sedap sebagai hasil sampingan dari proses fermentasi limbah. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat di Desa Payo Lebar untuk mengolah limbah tempe menjadi pupuk cair. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, pemberian pengetahuan awal, dan tahap pemberian pelatihan kepada masayarakat tentang pengolahan limbah tempe menjadi pupuk cair. Hasil dari kegiatan ini diketahui bahwa masyarakat dapat mengolah limbah tempe menjadi pupuk cair yang dibuktikan dengan 97% masyarakat mengetahui alat dan bahan serta prosedur kerja untuk mengolahnya. Simpulan dalam kegiatan ini adalah pengolahan limbah yang baik dan benar akan menghasilkan produk yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.
Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Diseminasi LSLC Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu Rusdi Hasan; Risnanosanti Risnanosanti; Irwandi Irwandi; Nopriyeni Nopriyeni
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.vi.882

Abstract

Penerapan lesson study yang telah dilaksanakan oleh banyak sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia dan banyak negara lain dengan dampak yang relevan terhadap peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dirasakan dapat meningkatkan kualitas perkuliahan. Oleh karena itu Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud menjadikan LSLC sebagai salah satu program yang telah diinisiasi di delapan kota di Indonesia, salah satunya Kota Bengkulu pada tahun 2019. Hal tersebut mendorong tim lesson study FKIP UMB untuk memperluas kegiatan lesson study di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Lesson study ini dilakukan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tujuan untuk mendiseminasikan kegiatan lesson study kepada seluruh guru di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu sehingga memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang baik dan panduan yang jelas dalam implementasi LSLC di kelas. Metode yang digunakan dengan menghadirkan narasumber untuk memaparkan materi dan praktek langsung kegiatan LSLC. Hasil Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Diseminasi LSLC Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu mampu 1) Meningkatkan pemahaman guru di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu mengenai konsep, prinsip, dan praktek LSLC 2)Meningkatkan sifat kolegial dalam memecahkan masalah dalam kegiatan pembelajaran, perbaikan materi pembelajaran, proses pembelajaran, interaksi guru-siswa, interaksi siswa-siswa, media pembelajaran yang menarik, dan peningkatan budaya belajar di kalangan siswa.
Pendampingan Kegiatan Terhadap anak Hinterland Dalam Menghadapi New Normal di Masa Covid-19 Rahmi Rahmi; Pariyanto Pariyanto; Nopriyeni Nopriyeni
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.v5i1.884

Abstract

Informasi yang diperoleh anak-anak hinterland mengenai protokol kesehatan masih kurang, hanya dalam bentuk informasi teori dari media sosial tanpa ada bimbingan praktek langsung dari pihak yang berwenang. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya kesadaran anak-anak hinterland dalam menerapkan protokol kesehatan misalnya tidak menggunakan masker ketika keluar rumah, tidak menjaga jarak, anak-anak belum bisa praktek cara mencuci tangan sesuai standar kesehatan dan kurangnya kesadaran anak-anak hinterland untuk menjaga kebersihan. Sasaran pengabdian ini anak-anak usia PAUD (pendidikan Anak Usia Dini) usia SD (sekolah dasar) Rt 03 Rw 04 Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang. Metode yang dilakukan dengan cara memberikan informasi dan praktek secara langsung dengan beberapa tahapan 1)Persiapan melakukan survei pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai masalah yang dihadapi masyarakat. 2) Pelaksanaan dilakukan dengan memberikan informasi dan praktek langsung kepada anak-anak hinterland dalam menghadapi new normal di masa covid 19. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada anak-anak hinterland akan pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat melalui pendampingan kegiatan dalam menghadapi New normal di masa covid 19. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa:(1) program pendampingan kegiatan anak hinterland dalam menghadapi new normal di masa covid 19, dapat dilaksanakan dan direspon dengan baik. (2) pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian anak-anak untuk menerapkan protokol kesehatan di masa covid 19.
Pelatihan Komputer MS Office Bagi Remaja Anggota Karang Taruna di Desa Polowangi Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Andrian Nuriza Johan; Abdul Ngafif
Surya Abdimas Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/abdimas.v5i1.893

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk membantu remaja karang taruna untuk mengembangkan skill dalam mengoprasikan komputer. Untuk mencapai tujuan tersebut metode pengembagan skill adalah dengan melalui pelatihan. Sasaran Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah para remaja karang taruna di Desa Polowangi Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo dengan jumlah populasi adalah 40 orang. Permasalahan diselesaikan dalam tiga (3) tahapan kegiatan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan yang dilakukan adalah menganalisa masalah dan kebutuhan remaja karang taruna untuk mengoperasikan MS Office yang meliputi Word, Excel, dan Power Point.. Tahap kedua yaitu pelaksanaan terbagi menjadi beberapa sesi yaitu pembukaan, penyampaian teori dasar mengenai ketiga software tersebut. Tahap ketiga yakni evaluasi dengan meminta umpan balik peserta melalui kuesioner tentang pemahaman materi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini dapat diuraikan sebagai berikut: Berdasarkan hasil umpan balik dari peserta, didapatkan informasi bahwa kegiatan ini sangat relevan untuk meningkatkan skill para remaja karang taruna mengenai pengoperasian MS Office dan para peserta merasa mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang MS Office

Page 1 of 1 | Total Record : 10