cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
isoquant@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 25987496     EISSN : 25990578     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): Oktober" : 10 Documents clear
Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing dan Activity Based Costing Silvya Eka Safitry; Nur Sayidatul Muntiah
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang ada di UMKM Wisna Fresh Ponorogo pada periode 2021 di bulan Februari sampai dengan April. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode full costing dan activity based costing yang dikembangkan dari seluruh data biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk yang ada di UMKM, khusunya produk yang dilakukan perhitungan oleh peneliti yaitu nugget ayam, tahu tuna, siomay ayam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diantara dua metode tersebut ternyata metode activity based costing adalah metode yang paling tepat untuk digunakan pada perhitungan harga pokok produksi dengan laba yang dihasilkan semakin tinggi. Hal ini menunjukkan dibandingkan pada sebelumnya dalam penjualan produk frozen food tidak adanya perhitungan harga pokok produksi sebagai pertimbangan pendapatan dari penjualan produk yang ada.Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Full Costing, Activity Based Costing.
Studi Manajemen Rantai Pasokan Keuangan di Negara-Negara Asia Menggunakan Pendekatan Analisis Blibliometrik Masruchin Masruchin Masruchin; Rita Ambarwati; Fitri Nur Latifah; Bayu Wardhana
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1275

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui trend perkembangan studi manajemen rantai pasok keuangan di masing-masing negara Asia. Penelitian ini juga akan menampilkan studi studi manajemen rantai pasok keuangan di setiap negara di Asia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis bibliometrik. Data yang digunakan adalah artikel, prosiding dengan jangka waktu 10 tahun. Data dalam penelitian ini berasal dari database Scopus yang kemudian diekspor dalam bentuk Bibtex dan diolah dengan software R-Packges dan Webinterface. Dari proses yang dilakukan menghasilkan peta tematik dan akan terlihat kata kunci apa yang paling banyak muncul. Tidak hanya itu, analisis ini akan menunjukkan produktivitas negara-negara di Asia dalam publikasi ilmiah terkait supply chain finance
Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Brand Satisfcation Terhadap Brand Loyalty Pengguna Marketplace Tokopedia Ratih Pramudita; Siti Chamidah; Dwi Warni Wahyuningsih
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1243

Abstract

Keberadaan konsumen dengan loyalitas tinggi sangat diperlukan dan untuk meningkatkan loyalitas pada merek dapat diwujudkan melalui melalui brand image, brand trust dan brand satisfaction. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust dan brand satisfaction terhadap brand loyalty pada pengguna marketplace Tokopedia di Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna Tokopedia di Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty, dan brand trust, brand satisfaction berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty pengguna marketplace Tokopedia di Ponorogo.Kata Kunci : Brand Image, Brand Trust, Brand Satisfcation, dan Brand Loyalty
Analisis Pengaruh Promosi, Harga dan Personal Selling terhadap Keputusan Konsumen Membeli Motor Honda pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun Sugeng Santoso; Theresia Pradiani; Fathorrahman Fathorrahman
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1384

Abstract

PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun dalam satu tahun terakhir di tahun 2021 sudah melakukan kegiatan promosi antara lain dengan melakukan pengiklanan melalui sosial media baik yang gratis maupun berbayar, sebar brosur, canvassing, memberikan voucher potongan harga servis untuk setiap pembelian motor, prospecting dan yang sebagai deferensiasinya adalah program yang disebut “STNK 14 Hari Jadi” program tersebut membedakan dari dealer lainnya karena saat ini banyak dealer yang menguruskan STNK kadang bisa sampai 1 atau 2 bulan belum jadi, dan program ini mendapat apresiasi yang bagus dari konsumen. Tujuan Penelitian untuk mengetahui : 1. Mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 2. Mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 3. Mengetahui pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. Metode pengambilan sampel adalah metoda proporsional adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak, dimana keseluruhan 86 konsumen di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun, dijadikan sampel pada penelitian ini. Hasil Penelitian adalah 1. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 2. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Harga terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 3. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif anatara Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun.Kata Kunci  : Promosi, Harga, Personal Selling Dan Keputusan Pembelian 
Analisis Ketepatan Pengelolaan Dana Bantuan Sosial Bagi Terdampak Covid-19 di Kelurahan Samapuin Kecamatan Sumbawa Jayanti Mandasari; Atira Katiamas
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengelolaan dana bantuan sosial bagi terdampak Covid-19 yang ada dikelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder dengan alat analisis data Software Nvivo 11. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pengelolaan dana bantuan sosial yang di lakukan kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa sudah sesuai dengan Perbup No.04 Tahun 2021 yaitu di mulai dengan pendataan penerima bantuan dari Dinas Kesehatan, kemudian ke Dinas Sosial, selanjutnya di verifikasi oleh operator Kelurahan untuk di pastikan data warga yang benar-benar mendapatkan bantuan kemudian di kembalikan ke Dinas Sosial      untuk di SK kan atau di laporkan ke kantor Bupati untuk kemudian di cairkan dan disalurkan anggaran tersebut kepada keluarga penerima manfaat secara tunai melalui rekening masing-masing. Diharapkan agar pemerintah mulai dari RT/RW dan seterusnya untuk teliti dalam melakukan pendataan terkait penerima bantuan sosial, dikarenakan masih terdapat warga yang seharunya menerima bantuan akan tetapi luput dikarenakan data yang keliru.Kata Kunci : Bantuan Sosial, Covid-19, Sistem  Pelayanan Sosial
Analisis Manajemen Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kerupuk Lemi Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Ririh Sri Harjanti
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1327

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen keuangan yang diterapkan pada UMKM Kerupuk Lemi di Kec. Losari Kab. Brebes. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data melalui 4 (empat) Indikator Manajemen Keuangan yang terdiri dari: Perencanaan Keuangan, Pencatatan, Pelaporan, serta Pengendalian Keuangan. Teknik Pengumpulan Data melalui wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelititian ini adalah Pelaku UMKM Kerupuk Lemi Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, studi kasus pada pelaku UMKM di Desa Prapag Kidul dan Prapag Lor Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pelaku UMKM Kerupuk Lemi di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes terhadap perencanaan keuangan, pencatatan, pelaporan dan pengendalian keuangan masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan pelaku UMKM dalam mengelola keuangan. Sebagian besar UMKM Kerupuk Lemi belum memahami manfaat pengelolaan/manajemen keuangan. Keterbatasan waktu dan SDM menyebabkan semua indikator dalam manajemen keuangan tidak dapat dijalankan dengan baik. Oleh karena dibutuhkan penanganan penuh dari berbagai pihak terutama pemerintah, pihak kreditur maupun investor untuk membantu pelaku UMKM Kerupuk Lemi terkait dengan pengelolaan keuangan sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan kinerja usahamya.Kata Kunci: Manajemen Keuangan, UMKM
Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Employee Engagement Karyawan Ekspedisi Anteraja Cabang Ponorogo Oki Juwa Angger Madona; Umi Farida; Titis Purwaningrum
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi, Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Employee Engagement pada Karyawan Ekpedisi Anteraja Cabang Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pada penelitian ini adalah karyawan Ekspedisi Anteraja sebanyak 33 responden. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 33 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Engagement, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,0802,045 dengan nilai signifikan 0,0460,05. (2) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Engagement, dibuktikan dengan nilai t hitung 2,2812,045 dengan nilai signifikan 0,0300,05. (3) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Engagement, dibuktikan dengan nilai t hitung2,1472,045 dengan nilai signifikan 0,0400,05. (4) Budaya Organisasi, Komunikasi dan Kepemimpinan Transformasional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Engagement, dibuktikan dengan nilai f hitung 5,391f tabel 2,930 dengan nilai signifikan 0,0050,05.Kata Kunci: Budaya Organisasi, Komunikasi, Kepemimpinan Transformasional, Employee Engagement.
Peran Kontrak Psikologis Menuju Perilaku OCB Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Nopita Nopita; Ali Jufri; Imam Hadiwibowo
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1389

Abstract

Kontrak psikologis merupakan hubungan kewajiban timbal balik antara karyawan dengan perusahaan, dan meliputi relational, transactional, dan balanced. Kepuasan Kerja didefinisikan sebagai perasaan positif tentang pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari sebuah evaluasi terhadap karakteristik pekerjaan yang meliputi pekerjaan itu sendiri, upah, peluang promosi, pengawasan, rekan kerja, dan lingkungan kerja. Karyawan dengan kepuasan kerja yang tinggi merupakan aset penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena dapat menunjukkan sikap atau perilaku positif terhadap perusahaan yaitu perilaku kewarganegaraan dalam organisasi. Ketidakpuasan karyawan umumnya muncul dalam bentuk keluhan atas perlakuan organisasi, antara lain keluhan atas perlakuan atasan terhadap bawahan atau keluhan atas fasilitas yang disediakan oleh perusahaan dan terutama besaran upah yang diberikan perusahaan tidak memenuhi harapan dari para karyawannya. Di lain pihak, karyawan merasa telah memenuhi setiap kewajiban yang dituntut oleh perusahaan. Ketidakseimbangan antara harapan dan kewajiban tersebut dinilai sebagai bentuk tidak terpenuhinya “kontrak” psikologis yang dibangun antara pihak karyawan dan pihak perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara kontrak psikologis dan kepuasan kerja terhadap perilaku kewargaan organisasi. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan PT Sohou Kikaku Indonesia Plant Cirebon dengan jumlah 63 karyawan dengan menggunakan sampel jenuh. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin rendahnya pemenuhan kontrak psikologis, maka semakin rendah pula perilaku kewargaan organisasi dan kepuasan kerja. Sebaliknya, semakin tingginya pemenuhan kontrak psikologis maka akan semakin tinggi pula perilaku kewargaan organisasi dan kepuasan kerja.Kata Kunci: Kontrak Psikologis, Perilaku Kewargaan Organisasi, Kepuasan Kerja
Pengaruh Market Risk, Book To Market Ratio, dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Puspa Indah Indah Sekar Prianintan; Titi Rapini; Riawan Riawan
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1287

Abstract

Perkembangan perekonomian di Indonesia saat ini sudah normal kembali bahkan sudah membaik dari tahun sebelumnya. Ekonomi di Indonesia sempat mengalami perosotan hal ini kemungkinan dikarenakan adanya wabah pandemi yang terjadi pada pertengahan bulan Maret tahun 2019 yang sering disebut dengan covid-19. Hal ini berdampak pada Perusahaan Property dan Real Estate yang dimana juga mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak stabil. Para investor sangat mengharapkan saham yang ditanamkan memiliki return berupa keuntungan bukan kerugian tetapi hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa para investor akan mendapatkan return saham berupa kerugian. Maka dari itu perlu dilakukan perhitungan untuk mengetahui tingkat nilai buku dan nilai pasar sehingga dalam perhitungan ini bisa menggunakan rumus PBV untuk mengetahui besar nilai buku dan nilai pasarnya sehingga melakukan perhitungan Book To Market Ratio untuk menghitung seberapa besar tingkat nilai buku dan pasar tersebut. Dalam berinvestasi juga perlu adanya pertimbangan untuk risiko pasar maka dari itu hal ini dapat di perhitungkan menggunakan Market Risk atau sering di sebut Beta Pasar dengan perhitungan CAPM. Tidak jarang juga dalam pertimbangan berinvestasi melakukan perhitungan dengan membandingkan harga saham dan earning perusahaannya dalam hal ini dapat dihitung menggunakan Price Earning Ratio.Kata Kunci: Market Risk, Book To Market Ratio, Price Earning Ratio, dan Return Saham. 
Kepercayaan Terhadap Ulasan Online dan Harga Yang Dirasakan Terhadap Keinginan Mengunjungi Restoran Yang Dimediasi Oleh Attitude Zico Ali Akbar; Kurniawati Kurniawati
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v6i2.1274

Abstract

Studi sebelumnya telah membahas kepercayaan terhadap ulasan online dan harga yang dirasakan sebagai faktor pemilihan restoran. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari Perceived Price dan Trustworthiness of online reviews terhadap Behavior intention, baik secara langsung maupun  dengan cara mediasi melalui Attitude. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dimana data dikumpulkan dari responden pada waktu tertentu, pengumpulan data menggunakan simple random samping terhadap 211 responden secara acak di Indonesia, metode analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM) untuk menguji hipotesisnya. Hasil menunjukkan bahwa Perceived Price secara positif mempengaruhi Behavior Intention tidak terbukti. Selanjutnya, Trustworthiness of online reviews yang positif secara langsung berkontribusi pada niat untuk mengunjungi restoran. Ulasan media sosial yang positif juga mempengaruhi Attitude untuk membagikan foto dan ulasan yang baik di sosial media. Trustworthiness of online reviews secara positif mempengaruhi Behavior Intention melalui Attitude juga terbukti dalam penelitian ini. Kata Kunci :  Attitude, Trustworthiness of online reviews, Perceived Price, Behavior Intention, Restaurant

Page 1 of 1 | Total Record : 10