cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Gemaedu
Published by PGRI DKI Jakarta
ISSN : 24770620     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi" : 10 Documents clear
Pengaruh Kecerdasan Logika Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Yuniarti, Farida
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.573 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini  1) Mengetahui Pengaruh kecerdasan logika dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. 2) Mengetahui pengaruh kecerdasan logika terhadap prestasi belajar matematika. 3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian Survei dengan jumlah sampel 129 orang. Analisis data menggunakan  regresi  linier ganda . Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan logika dan Kemandirian belajar  secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar matematika  pada siswa SMP Negeri di Kecamatan Cilandak. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Logika terhadap Prestasi Belajar Matematika pada siswa SMP.Negeri di Kecamatan Cilandak. 3) Terdapat Pengaruh Kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri di Kecamatan Cilandak. untuk meningkatkan prestasi belajar matematika perlu diperhatikan kecerdasan logika dan kemandirian belajar siswa.
Meningkatkan Kemampuan Prestasi Belajar Matematis Siswa Kelas XI RPL 2 di SMK Negeri 1 Karawang Melalui Model Pembelajaran Discovery Hidayat, Heni Handayani
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prestasi belajar  matematis siswa kelas XI RPL 2 di SMKN 1 Karawang melalui model pembelajaran discovery. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL 2 di SMKN 1 Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar  matematis siswa dari siklus I ke siklus II yaitu: (a) Memberikan penjelasan sederhana dengan memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, dan menjawab pertanyaan yang membutuhkan penjelasan meningkat dari 83,33 % pada siklus I menjadi 88,72 pada siklus II (b) Mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi, meningkat dari 87,80 % pada siklus I menjadi 89,63 % pada siklus II (c) Membuat kesimpulan dengan mempertimbangkan nilai keputusan, meningkat dari 84,15 % pada siklus I menjadi 89,94% pada siklus II. Angket respon siswa menunjukan siswa memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan model discovery learning. Pada siklus I menunjukkan kesukaan terhadap penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran matematika adalah sebesar 66% dengan kualifikasi baik, dan pada siklus II menjadi 71,3% dengan kualifikasi baik atau meningkat sebesar 5,3%. Aktifitas siswa menunjukkan kesungguhan dan kemampuan berpikir dengan menguasai soal-soal berpikir kritis matematis yang diberikan pada siklus I adalah sebesar 68% dengan kualifikasi baik, dan pada siklus II menjadi 81,6% dengan kualifikasi baik atau meningkat sebesar 13,6%.
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Di Kelas Viii.4 Smp Negeri 40 Kota Bekasi Komariah, Indarwati
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII.4 pada materi pesawat sederhana dengan menggunakan model Project Based Learning di SMP Negeri 40 Bekasi. Subyek penelitian kelas VIII.4  dengan jumlah siswa 42 orang. Desain penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan  Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus tiap siklus meliputi 3 pertemuan, dan tiap siklus meliputi 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan/pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dilihat dari peningkatan kegiatan belajar mengajar yang semakin baik, interaksi peserta didik ketika pembelajaran berlangsung baik, dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal tes, observasi kelas yang mengamati aspek keaktifan peserta didik selama mengikuti KBM dan lembar angket peserta didik terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik dari 66 menjadi 73, nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40, jumlah peserta didik dengan kisaran nilai 88-100 sebesar 21,43%, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 78 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 53, peserta didik yang memperoleh nilai pada kisaran      88-100 sebesar 26,20%. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII.4 SMP Negeri 40 Bekasi.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Barisan Aritmetika Dan Geometri Melalui Metode Diskusi Kooperatif Dan Penemuan Di Kelas IX-C SMP Negeri 9 Depok Marsono, Marsono
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar mengajar seorang guru terkadang menemui kendala seperti kurangnya minat belajar siswa serta kurangnya kemampuan siswa sehingga hasil belajar yang didapat kurang baik. Disamping itu juga kurangnyan metode yang bervariasi oleh guru dalam proses pemebelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah , siswa hanya merndengarkan saja sehingga siswa kurang tertarik dan tidak aktif dalam belajar . Beranjak dari hal tersebut penulis mencoba untuk mengadakan upaya-upaya untuk peningkatan hasil belajar  agar siswa mendapatkan nilai serta hasil belajar yang baik.. Pada siklus ini guru akan menggunakan metode diskusi kooperatif dan penemuan agar  siswa merasa tertantang serta aktif dan kreatif terhadap materi tersebut sehingga akan dapat memahami dengan benar tentang materi yang diajarkan serta  mendapatkan hasil yang baik sesuai criteria yang dinginkan
Pengaruh Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut di Kelas VII SMP Mitra Bintaro Tangerang Riyadi, Unang
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Metode Ekspositori terhadap  hasil belajar matematika, khususnya pada pokok bahasan Garis dan Sudut di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Sampel penelitian berjumlah 26 peserta didik Kelas VII B SMP Mitra Bintaro Tangerang yang diajarkan menggunakan Metode Ekspositori. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan penggunaan metode ekspositori terhadap  hasil belajar matematika pada pokok Bahasan Garis dan Sudut di Kelas VII SMP MITRA BINTARO Tangerang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ekspositori berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut di Kelas VII SMP MITRA BINTARO Tangerang.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Problem-Based Learning Kompetensi Logika Matematika pada Kelas X TITL SMK Negeri 1 Karawang Susana, Ikeu
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan metode problem based learning. Penelitian dilaksanakan di Kelas X TITL SMK Negeri 1 Karawang dengan kompetensi Logika Matematika menggunakan Metode Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) Kemmis dan Mc. Taggart, dengan komponen tindakannya adalah perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pada siklus pertama, sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi pembelajaran problem-based learning, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran problem-based learning. Di lain sisi guru sebagai kolaborator dalam penelitian tindakan kelas ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran problem-based learning. Dalam siklus kedua, siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi pembelajaran problem-based learning dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Dari hasil observasi aktivitas siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata ulangan harian yang semula sebelum diadakan penelitian 60,00 dengan ketuntasan 60 %. Pada siklus I diperoleh 70,00 dengan ketuntasan 77,3 % dan pada siklus II 74,00 dengan ketuntasan 91,4 %. Dalam hal pelaksanaan penelitian tindakan kelas, siklus pertama dan kedua, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar logika matematika dan aktivitas siswa pada siswa kelas X TITL SMKN 1 KARAWANG.
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Melalui Metode Eksperimen Peserta Didik Kelas Vii.5 Smp Negeri 10 Kota Bekasi Sudarti, Sri
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih berpusat pada guru atau teacher centered belum mengarah pada student centered yang berarti guru belum mampu menciptakan pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkontruksi dan menemukan sendiri pengetahuan dan pengalaman belajar yang bermakna bagi kehidupanya, sehingga peserta didik dapat menyelesaikan berbagai permasalahan IPA secara aktif. Hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masih rendah, yaitu tingkat ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas masih di bawah KKM yang ditentukan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi wujud zat dan perubahannya pada peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 10 Kota Bekasi. Waktu pelaksanaan penelitian pada Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 tepatnya pada bulan Oktober 2014 sampai November 2014. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 10 Kota Bekasi yang berjumlah 44 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil tes pra penelitian nilai rata-rata kelas. Kesimpulan penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok wujud zat dan perubahannya di SMP Negeri 10 Kota Bekasi. Hal ini membuktikan bahwa dengan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok wujud zat dan perubahannya.
Pengaruh Pendekatan Savi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Ramadeni, Farhan Perdana
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 138 Jakarta tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized control-group post test only. Subyek penelitian ini adalah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa untuk kelompok eksperimen dan 36 siswa untuk kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. berdasarkan perhitungan uji-t tersebut menunjukan thitung = 1.80 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ”Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran secara konvensional”. Dengan demikian pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Teknik Number Head Together Dengan Media Microsoft Power Point (Slide Master) Pada Siswa Kelas VIII-I Pokok Bahasan Energi dan Usaha SMP Negeri 9 Depok Zulkifli, Sukmawaty
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui teknik pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan media Microsoft Power Point (Slide Master) sebagai papan soal. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Siklus kedua dengan memberikan kegiatan tambahan dan perbaikan pada media Microsoft power point (slide master) sebagai perbaikan berdasarkan hasil refleksi dari siklus pertama.  Pada penelitian tindakan ini, peneliti menjumpai bahwa penerapan teknik number head together dapat meningkatkan keaktifan, kemandirian, dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Dari hasil belajar, siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sekitar 56,81% dibanding sebelum penerapan teknik pembelajaran Number Head Together.
Pengembangan Profesi Guru Yang Berkarakter Rosyidi, Unifah
Jurnal Gemaedu Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru sebagai sebuah profesi, memperolah martabatnya melalui pengakuan atas profesi dan kinerjanya baik secara formal maupun informal melalui pengakuan dari masyarakat pengguna jasa profesi tersebut. Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya arus globalisasi dan informasi, guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui beragam cara  baik karena kesadaranya sendiri maupun melalui program-program yang disediakan pemerintah untuk mengembangkan kompetensinya. Artikel ini ditulis melalui pendekatan kajian litertur kepustakaan yang relevan. Sumber Data yang digunakan adalah  kajian teoretik untuk membahas permasalahan. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru yang berkarakter dalam mengembangkan profesinya dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut: (1) menulis karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan; (2) Membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan; (3) Menciptakan karya seni; (4)  Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan; dan (5) Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum, dan mengikuti kegiatan  pengembangan profesionalitas guru secara berkelanjutan Continuous Professional Development (CPD) seperti mengikuti  kegiatan pelatihan tentang substansi pembelajaran, metodologi, maupun kegiatan pembelajaran berbasisi online.

Page 1 of 1 | Total Record : 10