cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017" : 11 Documents clear
Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Nursakiah, Nursakiah
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.150

Abstract

enelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Kelas VII SMP. Data hasil penelitian diambil dari data kuantitatif berupa tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II, dan data kualitatif berupa hasil observasi siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 54,47 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 16,24 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,7%. 2) hasil belajar matematika siswa siklus II berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 69,34 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,01 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,5%. 3) model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII4 SMP Negeri 26 Makassar. Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan sikap siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar dan motivasi siswa untuk belajar meningkat, keberanian siswa bertanya materi pelajaran yang belum dimengerti dan siswa yang percaya diri mengerjakan soal di papan tulis mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa semangat, kreativitas, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, CIRC, penelitian tindakan kelas
Identifikasi Kemampuan Menginterpretasikan Grafik Hukum Newton Kelas X SMAN 1 Tinambung Humairah, Nur Aisyah; Alibas, Fadhila; Harianti, Harianti
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan peserta didik menginterpretasikan data dalam bentuk grafik pada materi Hukum Newton kelas X SMA Negeri 1 Tinambung, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 229 orang. Sampel penelitian berjumlah 136 diambil dari populasi. Metode pengambilan data dengan pemberian teks berupa soal essay. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan peserta didik menginterpretasikan data dalam bentuk grafik pada materi hukum newton menunjukkan sebanyak 72,06% tidak mampu, 22,06% cukup mampu dan 5,88% sangat tidak mampu, maka dapat disimpulkan bahwa kamampuan peserta didik masih berada pada kategori tidak mampu.Kata kunci:, Interpetasi Data, GrafikIdentifikasi Kemampuan Menginterpretasikan Grafik Hukum Newton Kelas X SMAN 1 Tinambung
Pengaruh Keaktifan dalam Organisasi terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Campalagian Nasaruddin, Nasaruddin; AR, Rezki Amaliyah
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.155

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan dalam ornagisasi terhadap motivasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Campalagian. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Campalagian dengan subjek penelitian siswa yang masuk dalam pengurus OSIS tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 responden. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu: variabel bebas : 1). keaktifan dalam organisasi (X), 2). variabel terikat: motivasi belajar matematika (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri atas instrumen penelitian keaktifan dalam organisasi dan motivasi belajar matematika dengan skala Likert. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan riliabilitas instrumen. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linearitas. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan untuk mengetahui besarnya kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara keaktifan dalam organisasi terhadap motivasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Campalagian. Dengan kontribusi sebesar 15,4% dan sisanya 84,6% dipengaruhi oleh variabel lain.Kata kunci : keaktifan dalam organisasi, motivasi belajar matematika
Proses Pendiagnosaan Penyakit Menggunakan Logika Fuzzy Dengan Metode Mamdani Darmawati, Darmawati
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.156

Abstract

Logika fuzzy merupakan cabang dari logika klasik. Logika fuzzy lahir setelah logika klasik dianggap terlalu eksak untuk masalah nyata yang terkadang begitu kompleks. Salah satunya adalah proses pendiagnosaan penyakit, yang menjadi hal penting dan mendasar dalam kedokteran. Hal ini disebabkan pengambilan tindakan terapi dan pengobatannya berdasarkan pada hasil diagnosa itu. Dengan bantuan Fuzzy Expert System (FES) pada metode Mamdani, dapat diperoleh hasil perkiraan diagnosa untuk seorang pasien terhadap suatu penyakit dengan memperhatikan gejala penyakit tersebut. Metode Mamdani mempunyai empat tahapan proses yaitu: 1. Pembentukan himpunan fuzzy, 2. Aplikasi fungsi implikasi, 3. Mengkomposisikan aturan, 4. Penegasan (defuzzyfikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perkiraan diagnosa yang diperoleh dengan menggunakan logika fuzzy dengan metode Mamdani memberikan hasil yang masih berada dalam interval diagnosa para dokter yang menangani penyakit-penyakit tersebut.  Kata kunci: Logika fuzzy, Metode Mamdani, Fuzzy Expert System (FES), Gejala, Penyakit, Pasien. 
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer Arlini, Husnur; Humairah, Nuraisyah; Sartika, Dewi
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.163

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif fisika peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Campalagian sebelum dan setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer. Jenis penelitian yang dipilih  adalah Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk penilaian model pembelajaran, tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif fisika, lembar observasi sikap untuk hasil belajar afektif dan lembar observasi praktikum untuk hasil belajar psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk penilaian model pembelajaran, hasil belajar kognitif fisika, hasil  belajar afektif, hasil belajar psikomotorik dan analisis inferensial untuk hasil belajar kognitif fisika. Berdasarkan hasil analisis data,  terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif fisika peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Campalagian sebelum dan setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif,  Model pembelajaran think pair share, Teknik advance organizer, Hasil belajar fisika
Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Tinambung Nurmiati, Nurmiati; Hartati, Winda
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik (berupa nilai pretest dan posttest) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tinambung, dengan memberikan perlakuan menggunakan pendekatan Group Investigation (GI) pada pokok bahasan sistem pencernaan. Hasil penelitian dengan judul Pengaruh metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tinambung. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,13 dan rata-rata posttest sebesar 70,86. Data hasil perhitungan nilai N-Gain juga menunjukkan rata-rata nilai N-Gain untuk kelas eksperimen 0,41 yaitu 1,78 dan untuk kelas kontrol yaitu 0,30. Dengan 0,31 dan nilai = 0,05 yang menunjukkan bahwa asymp sig lebih kecil dari nilai α (0,000< 0,05) maka H0 ditolak. Data tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh pendekatan metode Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik.Kata kunci : Pembelajaran Koperatif, Group Investigation (GI), hasil belajar
Penerapan Model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Yahya, Amran; Bakri, Nur Wahidah
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa padapembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STADdengan pendekatan matematika realistik di kelas VIIA semester gasal Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, denganmenerapkan model pembelajaran Kooperative Tipe STAD dengan pendekatan matematikarealistik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Tinambung. Teknikpengumpulan data penelitian hasil belajar siswa dilakukan dengan mengunakan tes sedangkanaktivitas belajar siswa mengunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis deskriptif yakni menjelaskan arah perubahan peningkatan hasil belajar siswadalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan matematikarealistik. Dari analisis data dengan penerapan model pembelajaran Kooperative Tipe STADdengan pendekatan matematika realistik, Pada siklus I rata-rata keterlaksanaan pembelajaransebesar (70,00%), rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar (57,89%), serta diperoleh skor rataratahasil belajar siswa sebesar 67 dan pada siklus II rata-rata keterlaksanaan pembelajaransebesar (95,00%), rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar (86,87%), serta deperoleh skor rataratahasil belajar siswa sebesar 80, dari data tersebut terlihat bahwa terdapat peningkatanketerlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar (25,00%), terjadi peningkatanaktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II sebesar (28,95%), serta peningkatan ketuntasanbelajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar (23,81%). Pada siklus II ini telah tercapaiindikator ketuntasan belajar yang ditetapkan, jika paling sedikit 70% dari jumlah siswa dalamkelas telah mencapai ketuntasan ≥ 70% tujuan pembelajaran. Hasil penelitian ini membuktikanbahwa penerapan model pembelajaran Kooperative Tipe STAD dengan pendekatan matematikarealistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMPNegeri 3 Tinambung.Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Pendekatan matematika realistik, Aktivitas siswa,Keterlaksanaan pembelajaran, Hasil belajar.
Aplikasi Integer Linear Programming (Ilp) untuk Meminimumkan Biaya Produksi pada Siaputo Aluminium Hikmah, Hikmah; Amin, Nusyafitri
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah optimisasi, khusunya meminimumkan biaya produksi dengan menggunakan Integer Linear Programming (ILP). Penelitian dilaksanakan pada salah satu usaha pembuatan lemari aluminium di Majene dan melakukan wawancara langsung dengan pemilik usaha tersebut. Langkah-langkah proses penelitian ini meliputi: (1) mengumpulkan data dengan wawancara, (2) menyusun model matematika yaitu menentukan fungsi tujuan dan fungsi kendala, dan (3) menyelesaikan masalah. Pada langkah menyelesaikan masalah, peneliti menggunakan metode Branch and Bound, selanjutnya menggunakan program LINDO.Kata kunci: optimasi, integer linear programming, fungsi tujuan dan kendala.
Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri Limboro Halman, Munawarah; Alibas, Fadhila
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.153

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa dan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika.. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket gaya belajar untuk mengetahui karakteristik gaya belajar setiap siswa dan mendokumentasikannya serta melaksanakan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa secara umum gaya belajar yang dimiliki siswa adalah kombinasi dari tiga gaya belajar, yaitu: visual, auditori, dan kinestetik yang dimana setiap siswa mempunyai gaya belajar yang dominan dan pada keadaan tertentu terdapat siswa yang dapat menggunakan kombinasi dua gaya belajar. Dengan mengetahui gaya belajar yang dimiliki siswa, peneliti berharap guru bisa menyesuaikan model ataupun metode yang digunakan dalam mengajar dengan gaya belajar yang dimiliki siswa khususnya pada mata pelajaran fisika, sehingga proses dan hasil pembelajaran diperoleh menjadi maksimal.Kata kunci :, Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetis, hasil belajar.
Pematematikaan Horizontal Siswa SMP pada Masalah Perbandingan Herna, Herna; Muliana, Ana
Jurnal Saintifik Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i2.149

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan pada siswa kelas VII di SMPN 4 Tinambung, Sulawesi Barat. Tujuannya adalah mengkaji proses proses berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal. Penelitian ini menemukan bahwa karateristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal pada masalah perbandingan meliputi aktivitas modeling dan intertwining. Aktivitas modeling dilakukan dengan menggunakan kata-kata yakni, menyederhanakan soal dengan memperhatikan gambar, kemudian mengaitkan gambar dan keterangan gambar pada soal sehingga diperoleh model soal realistik. Aktivitas intertwining dilakukan dengan mengaitkan soal realistik dengan model yang diperoleh dari soal untuk mengetahui strategi yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya, siswa mengaitkan situasi dunia nyata dengan konsep matematika, mengaitkan situasi dunia nyata yang satu dengan situasi dunia nyata yang lain, dan mengaitkan konsep matematika yang satu dengan konsep matematika yang lain dalam menjalankan strategi penyelesaian soal.Kata kunci: pematematikaan horizontal, modeling, intertwining, scaffolding

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue