cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016" : 11 Documents clear
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Model Pembelajaran Langsung dengan Model Pembelajaran Make a Match Dengan Memperhitungkan Kemampuan Awal Siswa Andi Jusmiana; Nursakiah Nursakiah
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.009 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.98

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran langsung pada siswa SMP Negeri 18 makassar dan siswa yang diajar melalui model pembelajaran make a match pada siswa SMP Negeri 27 Makassar. Populasi penelitian ini adalah semua SMP di kota Makassar yang berakreditasi B pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dan dipilih secara teknik random sederhana 2 kelas sebagai sampel penelitian. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar model pembelajaran langsung pada SMPN 18 makassar sebesar 68,78 dengan standar deviasi 8,11 dari skor ideal 100 dan (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran make a match pada SMPN 27 yaitu sebesar 82,21 dengan standar deviasi 4,64 dari skor ideal 100. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.Kata Kunci : Make a Match, Pembelajaran Langsung, Kemampuan awal.
Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Prodi Ekonomi Syariah Stain Watampone Rahma Hidayati Darwis
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.73 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.99

Abstract

Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasional yang dilaksanakan di STAIN Watampone yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika ekonomi mahasiswa. Pengambilan sampel penelitian akan menggunakan teknik random sampling atau secara acak kelas dengan jumlah 30 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tiga variabel penelitian yaitu Hasil Belajar Matematika ekonomi, Minat Belajar dan Kreativitas Belajar. Teknik statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian adalah teknik statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Dari data yang terkumpul kemudian di analisis secara kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah di analisis diketahui bahwa: Minat belajar mahasiswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika ekonomi mahasiswa, Kreativitas belajar mahasiswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika ekonomi mahasiswa, Minat dan Kreativitas belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika ekonomi mahasiswa. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan uji t memperoleh nilai t hitung 4,392 > t table 1,669. Hasil pengujian hipotesis kedua dengan uji t memperoleh nilai t hitung 3,102 > t table 1,669. Hasil pengujian hipotesis ketiga dengan melihat nilai probabilitas yang lebih kecil dari α = 0,05 makaH0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa minat dan kreativitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa.Kata kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran Minat dan Kreativitas
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orangtua, dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare Murtafiah Murtafiah
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.402 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.100

Abstract

Tulisan dilatarbelakangi karena masalah utama dalam dunia pendidikan matematika yaitu rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar matematika siswa, namun pada penelitian ini membatasi kajiannya hanya pada kecerdasan emosional, pola asuh orangtua, dan minat belajar matematika. Masalah utama yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional, pola asuh orangtua, dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di kota Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri di kota Parepare. Data dikumpulkan melalui 125 sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana proporsional (proportional random sampling) menggunakan kuesioner yang terstruktur sebagai inetrumen penelitian. Prosedur analisis data dimulai dengan uji validasi dan reliabilitas instrumen melalui analisis faktor konfirmatori, diikuti dengan verifikasi model untuk memperoleh model struktural tahap final. Terakhir, analisis mediasi variabel intervening dilakukan terhadap model struktural tahap final. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa kecerdasan emosional (kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan social) berpengaruh positif terhadap minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa. Demikian juga dengan pola asuh demokratis yang berpengaruh positif terhadap minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa. Minat belajar sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dan memperkuat pengaruh motivasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare.Kata kunci: Kecerdasan emosional, pola suh orang tua, minat belajar, prestasi belajar
Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Gaya Gesek Arie Arma Arsyad; Dewi Sartika
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.802 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.101

Abstract

Salah satu yang menjadikan fisika sulit bgi siswa adalah adanya miskonsepsi. Miskonsepsi terjadi akibat ketidaksamaan antara konsep yang dimiliki siswa dengan konsep sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi-miskonsepsi yang ada pada materi gaya gesek sehingga konsep yang salah dapat diremediasi. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskripif di mana pengumpulan data dengan melakukan tes diagnostik. Hasil tes diagnostic yang dilakukan menunjukkna adanya beberapa miskonsepsi pada materi gaya gesek, di anataranya berkaitan dengan gaya-gaya yang bekerja pada benda yang diam dan bergerak. Pada konsep-konsep ini persentase kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal tes cenderung tinggi.Kata kunci: miskonsepsi, gaya gesek.
Peranan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Tim Quiz ( Quiz Team ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA MAN Pol-Man Kabupaten Polewali Mandar Fadhila Alibas
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.796 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.102

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk; (1) Mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe tim kuis siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man, (2) mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man, (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang berarti antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe tim kuis dengan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man tahun ajaran 2010-2011 yang terdiri dari 114 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa keseluruhan 76 orang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe team kuis dengan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas dengan jumlah 19 soal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA MAN Pol-Man yang diajar melalui strategi pembelajaran aktif tipe team kuis berada pada kategori tinggi dengan ratarata skor 10,55. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 8,63. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam halkemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe team kuis dengan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man.Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Tim Kuis, Eksperimen.
Pengukuran Laju Temperatur Pemanas Listrik Berbasis Lm-35 Dan Sistem Akuisisi Data Adc-0804 Ummu Kalsum
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.132 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.103

Abstract

Penelitian ini merupakan pengukuran laju temperatur pemanas listrik dengan menggunakan LM35 dan sistem akuisisi data ADC-0804. Keluaran dari sensor suhu LM 35 dikuatkan dengan penguat non-inverting. Besar penguatan yang diberikan sebesar 5 kali penguatan. Jenis op-amp yang digunakan adalah LM-324. Untuk menghubungkan ADC dan LPT digunakan multiplekser tipe 74LS157. Selanjutnya, data yang direkam pada PC diolah dengan menggunakan program “Delphi 7”. Hasil pengukuran laju suhu menggunakan sistem akusisi berbasis ADC-0804 dari alat pemanas adalah 0,390625 °C/s. Hasil ini menunjukkan bahwa sensor suhu berbasis LM-35 sangat sesuai digunakan untuk rentang pengukuran suhu yang rendah.Kata kunci: sensor LM35,penguat non-inverting, ADC0804,laju suhu
Pengaruh Padat Penebaran Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Panjang Dan Bobot Serta Sintasan Juwana Kuda Laut (Hippocampus Barbouri) Muhammad Syukri
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.461 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh padat penebaran terhadap pertumbuhan panjang dan bobot serta sintasan juwana kuda laut (Hippocampus barbouri). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi pengembangan pembenihan dan berbagai penelitian selanjutnya. Selain itu dapat digunakan untuk budidaya, restocking, dan penangkaran di laut untuk tujuan komersil. Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan sehingga terdapat 12 satuan percobaan, dimana ukuran juwana kuda laut yang digunakan memiliki kisaran panjang awal 1,36 cm, sedangkan rata-rata bobot juwana pada wal penelitian yaitu 0.020 gram. Juwana kuda laut dipelihara selama 30 hari. Pakan yang diberikan berupa Artemia salina dengan kepadatan 1 ekor/ml dan frekuensi pemberian pakan 3 kali sehari. Pengukuran pertumbuhan panjang dan bobot dilakukan setiap 7 hari dengan mengukur panjang tubuh juwana kuda laut yang diukur dari mahkota hingga ujung ekor secara tegak lurus serta menimbang bobot tubuh juwana kuda laut dengan menggunakan timbangan elektrik dengan ketelitian 0,1 gram, sedangkan Pengamatan sintasan dilakukan pada akhir penelitian dengan menghitung jumlah juwana kuda laut yang hidup. Pengukuran kualitas air juga dilakukan setiap hari, kecuali pengukuran kadar amoniak (NH3) dilakukan setiap 7 hari pada saat pengukuran pertumbuhan juwana kuda laut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Padat penebaran yang berbeda tidak memberikan pengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan panjang dan bobot juwana kuda laut (Hippocampus barbouri), sedangkan Padat penebaran yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap sintasan juwana kuda laut (Hippocampus barbouri), dimana Sintasan yang tertinggi untuk pemeliharaan juwana kuda laut diperoleh pada padat penebaran 2 ekor/liter.Kata kunci : Padat penebaran, pertumbuhan panjang, bobot dan sintasan.
Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat Syamsiara Nur; Indah Panca Pujiastuti; Sari Rahayu Rahman
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.28 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.105

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Hasil observasi yang telah dilakukan di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) pada matakuliah Biokimia, diketahui bahwa hasil belajar kognitif mahasiswa masih rendah, yaitu hampir 80% mahasiswa mendapat nilai di bawah 60. Salah satu model pembelajaran yang mampu melatih peserta didik dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah Biokimia Prodi Pendidikan Biologi UNSULBAR. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment), dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (model PBL) dan kelas kontrol (model konvensional). Rancangan dalam penelitian ini yaitu Post-test Only Control Design. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa data hasil belajar kognitif mahasiswa memiliki nilai t hitung sebesar 5,422, derajat kebebasan sebesar 42, signifikansi sebesar 0,000 dan rata-rata perbedaan sebesar 13,636. Melihat nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa.Kata Kunci : PBL, hasil belajar kognitif
Solusi Numerik Model Umum Epidemik Susceptible, Infected, Recovered (SIR) dengan Menggunakan Metode Modified Milne-Simpson Wahyudin Nur; Nurul Mukhlisah Abdal
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.07 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.159

Abstract

Model Epidemik Susceptible, Infected, Recovered (SIR) merupakan salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk memodelkan penyebaran penyakit. Model ini biasa digunakan untuk simulasi dan ptediksi jumlah kasus penyakit tertentu. Dalam artikel ini penulis melakukan simulasi dan mencari solusi numerik model umum epidemik SIR dengan menggunakan MMetode Modified Milne Simpson yang dipadukan dengan metode Runge Kutta Orde 4. Metode ini merupakan salah satu metode prediktor korektor yang biasa digunakan untuk mencari solusi numerik persamaan diferensial. Dengan menggunakan parameter miu=0,1;lamda=0,0098; gamma=0,5  diperoleh r0=0,016333<1. Kurva kelas Infected menuju nol dan setimbang dititik nol. Hal ini menandakan, dengan pemilihan parameter seperti itu, kelas Infected akan menghilang dari populasi. Berdasarkan hasil simulasi, dapat disipulkan bahwa metode Milne Simpson layak digunakan untuk menentukan solusi numerik model umum epidemik SIR.Kata kunci: Model SIR, Modified Milnw Simpson, Runge Kutta Orde 4
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Formal terhadap Keterampilan Generik Sains Peserta Didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar Mutmainna Mutmainna
SAINTIFIK Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.513 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v2i2.160

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan, tidak terdapat perbedaan keterampilan generik sains pada kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning; (2) Tidak terdapat perbedaan yang keterampilan generik sains antara kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning, pada kelompok peserta didik yang memiliki penalaran formal tinggi; (3) Tidak terdapat perbedaan keterampilan generik sains antara kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning, pada kelompok peserta didik yang memiliki penalaran formal rendah; dan (4) terdapat interaksi antara pembelajaran kontektual dan penalaran formal terhadap keterampilan generik sains peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar.Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Penalaran Formal, Keterampilan Generik Sains, pembelajaran Discovery Learning.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue