cover
Contact Name
Ahmad Buchori
Contact Email
ahmadbuchori23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ahmadbuchori23@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Istighna : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
ISSN : 19792824     EISSN : 26558459     DOI : https://doi.org/10.33853/istighna
Core Subject : Education, Social,
his journal emphasizes aspects related to Islamic Education and Islamic thought, with special reference to applied research in Islamic education that can be focused on the components of learning including curriculum, methods, models, psychology, Islamic thought and several issues of Islamic education and its problems. The Journal Istighna is published twice a year in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Edisi Juli" : 3 Documents clear
PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM TINJAUAN KONSEP PENDIDIKAN IBNU KHALDUN Iis Faridah; Rizki Wahyu Yunian Putra
ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 6, No 2 (2023): Edisi Juli
Publisher : stit-islamic-village

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33853/istighna.v6i2.597

Abstract

The purpose of this study is to find out how the concept of Ibn Khaldun's thinking and its relevance to education in Indonesia. Data collection using documentation. Data analysis used descriptive qualitative method, using literature research. The research results obtained by Ibn Khaldun classify science based on the material discussed in it and consider the usefulness of the science into: oral science (language), naqli science, and aqli science. An educator is someone who has broad knowledge and insight and has a good personality. A student is someone who is considered immature and has potential that can be developed. Thus, students need the help of adults to develop their potential. The learning methods offered by Ibn Khaldun include: the scientific rihlah method, the phasing and repetition method (tadarruj wat tikrari), and the general introduction method. The relevance of Ibn Khaldun's concept of thought to education in Indonesia, among others, is in terms of human insight in Indonesia, the goals of Islamic education, and the educational curriculum.
PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs KELAS IX Asmonah Asmonah
ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 6, No 2 (2023): Edisi Juli
Publisher : stit-islamic-village

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33853/istighna.v6i2.558

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak oleh guru masih banyak dilakukan dengan pendekatan konvensinal-tradisional sehingga peserta didik mudah merasa bosan. Karena itulah perlu diterapkan pembelajaran dengan pendekatan aktual-kontekstual. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus,yang mana dalam tiap masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus 1 dan siklus 2 masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasilnya dianalisis melalui observasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada setiap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam beberapa tahapan-tahapan, yang pertama adalah tahap orientasi masalah, kedua organisasi belajar, ketiga penyelidikan individual maupun kelompok, ketiga pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, serta analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dari siklus 1 ke siklus 2 setelah dilakukan tindakan. Indikator Keberhasilan dari PTK ini adalah, bahwa penelitian dikatakan berhasil jika persentase siswa yang nilai belajarnya sudah tuntas mencapai minimal angka hingga 75%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pesentase siswa yang tuntas sudah mencapai 87%, maka PTK ini sudah dapat dinyakatan berhasil.
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KOTA TANGERANG SELATAN M. Edi Suharsongko; Aprianif Aprianif; Armai Arif; Akhmad Shunhaji
ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 6, No 2 (2023): Edisi Juli
Publisher : stit-islamic-village

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33853/istighna.v6i2.592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isyarat guru dalam Al-Qur’an, mendapatkan rumusan kompetensi kepribadian, memotret konsep kepribadian guru, menemukan peta kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di kota Tangerang Selatan dan strategi pembinaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pustaka (library research) dan lapangan (field research) yang menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Metode Gabungan (Mixed Methods). Adapun objek penelitian ini adalah guru Pendidikan agama Islam di Kota Tangerang Selatan. Data penelitian diperoleh melalui teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis data interaktif yang dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di Kota Tangerang Selatan pada beberapa indikator capaiannya menunjukkan tingkat kompetensi yang rendah, antara lain; kurang berinovasi dalam pembelajaran, kurang mengaktifkan peserta didik, kurang mengembangkan diri, kurang disiplin dalam tugas, tidak menyelesaikan tugas-tugasnya secara tuntas. Peningkatan kualitas kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam, antara lain: pembinaan guru pendidikan agama Islam, pembinaan kurikulum pendidikan agama Islam pada pada jenjang  TK, SMP dan SMA/SMK, kerjasama dengan pemerintah kota Tangerang Selatan dalam pengembangan pendidikan agama islam, mengadakan kajian, penelitian dan studi tiru, mengadakan ajang kompetisi siswa, dan guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 3