cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi" : 11 Documents clear
PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU Eko Sujadi; Muhd Odha Meditamar; Martunus Wahab; Reni Putri Utama
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.87 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.16

Abstract

Kinerja mengajar guru akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja mengajar adalah supervisi oleh kepala sekolah.
THE EFFORTS TO IMPROVE READING SKILL ON SHORT FUNCTIONAL TEXT APPLIED WORD STRESS LEARNING Zulpan; Imam Tobroni; Akhir Hastinah
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.663 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.17

Abstract

The objective of this study is to improve the students' words stressing on reading short functional text. This research method is classroom action research using two cycles, it have three stages are planning, orientation, implementation. The first cycle, discussion and reflection at the end of the later action until planning the correction phase in the second cycle. The research subjects were in the class of 33 students of class VIII-D of SMP Negeri 2 Purwokerto. Data collection in this study is observation, which is an observation sheet to see how far the action has been achieved in the students' words stressing when reading short functional text. The results of the research in the first cycle were 3 students in the poor category, 18 students in the medium category and 12 students in the good category in words stressing on reading short functional text. The results of the second cycle of 22 students well-skilled and 11 students medium-skilled in reading on words stressing, and there were no more students who were less-skilled at reading short functional text on word stress. It can be concluded that there is an increase in word stress skills when reading short functional text from the first cycle to the second cycle in action.
Relasi Pemuda Islam dan Media Sosial Dalam Membangun Solidaritas Sosial Tsulis Amiruddin Zahri; Putri Handayani Lubis; Syaifuddin Ahrom
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.901 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.30

Abstract

Studi ini mendiskripsikan konstruksi solidaritas sosial yang dibangun oleh pemuda Islam di Indonesia melalui media sosial. Peneliti dalam menyusun penelitian ini menggunakan analisis tematik dan kepustakaan yang berhubungan dengan tema penelitian. Islam sebagai agama memiliki nilai universal dalam membangun solidarita sosial melalui ajaran bahwa orang-orang mukmin bagaikan satu tubuh, yang saling terkait. Perumpamaan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Muslim tersebut menjadi modal sosial bahwa islam bisa menjadi agen persatuan di negara Indonesia. Melihat fenomena arus informasi yang begitu mudah di media sosial, tentunya diharapkan pesan persatuan tersebut mampu menggerakkan pemuda islam yang sekarang menguasai dunia maya untuk membangun solidaritas sosial menuju Ketahanan Nasional.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS (KOLASE) ANAK TK KELOMPOK B MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA KULIT TELUR Hadiyati Hadiyati
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.507 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.31

Abstract

Salah satu bentuk satuan pendidikan prasekolah di jalur pendidikan sekolah adalah Taman Kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dan pemberian tugas dengan berbagai media dalam mengembangkan ketrampilan motorik halus (kolase) anak di TK NURUSSALAM. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada Rencana Kegiatan Harian menunjukkan bahwa kemampuan kolase anak kelompok B di TK NURUSSALAM sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat pada tabel 4.1, di mana pelaksanaan tindakan guru dengan menggunakan media kulit telur dan membagikannya kepada masing-masing anak, kemudian masing-masing anak diminta untuk mempraktekkan langsung yang didemonstrasi Guru.
TRADISI MEGENGAN DALAM MENYAMBUT RAMADHAN: Living Qur’an Sebagai Kearifan Lokal Menyemai Islam di Jawa Ali Ridho
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.373 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.32

Abstract

Seiring perkembangan zaman yang terus mengalami evolusi, kajian al-Qur’an mengalami perkembangan dalam konteks wilayah kajiannya. Dari yang awalnya berupa kajian teks menjadi kajian sosial-budaya, yang menjadikan masyarakat agama sebagai objek kajian utamanya yang sering disebut sebagai kajian Living Qur’an. Salah satu fenomena Living Qur’an adalah tradisi Megengan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan di masyarakat Jawa. Tradisi Megengan ini dikategorikan sebagai fenomena Living Qur’an karena memenuhi lima indikator. Pertama, tujuan utama dari tradisi Megengan adalah untuk meyiarkan ajaran Islam ke dalam masyarakat, khususnya adalah masyarakat Nusantara (Jawa). Kedua, bentuk daripada doa kepada para leluhur yang telah berpulang kehadirat Allah Azza wa Jalla. Ketiga, wujud pemberian sedekah berupa makanan kepada tetangga. Keempat, meneguhkan Al-Akhwah dan Al-shilah al-Rahim (Persaudaraan dan Kasih Sayang). Tradisi Megengan menjadi bukti sejarah yang hingga terus menancap kuat di dalam amsyarakat Islam, bahwa Islam di Nusantara (Jawa) proses menyebarkannya identik dengan menggunakan pendekatan persuasif-cultural, yang hasilnya adalah Islam yang mendamaikan dan penuh dengan khazanah tradisi dan kebudayaan. Tradisi
PENINGKATAN KINERJA MENGAJAR GURU TK AL ISRO KOTA JAMBI MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK OBSERVASI KELAS Yusliarti Yusliarti
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.155 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.33

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kinerja mengajar guru TK Al Isro’ kota Jambi selama dilakukan supervisi akademik dengan teknik observasi kelas. Hasil dari penelitian ini, setelah dilakukan Supervisi Akademik dengan dua siklus mengalami peningkatan, pada siklus I dengan skor 63,25 dengan Kategori C meningkat 6,25%. Pada siklus II meningkat 22,50% dengan Skor 79,50, dengan kategori B, ketuntasan kasikal 100%. Kinerja mengajar pada aspek melaksanakan pembelajaran kondisi pra siklus dengan skor 61,05, kategori C, kondisi siklus I meningkat 0,30% dengan skor 61,35, kategori C, setelah siklus II Meningkat 15,31% dengan skor 76,36, dengan kategori B, ketuntasan klasikal 100%. Sedangkan Kinerja mengajar pada aspek mengevaluasi hasil belajar siswa kondisi pra siklus dengan skor 56,93, kategori C, setelah siklus I meningkat 0,03% dengan skor 56,95 kategori C. Setelah siklus II meningkat 18,63% dengan skor 75,56, ketuntasan klasikal 100% dengan kategori B.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMPERSIAPKAN RPP DI TK AL MUSTAFA KOTA JAMBI Nirwana Nirwana
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.578 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.34

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan Sekolah (PTS). Dalam pelaksanaannya penelitian ini terbagi atas 2 siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah (PTS) dapat disimpulkan sebagai berikut: In house training mampu meningkatkan kompetensi guru TK Al Mustafa Kota Jambi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 74% dan pada siklus II 86%. Jadi, terjadi peningkatan 12% dari siklus I. Pendampingan yang dilakukan pengawas dengan melakukan kegiatan in House Trainng terhadap guru mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Jadi, pengawas dan kepala sekolah perlu secara kontinu melakukan pendampingan dan pembinaan kepada guru agar kemampuan guru dapat terusmeningkat.
VALIDITY AND RELIABILITY OF PERFORMANCE ASSESSMENT OF ACETIC ACID VISUAL INSPECTION Tri Hariyati; Zulpan Zulpan
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.916 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.35

Abstract

An assessment of performance that has a high level of validity and reliability is needed, because the assessment technique is said to be valid or whether the assessment can be influenced by the instrument. This study aims to develop performance evaluations for midwifery students in valid and reliable of acetic acid visual inspection. Instrument development refers to the Djemari Mardapi development research model with nine steps of development. The technique of collecting data by interview and observation. The results of content validity show that 21 items have a value of> 0.3, the results of reliability based on expert agreement show a value of 0.82 which means that experts agree in assessing. The results of KMO in the field test obtained values ??of 0.904 MSA> 0.5, and Bartlett's test significance was 0,000 so that the instrument items could be analyzed further. There are five factors formed from 21 items available, each item in each factor has a value of loading factor> 0.3 then for Alpha Cronbach's coefficient the value is 0.878. The results of this study can be used as a reference for making an assessment of the performance of students in midwifery practices in the institution.
METODE BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA ANAK ASUH DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PELAYANAN SOSIAL ASUHAN ANAK (UPTD PSAA) BUDI ASIH BANDAR LAMPUNG Umi Aisyah; Nariyah Sulistiani
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.011 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.36

Abstract

Bimbingan karir merupakan bimbingan untuk membantu individu dalam perencanaan, pengembangan, pemahaman diri dan pemecahan berbagai masalah karier. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kualitas sumber daya manusia (selanjutnya di sebut SDM) yang dimiliki anak asuh ketika awal memasuki UPTD PSAA Budi asih, anak asuh sebelumnya masih kurang wawasan, tidak tau minat bakatnya , tidak dapat merencanakan pilihan karirnya. Masalah ini sangat menarik diteliti karena kualitas SDM sangat mempengaruhi anak asuh dalam meraih kesuksesan karinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode layanan bimbingan karir dalam meningkatkan sumber daya manusia anak asuh di UPTD PSAA Budi Asih Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitain lapangan (field research), yeng bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ialah 3 orang pembimbing dan 6 anak asuh yang aktif mengikuti kegiatan bimbingan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dangan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa metode dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir sebagai peningkatan sumber daya manusia, pembimbing mengunakan metode pelatihan, motivasi (dalam bentuk ceramah), mendatangkan narasumber, dan mengevaluasi kegiatan. Kemudian terkait hasil peningkatan SDM anak asuh, pada awalnya SDM nya masih lemah, namun setelah pelaksanaan layanan bimbingan karir sebagai peningkatan SDM, terdapat perubahan bimbingan karir berhasil meningkatan SDM anak asuh, hal tersebut dilihat dari peningkatan pengetahuan karir yang dimilikinya, dari 6 orang sampel, 3 orang mampu berwirausaha, 1 melanjutkan kuliah dan 2 bekerja sesuai keinginannya.
UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI TEKNIK LESSON STUDY SECARA KOLABORATIF DAN RUTIN DI TK NURUSSIBYAN KOTA JAMBI Jamilah Jamilah
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.094 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i2.37

Abstract

Tuntutan masyarakat saat ini adalah pendidikan yang bermutu, sekolah dituntut memperbaiki atau meningkatkan pencitraan publik sehingga masyarakat yakin bahwa sekolah tersebut layak menjadi pilihan putra-putrinya. Lesson Study dengan karakteristiknya nampaknya dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut sehingga pencitraan publik sekolah meningkat. Memang Lesson Study banyak menekankan pada pembelajaran di kelas namun dampak kegiatan ini bisa pada aspek yang lain misal: peningkatan sarana pembelajaran, inovasi sekolah, perubahan visi dan misi sekolah, motivasi guru dan pimpinan sekolah, serta muncul aktivitas ekstrakurikuler dan lain-lain. Lesson Study berbasis sekolah yang dilakukan secara rutin akan muncul inovasi pada sekolah sehingga dapat digunakan sebagai upaya memperbaiki citra publik sekolah, kegiatan bisa berlangsung dengan baik perlu adanya komitmen kepala sekolah dan kemauan guru untuk memperbaiki diri.

Page 1 of 2 | Total Record : 11