cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2018): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 6 Documents clear
Analisis perilaku pelaku Bullying dan upaya penanganannya (studi kasus pada siswa Man 1 Barru) Nur Nurida
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 1 No 1 (2018): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v1i1.128

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (i) Gambaran perilaku bullying yang meliputi: bentuk - bentuk perilaku bullying, dan karakteristik pelaku, (ii) Faktor penyebab terjadinya bullying, (iii) Dampak perilaku bullying, dan (iv) Upaya penanganan yang telah dilakukan guru BK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskripftif kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) gambaran perilaku pelaku bullying, meliputi bentuk bullying fisik: memukul, meninju, menendang, menampar, mendorong dan memalak; bentuk bullying verbal: memarahi, menghina, mengejek dan memanggil dengan sebutan yag buruk. Adapun karakteristik pelaku: kurang empati, mudah marah, dan impulsif. (ii) faktor yang mempengaruhi perilaku bullying adalah: (a) pengalaman masa kecil (b) kurang perhatian dari orang tua, (c) dukungan dari teman sebaya, (d) faktor kepribadian pelaku. (iii) dampak perilaku bullying bagi kasus ZA adalah hubungan sosial dengan teman sekelas yang tidak baik karena ZA dijauhi akibat perilakunya. (iv) bentuk penanganan perilaku bullying yang telah dilakukan oleh guru BK adalah teknik konseling yang lebih pada pemberian nasehat.
Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat Kartika Hajati
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 1 No 1 (2018): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v1i1.133

Abstract

Pemenuhan kebutuhan dasar anak secara utuh, simultan, dan berkesinambungan dalam keterpaduan (Holistik Integratif) perlu dilakukan sejak dini dalam rangka menciptakan sumber daya manusia bermutu. Tujuan penelitian ini memperoleh deskripsi: 1) Kondisi sasaran Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) dan akses anak usia dini dalam memperoleh kebutuhan dasarnya, 2) Kondisi mutu layanan dan kelembagaan Bina Keluarga Balita (BKB)-Posyandu-PAUD 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan terpadu BKB-Posyandu-PAUD dan 4) Upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan layanan terpadu BKB-Posyandu-PAUD dalam rangka implementasi program PAUD HI di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Objeknya kelompok PAUD SIOLA (Stimulasi Intervensi Optimalisasi Layanan Anak), yakni kelompok PAUD yang merupakan lembaga pemberi layanan BKB-Posyandu-PAUD dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Incidental sampling diterapkan dalam penentuan sampel. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Jumlah keseluruhan anak usia dini di Kabupaten Mamuju 20.217 orang, 8.172 anak terlayani dan 12.045 anak belum terlayani. Adapun mereka yang terlayani di PAUD dan teridentifikasi sebagai anak berusia 0-6 tahun sejumlah 6.451 anak. Berdasarkan angka tersebut dapat diketahui Angka Partisipasi Kasar (APK) anak usia dini baru mencapai 40,42% (rendah), Proporsi anak usia dini yang bersekolah tepat waktu pun masih rendah, dilihat dari Angka Partisipasi Murni (APM)-nya baru mencapai 31,91%. Ini mengindikasikan program-program yang ditujukan guna memperluas kesempatan bagi penduduk anak usia dini di Kabupaten Mamuju untuk mengenyam pendidikan, belum menunjukkan keberhasilan. Termasuk didalamnya, program PAUD Holistik Integratif SIOLA yang telah digulirkan sejak tahun 2012. Mutu layanan dan kelembagaan BKB-Posyandu-PAUD Holistik Integratif dalam rangka pelayanan kebutuhan dasar anak usia dini di Kabupaten Mamuju masih rendah. Terdapat faktor pendukung pelaksanaan layanan terpadu BKB-Posyandu-PAUD dalam rangka implementasi program PAUD HI di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, yang perlu ditingkatkan pemberdayaannya. Terdapat sejumlah faktor penghambatnya yang meski telah dilakukan upaya mengatasinya, namun belum menunjukkan hasil yang sesuai harapan. Olehnya, perlu terus dilakukan kajian/penelitian menyangkut pelaksanaan PAUD HI di Kabupaten Mamuju, agar ditemukan alternatif solutif guna mengatasi masalah yang dihadapi PAUD HI di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian yang direkomendasikan adalah penelitian yang dapat menghasilkan desain pengembangan anak usia dini terpadu holistik-integratif untuk tingkat Provinsi Sulawesi Barat yang memiliki tingkat keterterimaan tinggi, demikian halnya dengan peluang efektifitasnya. Penelitian demikian dimungkinkan terwujud dengan ancangan penelitian pengembangan (Research and Development - R&D).
Analisis Permasalahan dan Kebutuhan Penguatan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling di Kota Makassar Abdullah Pandang; Muhammad Anas
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 1 No 1 (2018): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v1i1.135

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk mencapai tujuan berikut: (1) Untuk mengenali aspek kompetensi yang perlu ditekankan dalam program penguatan kompetensi konselor sekolah, (2) Untuk menggambarkan masalah yang dialami oleh konselor sekolah dalam pengembangan kompetensi, dan (3) untuk mengenali bentuk pengembangan kapasitas yang dinilai sesuai dengan kebutuhan dan keadaan konselor yang bersifat sementara di Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dikombinasikan dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah konselor sekolah yang bekerja di sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan sekolah kejuruan di kota Makassar berjumlah 256. Sampel diambil sebanyak 25% dari populasi, yaitu 69 orang dan dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan FGD. Analisis data meliputi analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingginya indeks kebutuhan konselor sekolah di Kota Makassar untuk mendapatkan penguatan pada semua titik kompetensi yang tercakup dalam sepuluh kompetensi inti konselor, (2) masalah yang dialami oleh konselor sekolah di Makassar. Kota dalam mengikuti penguatan kegiatan kompetensi, peluang yang tersedia bagi konselor sekolah untuk mengikuti penguatan kompetensi, kurangnya dukungan finansial, kesulitan meninggalkan tugas karena keterbatasan konselor sekolah, (3) dalam rangka memperkuat kompetensi yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan konselor sekolah, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk: (a) waktu pelaksanaannya harus dilakukan pada waktu yang tidak mengganggu beban kerja di sekolah; (b) menggunakan model pelatihan berbasis sekolah; dan (c) penggunaan kombinasi narasumber dari universitas dan fasilitator konselor sekolah yang terlatih.
Penerapan PBL Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Histologi otot bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi Ni Wayan Ekayanti
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 1 No 1 (2018): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v1i1.138

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar histologi jaringan otot melalui penerapan PBL berbasis Lesson Study pada mahasiswa pendidikan Biologi FKIP Unmas Denpasar. Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasiskan Lesson Study. Penelitian dilaksanakan di Unmas Denpasar dari bulan November sampai dengan Desember 2017 dengan subjek 21 orang mahasiswa mahasiswa semester III Tahun Akademik 2017/2018. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar observasi dan LKM. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar histologi meningkat dari siklus 1 ke siklus 3, dan semua kelompok belajar termasuk katagori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL berbasis Lesson Study mampu meningkatkan hasil belajar histologi.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VI SDN 101 Kec.Suppa Kab. Pinrang Muhammad Thamrin
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 1 No 1 (2018): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v1i1.139

Abstract

MasalahdalampenelitianiniyaknirendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpenggunaan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT)dalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang?Adapunpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT)dalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianyaknipenelitiantindakankelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiapsiklusnyadilaksanakan 2 kali pertemuandengantahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Fokuspenelitianyaknipenggunaan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT)danhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKn. Penelitiandilaksanakan di SDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.Subjekpenelitianyakni guru dan 14 siswa yang terdiriatas5siswa laki-laki dan 9siswa perempuan.Teknikpengumpulan data yang digunakanyakniteknikobservasi, tesdandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwameningkatnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKndarikategoricukup (C) padasiklus I menjadikategoribaik (B) padasiklus II.Dengandemikian, penerapan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.
Efektifitas Program Pembinaan Kedisiplinan dalam proses Belajar Mengajar terhadap Etos Kerja Mandiri Guru SMKN 4 Pinrang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan Nurwati nurwati
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 1 No 1 (2018): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v1i1.141

Abstract

Abstrak Sesuatu hal positif tentunya akan berbuah positif pula, hal postif akan terwujud jika kita semua disiplin. Tidak salah jika ada yang mengatakan jika lau kedisiplinan adalah kunci kesuksesan. Jika yang kitahadapi adalah peserta didik maka untuk mencapai kesuksesan dalam mencerdaskan peserta didik kita maka kita perlu menanamkan disiplin tinggi dan etos kerja yang baik kepada para dewan guru agar bias membawa hasil yang positif pada dunia pendidikan yang seperti sekarang ini. Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Apakah program pembinaan kedisiplinan dan etos kerja guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMKN 4 Pinrang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang ( b) Bagaimanakah pengaruh Pembinaan kedisiplinan guru terhadap motivasi dan etos kerja guru? Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembinaan Kedisiplinan guru terhadap hasil belajar siswa. (b) Untuk mengungkap Pembinaan kedisiplinan Guru terhadap motivasi Belajar pada siswa SMKN 4 Pinrang Kec. Patampanua Kab. Pinrang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, danrefisi. Sasaran penelitian ini adalah Guru SMKN 4 Pinrang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif, lembar observasi kegiatan belajarmengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi guru dalam kedisiplinan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Pembinaan Kedisiplinan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan etos kerja Guru SMKN 4 Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, serta metode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan etos kerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 6