cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 5 Documents clear
Evaluasi Program Matrikulasi Bagi Mahasiswa Asal Daerah 3T (Studi Evaluatif Menggunakan Model CIPP di IAI Tazkia Bogor) Syamsul Hadi
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 2 No 2 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v2i2.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan program matrikulasi bagi mahasiswa asal daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di tinjau dari komponen konteks, input, proses dan produk dalam program matrikulasi Institut Agama Islam Tazkia Bogor dengan model evaluasi program CIPP Stuffelbeam. Instrumen yang digunakan berupa studi dokumentasi, wawancara, observasi dan angket pada Mahasiswa asal daerah 3T, bagian akademik, pembina dan sumber terkait. Data di analisis melalui triangulasi data (reduksi data, mempresentasikan data dan memverifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan, pada komponen konteks, diketahui bahwa program matrikulasi merupakan program wajib di IAI Tazkia untuk level Strata-1 yang ditempuh selama 10 bulan dengan pengawasan 24 jam, mendapat dukungan dari masyarakat, program ini berpengaruh dalam pembentukan kebiasaan mahasiswa dalam belajar dan beribadah. Hasil evaluasi input pada komponen kualifikasi mahasiswa yang tidak sesuai dengan standar program sehingga sebagian mahasiswa terlalu jauh tertinggal dalam bidang akademik dan bahasanya, struktur kurikulum sudah sesuai dengan standar program, standar pengelolaan program sudah pada kategori baik, evaluasi terhadap kondisi sarana/prasarana sudah memadai serta tingkat kesesuaian sarana dan prasarana dengan program sudah sesuai dengan standar dan evaluasi terhadap pembiayaan sudah sesuai standar. Hasil evaluasi proses pada tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengawasan sudah baik sesuai standar. Hasil evaluasi Produk menunjukkan pada aspek akademik sebagian besar mahasiswa berada pada kategori sangat baik 4%, baik 12%, cukup 40% dan kurang 44%, pada aspek pembinaan 90% kategori baik, 10% kurang dan pada aspek penguasaan bahasa 80% berada pada kategori kurang.
PHOTOMAPPING: Mengasah Kreativitas Siswa dengan Photografi Ni Wayan Ekayanti; Ida Bagus Ari Arjaya; Ni Ketut Anggraini
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 2 No 2 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v2i2.649

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengasah kreativitas siswa dalam merancang photomapping dengan photografi melalui penerapan model pembelajaran Projek Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental Design dengan rancangan Post-Test Only. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April - Mei 2019, di SMA Negeri 2 Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 5 dan X IPA 9. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dengan menggunakan rubrik kreativitas siswa dalam hasilkan photomapping. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan photografi dengan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap kreativitas siswa dalam merancang photomapping. Terbukti bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu pada kreativitas merancang photomapping (z=-3,218, p=0,001) Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan photografi dengan model PjBL dapat mengasah kreativitas siswa dalam merancang photomapping.
Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman Firman; Sari Rahayu
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 2 No 2 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v2i2.659

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran online di Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di lingkungan kampus. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui telepon. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran online; (2) pembelajaran online memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian mahasiswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.
Faktor Adversity Quotient dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Pembuktian Matematis Topik Teori Grup Fauziah Hakim
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 2 No 2 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v2i2.663

Abstract

Salah satu masalah matematika yang sering dihadapi mahasiswa dalam proses pembelajaran adalah masalah pembuktian matematis. Pembuktian matematis hadir di banyak mata kuliah, salah satunya pada topik Teori Grup yang ada pada mata kuliah Struktur Aljabar. Pemecahan masalah pembuktian matematis memerlukan daya juang dalam penyelesaiannya mengingat prosesnya yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi. Salah satu faktor yang diduga terkait adalah adversity quotient. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah pembuktian matematis topik Teori Grup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat yang sedang memprogramkan mata kuliah Struktur Aljabar pada tahun akademik 2019/2020, sedangkan sampelnya adalah 30 orang mahasiswa yang dipilih secara acak dari populasi tersebut. Data yang diperoleh dari Adversity Response Profile (ARP) Quick Takeā„¢ dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pembuktian Matematis Topik Teori Grup dianalisis dengan teknik regresi linear sederhana berbantuan perangkat lunak dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian yang digunakan adalah uji dua pihak dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa adversity quotient berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pembuktian matematis topik Teori Grup. Dari hasil analisis lanjutan juga diperoleh bahwa pengaruh tersebut merupakan pengaruh positif namun berada pada kategori lemah.
Pengembangan Katalog Jaringan Hewan Sebagai Media Pembelajaran Materi Jaringan Hewan di SMA Nurhidayah Nurhidayah; Haryunita Haryunita
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 2 No 2 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v2i2.692

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran katalog jaringan hewan yang bersifat valid, praktis dan efektif. Desain penelitian dan pengembangan mengacu pada model ADDIE yang secara garis besar terdiri atas tahapan analisa (analysis), desain/perancangan (design), pengembangan (development), implementasi/penerapan (implementation) dan evaluasi/umpan balik (evaluation). Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan berupa angket kevalidan media katalog jaringan hewan dan instrumen penilaian kevalidan angket, (2) instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan respon siswa terhadap media katalog jaringan hewan, dan (3) instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan media oleh dua validator ahli yaitu sebesar 4,3 yakni berada pada kategori valid. Pada penilaian kepraktisan media, diperoleh respon guru sebesar 92% dan respon siswa sebesar 86,6%, yang berarti media katalog jaringan hewan telah memenuhi kriteria kepraktisan. Adapun untuk keefektifan media diperoleh hasil 65,00% siswa mencapai nilai ketuntasan belajar, yang berarti bahwa media katalog jaringan hewan berada pada kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran katalog jaringan hewan yang dikembangkan bersifat valid, praktis dan efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5