cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 10 Documents clear
Terapi Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi untuk Mengatasi Kecemasan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Sri Fuji Astuty; Widodo Winarso
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1043

Abstract

Fenomena kecemasan dalam penyelesaian matematika dikalangan siswa kerap terjadi, namun penyelesaian permasalahan tersebut belum banyak menjadi perhatian para guru matematika. Penelitian ini bertujuan mengatasi kecemasan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menerapkan terapi behavioral menggunakan teknik desensitisasi sistematis sebagai upaya penangananya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni skala kecemasan menggunakan skala T-MAS, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada 25 siswa kelas X AKL-1 SMK Islamic Centre Cirebon. Tiga tahapan analsisi data yang terdiri reduction, display dan conclusion drawing atau verification dilakukan dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini mendapati 3 siswa yang tidak mengalami kecemasan, 5 siswa yang mengalami kecemasan ringan, 12 siswa mengalami kecemasan sedang, 4 siswa mengalami kecemasan berat dan 1 siswa mengalami kecemasan panik. Sedangkan terdapat 9 tahapan dalam terapi yakni pengkondisian, rasionalisasi, latihan relaksasi, menyusun hierarki, diskusi gambaran hal yang menyenangkan bagi konseli, relaksasi, memunculkan hierarki kecemasan dan mengamatinya serta melakukan evaluasi tindakan. Selanjutnya, berpedoman pada standar uji perilaku tingkat keberhasilan penerapan terapi behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis menunjukkan persentase 66% gejala tidak pernah dilakukan seperti posisi duduk yang gelisah dan tangan yang berkeringat dimana 60% < x < 75% dikategorikan cukup berhasil. Sehingga terapi behavioral dengan teknik teknik desensitisasi sistematis berimplikasi dalam menurunkan tingkat kecemasan siswa dalam penyelesain matematika.
Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menggali Informasi Teks Eksposisi Berbantuan Learning Management System bagi Siswa Kelas X SMA Ariani Dwi Rusdina; Dini Restiyanti Pratiwi
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1121

Abstract

Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi daring dengan memanfaatkan sebuah teknologi yang dikenal dengan istilah Learning Management System. Dengan menggunakan media LMS pada pembelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih menarik dan efektif, karena dengan menggunakan media belajar yang berbeda dapat menarik minat siswa untuk semangat dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggali informasi teks eksposisi berbasis Learning Management System di SMA Negeri 1 Pemalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari dokumentasi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran teks eksposisi berbantuan LMS, serta hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Pemalang. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia, dokumen mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, sedangkan jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menggali informasi teks eksposisi berbantuan learning management system untuk kelas X di SMA Negeri 1 Pemalang terdapat beberapa faktor pendukung efektifnya pembelajaran LMS, diantaranya yaitu ketersediaan sarana dan prasarana serta penguasaan terhadap LMS yang digunakan. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu antara lain motivasi peserta didik dilihat dari perspektif guru serta pendampingan belajar di rumah. Kata kunci : Learning Management System, Teks Eksposisi.
The Effect of Using Task Based Learning Method on Student’s Achievement in Reading Comprehension of Descriptive Text. Muhamad Ihsan Deliansyah Yuliawati
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1123

Abstract

Descriptive Text is a kind of text with a purpose to give information. The context of this kind of text is the description of a particular thing, animal, person, or others, for instance: our pets or a person we know well. Unfortunately, the students feel hard to find out because no strategy or method to read descriptive text so makes the students boring. The objective of this research is to find out whether task-based learning teaching students’ reading comprehension of descriptive text to XI grade students of MA Darul Ihsan Cibungbulang Bogor. The research used a quantitative method with a quasi-experimental design by applying pre-test and post-test design. In this research, the writer only uses one class as the sample by using the purposive sampling technique. In collecting the data, the writer use tests as an instrument. The data was analyzed by using a t-test. The result of this research showed that using task-based learning method effective in teaching reading comprehension of descriptive text. It can be seen from the significance t-test from students’ pre-test and post-test scores that is 2.450>2.056. Based on the statistical calculation, using task-based learning method reached t calculation of 2.450 which was higher than t table of 2.056 at a significance level of 5%. It also stated a significant increase in mean score between students’ pre-test score (51.8) and post-test score (80). The statistical hypothesis revealed that there were differences between both tests. Therefore, using the task-based learning method can be effective for students’ reading comprehension of descriptive text.
Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Pilihan Ganda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Alifia Kurnia
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1147

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan open-ended tes pilihan ganda berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Instrumen tes telah divalidasi oleh ahli evaluasi pembelajaran. Keandalan dari tes ditentukan menggunakan rumus Alpha-Cronbach. Tingkat kesulitan dan daya beda juga digunakan sebagai parameter butir pengembangan instrumen tes dalam penelitian ini. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Surakarta berjumlah 242 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada masing-masing indikator adalah Fluency 39,81% berada pada kategori rendah, 45,87% Flexibility berada pada kategori rendah, 38,02% Originality berada pada kategori rendah, dan 35,67% Elaboration juga termasuk dalam kategori rendah. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih dalam kategori rendah, sehingga perlu adanya cara untuk meningkatkannya.
Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelaksanaan Pendidikan dengan Aplikasi Android di SMK Ryo Gullid Tumanggor
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1153

Abstract

Abstrak Era globalisasi digital (Society 5.0 dan Evolusi Industri 4.0) membutuhkan peningkatan layanan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Lembaga pendidikan dikatakan berhasil jika mampu memenuhi semua kebutuhan stakeholder (siswa, guru, orang tua dan masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perancangan sistem informasi sekolah dengan android. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi sekolah dengan android yang valid, praktis dan efisien. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Model pengembangan yang akan digunakan model 4D. Ada empat tahapan yang akan dilakukan: define, design, develop, dan disseminate. Uji coba produk dilaksanakan di SMK Islam Andalusia Bungo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengembangan sistem informasi sekolah dengan android merupakan inovasi dalam pelaksanaan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi sekolah dengan android ini sudah sangat baik dan layak untuk diterapkan di sekolah. Respon dari stakeholder menanggapi aplikasi ini sangat praktis, efektif dan sangat membantu dalam pelaksaanaan pendidikan di sekolah. Kata Kunci: Android, Pelaksanaan Pendidikan, Sistem Informasi Abstract The era of digital globalization (Society 5.0 and Industrial Evolution 4.0) requires improving services in the implementation of education in schools. An educational institution can to be successful if it is able to meet all customer needs (students, teachers, parents and the community). This study aims to describe the process of designing a school information system with android. The reason for this research is to produce a school information system with android that is valid, practical and efficient. The research approach used is Research and Development. The development model that will be used is the 4D model. There are four stages to be carried out: define, design, develop, and disseminate. The product trial was carried out at the Andalusian Bungo Islamic Vocational School. Collecting data using a questionnaire with a Likert scale. The development of school information systems with android is an innovation in the implementation of education. The results showed that the school information system with Android was very good and feasible to be implemented in schools. Responses from stakeholders to this application are very practical, effective and very helpful in implementing education in schools. Keywords: Android, Education Implementation, Information System
Building up prestasi belajar siswa dengan media inovatif Anwar Sewang
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1161

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of using image media in learning citizenship education at SMAN 4 Polewali, Polewali Mandar Regency. This type of research is experimental research with inferential statistical analysis using t-test technique. The population in this study were students of class X SMAN 4 Polewali totaling 70 students with a total sampling technique. Data retrieval is done through documentation and test techniques. The results showed that there were differences in student achievement using picture media and those not using picture media, with the experimental group's average student achievement being 80.35 while the control group's student achievement was an average of 60.95.
Pengaruh Sumber Belajar Biologi Berbasis E-Book terhadap Regulasi Diri Peserta Didik SMA pada Materi Plantae Rahmayani Rahmayani; Muhiddin Palennari; Rachmawaty Rachmawaty
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar biologi berbasis e-book terhadap regulasi diri belajar biologi peserta didik SMA pada materi plantae. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA semester genap SMAN 22 Makassar tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian kelas X MIPA 3 dan X MIPA 5. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan pengumpulan data melalui angket regulasi diri belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji anacova. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai signifikansi sebesar 0.00<0.05 pada regulasi diri belajar. Nilai signifikansi di bawah 0.05 berarti terdapat perbedaan yang signifikan dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan sumber belajar biologi FLORA Angiospermae berbasis e-book dengan sumber belajar biologi berbasis e-book yang digunakan sekolah terhadap regulasi diri belajar biologi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 22 Makassar.
Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Irfawandi Samad; Muhammad Ali P; Muhammad Assaibin
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1202

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran double loop problem solving terhadap penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang. Pada penelitian ini ditarik sampel sebanyak dua kelas, dengan jumlah peserta didik sebanya 67 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimental Research) .Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kedua kelas ini diberikan perlakuan yang berbeda. Untuk mengetahui pengaruh model pemelajaran double loop problem solving terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Campalagian. Dilihat pada pengujian hipotesis dilakukan dengan melihat hasil uji-t. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai sebesar 2,204. Sedangkan untuk nilai sebesar yang berarti bahwa yaitu . Hal ini menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, bila ditinjau dari nilai taraf signifikan, diterima apabila Sig < yaitu 0,032 < 0,05. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Penerapan model pemelajaran double loop problem solving terhadap penalaran matematis dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Campalagian, berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengamatan aktivitas siswa. Sehingga bisa diterapkan di sekolah.
Pengaruh Model Pendidikan Montessori terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 3 Parepare Asrinan Ridwan
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pendidikan Montessori terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Parepare pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Data-data dikumpulkan oleh peneliti melalui pemberian tes kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan Montessori memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian, karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode Montessori dengan metode konvensional. Perbedaan tersebut disebabkan karena perbedaan perlakuan selama proses pembelajaran berlangsung.
Eksplorasi Etnomatematika Makna Simbol Pakaian Pernikahan Adat Buton Kajian Semiotik La Eru Ugi, S.Pd., M.Pd
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 1 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i1.1213

Abstract

Abstrak Matematika dan budaya disatukan dalam suatu cabang ilmu yang dikenal dengan “Etnomatematika”. Etnomatematika merupakan penghubung dunia matematika dan budaya lokal. Salah satu budaya lokal suku Buton yakni pakaian pernikahan adat Buton memuat simbol-simbol yang dapat merepresentasikan unsur-unsur matematika. Unsur-unsur matematika tersebut dapat ditemukan baik pada pakaian pernikahan adat pria maupun wanita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna simbolik kajian semiotik dan konsep matematika pada pakaian pernikahan adat Buton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan mencari narasumber terpercaya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pengujian validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan teknik cross-check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat makna simbolik kajian semiotik yang merepresentasikan pakaian pernikahan adat Buton. Hasil penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional dan ber-ISSN serta mendapatkan HKI.

Page 1 of 1 | Total Record : 10