cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 5 Documents clear
Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (Studi di IAIN Pekalongan) Fatmawati Nur Hasanah; Toni Setiawan
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i1.788

Abstract

Abstrak Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pembelajaran daring yang dilaksanakan di IAIN Pekalongan sebagai usaha untuk menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Pembelajaran daring yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan media-media pembelajaran yang dapat diakeses menggunakan layanan internet. Survei dilaksanakan menggunakan google form yang tautannya disebarkan melalui afplikasi WhatsApp. Mahasiswa sebagai sampel yang memberikan tanggapan terhadap survei yang dilakukan terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Hukum Keluarga Islam, dan Prodi Tasawuf Psikoterapi. Media elearning yang digunakan oleh mahasiswa IAIN Pekalongan selama pandemi Covid-19 adalah google classroom, e-learning milik kampus, dan whatsapp. Untuk perkulihan tatap muka secara daring menggunakan zoom dan google meet. Durasi penggunaan waktu untuk pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 antara 5-6 jam/hari atau setara dengan tatap muka konvensional, ini dapat diartikan bahwa dosen-dosen IAIN Pekalongan melakukan tugas sebagaimana mestinya meskipun dari rumah (work from home). Adapun penyedia jasa internet yang digunakan adalah Indosat, XL, Three, dan Smartfren dengan kuota data internet yang dihabiskan antara 6-10 GB/bulan dan 16-20 GB/bulan. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi, Covid-19. Abstract This study uses a quantitative approach with a survei method that aims to obtain an overview of online learning carried out at IAIN Pekalongan as an effort to enforce the spread of Covid-19 in the campus environment. Online learning referred to in this study is learning that uses learning media that can be used using the internet. The survei was carried out using a google form, the link of which was distributed via the WhatsApp application. These samples students consisted of the Islamic Education Study Program, the Early Childhood Islamic Education Study Program, the Sharia Economics Study Program, the Islamic Family Law Study Program, and the Psychotherapy Sufism Study Program. The e-learning media used by IAIN Pekalongan students during the Covid-19 pandemic were google classrooms, campus-owned e-learning, and WhatsApp. For face-to-face online courses using zoom and google meet. The duration of using time for online learning during the Covid-19 pandemic is between 5-6 hours / day or equivalent to conventional face-to-face, this means that IAIN Pekalonga lecturers are doing assignments even from home (working from home). The internet service providers used are Indosat, XL, Three, and Smartfren with internet data quota that is consumed between 6-10 GB / month and 16-20 GB / month. Keywords: Online Learning, Pandemic, Covid-19.
Nilai Luhur Serat Wulangreh Pupuh Gambuh Membangun Karakter Generasi Milenial Dwi Retnowati Dwi Retnowati
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i1.804

Abstract

Serat Wulangreh adalah karya sastra Jawa karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV yang penuh dengan ajaran nilai moral yang tinggi. Nilai moral yang terkandung didalamnya merupakan sumber pendidikan karakter yang berbasisi pada kearifan lokal. Serat Wulangreh pupuh Gambuh merupakan bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas VIII di tingkat SMP/MTs. Siswa kelas tersebut diduduki oleh generasi milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam serat Wulangreh pupuh Gambuh sebagai sumber pendidikan karakter bagi generasi milenial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan fokus pada pendidikan karakter yang dibangun dan diterapkan pada generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Serat Wulangreh dibongkar isinya untuk menentukan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Dari nilai-nilai luhur tersebut ditarik kesimpulan nilai karakter yang termuat di dalamnya. Hasil penelitian ditemukan kandungan teks yang layak dijadikan sumber pendidikan karakter bagi generasi milenial meliputi jangan menyombongkan diri atas kekuatan, keluhuran, dan kepandaiain yang dimiliki; jangan merasa serba tahu; jangan suka disanjung, mau mendengarkan nasehat; harus jujur, sabar, cermat, hati-hati, dan waspada; selektif memilih teman; meraih kepercayaan orang dengan cara yang baik. Hal tersebut menjadi sumber pendidikan karakter bagi generasi milenial sebagai bekal dalam menjalani kehidupan.
Implementasi Pendekatan Remedial untuk Pengentasan Masalah Belajar Hamdanah; Muh. Muis Said
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i1.911

Abstract

Implementasi pendekatan remedial untuk membantu peserta didik mencapai atau melampaui standar Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dalam pembelajaran menjadi sangat urgen sebagai upaya pengentasan masalah belajar yang kini masih banyak dialami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implementasi pendekatan remedial, memperoleh gambaran yang jelas tentang dukungan guru Bimbingan dan Konseling terhadap pelaksanaan remedial serta faktor yang mempengaruhi remedial sehingga dapat mengentaskan masalah belajar. Pendekatan Remedial diduga kuat mampu mengentaskan masalah belajar peserta didik karena itu, riset ini berfungsi untuk mencari hal itu. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik kualitatif, dilaksanakan pada 3 SMK Negeri di Kota Parepare, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Setelah menginterviu dan mengobservasi di lapangan, penulis menemukan fakta bahwa: 1) bentuk implementasi pendekatan remedial mata pelajaran PAI pada SMKN di Parepare berupa pembelajaran remedial perorangan secara insidentil setelah tes formatif dan remedial kelompok setelah tes sumatif. 2) Dukungan guru Bimbingan dan Konseling terhadap implementasi pendekatan remedial bervariasi. Pada SMKN 1 Parepare dukungan berupa identifikasi dan diagnosis masalah belajar, layanan informasi bagi peserta didik yang harus mengikuti remedial, pemberian konseling perorangan terhadap peserta didik yang turun peringkatnya, dan pengawasan terhadap kedisiplinan peserta didik. Sedangkan pada SMKN lainnya, remedial menjadi tanggungjawab guru mata pelajaran, guru BK hanya menangani jika ada peserta didik yang bolos atau lebih dari tiga kali mangkir dalam pembelajaran. 3) Faktor yang mempengaruhi remedial sehingga dapat mengen­taskan masalah belajar adalah antusiasme guru PAI dalam mengemban tugasnya, optimalisasi kegiatan ekstra kurikuler, bimbingan iman dan taqwa, dukungan kepala sekolah serta adanya inisiatif guru memberikan bimbingan belajar di luar jam pelajaran. Pendekatan remedial membantu mengentaskan masalah belajar dan meningkatkan mutu pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa pendekatan remedial dapat menjadi solusi pengentasan masalah belajar peserta didik.
Peningkatan Teacher Skills melalui Supervisi Klinis dengan Pendekatan Kooperatif Learning Anwar Sewang; Mustafa T
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i1.913

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMA negeri 4 Polewali yang belum menerapkan pembelajaran kooperaif dalam pembelajaran di kelas. Subyek dalam penelitian adalah guru-guru di SMA Negeri 4 Polewali sebanyak 15 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif di SMA negeri 4 Polewali Kabupaten Polewali Mandar semester II tahun pelajaran 2019/2020.
Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Praktikum Fisika Dasar Arie Arma Arsyad; Dewi Sartika
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i1.1012

Abstract

Keterampilan proses sains adalah salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh mahasiswa pendidikan fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan analisis data secara induktif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yang memprogramkan mata kuliah fisika dasar 1. Data yang diperoleh melalui tes tertulis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah keterampilan proses sains yang dimiliki oleh mahasiswa meningkat dengan peningkatan sebesar 0,79. Peningkatan ini termasuk kategori tinggi

Page 1 of 1 | Total Record : 5