cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
ekrek@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 14109093     EISSN : 20898088     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/tr.
Jurnal ini diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun, April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan artikel ilmiah hasil penelitian tentang teknologi dan rekayasa yang meliputi teknik informatika, teknik elektro, teknik mesin, dan teknik industri. Artikel dapat ditulis dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 26, No 3 (2021)" : 7 Documents clear
SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK PADA REMAJA Arimbi, Yuti Dewita; Widiastuti, Dwi; Zulmi, Ilham
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 26, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2021.v26i3.2713

Abstract

Pandemi Covid-19 yang dialami hampir di seluruh dunia membuat pola pembelajaran menjadi berbeda. Dimulai pada bulan Maret 2020 semua proses belajar dilakukan secara daring atau yang dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tidak ada lagi kegiatan di sekolah yang dilakukan dengan bersama, dan berkumpul bersama. Hal ini membuat orang tua perlu mempelajari gaya belajar anak. Saat masa pandemic Covid-19, anak yang terpaksa harus belajar di rumah harus mendapat bantuan dan dukungan dari sosok orang tua. Jika orangtua tidak mengetahui gaya belajar anak, ada kemungkinan metode yang diajarkan tidak sesuai sehingga membuat anak kesulitan menyerap informasi pelajaran secara utuh, dan dapat menyebabkan anak kehilangan minat belajar. Gaya belajar dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, Visual (melihat objek/gambar), Auditori (mendengar suara), dan Kinestetik (gerakan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar anak usia 11-18 tahun selama pandemic Covid-19. Untuk itu diperlukan aplikasi yang dapat membantu orangtua untuk mengenali, dan menentukan gaya belajar anak. Aplikasi dibuat menggunakan Bahasa pemrograman PHP, dan MySQL. Uji coba aplikasi dilakukan menggunakan metode blackbox dengan hasil 100%, dan hasil pengujian pengguna yang dilakukan oleh 10 responden rata-rata adalah 89 %, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi layak pakai.
SENTIMENT ANALYSIS OF INDONESIA’S DIGITAL WALLET USING COMBINATION MACHINE LEARNING AND EMOTICON WEIGHT Tinambunan, Gusmariani; Suharjito, Suharjito
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 26, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2021.v26i3.5266

Abstract

Opinions on social media can be used to determine user sentiment by using sentiment analysis concept. Sentiment analysis requires several important stages, namely, preprocessing, feature extraction and classification method stages. The preprocessing stage was carried out to eliminate inconsistent data. In previous research, punctuation marks removal was applied at the preprocessing stage which can eliminate the emoticon position. Emoticons are a combination of punctuation marks. According to previous research, the emoticon feature has no contribution in sentiment analysis. There is another suggestion to maintain an emoticon position like converting an emoticon into a more relevant word such as :) into a “smile”. However, the feature of emoticon weights has not been considered in the sentiment analysis process. In order to consider the role of emoticons and to improve sentiment analysis performance, we propose using a combination of machine learning and emoticon weights. We perform emoticon weight based on probability and sentiment score. Each probability value and sentiment score of the emoticon will be normalized using the z-score method. There are several machine learning methods that have the best classification success rates, namely, Naïve Bayes and SVM. Based on the evaluation results of the proposed model, the best accuracy is 87% - 89% when using the combination of machine learning and emoticon sentiment score. Based on the results also show that the emoticon sentiment score has a significant effect on the accuracy of sentiment analysis.
RANCANG BANGUN PORTAL WEB E-HERITAGE SEBAGAI PLATFORM SISTEM INFORMASI WARISAN BUDAYA Subali, Muhammad; Andriansyah, Miftah; Purwanto, Imam; Saptono, Debyo
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 26, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2021.v26i3.5357

Abstract

Pembelajaran mengenai bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia sangat diperlukan sehingga kelestarian bangunan-bangunan bersejarah tersebut dapat terus dijaga. Dimasa pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia ini, pola pikir pengunjung objek sejarah dan wisata telah berubah yang sebelumnya memungkinkan untuk berkunjung langsung ke tempat bersejarah menjadi sulit. Perkembangan teknologi membuka peluang pada berbagai bidang untuk menjadi lebih dikenal dimasyarakat umum, salah satunya dalam hal warisan budaya di Provinsi Banten. Provinsi Banten memiliki banyak sekali benda dan bangunan peninggalan yang dapat menjadi objek wisata. Warisan budaya Provinsi Banten masih belum diketahui luas oleh masyarakat Banten khususnya, agar menambah pustaka digital warisan bersejarah di Provinsi Banten maka pada penelitian ini dibuat Rancang Bangun Portal Web E-Heritage untuk Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall untuk pengembangan sistem portal web E-Heritage. Portal web ini dapat menjadi wadah perpustakaan digital yang mempunyai kelebihan yaitu memiliki fitur Virtual Reality yang berbasis web dan Augmented Reality yang open source. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya agar Portal web ini menjadi platform nasional sehingga dapat diadopsi di Provinsi lain di Indonesia.
PERANCANGAN ALAT PENGHANCUR CETAKAN PASIR SILIKA UNTUK LABORATORIUM PENGECORAN LOGAM Mulyanto, Tri; Supriyono, Supriyono; Herman, Risal
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 26, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2021.v26i3.4326

Abstract

Pengecoran dengan cetakan pasir digunakan secara luas untuk memperoleh bentuk benda kerja yang diinginkan. Pasir silika digunakan sebagai bahan cetakan pasir selain perekat, pelarut, katalis dan bahan tambahan lain. Limbah cetakan pasir akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkunga, sehingga perlu dilakukan daur ulang. Proses daur ulang yang dilakukan adalh menghancurkan cetakan pasir untuk dioleh menjadi butiran pasir yang memenuhi syarat untuk membuat cetakan baru. Penghancuran cetakan pasir yang dilakukan pada Laboratorium Pengcoran Logam Universitas Gunadarma dilakukan dengan cara manual. Sehingga diperlukan suatu alat penghancur yang dapat menghancurkan cetakan pasir tersebut. Perancangan diawali dengan mendefinisikan dan menentukan kebutuhan yang diperlukan sampai hasil akhir disain produk. Kapasitas rancangan alat telah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan yaitu 15 kg. Hasil analisis pisau penghancur diperoleh nilai tegangan geser (τ) yang terjadi 0.269 kg/mm2 dan tegangan geser maksimum (τmaks) 1.45 kg/mm2 lebih kecil dari tegangan geser (τα) yang diijinkan 5 kg/mm2. Sehingga alat penghancur cetakan pasir yang dirancang aman untuk digunakan.
PENGONTROL RUANGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NodeMCU DENGAN APLIKASI TELEGRAM Rianto, Yasman
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 26, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2021.v26i3.4900

Abstract

Lampu, kipas, TV, kulkas dan peralatan elektronik lainnya merupakan peralatan rumah tangga yang memanfaatkan energy listrik dalam penggunaannya. Sistem kontrol kendali peralatan rumah tangga yang masih manual dalam pengoperasiannya menyebabkan permasalahan saat akan menghidupkan dan mematikannya. Dibutuhkan suatu pengendali untuk mengatur itu semua tanpa harus berada dilokasi untuk menyalaknnya. Kemajuan dunia teknologi membuat jarak yang jauh menjadi dekat, membuat yang tidak tampak menjadi mudah dikendalikan. Permasalahan itu mengakitbatkan dibuatnya suatu alat pengendali pengontrol pengendali ruangan untuk menyalakan lampu dan kipas DC dengan menggunakan mikrokontroler NodeMCU. Lampu dan kipas DC dikendalikan dengan menggunakan aplikasi telegram yang terdapat pada smartphone dengan bantuan wifi. Perintah dari telegram akan diteruskan wifi ke NodeMCU untuk selanjutnya diteruskan ke bagian relay untuk menyalakan lampu dan kipas DC. Motor servo akan bergerak untuk membuka pintu jika berhasil menyalakan keduanya. Pengontrol ruangan ini berhasil diuji coba dan dapat menghidupkan lampu serta kipas DC dalam suatu ruangan. Modul relay akan berada dalam kondisi 5° untuk kondisi pintu terbuka dan 90° untuk kondisi pintu tertutup.
PERANCANGAN MESIN SINGLE SCREW EXTRUDER UNTUK DAUR ULANG PLASTIK LDPE MENJADI FILAMENT FEED 3D PRINTING Djafar, Alfian; Fatoni, Mahrus Ali
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 26, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2021.v26i3.4416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perancangan mesin single screw extruder kapasitas produksi 1,2 kg/jam. Selain itu, pengaruh temperatur terhadap hasil extrusi dengan material daur ulang LDPE dilakukan. Dalam proses perancangan mesin single screw extruder,dibutuhkan pengumpulan data desain single screw extruder awal. Selanjutnya, pengaturan skala dilakukan agar mendapatkan geometri desain single screw extruder secara aktual. Langkah selanjutnya adalah pengujian untuk mendapatkan temperatur optimal yang dibutuhkan untuk membuat filament dari material LDPE. Data yang digunakan adalah panjang barrel 600 mm, diameter barrel 48 mm,  sehingga rasio L/D sebesar 12,5. Pengujian secara eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali. Pada percobaan pertama, kedua dan ketiga masing-masing menggunakan temperatur 165°C-170°C,185°C-190°C, dan 205°C- 210°C. Hasil pengujian yang berhasil ditarik menjadi filament adalah pada percobaan pertama dan kedua dengan temperatur optimal untuk material LDPE pada mesin single screw extruder yang dirancang adalah 165°C- 190°C.
ANALISA BIG DATA PENYEBARAN COVID-19 DENGAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) Sinaga, Anita Sindar
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 26, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/tr.2021.v26i3.4067

Abstract

Data total sebaran Covid-19 ter-update setiap hari pada media online mencapai puncaknya pada bulan Mei 2021. Lonjakan kasus ini dapat dipelajari guna mengetahui trend penyebaran dan menemukan pola sebaran Covid-19  di wilayah Indonesia. Analisis Business Intelligence (BI) dapat membantu pengambilan keputusan. BI berfungsi mengubah data transaksional menjadi informasi bermanfaat bagi perusahaan. Dalam Big Data digunakan teknologi dan inisiatif yang melibatkan data beragam, cepat berubah, atau berukuran super besar. Hasil cleansing data dari teknik BI menjadi sumber membangun model Big Data Analytics. Big Data memiliki volume, velocity, variety diolah melalui tahapan acquired, accessed, analytic, dan application. Olahan data divisualisasikan dalam bentuk grafik atau dashboard agar memudahkan menginformasikan sebaran Corona. Big Data Analytics menganalisa informasi, mengidentifikasi untuk keputusan bisnis saat ini dan masa datang. Penelitian bertujuan menemukan pola sebaran Covid-19, berdasarkan data peta sebaran dan peraturan protokol. Dengan menerapkan clustering Big Data ditemukan 3 pola cluster penyebaran virus Corona pada 32 provinsi selama Mei 2021 yaitu Cluster 1 menunjukkan Kasus Rendah, Cluster 2 menunjukkan Kasus Sedang, Cluster 3 menunjukkan Kasus Tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7