cover
Contact Name
Aung Sumbono
Contact Email
aungsumbono@gmail.com
Phone
+6281247033899
Journal Mail Official
biolearningjournal@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Jln. Ahmad Dahlan No. 1 Mariat Pantai Aimas Kabupaten Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Biolearning Journal
Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is published twice per year. The Purpose of Biolearning Journal: As a Media Information to meet the needs of the community in finding new innovations around the world of science education and biological sciences as well as all things related to science and directly related to the application of education and biological sciences. Biolearning Journal is one of the journals under the auspices of the Muhammadiyah Education University (UNIMUDA) Sorong. Focus & Scope Biolearning Journal: Jurnal ini memuat intisari dari hasil-hasil penelitian tentang permasalahan seputar bidang ilmu pendidikan sains, ilmu sains dan terapannya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)" : 8 Documents clear
IDENTIFIKASI LARUTAN BATANG Smilax Sp TERHADAP MOLUSKISIDA Adolof Mambrasar; Aung Sumbono; Jaharudin Jaharudin
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.146 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2266

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi larutan batang Smilax Sp terhadap moluskisida. Jenis dan desain adalah eksperimen, dilaksanakan November hingga Desember 2021, di Laboratorium Terpadu UNIMUDA Sorong. Sampel yang digunakan adalah batang (Smilax Sp) dan Pomaceae canalitulata–Larmack. Alat-alat yang digunakan adalah timbangan analitik, 3 gelas ukur, 3 gelas ukur 1000 ml, mortar, gunting, pena, buku, kamera. Bahan yang digunakan adalah batang Smilax Sp, Air Bersih, Pomaceae canalitulata –Larmack. Teknik analisis data digunakan adalah Uji Normalitas dan Linearitas Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan perilaku Pomacea canaliculata-Lamarck terhadap moluskisida yang mengarah pada mortalitas atau kematian, larutan batang Smilax Sp terbukti mempengaruhi perilaku Pomacea canaliculata-Lamarck dibuktikan dengan indikator-indikator yang diamati selama 1 jam. Penelitian ini dibuktikan bahwa dengan tingkat kematian tertinggi pada konsentrasi 50% dan 75% memiliki nilai signifikansi (0.519 > 0.05).
FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI MOUTHWASH EKSTRAK DAUN BELUNTAS (Pluchea Indica Less) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS nurhidayah sarifuddin
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.639 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2267

Abstract

Daun beluntas (Pluchea indica L.) dengan kandungan kimia flavonoid, fenol dan tannin yang memiliki potensi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat formula obat kumur ekstrak daun beluntas serta melakukan uji stabilitas formula obat kumur, uji hedonik dan uji aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans. Formula obat kumur dibuat dengan variasi konsentrasi ekstrak daun beluntas 3, 5 dan 7%. Stabilitas sediaan obat kumur diuji dengan metode penyimpanan cycling test meliputi organoleptis, pH dan viskositas. Selain itu dilakukan uji hedonik terhadap kejernihan, warna, kekentalan dan aroma obat kumur. Hasil uji stabilitas menunjukkan bahwa formula obat kumur stabil secara fisik ditinjau dari pengamatan organoleptis, namun tidak stabil ditinjau dari parameter pH dan viskositas karena mengalami perbedaan sebelum dan setelah cycling test. Uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa formula obat kumur memiliki aktivitas antibakteri dengan diameter zona hambat terbesar 8 mm pada konsentrasi 5%.
SISTEM MANAJEMEN KEGIATAN PELATIHAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERUSAHAAN PT. HENRISON INTI PERSADA (HIP) Aldila Mawanti Athirah; Isma Iriyanti
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.952 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2310

Abstract

ABSTRAK Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan unggulan dan utama di Indonesia. Tanaman yang produk utamanya terdiri dari minyak sawit (CPO) dan minyak inti sawit (KPO) ini memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjadi salah satu penyumbang devisa negara yang terbesar dibandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya. Salah satu masalah dalam perkembangan agribisnis kelapa sawit adalah rendahnya kompetensi SDM. Perlu disadari bersama bahwa untuk mengembangkan sumber daya manusia setiap organisasi memiliki keterbatasan. Oleh karena itu perlu melibatkan pihak lain dalam pengembangan sumber daya manusia tersebut dengan melakukan pelatihan. Sehubungan dengan hal ini, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sistem manajemen kegiatan pelatihan dalam pengembangan sumber daya manusia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen kegiatan pelatihan dalam pengembangan sumber daya manusia pada perusahaan PT. Henrison Inti Persada terlaksana dengan baik sesuai dengan indikator kegiatan pelatihan. Materi pelatihan yang diberikan kepada masing-masing unit kerja sesuai dengan indikator dari kegiatan pelatihan yang ingin dicapai dan pola training yang diberikan sesuai dengan masing-masing unit kerja.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KONSEP VIRUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIA DI SMA 1 MAROS M Natsir; Edi Hasan; Muhammad Wajdi; Bahruddin Bahruddin
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.683 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2321

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Virus Pada Peserta Didik Kelas X MIA Di SMA 1 Maros. Skripsi. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi konsep virus pada peserta didik kelas X MIA SMA 1 Maros. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA 1 Maros, berjumlah 50 orang dengan sampel Non probability sampling atau sampel jenuh yaitu seluruh populasi dimana kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol, dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar peserta didik yang berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) konsep virus peserta didik kelas X MIA diperoleh nilai rata-rata 81,08 dengan kategori baik dan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 78,16 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Independent T-test, diperoleh nilai signifikan nilai hasil belajar yaitu 0,000 dimana lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 sehingga tolak H0 dan terima H1. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)(PBL)terhadap hasil belajar biologi konsep virus pada peserta didik kelas X MIA di SMA 1 Maros.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR DI MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG Merlin Mendome; Jaharudin Jaharudin; Istiqomah Istiqomah
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dan think-talk-write (TTW) terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Yaqin. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa Pretest-Posttest berjumlah 40 butir soal pilihan ganda. Jumlah peserta didik dalam penelitian ini sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan uji independen simple t-test, uji Normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro wilk dengan hasil pada kelas A yaitu 0,218 > 0,05 yang berarti berdistribusi normal dan hasil uji normalitas pada kelas B yaitu 0,048 > 0,05 yang berarti bahwa hasil tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan tes varian hasil yang di peroleh sebesar 0, 935 > 0,05 yang berarti varian dari dua kelompok sama (Homogen). Maka data yang di peroleh dalam kategori baik. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis yakni = -.782 < = 2.02349 yang menunjukan bahwa di tolak dan diterima dengan demikian keputusan yang diambil adalah sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-explain dan Think-talk-Write terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG Mohamad Rizal Sapua; Nurul Alia Ulfa; Jaharudin Jaharudin
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based Learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas XI IPA, MA Nurul Yaqin. Jumlah peserta didik dalam penelitian ini 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji validasi dari dua validator berdasarkan kriteria validasi, maka dapat di simpulkan bahwa instrument tes cukup valid kemudian hasil nilai uji reliabilitas mengunakan Cronbach's Alpha memiliki nilai pada kelas A = 0,999 dan kelas B = 0,999 dan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas hasil nilai uji Normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov yaitu = 0,042 ini artinya bahwa data penelitian tersebut berdistribusi normal, sebelum menggunakan uji paired sample t test. Dengan hasil uji Paired Samples Test pada kelas A dan kelas B yaitu = < 0,001 < 0,05 ini artinya bahwa data penelitian tersebut terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA. Kesimpulan yang dapat di tarik dalam penelitian ini adalah terdapat pengaru model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PLANTAE DI KELAS X MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG Novalina Sables; Sirojjuddin Sirojjuddin; Anang Triyoso
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2462

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek, Project Based Learning merupakan model belajar yang melibatkan siswa secara langsung dalam memecahkan permasalahan. Melalui kegiatan proyek, siswa diberi kesempatan untuk aktif mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman mereka dalam beraktifitas secara nyata. Jenis ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Selanjutnya, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MA Nurul Yaqin. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling class yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata menggunakan project based learning yaitu 88 sedangkan nilai rata-rata sebelum menggunakan project based learning yaitu 67. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0,009 artinya bahwa hasil yang telah diperoleh < 0,05 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran project bases learning.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAS PAPUA 1 KOTA SORONG Novita Mlik; Jaharudin Jaharudin; Sirojjuddin Sirojjuddin
Biolearning Journal Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAS Papua 1 Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang berupa pre experimental dengan model one group pretest posttest design yaitu pre eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Sampel dalam penelitian ini adalah siwa kelas kelas XI yang berjumlah 12 siwa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes. Hasil penelitian diperoleh thitung > dari ttabel yaitu 3,536> 2,200 sehingga Ha diterima H0 ditolak, sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAS Papua 1 Kota Sorong.

Page 1 of 1 | Total Record : 8