cover
Contact Name
Dr. CH.M.Lewerissa.S.Sos. S.Pd. M.Si
Contact Email
lewerissac@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsketsa@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. nabire,
P a p u a
INDONESIA
SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
ISSN : 19797079     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 2 (2021): SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial" : 6 Documents clear
ANALISIS PENERIMAAN PAJAK GALIAN GOLONGAN C TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA AMBON Helena Griffith Lasamahu; Aprillia Cenyo Mofu
SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2021): SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Main of focus, this research is to know how big faction the influence of dig tax C and to earn the original of Ambon town area, faction dig tax C of pennant sector, during five years the fee always having or institution doing the activity of exploitation and various exploiting of faction dig C material tax,so it influential for acceptance receiving of faction dig tax C. during five years, faction dig material type C has big advantages (Use value) and can yield economic value (Economic Value). if both of the positive area acceptance than. It will be doing a good positive to country acceptance. To get the purpose of this research applied faction dig tax C data the year 2005-2009 and the eam data of original area the year 2005-2009 analitycal method which is using is simple regression that is the analysis to know. The relation ship or correlation between the development of acceptance of faction dig tax C through the earn of the original Ambon town area.
PENTINGNYA MANAJEMEN TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS DI KANTOR DISTRIK TELUK KIMI KABUPATEN NABIRE Aprillia Cenyo Mofu; Yoris Waray
SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2021): SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia sebagai salah satu sumber pendukung bagi suatu organisasi atau kelompok dalam menentukan keberhasilan atau tidaknya organisasi atau kelompok itu untuk mencapai tujuan, sehingga perlu diarahkan melalui pengelolaan sumber daya manusia yang baik. Pengelolaan sumber daya manusia yang dimaksudkan adalah organisasi harus mampu untuk menyatukan persepsi atau cara pandang pegawai dan pimpinan organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi melalui pembentukan mental bekerja yang baik, memberikan motivasi kerja, bimbingan, pengarahan dan koordinasi yang baik dalam bekerja oleh seorang pemimpin kepada para pegawainya. Dari Tabel 1.3 diketahui, bahwa setiap usaha dan kerja yang telah dilakukan bila didasarkan pada sebuah perencanaan yang matang, akan berdampak signifikan terhadap hasil yang baik. Fakta menunjukkan, bahwa dari 40 orang yang dimintai tanggapannya, ternyata ada sekitar 21 orang responden atau sekitar 52.50 % responden menyatakan, bahwa manajemen perencanaan yang telah disusun dan dijalankan selalu berdampak positif bagi pelaksanaan tugas ASN.
PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RRI NUSANTARA 1 JAYAPUR Beatrix Antoneta Manggo
SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2021): SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menyadari begitu pentingnya keberadaan sumber daya manusia dalam lembaga penyiaran publik, maka organisasi perlu memerhatikan kepentingan pegawainya dan mampu menciptakan suasana kerja yang mendorong meningkatnya kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh manajemen waktu dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik RRI Nusantara 1 Jayapura. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi penelitian berjumlah 71 orang pegawai yang terdiri dari 37 orang PNS, 27 orang PBPNS, dan 7 orang pegawai honorer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, sehingga ukuran sampel akhir berjumlah 71 orang responden. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data terdiri dari uji instrumen penelitian, analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis kuantitatif. Teknik analisis kuantitatif menggunakan alat analisis regresi sederhana, yang meliputi pengujian kekuatan hubungan dan analisis regresi untuk pengujian hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama, manajemen waktu pegawai di LPP RRI Nusantara 1 Jayapura dikategorikan cukup baik. Kedua, kinerja pegawai dikategorikan cukup baik, tetapi skor penilaian responden berada di bawah rata-rata. Ketiga, manajemen waktu berpengaruh terhadap kinerja pegawai dengan hasil positif dan signifikan. Keempat, besarnya kekuatan pengaruh manajemen waktu terhadap kinerja pegawai sebesar 71,6%, sedangkan besarnya kontribusi pengaruh dari manajemen waktu sebesar 48,6%. Sebagai saran praktis bagi instansi agar memerhatikan penerapan manajemen waktu sehingga tidak terjadi tekanan yang memengaruhi fisik dan mental pegawai. Salah satu upaya yaitu melaksanakan pelatihan bagi pegawai karena sangat bermanfaat bagi tuntutan lingkungan kerja dengan manajemen waktu yang tinggi.
PERANAN KEPALA DISTRIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DIKANTOR DISTRIK KAMUU UTARA KABUPATEN DOGIYAI Andriyanto Juwandani; Hasriany Songko
SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2021): SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peranan Kepala Distrik dalam meningkatkan kinerja pegawai di kantor Distrik Kamuu Utara Kabupaten Dogiyai. Salah satu peran dari Pemerintah adalah menggerakan pembangunan dalam masyarakat, demi terciptanya kehidupan kedamaian dan kesejahteraan dalam masyarakat. peran pemerintah dalam melaksanakan pembangunan merupakan bagian dari tugas dalam menjalankan pemerintahan, baik pemerintah Pusat, Daerah, Distrik bahkan pedesaan. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah kampung dalam mendorong partisipasi masyarakat guna meningkatkan pembangunan Kampung Digikebo Distrik Kamu Selatan Kabupaten Dogiyai serta Faktor apa saja yang menjadi upaya yang dilakukan oleh pemerintah kampung dalam mendorong partisipasi masyarakat guna meningkatkan pembangunan Kampung Digikebo Distrik Kamu Selatan Kabupaten Dogiyai. Hasil penelitian menujukan motivasi yang diberikan oleh pihak pemerintah kamoung belum maksimal mampu diserap oleh masyarakat dimana pemerintah kampung harus dengan sabar berusaha dan berupaya utuk memberikan motivasi agar masyarakat memahami kegiatan – kegiatan yang hendak dilakukan di kampung, Sebagai fasilitator tentunya pihak pemerintah kampung berusaha dengan maksimal untuk dapat memfasilitasi kegiatan yang dimiliki, samun tentunya terkendala dengan fasilitas yang dimiliki dan kemampuan yang terbatas dari pihak pemerintah kampung Pihak pemerintah selalu membangun komunikasi yang dilakukan kepada masyarakat sehingga setiap informasi sekiranya dapat sampai ke masyarakat namun dikarenakan jarak lokasi warga yang jauh membuat informasi tidak sampai ke masyarakat Program – program yang dimiliki masyarakat yang telah direndanakan selalu diusulkan namun dalam pelaksanaan tidak semua usulan dari masyarakat dilaksanakan Dalam pelaksanaan kegiatan di kampung dimana masyarakat kurang dilibatkan dikarenakan pihak kampug tentu melibatkan masyarakat sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya Keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan kampung sangat mendukung proses pembangunan karena masyrakat yang memahami dan mengetahu kebutuhan yang harus dipenenuhi
ANALISA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PELAYANAN TERPADU SATU ATAP MELALUI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT Andriyanto Juwandani
SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2021): SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reformasi birokrasi ini sangat urgen demi membuat negara terus eksis di era desentralisasi dan otonomi daerah. Birokrasi kita perlu berubah dan berbenah diri. Sistem sentralistis orde baru telah membuat birokrasi bekerja dalam sistem hirarkis-sentralistis. Sistem kerja birokrasi ini tidak dapat lagi dipertahankan di era yang baru. Perubahan sistem pemerintahan dari yang sentralistis menuju yang desentralistis menuntut perubahan sistem kerja birokrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Selain dengan menggunakan metode survey, penelitian ini merupakan penelitian dengan metode analisa kerja dan aktivitas. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguraikan tentang kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Kabupaten Nabire dengan mengukur IKM. Penelitian ini diadakan di Kabupaten Nabire di Propinsi Papua. Unit analisisnya adalah IKM terhadap pelayanan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap.Untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Kabupaten Nabire, peneliti memilih 300 informan yang terakhir kali mendapatkan pelayanan di Kantor tersebut. Dari hasil perhitungan IKM terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Kabupaten Nabire, diperoleh hasil bahwa tanggungjawab petugas pelayanan dan kedisiplinan petugas pelayanan mendapatkan IKM terkecil yakni masing-masing 1,54 dan 1,70 dengan mutu pelayanan tidak baik. Kejelasan petugas pelayanan memiliki IKM 2,18 dan dengan demikian memiliki mutu kurang baik. Sedangkan 11 indikator lainnya sudah masuk dalam kategori baik. Tiga indikator yang dinilai kurang memuaskan tersebut sangat berhubungan dengan petugas pelayanan yakni mengenai tanggungjawab, kedisiplinan dan kejelasan petugas pelayanan. Maka yang perlu dibenahi demi peningkatan kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Kabupaten Nabire adalah pengembangan sumber daya manusia (pegawai) di Kantor tersebut. Kurangnya tanggungjawab, kedisiplinan dan kejelasan petugas pelayanan disebabkan oleh beberapa faktor eksternal dan internal yakni budaya masyarakat lokal, dinamika politik, kontrol masyarakat dan LSM, kepemimpinan, sumber daya pegawai, budaya birokrasi, sistem insentif dan semangat kerja sama. Walau demikian, sebagai satu unit, pelayanan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Kabupaten Nabire memiliki mutu baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai IKM yang diperoleh yakni 2,56 atau 64 %. Itu berarti pada umumnya masyarakat puas terhadap pelayanan yang diterima di Kantor tersebut. Hasil perhitungan IKM terhadap kualitas Pelayanan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap ini dapat menjadi landasan bagi pemerintah setempat untuk memperbaiki pelayanannya. Demikian, metode perhitungan IKM dapat dipakai sebagai salah satu metode yang baik untuk meningkatkan mutu pelayanan publik di tanah air ini.
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA PT. GARUDA INDONESIA DI KABUPATENNABIRE Lamba Toding Palimbu
SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2021): SKETSA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen (Variabel Bebas) dan Kualitas Pelayanan Jasa PT. Garuda Indonesia (Variabel Terikat), Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh PT. Garuda Indoenesia dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa agar tingkat kepuasan konsumen meningkat di Kabupaten Nabire dan juga untuk mengetahui pengaruh harga tiket yang ditetapkan oleh PT. Garuda Indonesia terhadap tingkat kepuasan konsumen di Kabupaten Nabire serta untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi PT. Garuda Indonesia dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa agar tingkat kepuasan konsumen meningkat di Kabupaten Nabire yang berkaitan dengan kedua variabel tersebut diatas. Variabel tersebut diatas menggunakan Metode Deskritif. Yang menjadi objek Penelitian adalah Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa PT. Garuda Indonesia di Kabupaten Nabire dengan sampel yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling yang berjumlah 88 orang. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan instrumen daftar pertanyaan dan pengamatan langsung di lapangan menunjukkan bahwa Tingkat Kepuasan Konsumen dengan indikator Produk, Biaya / Tarif, dan Sarana / Prasarana perlu untuk lebih ditingkatkan Selanjutnya mengenai Kualitas Pelayanan Jasa yang dilakukan oleh PT.Garuda Indonesia perlu untuk lebih di tingkatkan menjadi lebih baik lagi. Tingkat Kepuasan Konsumen di harapkan dapat menjadi tolak ukur dalam meningkatkan KualitasPelayanan Jasa yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6