cover
Contact Name
mida
Contact Email
mida05unisda@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mida05unisda@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 26209004     EISSN : 26208997     DOI : -
Core Subject :
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam contains scientific studies on education in Madrasas or Elementary Schools, educational innovations, and educational thinking in the form of: 1) Research results, 2) Conceptual ideas, 3) Literature studies, and practical experience.
Arjuna Subject : -
Articles 86 Documents
PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV MELALUI PEMBIASAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO KARANGGENENG LAMONGAN Adhita Dwi Handayani; Fitri Isnaini Putri Ali; Vivi Nur Afifah
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 2 (2021): July 2021
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Seiring dengan berkembangnya zaman yang modern ini moral atau etika yang dimiliki anak-anak sekarang semakin luntur atau mengalami krisis moral, dimana kebanyakan dari mereka sudah tidak memperdulikan lagi tata krama yang seharusnya di jaga atau dipatuhi. Dalam hal ini pendidikan karakter diperlukan dalam menanamkan nilai-nilai moral yang baik bagi peserta didik, serta pembiasaan-pembiasaan yang ditanamkan di sekolah dapat membentuk karakter siswa. Seperti halnya pembiasaan datang ke sekolah tepat waktu, mengikuti baris-berbaris, berdoa sebelum belajar, mengucapkan salam dengan guru, membantu teman yang mengalami kesusahan , mengikuti kegiatan membaca al-qur’an bersama, menjalankan jadwal piket, dan melaksanakan sholat berjamaah. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji peningkatan karakter siswa di MITA Banat melalui pembiasaan pendidikan karakter ini adalah yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang mana datanya berupa kata-kata atau pernyataan-pernyataan. Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dimana dari kedua siklus tersebut terdapat perubahan perilaku siswa dengan bembiasaan yang dilakukan di sekolah. Hasil dari siklus pertama pembiasaan di sekolah sudah terlaksana sebesar (80%), kadang-kadang terlaksana sebesar (15%) dan tidak melaksanakan sebesar (5%), untuk pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu pembiasan di sekolah sudah terlaksana sebesar (93%), dan terlakasana namun belum maksimal sebanyak (7%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan dapat meningkatkan perilaku siswa yang berpendidikan karakter.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bangun Datar Berbasis Android untuk Siswa SD/MI Nur Alfia Adawiyah; Hamdan Husein Batubara
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 2 (2021): July 2021
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penilitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Interaktif Matematika Bangun Datar berbasis android untuk siswa SD/MI dengan melibatkan Ahli dan peserta didik sebagai calon pengguna pada proses pengembangan dan penilaian produknya. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Desain pengembangan menggunakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian merupakan adaptasi dari model Luther, yang terdiri dari enam tahap kegiatan, yakni : Concept (konsep), Design (desain), Collecting Materials (pengumpulan bahan/materi), Assembly (pembuatan/produksi), Test Drive (uji coba) dan Distribution (distribusi). Instrumen penelitian ini adalah angket kuisioner. Tim penilai produk terdiri: ahli, guru SD/MI , peer reviewer, dan respon siswa kelas V SD/MI. Hasil: Produk media pembelajaran berbasis android dalam penelitian ini dapat digunakan oleh siswa SD/MI.
KREDIBILITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU Zainul Ilyas
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 5 No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This research huas the aim to see: (1) the principal function leadership in increase teacher professionalism, (2) the application of a modern leadership style to the principal of the MI Nurul Islam Alaspandan, Pakuniran, Probolinggo, East Java,(3) the importance of the principal’s credibity for improve teacher professionalism, this recearch is a qualitative descriptive. Data retrieved vis using observing, interviewing, as well as documenting. Checking the validity data is carried out through the following processes: checking the data against information from interviews with observing and documentation. This result indicates thay the lack of credibility of the leadership of the MI Nurul Islam principal resulted in improfessional teacher performance in teaching students, so it was necessary to apply a leadership role and modern leadership style so that the principal of MI Nurul Islam had a high leadership attitude, credibility to influence subordinates to do their jobs, properly, including, improve the professionalism of teachers to carry out their work duties as educators. Keywords: Leadership Credibility, Principal, Teacher Professionalism Abstrak Penelitian ini tujuannya guna mengetahui: (1) peran kepemimpinan kepala sekolah untuk peningkatan profesionalism guru, (2) penerapan gaya kepemimpinan modern pada kepala sekolah MI. Nurul Islam Alaspandan, Pakuniran, Probolinggo, Jawa Timur, (3) pentingnya kredibilitas kepala sekolah guna peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif. Cara mengumpulkan data dijalankan melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pengecekan absah data dilaksanakan melalui cara: pengecekan data terhadap informasi pada hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwasanya kurangnya kredibilitas kepemimpina kepala sekolah MI. Nurul Islam mengakibatkan kinerja guru tidak profesional dalam mengajar siswa, sehingga perlu diterapkan peran kepemimpinan dan gaya kepemimpinan modern agar kepala sekolah MI. Nurul Islam memilki kredibilitas kepemimpinan yang tinggi untuk memberi pengaruh pada bawahannya guna menjalankan kinerja mereka secara baik, termasuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kata kunci: Kredibilitas Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATERI MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR Fitrah Alfiyanti Laily; Nanang Khoirul Umam
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 5 No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This research was motivated by teachers who still rarely use learning media, especially in writing simple sentences when the learning process takes place. Thus, this study aims to determine the validity and effectiveness of Scrapbook learning media for simple sentence writing for elementary school I. The method in this study uses a 4-D model, but the researchers only did three stages, namely define, design, and develop. In the develop stage, the researcher validated, revised and tested the media for 6 students. So that the data collection techniques were carried out with media validation, material validation and the distribution of response questionnaire sheets. The subjects in this study were 2 media expert validators and 2 material expert validators. The results of this media development meet the validity indicators of the validators of media experts and material experts. The results of media validation obtained an average percentage of 89% and included very valid criteria. The results of material validation obtained an average percentage of 90% and included very valid criteria. Based on the validation results, this media can be used in the learning process. Keywords: 4-D model, scrapbook learning media for simple sentence writing materials ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh guru yang masih jarang menggunakan media pembelajaran terutama dalam materi menulis kalimat sederhana ketika proses pembelajaran berlangsung. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan media pembelajaran Scrapbook Materi Menulis Kalimat sederhana untuk I sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan model 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan tiga tahap, yakni define, design, dan develop. Tahap develop, peneliti melakukan validasi, revisi dan uji cobamedia kepada 6 peserta didik. Sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan validasi media, validasi materi dan penyebaran lembar angket respon. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi. Hasil pengembangan media ini memenuhi indikator kevalidan dari para validator ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media memperoleh rata-rata persentase 89% dan termasuk kriteria sangat valid. Hasil validasi materi memperoleh rata-rata persentase 90% dan termasuk kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi, maka media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci :model 4-D, media pembelajaran scrapbook materi menulis kalimat sederhana
IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DALAM MENUNJANG PRESTASI PESERTA DIDIK DI SD 1 DARUL HIKAM BANDUNG Sinta Hardianti; Yulia Afida Damayanti; Nafila Fitrotul Laili; Fatimatuz Zahro'; Elya Umi Hanik
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 5 No 2 (2022): July 2022
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study aims to find out how the application of extracurricular activities in supporting the level of student achievement, because it not only refers to the theory of extracurricular activities but is also able to improve the achievements and skills of students at SD DarulHikam. The data collection of this research used a qualitative descriptive analysis approach and attended seminars. Sources of research data include oral and written, namely in the form of field study observations, seminars, documentation and written sources such as journals, theses and the official website of SD DarulHikam. The results of field study observations that have been carried out show that the implementation of extracurricular at SD DarulHikam is carried out every week or according to schedule, the end of the extracurricular implementation at SD DarulHikam is marked by holding extracurricular performances every 1 year or at the end of the school year. With extracurricular performances held by SD DarulHikam, students can appear confident in showing their interests and talents. Extracurricular activities have a very positive effect because they can provide motivation for academic and non-academic achievement. Based on the data that has been obtained, it can be seen that the implementation of the extracurricular program at SD 1 DarulHikam Bandung is very superior so that it can lead students to achieve academic and non-academic achievements. Keywords: Implementation; Program; Extracurricular; Performance.
MISKONSEPSI MATEMATIKA PADA MAHASISWA SEMESTER III TA. 2018-2019 PGMI UNISDA LAMONGAN Retno shoimah
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 3 No 2 (2020): July 2020
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Mathematics concepts in elementary school was basic concepts to understand mathematics concepts in the next grade. Therefore, mathematics misconceptions of elementary school teacher should be avoided. It was because of implication to their students. This study was a qualitative descriptive research. The aim of the study was to investigate mathematics misconceptions of PGMI’s students. Subject of the study was 28 students. Purposive sampling was used in the study. Research instrument was a test. Interview was an additional technique to investigate elementary shool teacher mathematics misconceptions and its reason. The study found that mathematics misconceptions of PGMI’s students mostly found in geometry because of preconceptions. Preconceptions mostly affected by a daily meaning. Therefore, development of PGMI’s students mathematics content mastery is needed.
Pemahaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami dalam cerita Anak oleh Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan SD se Kecamatan Sukodadi: Tinjaun Pragmatik Reseptif Ernaningsih Ernaningsih; Luluk Faridah
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 3 No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research focuses on (1) how to understand the values of Islamic character education contained in children's stories by SD/MI teachers in the Sukodadi sub-district, (2) how to contextualize the values of Islamic character education contained in children's stories to improve religious learning models . The aims of this research are to describe and explain: (1) the understanding of Islamic character education values contained in children's stories by SD/MI teachers in the Sukodadi sub-district, and (2) the contextualization of Islamic character education values contained in children's stories as improvement of religious learning models. The method used in this study is descriptive qualitative with a receptive pragmatic approach. The data in this study are in the form of data on (1) understanding of Islamic character education values contained in children's stories, and (2) contextualization of character education values contained in stories as a model of Islamic learning. Sources of data obtained from documentation and interviews. The data collection technique is done by documentation and interviews. Data analysis techniques using interactive techniques. Data validation uses triangulation, both theory, data, and method triangulation. The results of the research findings can be described as including: (1) Understanding the value of Islamic character education in children's stories, Faithful morality, gratitude, Devotion to both parents and teachers, Healthy and clean, Mutual Cooperation and Virtuous Morals not arrogant, (2) contextualization of the values of Islamic character education contained in children's stories as an improvement in Islamic religious learning models.
PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV MELALUI PEMBIASAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO KARANGGENENG LAMONGAN Adhita Dwi Handayani; Fitri Isnaini Putri Ali; Vivi Nur Afifah
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 2 (2021): July 2021
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Seiring dengan berkembangnya zaman yang modern ini moral atau etika yang dimiliki anak-anak sekarang semakin luntur atau mengalami krisis moral, dimana kebanyakan dari mereka sudah tidak memperdulikan lagi tata krama yang seharusnya di jaga atau dipatuhi. Dalam hal ini pendidikan karakter diperlukan dalam menanamkan nilai-nilai moral yang baik bagi peserta didik, serta pembiasaan-pembiasaan yang ditanamkan di sekolah dapat membentuk karakter siswa. Seperti halnya pembiasaan datang ke sekolah tepat waktu, mengikuti baris-berbaris, berdoa sebelum belajar, mengucapkan salam dengan guru, membantu teman yang mengalami kesusahan , mengikuti kegiatan membaca al-qur’an bersama, menjalankan jadwal piket, dan melaksanakan sholat berjamaah. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji peningkatan karakter siswa di MITA Banat melalui pembiasaan pendidikan karakter ini adalah yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang mana datanya berupa kata-kata atau pernyataan-pernyataan. Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dimana dari kedua siklus tersebut terdapat perubahan perilaku siswa dengan bembiasaan yang dilakukan di sekolah. Hasil dari siklus pertama pembiasaan di sekolah sudah terlaksana sebesar (80%), kadang-kadang terlaksana sebesar (15%) dan tidak melaksanakan sebesar (5%), untuk pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu pembiasan di sekolah sudah terlaksana sebesar (93%), dan terlakasana namun belum maksimal sebanyak (7%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan dapat meningkatkan perilaku siswa yang berpendidikan karakter.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bangun Datar Berbasis Android untuk Siswa SD/MI Nur Alfia Adawiyah; Hamdan Husein Batubara
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 2 (2021): July 2021
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penilitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Interaktif Matematika Bangun Datar berbasis android untuk siswa SD/MI dengan melibatkan Ahli dan peserta didik sebagai calon pengguna pada proses pengembangan dan penilaian produknya. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Desain pengembangan menggunakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian merupakan adaptasi dari model Luther, yang terdiri dari enam tahap kegiatan, yakni : Concept (konsep), Design (desain), Collecting Materials (pengumpulan bahan/materi), Assembly (pembuatan/produksi), Test Drive (uji coba) dan Distribution (distribusi). Instrumen penelitian ini adalah angket kuisioner. Tim penilai produk terdiri: ahli, guru SD/MI , peer reviewer, dan respon siswa kelas V SD/MI. Hasil: Produk media pembelajaran berbasis android dalam penelitian ini dapat digunakan oleh siswa SD/MI.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN Retno Nuzilatus Shoimah; Mustika Syafi'aturrosyidah
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 2 (2021): July 2021
Publisher : Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study aims to investigate the effect of the use of concrete learning media on mathematics subjects in fractional material at MI Ma'arif NU Sukodadi-Lamongan. Concrete media is used to make it easier for students understanding of the concept of fractions and fractional operations. The research method used is qualitative research in descriptive qualitative. The results of the study showed a significantly increase in learning activities and understanding the fractions concepts and fraction operations. Before using concrete learning media, the results of the assessment of student learning activities were obtained as follows: 3 students were very active (12%), 7 students were active (29%), 10 students were quite active (42%), and 4 students were inactive (17%). Whereas after using concrete media the following results were obtained: 13 students were very active (54%), 7 students were active (29%), 4 students were quite active (17%), and 0 students were inactive (0%). The results of the assessment of the understanding of the concept of fractions on students were obtained through written tests in the form of giving a description item with many 5-item questions. Before using concrete learning media, the following assessment results were obtained: 18 students did not pass the KKM (75%), 6 students passed the KKM (25%), and the average student score was 71 (did not reach the KKM). Whereas after the use of concrete media the following results were obtained: 1 student did not pass the KKM (7%), 23 students passed the KKM (93%), and an average student score of 91 (reached KKM). Keyword: mathematics, fractions, concrete learning media Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran konkrit pada mata pelajaran matematika materi pecahan di MI Ma’arif NU Sukodadi-Lamongan. Media konkrit digunakan untuk mempermudah siswa memperoleh pemahaman konsep pecahan dan operasi bilangan pecahan sederhana dengan tepat dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk descriptive kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan dan operasi pecahan. Sebelum penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian aktifitas belajar siswa sebagai berikut: 3 siswa sangat aktif (12%), 7 siswa aktif (29%), 10 siswa cukup aktif (42%), dan 4 siswa tidak aktif (17%). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai berikut: 13 siswa sangat aktif (54%), 7 siswa aktif (29%), 4 siswa cukup aktif (17%), dan 0 siswa tidak aktif (0%). Hasil penilaian pemahaman konsep pecahan pada siswa diperoleh melalui tes tulis berupa pemberian soal uraian dengan banyak soal 5 butir. Sebelum penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: 18 siswa tidak lulus KKM (75%), 6 siswa lulus KKM (25%), dan rata-rata nilai siswa 71 (tidak mencapai KKM). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai berikut: 1 siswa tidak lulus KKM (7%), 23 siswa lulus KKM (93%), dan rata-rata nilai siswa 91 (mencapai KKM). Kata kunci: matematika, pecahan, media konkrit