cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Unnes Journal of Mathematics Education Research
ISSN : 22526455     EISSN : 25024507     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2017): December 2017" : 30 Documents clear
Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran Cps Berbantuan Hands On Activity Fitriyani, Ika; Mastur, Zaenuri
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.276 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kualitas pembelajaran matematika pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran CPS berbantuan Hands on Activity; (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari kecerdasan emosional setelah diajar dengan model pembelajaran CPS berbantuan Hands on Activity; dan (3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari keterampilan Hands on Activity setelah diajar dengan model pembelajaran CPS berbantuan Hands on Activity. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods model concurrent embedded. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan inventori kecerdasan emosional, Tes Kemampuan Literasi Matematika (TKLM) dan lembar observasi. Data akhir dianalisis dengan uji rata-rata, uji proporsi, uji beda proporsi dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembelajaran CPS berbantuan Hands on Activity berkualitas baik secara kualitatif dan kuantitatif; (2) siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah dan sedang belum menguasai ketujuh komponen literasi matematika sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sudah menguasai tujuh komponen literasi matematika dan (3) siswa yang memiliki keterampilan Hands on Activity rendah dan sedang belum menguasai ketujuh komponen literasi matematika sedangkan siswa yang memiliki keterampilan Hands on Activity tinggi sudah menguasai tujuh komponen literasi matematika. Guru perlu memberikan penekanan pada komponen literasi matematika yang belum dikuasai siswa dengan menjadikannya sebagai soal-soal untuk tugas atau PR. _______________________________________________________________ _ The purposes of this research are: (1) to know the quality of mathematics learning resulted from the class which applies CPS learning supported by Hands on Activity; (2) to describe mathematical literacy ability of students regarded from emotional intelligence after applying CPS learning model supported by Hands on Activity; and (3) to describe mathematical literacy ability of students regarded from Hands on Activity skill after applying CPS learning model supported by Hands on Activity. This research uses mixed method type of research using concurrent embedded model with quantitative method as the primary method. The data in this research were obtained by using emotional intelligence inventory, TKLM and observation sheets. Final data analysis using mean test, proportional test, proportional differentiation test, and mean differentiation test. Results of the research proved that: (1) CPS learning supported by Hands on Activity resulted in good learning quality viewed from both qualitative and quantitative aspects; (2) student with low and average emotional intelligence cannot thoroughly comprehend seventh components of mathematical literacy while student with high emotional intelligence were able to comprehend seven components of mathematical literacy. Student with low and average Hands on Activity skill cannot thoroughly comprehend seventh components of mathematical literacy, while student with high Hands on Activity skill were able to comprehend seven components of mathematical literacy. The teacher needs to give emphasis on mathematical literacy component which had not been mastered by students by using it as a task or homework.
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment Apipah, Salisatul; Kartono, Kartono
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.592 KB)

Abstract

Koneksi matematis adalah interrelasi antara situasi, masalah, dan ide-ide matematis dan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam menyelesaikan masalah yang satu dengan masalah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas pembelajaran VAK dengan self assessment terhadap kemampuan koneksi matematis, (2) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran VAK dengan self assessment. Penelitian ini menggunakan jenis mixed method dengan desain concurent embedded. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 9 Semarang. Pengambilan data gaya belajar menggunakan kuesioner, pengambilan data kemampuan koneksi matematis menggunakan tes dan pengambilan data self assessment menggunakan lembar penilaian. Kualitas pembelajaran secara kualitatif dinilai dari tahap perencanaan, pelakasanaan, dan penilaian. Hasil tes kemampuan koneksi matematis dianalisis secara kuantitatif dengan uji rata-rata, uji kutantasan, uji beda rata-rata, dan uji beda proporsi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran VAK dengan self assessment berkualitas baik secara kualitatif dan kuantitatif. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan koneksi matematis yang paling tinggi, siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan koneksi matematis sedang, dan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan koneksi matematis paling rendah. _______________________________________________________________ _ Mathematical connection is the interrelation amongst situation, problem, and mathematical ideas and to apply acquired knowledge in solving one problem to other ones The aims of this research are: (1) to determine the quality of VAK learning with self assessment toward mathematical connection ability; (2) to describe mathematical connection ability in students based on learning style on VAK learning model with self assessment. This research applied mixed method with concurrent embedded design. Subject of this research is 8th grade students of State Junior High School 9 Semarang. Learning style data was collected through questionnaires, while mathematical connection ability data was collected through test usage, and self assessment data was collected through assessment sheets. The quality of learning was qualitatively valued from planning stage, performing stage, and assessment stage. The result of mathematical connection ability test was analyzed qualitatively using mean test, comprehensive test, mean deviation test, and deviation proportion test. Result of this research shows learning quality of VAK learning model with self assessment is considered well both qualitatively and quantitatively. Students who applied visual learning style have the highest mathematical connection ability, Students who applied kinesthetic learning style have the medium mathematical connection ability, and Students who applied auditory learning style have the lowest mathematical connection ability.
Kecemasan Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Aunurrofiq, M.; Junaedi, Iwan
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.232 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan matematik yang dialami siswa kelas XI IPA-2 dan XI IPS-2 SMA Negeri 12 Semarang, bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA-2 dan XI IPS-2 SMA Negeri 12 Semarang berdasarkan kecemasan matematiknya, dan bagaimana pengaruh kecemasan matematik terhadap kemampun pemecahan masalah matematik siswa kelas XI IPA-2 dan XI IPS-2 SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap 35 siswa kelas XI IPA-2 dan 35 siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 12 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian adalah 1) siswa XI IPA SMA Negeri 12 Semarang yang memiliki kecemasan matematik sangat tinggi, tinggi, rendah, dan sangat rendah berdasarkan rata-rata kecemasan matematiknya berturut-turut adalah 0%, 2,86%, 97,14%, dan 0%, sedangkan siswa XI IPS-2 SMA Negeri 12 Semarang 0%, 17,14%, 71,43%, dan 11,43%, 2) rata-rata kecemasan matematik siswa XI IPS-2 SMA Negeri 12 Semarang lebih tinggi dibandingkan rata-rata kecemasan matematik siswa XI IPA-2 SMA Negeri 12 Semarang, 3) pada siswa XI IPA-2 SMA Negeri 12 Semarang kecemasan matematik mempunyai hubungan yang linear dan berkorelasi negatif dengan kemampuan pemecahan masalah, sedangkan siswa XI IPS-2 SMA Negeri 12 Semarang kecemasan matematik dan kemampuan pemecahan masalah memiliki hubungan yang tidak linear. Guru hendaknya mampu menginspirasi siswa akan betapa pentingnya matematika dan pemecahan masalah matematik dalam kehidupan sehari-hari. The objective of this research is how is the level of mathematic anxiety, the level of students capability in mathematic problem solving, and how does mathematic anxiety affect the capability of mathematic problem solving experience by the students of eleventh grade in science and social programs of Twelfth State Senior High School Semarang. This research use qualitative and quantitative method. The research was done in 35 students in science program and 35 students in social program of eleventh grade. The data collection techniques are questionnaire, observation, interview, and test. The results of the research are 1) the mathematic anxiety of students of science program in eleventh grade on the Twelfth State Senior High School are very high, high, low and very low based on the average of mathematic anxiety 0%, 2,86%, 97, 14%, and 0%, in social program are 0%, 17,14%, 71,43%, and 11,43%, 2) the average of mathematic anxiety in social program is higher than science program students 3) in students of science program, the mathematic anxiety has a linear relationship and have negative correlation toward mathematic problem solving. Whereas students in social program, their mathematic anxiety and the problems solving are not linear. The teachers should able to give inspiration to their students about how important mathematic learning and mathematic problems solving in their daily activities.
Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology Wicaksana, Yoga; Wardono, Wardono; Ridlo, Saiful
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.591 KB)

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan untuk memformulasikan, menerapkan dan menginterpretasikan matematika ke dalam berbagai konteks, meliputi kemampuan untuk bernalar secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk mendeskripsikan, menjelaskan, atau memprediksikan suatu fenomena. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kriteria kualitas pembelajaran PjBL berbantuan Schoology, dan (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dan karakter rasa ingin tahu epistemik siswa kelas XI IPA SMA Karangturi Semarang pada pembelajaran PjBL berbantuan Schoology pada materi turunan fungsi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan concurrent embedded design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA SMA Karangturi Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran berbasis proyek berbantuan Schoology berkualitas baik. Kemampuan – kemampuan yang memperoleh pengaruh dari peningkatan karakter rasa ingin tahu peistemik tersebut diantaranya adalah communicating, mathematizing, representation, reasoning, using symbolic formal and technical operation dan using mathematics tools. Mathematics Literacy is the ability to formulate, apply and interpret mathematics in various contexts, including the ability to do mathematical reasoning and use concepts, procedures, and facts to describe, explain or predict phenomena of events. This study aims to (1) get the information of the learning quality of PjBL with Schoology, and (2) to describe the ability of mathematical literacy and the students epistemic curiosity of grade XI in SMA Karangturi Semarang on PjBL with Schoology on the derivative. This research uses mixed method research with concurrent embedded design. The results showed that students' mathematical literacy skills on project based learning with Schoology get the good quality. The capabilities such influenced by the gaining of epistemic curiosity include communicating, mathematizing, representation, reasoning, using formal symbolic and technical operations and using mathematics tools.
Analisis Kemampuan Literasi Matematika melalui Model Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Open-Ended Winardi, Winardi; Dwijanto, Dwijanto
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.469 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kualitas pembelajaran model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open-ended berbantuan whatsapp, (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran model MMP dengan pendekatan open-ended berbantuan whatsapp di tinjau dari kemampuan awal matematika siswa, dan (3) mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran model MMP dengan pendekatan open-ended berbantuan whatsapp. Jenis penelitian ini adalah mixed methods menggunakan model concurrent embedded dengan sampel penelitian terpilih kelas X MIPA 8 kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 kelas kontrol. Cara pengumpulan data menggunakan metode pemberian tes, angket respon siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran model MMP dengan pendekatan open-ended berbantuan whatsapp memenuhi kategori minimal baik, kemampuan literasi matematika siswa kelompok atas sangat baik, kemampuan literasi matematika siswa kelompok tengah kategori baik, dan kemampuan literasi matematika siswa kelompok bawah kategori cukup baik. Kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran model Missouri Mathematics Project dengan pendekatan open-ended berbantuan whatsapp mencapai kategori baik dengan peningkatan sedang dan respon siswa mencapai kategori baik. Melalui grup diskusi belajar pada whatsapp dapat membantu siswa menyelesaikan tugas yang di berikan guru. This study aims (1) to determine the quality of learning model of Missouri Mathematics Project (MMP) with open-ended approach assisted by whatsapp, (2) to describe students' mathematical literacy skills in learning MMP model with open-ended approach of whatsapp in review of students' early mathemathic skills, and (3) to describe learning independence students on learning MMP model with open-ended approach assisted by whatsapp. The type of research is mixed methods by using concurrent embedded model with selected research sample class X MIPA 8 as an experimental class and class X MIPA 7 as a control class. Methods of data collection use giving tests, questionnaire student response, observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use quantitative and qualitative. The result of the research shows that the quality of learning of MMP model with open-ended approach assisted by whatsapp meets the good minimum category, the extremely good of the ability students' mathematical literacy of the upper class, the good of the students' mathematics literacy ability of the middle category, and the good enough of the students' mathematics literacy ability of the lower class. Student learning independence through learning model of Missouri Mathematics Project with whatsapped aid-oriented open-ended approach achieved good category with moderate improvement and students' response achieved good category. Through the discussion group learning on whatsapp, it can help students to finish the tasks that teachers give.
Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Jigsaw -Probing Prompting dengan Sloa Berdasar Metakognisi Murwati, Sri; Masrukan, Masrukan
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.431 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran Jigsaw metode Probing - Prompting dengan SLOA terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (KPMM); (2) mendeskripsikan KPMM siswa metakognisi tinggi, metakognisi sedang dan rendah. Tipe penelitian mixed method ini adalah concurrent embedded. Subyek penelitian ditetapkan dengan kuesioner dan wawancara metakognisi. Keefektifan pembelajaran didasarkan pada analisis hasil tes KPMM yang diuji dengan Wilcoxon test dan U Mann Whitney test. Hasil analisis kuantitatif, disimpulkan bahwa pembelajaran Jigsaw - Probing Prompting dengan SLOA efektif terhadap KPMM dan pembelajaran tersebut berkualitas baik. Berdasarkan analisis data kualitatif, dideskripsikan (a) KPMM siswa metakognisi tinggi, memenuhi keempat kriteria; (b) KPMM siswa matakognisi sedang, memenuhi dua kriteria; dan (c) KPMM siswa metakognisi rendah, hanya memenuhi satu kriteria, dari empat kriteria KPMM. Beberapa kendala ditemui selama pembelajaran, oleh karenanya disarankan untuk mempersiapkan lembar kerja yang intruksi kerjanya lebih terperinci untuk memudahkan proses probing- prompting dan lebih memonitor peserta didik metakognisi rendah supaya lebih terbiasa melakukan refleksi dan monitoring terhadap penyelesaian masalahnya. The purpose of this research to (1) knowing the effectiveness of Cooperatif Learning Jigsaw - Probing Prompting Whith SLOA to the mathematics problem solving ability; (2) describe the mathematics problem solving ability of students in hight metacognition (SHM), medium metacognitions (SMM) and low metacognitions (SLM). Type mix method in this research is concurrent embedded. The sample determinet of interview and metacognition queisioner. The effectiveness learning is based on the analysis of results the test of mathematics problem solving ability whit Wilcoxon test and U Mann Whitney test. Based on the results of the quantitative data analysis obtained that this learning effective to mathematics problem solving and this learning is good quality. Based on qualitative data analysis, described of the mathematics problem solving ability in (a) SHM that the students meet the four Standard; (b) SMM that the students meet the two Standard; and (c) SLM that students only one standard from four standard of problem solving by NCTM. From obstacles as research recommended so that completed instructions in worksheet for probing- prompting and more attention to students in the low metacognition so get used monitor and reflect on there prosess of mathematical problem solving.
Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Kumalaretna, Wahyu Ning Dewi; Mulyono, Mulyono
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.201 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan karakter kolaborasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran model PjBL dalam pembelajaran materi statistika, mendeskripsikan karakteristik kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran dengan PjBL dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari karakter kolaborasi dalam pembelajaran model PjBL. Metode dalam penelitian ini adalah mixed method dengan desain concurrent embedded yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif secara tidak berimbang. Tehnik pengambilan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji ketuntasan dan uji peningkatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika dengan PjBL diperoleh ketuntasan klasikal melampaui 70%, ketuntasan rata-rata kelas pada pembelajaran PjBL dengan karakter kolaborasi diperoleh dari rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 73,80 lebih dari KKM 67 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,33% telah melampaui 70%; dari uji gain terhadap kemampuan komunikasi matematis dapat diketahui bahwa 27,78 % siswa dalam kategori rendah, 61,11% siswa dalam kategori sedang dan 11,11 % siswa dalam kategori tinggi; terdapat peningkatan karakter kolaborasi dengan uji gain didapatkan peningkatan sebesar 0,49. Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran PjBL dengan karakter kolaborasi terhadap kemampuan komunikasi matematis efektif ditunjukkan dengan tercapainya ketuntasan klasikal dan individual serta terjadinya peningkatan. Karakteristik kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi pada seluruh aspek dalam kategori sangat baik. Pada siswa berkemampuan sedang kategori sangat baik namun dalam aspek keputusan matematis, pertimbangan matematis mendapatkan kategori baik. Pada siswa berkemampuan rendah pada aspek pemikiran matematis, dan keputusan matematis kategori cukup. Saran bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis untuk memperhatikan aspek-aspek lain yang mempengaruhi peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan karakter kolaborasi. This research is motivated by the lack of mathematical communication ability and student collaboration character. The purpose of this study is to describe the effectiveness of learning PjBL model in the learning of statistical materials, describe the characteristics of students mathematical communication skills in learning with PjBL and describe students mathematical communication skills in term of collaboration character in learning model PjBL. This method in this research is mixed method with concurrent embedded design that is combining quantitative and qualitative method unbalanced. Data collection techniques using observation, questionnaires, tests and documentation. Data analysis techniques using the completeness test and improvement test. Based on the research, it is found that the learning of mathematics with PjBL is obtained in excess of 70%, the average of the class on the learning of PjBL with the character of the collaboration is obtained from the average of students mathematical communication ability with the average of 73,80 more than KKM 67 and thr classical is 83,33% has exceeded 70% of gain test on mathematical communication ability to know that 27,78% students in low category, 61,11 % student in medium category and 11,11 % student in high category, there is improvement of character of collaboration with gain test an increase of 0,49. It is concluded that the application of PjBL learning with the character of collaboration on the ability of effective mathematical communication is indicated by the achievement of classical and individual completeness as well as an increase. Characteristic of mathematical communication ability of high ability student on all aspects of the category is very good. In students who are moderately good category but in aspect of mathematical decision, mathematical get good category. In low ability students on aspects of mathematical thinking and mathematical decision categories enough. Sugesstions for other researchers who want to do similar research to pay attention to aspects of other aspects that affect the improvement of mathematical communication skills and collaboration character.
Model Project Based Learning dengan Hands on Activity Berbantuan Media Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smk Kholiq, Abdul; Mariani, Scolastika; Hidayah, Isti
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.603 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh karakteristik perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat dengan model pengembangan Borg and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; (2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, (3) pembelajaran matematika dinyatakan efektif, ditandai dengan tercapainya: ketuntasan klasikal mencapai lebih dari 75%, kemampuan pemecahan siswa dengan pembelajaran PjBL melalui hands on activity lebih baik dari pada kelas konvensional, proporsi ketuntasan individu kemampuan pemecahan siswa siswa dengan pembelajaran PjBL melalaui hands on activity lebih besar dari pada kelas konvensional, keterampilan proses dan karakter cinta budaya wayang berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan proses dan karakter cinta budaya wayang. This study aims to determine the learning instrument being used is valid, practical, and effective. This research is development learning instrument using development models of Borg and Gall. Subject of this research is grade XI student of SMK. The result of the development of learning instruments as follows: (1) a valid learning tool developed; (2) otherwise practical learning tools, (3) learning mathematics is effective marked by the achievement: classical completeness reached the proportion of more than 75%, problem solving abilities of students with learning PJBL through hands on activity is better than the conventional classroom, the proportion of problem solving abilities of students of students with learning PJBL through hands on activity is greater than a conventional classroom, process skills and character to love puppets culture have a positive effect on problem-solving ability, and an increased ability to problem-solving, process skills and character culture to love puppets.
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa pada Model Concept Attainment Aningsih, Aningsih; Sri Noor Asih, Tri
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.073 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran model concept attainment dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari rasa ingin tahu dalam pembelajaran matematika dengan model concept attainment. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan tipe strategi concurent embedded. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran dengan model concept attainment berkategori baik yang ditunjukkan dengan: (1) pada tahap perencanaan, perangkat pembelajaran yang telah disusun valid, (2) pada tahap pelaksanaan, keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik dan mendapatkan respon positif dari siswa, serta (3) pada tahap evaluasi, telah memenuhi uji keefektifan. Selain itu, siswa dengan rasa ingin tahu tinggi sudah mampu mencapai keempat aspek kemampuan pemahaman konsep matematika, sedangkan siswa dengan rasa ingin tahu sedang dan rendah belum mampu mencapai keempat aspek kemampuan pemahaman konsep matematika. The purpose of this research is analyze the learning quality of attainment concept model in improving students' understanding conceptual of mathematics. In addition, this research also analyzes how students' understanding conceptual ability is viewed from the curiosity in mathematics learning with attainment concept model. This research is a combination research (mixed methods) with concurrent embedded strategy type. The results showed that the quality of learning with the attainment concept model uses a well-categorized indicated by: (1) at the planning stage, learning tools that have been compiled valid, (2) at the implementation stage, the implementation of good categorized learning and getting positive response from the students, and (3) at the evaluation stage, has met the effective test. In addition, students with high curiosity are able to achieve the four aspects of the ability understand conceptual of mathematics, while students with medium and low curiosity have not been able to achieve the four aspects of the ability understand conceptual of mathematics
Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Kreatif pada Pembelajaran Synectics Materi Bangun Ruang Kelas Viii Novalia, Eva; Rochmad, Rochmad
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 6 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.08 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik awal kemampuan literasi matematika siswa; (2) keefektifan penerapan model pembelajaran Synectics pada materi bangun ruang sisi datar; (3) karakteristik kemampuan literasi matematika, karakter kreatif, dan keterampilan proses literasi matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran Synectic. Karakteristik kemampuan literasi dilihat dari komponen proses yang meliputi 7 kemampuan dasar matematika yaitu communication, mathematising, representation, reasoning and argument, devising srategies for solving problems, using symbolic, formal and technical language and operation, dan using mathematics tool. Penelitian ini dilakukan dengan metode kombinasi tipe concurrent embedded. Pengambilan subjek penelitian berdasar pada kelas penelitian yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok atas, tengah, dan bawah dengan masing-masing kelompok diambil 2 subjek. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) karakteristik awal kemampuan literasi matematika siswa yaitu siswa kesulitan untuk menyelesaikan soal literasi yang berhubungan dengan dunia nyata yang berbentuk soal cerita; (2) pembelajaran Synectics efektif; (3) Karakteristik kemampuan literasi matematika, karakter kreatif, dan keterampilan literasi matematika siswa setelah pembelajaran Synectics berbeda-beda berdasarkan kelompoknya. This study aimed to analyze: (1) the characteristics of early math literacy skills of students; (2) the effectiveness of the application of learning models Synectics on material geometry flat side; (3) the characteristics of mathematical literacy skills, creative characters, and mathematical literacy process skills of students after learning Synectic. Characteristics of literacy seen from component process that includes seven basic math skills are communication, mathematising, representation, reasoning and argument, devising srategies for solving problems, using symbolic, formal and technical language and operations, and using mathematics tool. This study was conducted using a combination of the type of concurrent embedded. Making the subject of research, based on studies classes are divided into three groups: upper, middle, and lower with each group captured two subjects. The results of the study as follows: (1) the characteristics of students 'early literacy skills of mathematics that students' difficulties to solve the literacy associated with the real world in the form of word problems; (2) Synectics effective learning; (3) Characteristics of mathematical literacy skills, creative characters, and mathematical literacy skills of students after learning Synectics vary based on the group.

Page 1 of 3 | Total Record : 30