cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Primary Education
ISSN : 22526404     EISSN : 25024515     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Primary Education publishes research articles results and conceptual studies in field of elementary mathematics education, science, Indonesian languange and social studies for primary education level. Journal of Primary Education publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of primary education.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2014)" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY & COURSE REVIEW HORAY (DISCO) PADA PEMBELAJARAN LAGU DAERAH NUSANTARA KELAS 5 SEKOLAH DASAR BERBASIS KURIKULUM 2013
Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpe.v3i2.6966

Abstract

abstrakTujuan penelitian untuk mengembangankan perangkat pembelajaran DISCO(Discovery & Course Review Horay) guna mengetahui bentuk/karakteristik, kepraktisan,serta keefektifan dari perangkat pembelajaran. Metode pengembangan dari penelitianini menggunakan metode 4D (Define, Designe, Develope, dan Disseminate). Penelitiandilakukan dengan metode eksperimen dengan teknik percobaan perbandingansempurna dengan pretest, pemberian perlakuan berbeda, dan posttest. Hasil penelitianbahwa bentuk dan komponen perangkat pembelajaran DISCO  valid. Hasil validasiahli, silabus berkategori baik,  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkategoribaik, bahan ajar berkategori sangat baik, dan alat penilaian berkategori baik. Aktivitassiswa memperoleh persentase 86%. Hasil belajar kognitif  kelompok eksperimenmemperoleh rerata 83 dan kelompok kontrol 69. Berdasarkan uji t diperoleh nilait hitung 4,906 > t tabel 2,039, taraf  signifikansi 0,000<0,5 maka dapat disimpulkanada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan kelaseksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil belajar afektif  mencapai 79%. Hasilbelajar psikomotor berkategori baik. Respon  siswa terhadap pembelajaran mendapatrerata 3,3. Jadi dapat disimpulkan bentuk dan karakteristik perangkat pembelajaranDISCO valid, praktis dan efektif  digunakan pada materi lagu daerah nusantara kelas5 Sekolah Dasar kurikulum 2013.abstractConducted research for the development of  learning tools DISCO (Discovery & Course Reviewhoray) with 4D design with the aim of  knowing the shape, caracteristics, practicality, andeffectiveness of  the learning device. The study was conducted with an experimental method with perfect technique comparison with the pretest trial, giving different treatment, and posttest. The results of  the study indicate that the shape and learning the components DISCO valid. expertvalidation results, syllabus categorized either, RPP categorized good value, Excellent teachingmaterials categorized, Good assessment tool category. Activity students are in both categorieswith 86% percentage. Cognitive achievement gain experimental group and the control groupaveraged 83 69. Based obtained by t test t value 4.906> 2.039 t table, significance 0.000 <0.5,it can be concluded that there is a significant difference between the experimental and controlclasses, with better experimental class . The results showed that the affective learning of  positiveresponses reached 79%. Psychomotor learning outcomes of  all groups received either category.The response of  students in learning gets a mean 3.3. Conclusion the study shows that the shapeand DISCO’s caracteristic’s valid, practical and effective to use on the track material archipelago5th grade elementary school 2013 curriculum
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN “TEMA CITA-CITAKU” DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK
Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpe.v3i2.6967

Abstract

AbstrakPengembangan bahan ajar bermuatan nilai-nilai Pancasila dengan menggunakankomik didasari masalah bagaimana mengembangkan bahan ajar yang menarik, dapat berdampak positif terhadap aktivitas, hasil belajar, dan menumbuhkan minat baca,serta menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik. Penelitian ini merupakanR&D. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 01,02,dan 04 Paduraksa tahun pelajaran 2013-2014. Validasi penelitian ini melibatkanahli komik atau media, dan materi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaranmenggunakan bahan ajar bermuatan nilai-nilai Pancasila menggunakan komik,dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 01 dan 02Paduraksa dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) 0,000 pada uji Wilcoxon,menumbuhkan minat baca, dan menanamkan nilai-nilai Pancasila dibuktikan dengannilai pengamatan yang rata-rata nilainya lebih dari 71. Penelitian ini menghasilkanbahan ajar bermuatan nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran tema “Cita-citaku”dengan menggunakan komik.AbstractDevelopment of  teaching materials which is charged with Pancasila values using the comicbased on the problem of  how to develop interesting teaching materials, can have a positiveimpact on the activity, learning outcomes, and increase interest in reading, as well as embedthe values of  Pancasila for students. This study is an R & D. The subjects in this study were thefourth grade students of  SD Negeri 01,02, and 04 Paduraksa 2013-2014. The study validationwas involving comic experts or media, and the material. The results showed learning usingteaching materials charged Pancasila values using comics, can enhance the activity and thelearning outcomes of  students in SD Negeri of  01 and 02 Paduraksa. It is evidenced by Asympvalue. Sig. (2 tailed) of  0.000 on the Wilcoxon test, foster interest in reading, and embed the values of  Pancasila evidenced by the observation that the value of  the average value over 71. The study produced teaching materials charged Pancasila values in the learning of   “My Dreams”theme using comics.
PEMBELAJARAN TARI KREASI BAGI PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpe.v3i2.6968

Abstract

AbstrakPerkembangan motorik pada anak Taman Kanak-kanak lebih terfokus padapenyempurnaan perkembangan keterampilan motorik kasar dan halusnya. Banyak anak menjadi tidak percaya diri dan merasa dikucilkan dari kelompoknya akibatdari keterampilan motoriknya yang tidak berkembang dengan baik. Fisik motorikanak dapat dipacu dengan berbagai macam cara, diantara salah satunya denganpembelajaran tari. Tujuan penelitian: Untuk mendiskripsikan dan menjelaskanproses pengembangan fisik motorik anak dalam pembelajaran tari. Penelitian inimempergunakan metode kualitatif, pengumpulan data berupa observasi, dokumentasidan wawancara. Hasil penelitian: 1) Proses pembelajaran tari menggunakan metodeImitasi dan metode Demonstrasi, 2) Proses pengembangan fisik motorik ketika anakmelakukan gerakan tari. Saran: agar kegiatan pembelajaran tari sebagai kegiatanpembelajaran Intra kurikuler dapat ditingkatkan.abstractMotor development of  children in early childhood were more focused on the improvement of  thegross and fine motor skills development. Many Children become not confident and feel isolatedfrom their peers as a result of  their motor skills are not developed well. Physical child’s motorcan be driven in various ways, among the one with the dance learning The objectives of  theexperiment are to describe and explain process of  children’s physical motor Development in dancelearning. This study uses qualitative approach with observation, documentation, and interviewmethod for collecting data. Results: 1) Physical motor development process in dance learninguses imitation and demonstration method, 2) The process of  physical motor Development whenthe Children doing dance movements. Suggestion: Dance learning activity in kindergarten asintra curricular learning activity has to be increased.
PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DAN KEUTUHAN KELUARGA (STUDI KASUS DI GUGUS MELATI KECAMATAN DUKUH SETI KAB. PATI)
Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpe.v3i2.6969

Abstract

AbstrakHasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua atau pengasuh menggunakan tigapola asuh yaitu a) pola permisif  b) pola otoriter  c) pola demokrasi, namun baikpengasuh maupun orang tua sendiri menggunakan pola asuh demokrasi. Pemilihanpola asuh tersebut disebabkan oleh faktor perilaku sosial anak dipengaruhi oleh faktor  genetika dan lingkungan rumah ( pola asuh , ekonomi keluarga, pendidikan orangtua) dan lingkurang rumah, persepsi lingkungan bahwa lingkungan menganggapperilaku yang dapat diterima dengan baik yaitu perilaku positif  dan perilaku yangnegatif  dampak pola asuh menyebabkan perilaku sosial anak pola asuh permisif kurangnya bersosialisasi otoriter cenderung pendiam hanya mengikuti saja keduanyaterbukti mempunyai dampak yang kurang baik terhadap perilaku sosial anak.  Pola asuh demokrasi yang mempunyai dampak baik untuk perilaku sosial anak. Anakmempunyai banyak teman karena pintar menetapkan diri di lingkungan.AbstractThe results showedthat parentsorcaregiversused thethreeparenting method, namely: a)permissive,b)authoritarian, and c) democracy. Both most caregiversand parentsuseddemocraticparenting. Theuse of  parenting method is influenced by the children’s social behavior. This social behaviouris influenced by the geneticsandthe home environment(parenting method, familyeconomics,parents’ education background) and the surroundings. The environmentperception istheenvironmentconsidered to be acceptable behavior either positive or negative one. Theimpact ofpermissive parentingleads to the lack ofsocializingtowardschildren’s social behavior.Whileauthoritarian parentingcause childrenwilltend tobeintrovert (uncommunicative)andjustfollowthe two of  their parents. These proved tohavea bad impacton social behaviorof children.Democraticparentinghasa goodimpactforthe children’s socialbehavior. Children will have many friendsbecause they are smartsetting themselves in theenvironment.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBENTUK KOMIK DENGAN KARAKTER NASIONALISME BERBASIS ATONG PADA KELAS V SD
Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpe.v3i2.6970

Abstract

AbstrakPengembangan bahan ajar berbentuk komik berkarakter Nasionalisme berbasisATONG ini didasari masalah bagaimana mengembangkan bahan ajar yang menarik,sehingga berdampak positif  terhadap aktivitas, hasil belajar, dan menamkan nilai karakter Nasionalisme pada peserta didik. Penelitian ini merupakan R&D dengandesain penelitian Posttest-Only Control Design Subyek penelitian ini yaitu peserta didikkelas VA, VB, dan VC SD N Krapyak tahun pelajaran 2013/2014. Validasi penelitianini melibatkan ahli media komik, dan materi. Hasil penelitian pembelajaran IPSmenggunakan bahan ajar tersebut, menunjukkan perbedaan hasil aktivitas pesertadidik kelas eksperimen > kelas kontrol dibuktikan dengan skor pengamatan yangrata-rata skor > 25-32,5 kategori baik. hasil belajar peserta didik kelas eksperimen> kelas kontrol dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) 0,000 pada uji-t, danmenanamkan nilai-nilai Nasionalisme pada kelas eksperimen dibuktikan dengan skorpengamatan yang rata-rata 12,5 ≤skor≤ 17,5 kategori baik. Penelitian ini menghasilkanbahan ajar berbentuk komik dengan karakter Nasionalisme berbasis ATONG.AbstractDevelopment of  teaching materialsin the form ofa comic Nationalism character-based Atongisbased on the problemof  howto develop interest teaching materials, so that it creates a positiveimpact on activities, learning outcomes, and the value ofthe character, embed Nationalismcharacter valueson the students. This studyis anR&Dresearch designPosttest-Only ControlDesign.The subjectsof  this studywereVA, VB, andVC classes ofSDNKrapyak2013/2014school year.The validation ofstudy wasinvolvingcomicexperts and media, andmaterials. The results of IPS studiesusing that materials, indicatingdifferent results ofthe activity ofthe experimentalclassstudents >control classwhich were evidenced bythe observation score in averagescore of>25- 32.5either a good category. Student learning outcomes ofexperimental class>  controlclasswiththeevidencedAsympvalue. Sig. (2 tailed) 0.000 int-test, andembedthe values ofnationalismintheexperimental class was evidenced bythe observation score in average12.5≤score≤17.5including a good category. This studyproducesteaching materialsin the form ofacomicwithnationalismcharacter-based, ATONG.
PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG
Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpe.v3i2.6973

Abstract

abstrakPenelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Model Pembelajaran dan PelaksanaanModel Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng, Mengetahui efektifitas Model pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng. Jenis penelitian adalahPenelitian Pengembangan (Research and Development). Metode pengumpulan datamenggunakan: (1) observasi (2) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Model pembelajaran permainan ini diantarkan dengan adanya cerita kisahpermainan cublak-cublak suweng yang dilakukan oleh guru dengan bantuan poster,tema yang diambil tentang negaraku dengan subtema suku bangsa, yang bertujuanmenanamkan nilai-nilai budaya sejak dini, bernyanyi bersama dan menebak (2)pelaksanaan model pembelajaran dilakukan dua pertemua sesuai dengan perangkatpembelajaran, hasil rata-rata skor indikataor kecakapan sosial anak mengalamipeningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. menunjukan  bahwa rataratasikap toleran 2,51(kurang baik) menjadi 2,87 (baik), sikap gigih skor rata-rata  diperoleh 2,49 (kurang baik) menjadi 2,95 (baik), kerjasama skor rata-rata diperoleh 2,55 (baik) menjadi 2,85 (baik), interaksi dan komunikasi diperoleh skor rata-rata 2,64 (baik) menjadi 2,91(baik) (3) Keefektifan model pembelajaran kecakapan sosial  anak menggunakan permainan cublak-cublak suweng berbantuan poster pada anak kelompok B di kecamatan ngaliyan efektif. Keefektifan ini ditujukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan t tes.

Page 1 of 1 | Total Record : 6