cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24778370     EISSN : 24775916     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the scientific paper can be published in this journal.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): Volume 8 Number 1, January 2023" : 6 Documents clear
INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU NARSISTIK Putri Sari; Septya Suarja; Irham Zainuri; Hadi Pajarianto
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): Volume 8 Number 1, January 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v8i1.3807

Abstract

Tiktok adalah media sosial yang saat ini disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa, dan penggunaannya meningkat akhir-akhir ini. Penelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan antara penggunaan media sosial tiktok dengan kecenderungan narsistik. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palopo. Sampel berjumlah 165 mahasiswa. Purposive sumpling digunakan dalam proses pengambilan sampel dengan kriteria subjek adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palopo yang memilki akun tiktok saat ini. Peneliti menggunakan kuesioner (angket) untuk pengumpulan data yang dibuat sendiri yang telah melalui uji plot, skala yang mengukur tingkat penggunaan media sosial tiktok dan narsis digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada uji korelasi intensitas penggunaan media sosial tiktok dan kecenderungan perilaku narsistik sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial tiktok terhadap kecenderungan perilaku narsistik.
KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN SELF AWARENESS Aldini Agniarahmah; Cici Yulia; Hayu Stevani
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): Volume 8 Number 1, January 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v8i1.3409

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya permasalahan siswa yang berkaitan dengan self awareness seperti belum memahami diri sendiri, belum mandiri, tidak percaya diri, belum mampu mengendalikan emosi dan kurang memiliki tanggung jawab pada diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media ular tangga untuk meningkatkan self awareness siswa. Self awareness merupakan kesadaran yang terdapat pada diri seseorang dalam menerima, mengelola dan memahami setiap potensi serta mampu mengambil keputusan sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre- eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test dan post-test design. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kategoris. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji validitas terlebih dahulu dengan menggunakan rumus kolerasi product moment dengan rhitung lebih besar dari rtabel dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha Cronbach dengan memperoleh hasil 0,929 yang berklasifikasi tinggi. Dalam pelaksanaan uji media ular tangga, mendapatkan rata rata pada pre test 58 dan rata rata pada post test 73. Hal ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh pada self awareness siswa dan terdapat peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media ular tangga.
KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN TEORI COGNITIF PADA SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN DI SDIT ROBBI RODIYAH CURUP Beni Azwar
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): Volume 8 Number 1, January 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v8i1.4284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama guru bimbingan konseling (BK) dengan Guru Kelas dalam Penerapan Teori Cognitif pada Santri dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Robbi Rodiyah  Curup  (SDIT RR 1, SDIT RR 2, SDIT RR 3). Penelitian ini dilatarbelakangi rasa penasaran pada sekolah ini yang menggunakan 2 kurikulum (Diknas dan Kemenag) dengan fullday school, dengan tambahan program tahfidz dan para santri memiliki karakter religius, serta dapat menikmati kehidupan sehari-hari efektif (KES). Program tahfidz merupakan program unggulan yang butuh keseriusan, ketekunan dan keikhlasan kerja cognitive yang perlu pengkondisian guru di sekolah. Penelitian ini memakai metode mix method (kuantitatif-kualitatif), data akan diungkapkan dengan angket tentang fase kognitif yang hasilnya dipresentasekan secara kuantitatif dan data akan didalami secara kualtitatif dengan wawancara mendalam (depth interview), observasi dan kemudian akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Pertama; Kerjasama guru BK dan guru kelas sesuai fungsi masing-masing. Guru BK berperan sebagai konsultan dalam memahami permasalahan dari tahapan cognitive santri pmenghafal Al-Qur’an, menjaga semangat santri, pengkondisian dan perlakuan orang tua di rumah. Sedangkan guru kelas sebagai pemegang kendali dalam mengontrol hafalan santri dan kordinasi dengan orang tua santri. Kedua; Bentuk Kerjasama yang melibatkan orang tua adalah; buku kendali hafalan, parenting dan pengajian rutin, konseling, serta orang tua harus berakhlakul khorimah.
ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA YANG CURHAT DI MEDIA SOSIAL Nurul Hidayah; Annisa Arrumaisyah Daulay
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): Volume 8 Number 1, January 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v8i1.4296

Abstract

Kepercayaan diri merupakan sebuah keyakinan individu terhadap berbagai kelebihan yang dimiliki yang membuat seseorang merasa mampu untuk mencapai tujuan. Belakangan ini fenomena curhat di media sosial menjadi sesuatu yang dianggap biasa bagi kalangan muda khususnya mahasiswa hal tersebut tentu erat kaitannya dengan percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  tingkat rasa percaya diri pada mahasiswa yang curhat di media sosial. Penelitian ini mengggunakan metode kuantitaif deskritif. Sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa dari berjumlah 40 orang instrumen penelitian menggunakan angket kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang curhat di media sosial memiliki hasil yang signifikan dengan perolehan nilai 25 poin hal ini berarti tingkat kepercayaan diri mahasiswa yang curhat di media sosial memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dan skor tertinggi berada pada indokator berani menerima dan menghadapi penolakan dari orang lain. Mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi bisa dengan mudahnya mencurahkan semua permasalahan yang sedang ia hadapi tanpa memikirkan efek negtif dari hal tersebut.
ANALISIS BAKAT DAN MINAT REMAJA BERDASARKAN HASIL TES STIFIn MEDAN Nanda Nur Sakinah; Dika Sahputra
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): Volume 8 Number 1, January 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v8i1.4323

Abstract

Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bakat dan minat tersendiri yang dimiliki, semua hal tersebut dijalani dan diimplementasikan sesuai karakter individu serta dibantu dengan adanya motivasi dalam diri dan support dari lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini ialah membahas bagaimana bakat dan minat seseorang melalui hasil tes mesin kecerdasan atau STIFIn serta menganalisa potensi individu sesuai MK nya. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif yang menjadikan promotor STIFIn sebagai informan penelitian. Alat instrumen penelitian ialah dari hasil data lapangan serta informan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi data yang pada umumnya menggabungkan berbagai teori dan data yang ada, sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dan observasi lapangan saat tes berlangsung. Hasil yang pasti dari penelitian ini ialah bakat dan minat remaja tentu berbeda sesuai mesin kecerdasannya, seperti dari segi aktifitas dan cara memotivasinya. Kesimpulan penelitian yang didapat bahwa setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda disebabkan lapisan atau belahan otak dominannya, adanya kesenjangan terjadi diakibatkan pola asuh orangtua, faktor lingkungan, dan golongan darah yang mempengaruhi karakter individu.
ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN Nurul Hidayah; Saiful Akhyar Lubis
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): Volume 8 Number 1, January 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v8i1.4317

Abstract

Kajian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui kompetensi atau kemampuan professional guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Panyabungan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dan melakukan wawancara secara mendalam dengan tanya jawab kepada 10 orang informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan siswa di SMK Negeri 1 Panyabungan. Pada penelitian ini yang menjadi instrument kunci adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipatif, wawancara mendalan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah semua data diperoleh, meliputi reduksi data, penyajian data dalam bentuk prosa naratif, penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Menggunakan observasi, wawancara, dan catatan tertulis. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2023, penelitian dilakukan selama seminggu. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Panyabungan. Studi ini menemukan bahwa guru bimbingan dan konseling di sekolah memiliki empat kompetensi sebagai berikut: keterampilan sosial, keterampilan profesional, keterampilan kepribadian, dan keterampilan untuk mengajar. Empat kompetensi telah dilaksanakan untuk memastikan bahwa guru bimbingan dan konseling di sekolah tetap memberikan pengasuhan yang sebaik mungkin bagi siswanya. Di sekolah-sekolah tersebut, penggunaan keterampilan mengarahkan dan membimbing pendidik dapat meningkatkan kemampuan dan kelangsungan hidup siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6