cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Inovasi
ISSN : 14115549     EISSN : 25276220     DOI : -
The Journal contains the original article of the research related to the problem areas of Agricultural Production, Animal Production, Agribusiness Management, and Agricultural Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2015): Agustus" : 9 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PENULISAN ABSTRAK BERBAHASA INGGRIS PADA BEBERAPA JURNAL DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER Agus Setia Budi
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.48

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran secara jelas dan tepat tentang kemampuan dosen dalam menulis abstrak dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan gramatikal apa saja yang terdapat dalam penulisan abstrak berbahasa Inggris pada beberapa jurnal di lingkungan Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran tentang gambaran yang tepat tentang jenis-jenis kesalahan penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing oleh dosen dalam menulis abstrak berbahasa Inggris.  Penelitian ini dimulai dari masalah (problem) dan landasan teori. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu berupa tulisan abstrak berbahasa Inggris dari dari artikel yang dimuat pada beberapa jurnal yang ada di lingkungan Politeknik Negeri Jember. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan sampling acak strata (Stratified Random Sampling). Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan Teknik Analisa Diskriptif (Descriptive Analysis Technique).
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PROLL TAPE PADA UD. PRIMADONA JEMBER Shanti Maulina Ningrum; Ratih Puspitorini Y. A.; Wenny Dhamayanthi
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.34

Abstract

This research title is Factors - Factors Affecting Purchase Decision  Proll Tape in UD. Primadona Jember .The purpose of this research is to analyze and test the effect of independent variables simultaneously, partially and the variables that affect the dominant on purchasing decisions proll tape. This study took a sample of 40 respondents. Data were analyzed using statistical software SPSS version 16 with multiple linear regression model. Before analyzing the multiple linear regression to tested the validity and reliability. The results of the research conducted showed that regression testing F test showed that all independent variables have a significant effect on purchasing decisions. Regression testing test showed that the independent variables that affect the purchasing decisions of the variable packaging. While independent variables were not significant effect of variable price and taste. Dominant variable in affecting purchasing decisions in UD. Primadona is variable packaging.
PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNTUK MENILAI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM BERPIDATO PERSUASI (PERSUASIVE SPEECH) DI PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS, JURUSAN BAHASA, KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER Enik Rukiati
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.44

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Kegiatan penelitian difokuskan pada pengembangan model yang berupa rubrik penilaian (scoring rubric) untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasi ( persuasive speech ) pada mata kuliah speaking 4.  Pengembangan rubrik penilaian ini sangat diperlukan baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Rubrik penilaian memberikan kemudahan bagi dosen untuk memberikan penilaian atas keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas berdasarkan kreteria penilaian telah dibuat dan diketahui mahasiswa.  Bagi mahasiswa, pengembangan rubrik penilaian ini memberikan kemudahan bagi mereka untuk mempersiapkan diri dalam menyelesaiakn tugas yang diberikan kepadanya sesuai dengan kreteria yang telah ditentukan dalam rubrik penelilaian. Disamping itu, mahasiswa dapat mengetahui kelemahan dari performa mereka sebagai bahan kajian dan perbiakan unutk melakukan kegitaan berikutnya.                Pengembangan rubrik ini melibatkan beberapa pihak diantaranya pemegang kebijakan di program studi,, ahli bahasa, dosen mata kuliah bahasa Inggris dan mahasiswa program studi bahasa inggris. Semua pihak tersebut terlibat dalam pengumpuan data, analisa produk dan validasi ahli terhadap produk yang telah dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisa dan jabarkan secara deskriptif untuk menjadi dasar dalam pengembangan model.Rubrik penilaian dikembangkan dengan mengikuti model pengembangan dari Tessmer (1993). Pada model pengembangan ini, penelitian difokuskanpada 2 tahapyaitutahappreliminary dantahapformative evaluation. Tahap formative evaluationmeliputiself evaluation, prototyping (expert reviews danone-to-one, dansmall group), sertafield test. Dengan model pengembangan ini, diharapkan model penilaian yang dihasilkan benar-benar telah melalui tahapan-tahapan yang benar-benar sesuai dengan keingan dan kebutuhan serta karakter khusus dari mahasiswa sehingga dapat secara efektif  dipakai untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasif (persuasive speech).  
ANALISIS KEBUTUHAN (NEED ANALYSIS) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KHUSUS (ESP) PADA KELAS MANAJEMEN AGROINDUSTRI Dyah Aju Hermawati
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.45

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Inggris dengan ESP (English for Specific Purposes)  pada pendidikan tinggi sering kali berjalan kurang maksimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perencanaan pembelajaran sehingga pembelajaran berlangsung tidak relevan dengan bidang  ilmu yang mereka ampu. Untuk itu diperlukan adanya perencanaan pembelajaran yang akan dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan khusus. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan kebutuhan  mahasiswa terhadap bahasa  Inggris  ESP. Hal ini perlu dilakukan agar materi pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan khusus (ESP) yang diterima mahasiswa  sesuai dengan bidang ilmu yang mereka ampu maupun bidang pekerjaan yang akan mereka tekuni. Penelitian ini berdasarkan  pendekatan deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Agroindustri angkatan 2012/2013 Politeknik Negeri Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, angket dan melakukan wawancara langsung. Kemudian data yang didapat akan diklasifikasikan sehingga kebutuhan mahasiswa Manajemen Agroindustri (MID) terhadap pembelajaran bahasa Inggris bisa diidentifikasi, kemudian akan dideskripsikan. Hasil penelitian ini akan digunakan acuan untuk penelitian berikutnya, yaitu perencanaan silabus  maupun pengembangan materi atau bahan ajar untuk bahasa Inggris ESP.
Pengaruh Sikap, Motivasi dan Metode Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada MKDU Bahasa Inggris Di politeknik Negeri Jember Cholimatus Zuhro
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.39

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang terjadi di lapangan sepert 1. Sikap mahasiswa terhadap Mata kuliah dasar Umum Bahasa Inggris, 2. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa, 3. Kurangnya keikut sertaan mahasiswa dalam proses belajar mengakjar MKDU Bahasa Inggris, 4. Metode mengajar yang digunakan dosen belum dapat membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, motivasi  dan metode mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah dasar Umum Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini  adalah 80 mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak proporsional random sampling. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara sikap, motivasi dan metode mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata Kuliah dasar Umum Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jember. Besar pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar adalah 34%, motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 31% dan metode mengajar terhadap hasil belajar adalah 5%. Sisanya yaitu sebesar 30% dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti dari faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan kampus dan faktor lingkungan masyarakat yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Analisis Diskors Kurikulum dan Pedagogi pada Mata Kuliah Bahasa Inggris dalam Konteks Interdisipliner di Politeknik Negeri Jember Adriadi Novawan
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.46

Abstract

Artikel ini melaporkan hasil studi kasus yang meneliti realita kurikulum Bahasa Inggris dalam konteks kurikulum induk yang menaunginya dan implementasinya ditingkat pedagogi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi pedagogi telah sesuai dengan kebijakan pada kurikulum induknya. Framework yang dipergunakan khususnya menganalisa hubungan antara curriculum as written, curriculum as taught, dan curriculum as experienced. Penelitian ini dilandasi prinsip naturalistic inquiry yang mengutamakan eksplorasi terhadap realita alami tanpa modifikasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara dan focus group discussion dan dianalisa dengan menggunakan metode Immersion/Crystallisation (I/C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa realita curriculum as written bersifat implisit dan terbuka, curriculum as taught mewakili konsep weak framing, dan curriculum as experienced cenderung mengutamakan terbentuknya self-confidence dan intrinsic motivation ketimbang pencapaian materi. Implikasi penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum dan pedagogi kedepan adalah bahwa realita kuatnya weak classification pada curriculum as written dan weak framing pada curriculum as taught akan menyebabkan sulitnya standarisasi kompetensi bahasa dalam kerangka konvergen dengan mengikuti standar yang direkomendasikan. 
HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN-PEMULIHAN DENGAN KADAR HEMOGLOBIN DAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JELBUK KABUPATEN JEMBER) Dahlia Indah Amareta
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.25

Abstract

Gizi ibu yang buruk sebelum maupun saat kehamilan akan berisiko melahirkan bayi dengan BBLR, gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, serta risiko kesakitan dan kematian. Salah satu upaya yang dilakukan dalam menurunkan angka BBLR adalah dengan PMT-Pemulihan pada ibu hamil KEK. Tujuan penelitian menganalisis hubungan antara PMT-Pemulihan dengan kenaikan berat badan dan kadar Hb pada ibu hamil KEK.Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional, melibatkan subjek penelitian sejumlah 38 orang ibu hamil KEK. Variabel bebas adalah PMT-Pemulihan pada ibu hamil KEK, variabel terikat meliputi kenaikan berat badan dan kadar Hb. Uji hubungan dilakukan dengan menggunakan uji Kruskal wallis pada taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan responden berada pada rentang umur 14-37 tahun dengan rerata 20,45 tahun, LILA berada pada rentang 20-23 cm dengan nilai rerata 21,87±1,0 cm. Paritas bervariasi mulai 1 hingga 4. Rerata kenaikan berat badan trimester 3 yaitu 4,48±3,2 kg dengan kenaikan tertinggi sebesar 12 kg dan nilai terrendah yaitu -0,5 kg artinya terdapat penurunan berat badan sebesar 0,5 kg. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara PMT-Pemulihan dengan kenaikan berat badan ibu hamil KEK (p=0,007), tidak terdapat hubungan antara PMT-Pemulihan dengan kadar Hb (p=0,097). 
ANALISA DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING (BAHASA INGGRIS} TAMAN KANAK -KANAK DI KABUPATEN JEMBER Suyik Binarkaheni
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran umum implementasi kurikulum bahasa  Asing (Bahasa Inggris) di sekolah Taaman Kanak – kanak di kabupaten Jember. Khususnya tentang profil guru,proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran di sekolah Taman kanak –kanak di kabupaten Jember Kebutuhan masyarakat akan pentingnya penguasaan bahasa asing membuat berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, khususnya pada pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadikan penguasaan bahasa asing menduduki posisi dan peranan yang penting dalam kurikulumnya. Hal ini disebabkan karena banyak orang percaya bahw a pembelajaran sebagai bahasa asing/kedua apabila dimulai pada usia dini akan memberikan hasil yang lebih baikDi Jember, telah memulai banyak menawarkan  pembelajaran bahasa asing terutama Inggris, Arab dan Mandarin . Bagi penyelengara hal ini memberikan informasi tentang tingkat kebutuhan isi dari kurikulum dan profil guru yang diharapkan masyarakat. Bagi Guru gambaran ini menginformasi tentang kebutuhan masyarakat akan  latar belakang tingkat pendidikan guru , teknik mengelola kelas dan performa mengajar .. Bagi orang tua hal ini akan menginformasi tentang isi dan implementasi dari kurikulum sekolah putra putri mereka.Populasi penelitian ini adalah sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) yang mengajarkan bahasa asing. Karena banyaknya sekolah yang sudah mengajarkan bahasa asing di TK, maka sample diambil secara cluster random sampling technique. Target popluasi adalah guru .Karena esensi metode penelitian evaluasi adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kinjera atau perfoma sebuah program yang telah dijalankan atau diimplementasikan. Metode  penelitian   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini   adalah   metode penelitian evaluasi karena hasil implentasi kurikulum sudah dicapai akan dibandingkan dengan seperangkat keberhasilan yang diharapkan yang termaktub dalam kurikulum. 
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PARAGRAF ARGUMENTASI MAHASISWA JURUSAN NON BAHASA INGGRIS POLITEKNIK NEGERI JEMBER Yuslaili Ningsih
Jurnal Ilmiah Inovasi Vol 15 No 2 (2015): Agustus
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jii.v15i2.43

Abstract

Berlatar belakang dari kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris seperti kurangnya  penguasaan kosakata, struktur kalimat, serta penulisan kalimat dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa di jurusan-jurusan non bahasa Inggris, artikel ini bertujuan untuk  membahas analisis kesalahan siswa dari beberapa aspek penulisan paragraf argumerntasi yang benar terhadap mahasiswa non bahasa Inggris Politenik Negeri Jember. Analisis ini mengenai pengukuran jenis dan frekuensi kesalahan dalam penulisan paragraf argumentasi. Hal ini sangat berguna dalam mengetahui gagasan sekaligus kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi.  Analisa data penelitian ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi kesalahan atau penyimpangan yang dibuat siswa terhadap aspek-aspek penulisan paragraf argumentasi seperti pemakaian kosakata, grammar/struktur kalimat, isi serta pengorganisasian paragraf. Dari hasil analisa kesalahan yang terjadi dapat diketahui kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa Inggris serta kecenderungan terhadap salah satu aspek apa yang mempunyai frekuensi kesalahan tertinggi ataupun terendah dalam penulisan paragraf agrumentasi. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah descriptif quantitatif dengan sistem perhitungan statistik sederhana, sedangkan pengambilan sampel dilakukan seara acak terhadap perwakilan. Hasil dari analisa ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada dosen bahasa Inggris sebagai tolok ukur pengembangan bahan ajar serta metode pengajaran yang akan diberikan dalam mata kuliah bahasa Inggris terutama writing. Disamping itu artikel ini diharapkan dapat memberikan feedback terhadap mahasiswa sebagai pembelajaran dan pengetahuan tentang penulisan paragraf argumentasi dalam bahasa Inggris.

Page 1 of 1 | Total Record : 9