cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Published by Universitas Pasundan
ISSN : -     EISSN : 25490486     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari planet bumi mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung, maka artikel yang dimuat didalam jurnal BIOSFER senantiasa mencakup proses kehidupan yang ada di planet bumi. BIOSFER terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
Inovasi Cairan Penyanitasi Tangan Dari Bahan Alami Dhanang Puspita; Francies Seva Gentaarinda; Irene Maria Lidi; Shara Refla; Nataniel Widyantoro Nugroho; Fransiska Thalita Kusumaningtyas
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/biosfer.v6i1.3956

Abstract

Abstrak Tangan sangat rentan terkontaminasi bakteri patogen. Personal higiene diperlukan untuk mencegah infeksi bakteri patogen dengan cara mencuci tangan atau menggunakan cairan penyanitasi tangan. Cairan penyanitasi tangan biasanya terbuat dari alkohol dan triklosan, namun dalam jumlah besar akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Cairan penyanitasi tangan dari bahan alam dapat menjadi alternatif, karena tidak menimbulkan iritasi. Sirih, serai merah, sirih hijau, dan bunga lawang memiliki senyawa antimikroba. Tujuan dari penelitian ini adalah inovasi pembuatan cairan penyanitasi tangan dari bahan alami. Dari hasil penelitian didapatkan, bahan alami tersebut memiliki kemampuan antimikroba yang dibuktikan dengan uji antimikroba dengan kekuatan sedang. Dengan demikian bahan alam tersebut dapat dijadikan sebagai carian penyanitasi tangan, meskipun kekuatannya masih dibawah alkohol 70% dan cairan penyanitasi tangan komersial yang beredar di pasaran, sehingga masih perlu upaya untuk meningkatkan efektifitas antimikroba. Kata kunci: antimikroba, bahan alam, penyanitasi tangan.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Ervina Mukharomah; Saleh Hidayat; Sapta Handaiyani; Ade Kartika
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/biosfer.v6i1.3973

Abstract

Abstrak Penelitian yang berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap nilai mahasiswa Prodi Biologi Universitas Muhammadiyah Palembang yang mengambil mata kuliah Pengetahuan Lingkungan. Penelitian ini telah dilakukan di FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Dari hasil penelitian yang diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat nyata di dalam penerapkan model pembelajaran PBL terhadap nilai kognitif mahasiswa yang dilihat dari nilai sebelum diberikan perlakuan dibandingkan nilai yang telah diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai Pre-test dan Post-test memiliki nilai signifiansi sebesar 0,530 artinya sig > dari 0,05. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pengetahuan Lingkungan, Pre-test dan Post-test
Membangun Karakter Mandiri melalui Pembelajaran Biologi Selama Masa Pandemi Covid-19 Neni Suherni
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/biosfer.v6i1.4099

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19, dimulai dari mulai Juli 2020 sampai bulan September 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kuningan tahun pelajaran 2020/2021, yang terdiri 33 siswa. Hasil penelitian melalui pembelajaran Biologi menunjukan masih rendahnya kemandirian belajar siswa sebesar 35,7% siswa yang selalu berusaha untuk mengerjakan sendiri tugas-tugas dari sekolah selama masa pandemi Covid-19. Serta sebesar 39,3% siswa yang sering berusaha untuk mengerjakan tugas tepat waktu selama masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Peran guru, orang tua serta sekolah untuk member motivasi kepada peserta didik..
Profil Kemampuan Argumenasi Siswa Mengenai Isu Sosiosaintifik dalam Pembelajaran Online Rifda Tanfiziyah; Diana Rochintaniawati
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/biosfer.v6i1.4081

Abstract

Salah satu tuntutan pembelajaran abad 21 adalah siswa dibiasakan untuk dapat berpikir kritis dan memecahkan masalah. Penerapan pengetahuan dan konsep ilmiah dalam kehidupan sehari-hari merupakan realisasi dari perolehan pengetahuan di sekolah. Ada beberapa cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis salah satunya melalui keterampilan berargumentasi dalam isu sosiosiantifik. Isu sosiosaintifik merupakan isu yang menggambarkan masalah social masyarakat yang berhubungan dengan suatu konteks konseptual, prosedural dan teknologi terhadap sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan argumentasi siswa pada pembelajaran biologi khususnya mengenai isu sosiosaintifik dalam pembelajaran online. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan snow ball sampling. Instrumen yang digunakan menggunakan tes berupa essay dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi siswa menggunakan claim ketika berargumentasi (68%), didukung oleh data (28%), backing (10%), qualifier (5%) sedang presentase kemunculan warrant dan rebuttal (0%). Kemampuan argumentasi siswa paling tinggi berada pada level 3 dengan dominasi pendukung claim terbanyak yaitu data/konsep ilimah dan pengalaman maupun pengamatan pribadi terhadap lingkungan. Kata kunci: Kemampuan Argumentasi, Isu Sosiosaintifik, Biologi
Modifikasi Biosand Filter Pasir Gumuk sebagai Upaya Pengolahan Air Sungai Gadjahwong Yogyakarta Ardyan Pramudya Kurniawan; Maizer Said Nahdi; Siti Aisah
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/biosfer.v6i1.4135

Abstract

Abstrak Air memiliki peranan penting bagi manusia, untuk keperluan sehari – hari (minum, mandi, memasak, pertanian, peternakan, dan mencuci). Bertambahnya jumlah penduduk Yogyakarta setiap tahun, menyebabkan meningkatnya kebutuhan air bersih. Sumber air dapat diperoleh dari air laut, mata air, danau dan air sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kualitas perairan Sungai Gadjahwong ditinjau dari parameter fisik, kimia, biologis, dan kandungan logam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu modifikasi biosand filter menggunakan pasir gumuk dirangkai melalui proses penampungan air dan reverse osmosis. Hasil pengujian air dilakukan di laboratorium kimia terpadu Universitas Islam Indonesia, secara fisik perairan dapat menurunkan nilai residu tersuspensi (TSS) 67 mg/L menjadi 21.5 mg/L, dan menurunkan turbiditas (kekeruhan) dari 9.12 NTU menjadi 0.88 NTU. Sedangkan secara kimiawi dapat meningkatkan nilai dissolve oxygen (DO) dari 4.37 mg/L menjadi 5 mg/L; menurunakn kadar Klorida (Cl-) dalam perairan dari 14.1 mg/L menjadi 4 mg/L; dan menurunkan kadar detergen 0,28 mg/L menjadi 0,14 mg/L. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa modifikasi biosand filter menggunakan pasir gumuk dapat meningkatkan kualitas perairan secara fisik dan kimiawi. Kata Kunci: Biosand filter, Pasir Gumuk, Sungai Gadjahwong, reverse osmosis Abstract Water has an important role for humans for daily needs (drinking, bathing, cooking, agriculture, animal husbandry, and washing). In addition, the increasing number of residents of Yogyakarta every year causes an increase in the need for clean water. Water sources can be obtained from seawater, springs, lakes, and river water. This study aims to study the water quality of the Gadjahwong River in terms of physical, chemical, biological, and metal content parameters. The method used in this research is a modified sand filter using dune sand assembled through a water storage process and reverse osmosis. The results of water testing carried out at the integrated chemical laboratory of the Islamic University of Indonesia, physically water can reduce the value of suspended residue (TSS) 67 mg/L to 21.5 mg/L and reduce turbidity (turbidity) from 9.12 NTU to 0.88 NTU. Meanwhile, chemically it can increase the dissolved oxygen (DO) value from 4.37 mg/L to 5 mg/L; decrease Chloride (Cl-) in the waters from 14.1 mg/L to 4 mg/L, and reduce detergent levels from 0.28 mg/L to 0.14 mg/L. This research concluded that modification of sand filter using dune sand could improve water quality physically and chemically. Keywords: Biosand filter, Pasir Gumuk, Gadjahwong River, reverse osmosis
Belajar melalui Video untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Guru IPA Indrie Prihastuti; Ari Widodo; Liliasari .; Riandi .
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/biosfer.v6i1.4210

Abstract

Berpikir kritis dalam memecahkan masalah merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran. Agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang diperlukan guru yang memiliki keterampilan berpikir kritis pula. Keterampilan berpikir kritis ini dapat belajar melalui kegiatan pelatihan guru. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kritis guru setelah mengikuti pelatihan berbasis video. Video digunakan sebagai sumber belajar utama dalam pelatihan ini. Subjek penelitian ini adalah 44 orang guru IPA SMP. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan platform google classroom. Peserta mempelajari 8 segmen video secara bertahap tentang delapan keterampilan berpikir kritis. Setelah mempelajari setiap segmen video, peserta diberikan pertanyaan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis mereka. Seorang pelatih ditugaskan untuk mengatur jalannya pelatihan dan memberikan umpan balik terhadap hasil kerja peserta. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berpikir kritis adalah 54.19 (SD=14). Meskipun hasil yang didapatkan peserta belum optimal, pemanfaatan video patut untuk dipertimbangkan sebagai alternatif kegiatan pelatihan guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 6