cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka, Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
ISSN : 23023341     EISSN : 26226774     DOI : Prefix 10.24036/cived
Core Subject : Engineering,
Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan pengamat di bidang teknik sipil termasuk struktur, manajemen konstruksi, manajemen sumber daya air, transportasi, geoteknik, rekayasa lingkungan dan pembelajarannya.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019" : 19 Documents clear
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH DAN TEKNIK PONDASI Rehan Muhammad Aidil; Yuwalitas Gusmareta, S.Pd, M.Pd.T
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.714 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106227

Abstract

Abstrak - Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi adalah waktu yang digunakan untuk praktikum tidak cukup serta keterbatasan pada alat, media, dan kapasitas laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada Materi Pengujian Pemadatan Tanah pada laboratorium dan lapangan dalam bentuk CD. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk pada video tutorial pengujian pemadatan tanah di laboratorium (standard proctor) oleh ahli materi memperoleh skor 2,88 pada aspek materi masuk kategori baik dan 3,67 pada aspek pembelajaran masuk kategori sangat baik. Ahli media menilai 3,43 pada aspek tampilan video dan 4,00 pada aspek pemrograman masuk kategori sangat baik. Sedangkan pada video tutorial pengujian pemadatan tanah di lapangan (sand cone) oleh ahli materi memperoleh skor 3,00 pada aspek materi dan 3,67 pada aspek pembelajaran masuk kategori sangat baik. Ahli media menilai 4,00 pada aspek tampilan video dan pemrograman masuk kategori sangat baik. Penilaian 29 mahasiswa mendapat nilai rata-rata 3,38 masuk kategori sangat baik untuk kedua video tutorial. Berdasarkan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik. Kata kunci: video tutorial, media pembelajaran,pemadatan tanah, laboratorium.
ANALISIS KEBUTUHAN DOSEN DENGAN PENDEKATAN FORECASTING JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG Aditiya Matra; Prof. Dr. M.Giatman,MSIE
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.623 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106218

Abstract

Abstrak- Jumlah beban mengajar dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009, serta tidak idealnya rasio antara dosen dan mahasiswa menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang pada tahun akademik 2018/2019 hingga tahun akademik 2023/2024 yang ideal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalahtenaga dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data pada penelitian ini adalah data sekunder yaitu jumlah mahasiswa dan dosen pada Jurusan Teknik Sipil. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan studi dokumentasi untuk memperoleh data jumlah mahasiswa dan dosen di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Teknik analisis data menggunakan rumus yang berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi.Hasil analisis menunjukkan pada tahun akademik 2018/2019, Jurusan Teknik Sipil kekurangan 8 orang dosen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Jurusan Teknik Sipil membutuhkan 13 orang dosen pada tahun akademik 2023/2024.Kata kunci: Analisis Dosen, Kebutuhan Dosen.
PENGEMBANGAN GEDUNG JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG Ryan Viazi; Faisal Ashar, P.hD
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1366.857 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106232

Abstract

Abstrak - Perancangan ini dilatarbelakangi oleh terus berkembangnya jumlah mahasiswa, jumlah dosen dan jumlah prodi di Jurusan Teknik Sipil sehingga tuntutan kebutuhan ruangan tidak dapat terpenuhi oleh bangunan lama. Oleh karena itu dilakukan pengembangan gedung Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.Perancangan gedung jurusan ini dimulai dengan tiga tahapan yaitu pemograman, perencanaan dan perancangan. Pemograman adalah pengumpulan data terkait objek perancangan dengan cara observasi, wawancara dan survey lapangan. Kemudian perencanaan adalah pengolahan data yang telah terkumpul dan menggunakan berbagai pertimbangan, permintaan khusus dan peraturan yang berlaku hingga dilakukan proses perancangan gedung.Gedung jurusan yang direncanakan memiliki luas tanah sebesar 3220 m² dengan ketinggian bangunan 4 lantai. Bangunan ini terdiri dari 1 unit ruang interaksi, 19 unit ruang kelas, 1 unit gudang, 1 unit kantor, 4 unit ruang labor, 2 unit ruang rapat, 2 unit ruang sidang, 1 unit perpustakaan, 1 unit ruang olah raga ringan, 1 musholla dan ruang selter. Biaya dari pembangunan ini diperkirakanRp33.783.524.000,00 (tiga puluh tiga miliar tujuh ratus delapan puluh tiga juta lima ratus dua puluh empat ribu rupiah).Kata kunci: Pengembangan, Gedung, Jurusan
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2018 Hendra Saputra; Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.177 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106223

Abstract

Abstrak- Minat mahasiswa memilih Prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP merupakan pemusatan keputusan berdasarkan stimulus, kebutuhan pendidikan, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk memilih Prodi Pendidikan Teknik Bangunan sebagai lanjutan studi pada mahasiswa angkatan 2018.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, sampel penelitian ini sebanyak 50 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu pengambilan sampel dengan jumlah yang sama dengan populasi. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang terdiri 4 buah jawaban dan 66 item pernyataan. Teknik analisa data yang digunakan metode analisis faktor dengan ekstraksi variabel hingga menjadi satu atau beberapa faktor dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tujuh faktor pembentuk minat mahasiswa terhadap faktor-faktor memilih Prodi PTB  FT-UNP, yaitu: faktor diri pribadi, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sosial, faktor physical evidence, faktor fisik, faktor level gaya hidup, dan faktor persepsi. Dari ketujuh faktor yang mempengaruhi mahasiswa yang paling besar yaitu faktor diri pribadi yang dibentuk dari faktor: umur dan tahapan siklus, motivasi, minat, cita-cita, intelegensi, perhatian, bakat, motif, kematangan, dan kesiapan. Kata kunci: faktor, minat, Prodi PTB.
HUBUNGAN ANTARA MASA STUDI DENGAN BIAYA PENDIDIKAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG TAHUN 2019 Reno Aji Saputra; Oktaviani, ST, MT
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1119.705 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106228

Abstract

Abstrak–Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dan seberapa besar hubungan antara masa studi dengan biaya pendidikan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) tahun masuk 2013 dan 2014. Adapun masalah tersebut dilatarbelakangi rendahnya angka jumlah lulusan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP yang menyelesaikan studi dengan waktu normal. Salah satu faktor penyebabnya yaitu adanya kekecewaan mahasiswa ketika mendaftar dari Prodi Pendidikan Teknik Bangunan notabene dari Fakultas Teknik, namun kenyataannya mereka setelah lulus gelar yang diperoleh Sarjana Pendidikan padahal, backgroundberasal dari Fakultas Teknik sehingga keinginan mahasiswa untuk menyelesaikan masa studi relatif rendah. Penelitian ini menggunakan metodekorelasional denganmenggunakan pendekatanexpost - facto. Teknikpengumpulan data menggunakan dokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukanbahwa; (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara masa studi dengan biaya pendidikan tahun masuk 2014 dengan N = 90 pada taraf signifikansi 5 %, jika  lebih besar dari  (0,355 >0,207), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara masa studi dengan biaya pendidikan tahun masuk 2013 dengan N =82 pada taraf signifikansi 5 %, jika  lebih besar dari  (0,316 >0,217).Kata kunci:Biaya Pendidikan, MasaStudi, Pendidikan Teknik Bangunan
KONTRIBUSI PENGALAMAN BERORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TAHUN MASUK 2015 Agid Darwis permata Bunda; Prof. Dr. M.Giatman,MSIE
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.056 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106219

Abstract

Abstrak­— Setiap perguruan tinggi memiliki organisasi sebagai tempat untuk mengasah softskill dan pengalaman mahasiswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan seberapa besar kontribusi pengalaman berorganisasi kemahasiswaan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa prodi pendidikan teknik bangunan tahun masuk 2015. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Korelasional. Penelitian ini dilakukan di jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi prodi Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2015 yang telak menyelesaikan Program Prakek Lapangan Kependidikan (PPLK). Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket. Sedangkan Teknik Sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Pada penelitian ini jumlah sampel sebanyak 36 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis deskriptif, 2) Uji Normalitas dan Linearitas, dan 3) Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi Pengalaman Berorganisasi Kemahasiswaan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Tahun Masuk 2015 dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,364 dan persentase kontribusi sebesar 13,25 %.Kata Kunci: Pengalaman Berorganisasi, Kesiapan Mengajar.
HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PELAJARAN PENGAWASAN KONSTRUKSI DAN PROPERTI KELAS XI BKP SMK NEGERI 2 SIJUNJUNG Wahyu Illahi Ramadhan; Drs. Iskandar G. Rani, M.Pd
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.987 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106233

Abstract

Abstrak - Penelitian ini adalah korelasional, yaitu penelitian yang mempelajari dua hubungan variabel atau lebih. Maka dalam peneletian ini melihat sejauh mana satu variabel mempengaruhi variabel lainya antara disiplin belajar dengan hasil belajar pelajaran  Pengawasan Pelaksanaan Konstruksi dan Properti  kelas XI BKP SMK Negeri 2 Sijunjung tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI BKP SMK Negeri 2 Sijunjung tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI BKP SMK Negeri 2 Sijunjung pada mata diklat Pengawasan Pelaksanaan Konstruksi dan Properti sebanyak 30 siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah angket. Penelitian ini mengunakan dua Variabel yaitu variabel bebas (Variabel Independen) variabel yang mempengaruhi dan variabel Terikat (Variabel Dependen) variabel yang dipengaruhi. Penelitian ini mengunakan teknik analisis data (1) analisis deskriptif, dengan menganalisa data, (2) uji prasyarat analisis dengan menguji normalitas data dan liniearlitas data, (3) uji hipotesis. Pada penelitian ini diketahui bahwa disiplin belajar dengan hasil belajar pelajaran  Pengawasan Pelaksanaan Konstruksi dan Properti terdapat hubungan dengan dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,007 ≤ 0,05 yang berarti ada hubungan dengan tingkat kekuatan hubungan 0,086 berada pada rentang 0,40-0,599 dilihat dari nilai tabel koefisien korelasi. Kata kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar
RANCANGAN JOBSHEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DPIB DI SMKN 1 KOTO XI TARUSAN Intan Aulia Putri; Fitra Rifwan, S.Pd, MT
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.34 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106224

Abstract

Abstrak - Jobsheet merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Namun kenyataannya, jobsheet mata pelajaran Gambar Teknik  di SMKN 1 Koto XI Tarusan yang ada belum memenuhi kebutuhan dalam belajar. Akibatnya siswa kurang memahami pembelajaran yang diberikan guru sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan jobsheet sesuai dengan Kurikulum 2013. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R& D) dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner dengan skala Likert 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media, kemudian dilakukan uji coba lapangan ke siswa Kelas X DPIB dengan cara membagikan jobhseet Gambar Teknik yang telah dibuat.Kelayakan jobsheetdinilai melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif  kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian  didapatkan bahwa  hasil penilaian ahli materi yang mencakup aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek sajian, dan aspek manfaat mencapai nilai rata-rata 96 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format dan kegrafikan mencapai nilai 80 dan temasuk kategori sangat baik.  Penilaian respon siswa memperoleh nilai rata-rata 77,98 dengan kategori sangat baik. Kata kunci : Penelitian, Pengembangan, Jobsheet dan Gambar Teknik
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X DPIB SMK DHUAFA PADANG Rina Sri Yulastri; Drs. Juniman Silalahi, M.Pd
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.653 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106229

Abstract

Abstrak― Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainya model pembelajaran yang digunakan guru  dengan karakteristik mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X DPIB SMK Dhuafa Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment(eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Dhuafa Padang yangterdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2. Pengujian instrumen dilakukan di sekolah yang sama, pada Kelas XI DPIB yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 26 soal. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan t-test diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X DPIB SMK Dhuafa Padang. Kata Kunci: Model pembelajaran TPS, Hasil Belajar, Mekanika Teknik
TINJAUAN PENERAPAN K3 OLEH MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK LAPANGAN INDUSTRI JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG Andre Alfarid; Yuwalitas Gusmareta, S.Pd, M.Pd.T; Fitra Rifwan, S.Pd, MT
CIVED Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.131 KB) | DOI: 10.24036/cived.v6i3.106220

Abstract

Abstrak- Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) mengalami kendala dalam pelaksanaan Praktek Lapangan Industri (PLI). Kendala itu berupa mahasiswa yang belum menerapkan kaidah K3 pada pelaksanaan PLI. Hal ini menjadi suatu masalah dan perlu ditanya dalam suatu penelitian guna mengungkap tingkat pemahaman mahasiswa tersebut akan K3. Mengukur tingkat pemahaman yang dimaksud dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket ke sampel yaitu, mahasiswa yang melaksanakan PLI tahun 2018. Angket yang disebarkan tersebut merupakan data primer, disamping data sekunder, yaitu mahasiswa Teknik Sipil dan Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP yang telah didapatkan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan cara perhitungan persentase. Derajat Pencapaian (DP) yang didapatkan dari hasil tersebut menunjukkan pada indikator K3 terhadap Diri didapatkan gambaran persentase 85,64%, K3 terhadap bahan/material didapatkan gambaran persentase 77,53%, K3 terhadap Keselamatan Alat didapatkan gambaran persentase 80,76%, K3 Terhadap Proses/Cara kerja didapatkan gambaran persentase 85,64%, K3 terhadap Lingkungan atau Tempat Kerja  didapatkan gambaran persentase 88,19%. Dapat disimpulkan penerapan K3 oleh mahasiswa dalam pelaksanaan PLI Jurusan Teknik Sipil FT-UNP terlaksana dengan baik dan perlu untuk ditingkatkan guna mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja.Kata kunci: Penerapan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Page 1 of 2 | Total Record : 19