cover
Contact Name
Rohmad Wahid
Contact Email
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 25034723     EISSN : 25412612     DOI : -
Core Subject :
Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika" : 14 Documents clear
KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODE EKSPOSITORI Tiara Rizkyanti, Zulfa Anggraini Rahman,
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.83 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.418

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mumbulsari. Pelaksanaan pem-belajaran dilakukan pada tanggal 24 Maret sampai dengan 21 April 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai yang didapatkan dari hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung = 6,08 dan Ztabel= 1,96. Hipo-tesis kedua menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan juga nilai yang didapatkan dari hasil post-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung = 6,08 dan Ztabel= 1,65. Sedangkan hipotesis ketiga untuk kelas eksperimen yaitu 66,1 dengan presentase 82,6% yang berarti Sangat Matematis sedangkan rata-rata pada kelas kontrol yaitu 59,2 dengan presentase 73,5% yang berarti Matematis. Dengan peningkatan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Discovery Learning dengan hasil belajar yang diajarkan dengan metode ekspositori pada pokok bahasan kubus dan balok. Hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Discovery Learning menunjukkan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ekspositori. Dan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan metode Discovery Learning menunjukkan lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan metode konvensional.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Matematis, Metode Discovery Learning, Metode Ekspositori, Kubus dan Balok
PENGEMBANGAN VIRTUAL CLASS MATEMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MOODLE DAN WORDPRESS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Rhomdani, Rohmad Wahid
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.19 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.130

Abstract

The rapid information and communication technology nowadays requires education to contribute in developing instructional media. One of the rapid information and communication technology in education is a Course Management System (CMS) and Content Management System (CMS) which is designed to facilitate the Lecturer in managing long distance learning (online). One of CMS application that quite popular is Wordpress and Moodle. Moodle is a software package that is useful for creating and conducting courses / training / education-based internet. Moodle given away for free as open source software (licensed under the GNU Public License). It means, despite it has the copyright, Moodle still be given the freedom to copy, use, and modified. Moodle can be obtained at the address http://moodle.org/download. Moodle is an acronym for Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle has a module that can create quizzes. Wordpress is one of Content Management System (CMS) that is Open Source, is free software that can be used to make the web the simplest to the most complex, such as a web portal. Called open source because the user can modify, delete, or add a script that is included in the software as long as include the copyright remain origins and obey the rules that have been agreed together. Merging the two CMS Wordpress and Moodle CMS made to produce a dynamic virtual class, interactive and practical. Therefore, the developing researchers of digital learning management system (LMSD) used Worple as a mathematics virtual class in UNMUH Jember. Finally, this research is to produce a dynamic website, interactive and practical to develop digital learning management system in UNMUH Jember. The method used in this research is the kind of research and development according to Gall and Brog (type Expositori research product development), with the data collection methods of literature studies, interviews, and questionnaires. This research included respondents from students, lecturers, and designer. Keywords: Virtual Class, Moodle end Wordpress
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 4 JEMBER Rohmad Wahid Rhomdani, Hairul Umam,
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.82 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.422

Abstract

Latar Belakang saat ini belajar kurang memerhatiakan peran dan pengaruh emosi pada proses dan hasil belajar yang di capai seseorang, Tetapi sejak orang mulai memerhatikan peran otak dalam segala bentuk perilaku manusia, maka emosi mulai jadi perhatian, termasuk peranannya dalam meningkatkan hasil belajar. Emosi tidak lagi dipandang konvensional, melainkan sebagai sumber kecerdasan, kepekaan, berperan menghidupkan perkembangan dan penalaran yang baik. Bahkan saat ini di sadari bahwa untuk mencapai keberhasilan belajar, maka proses belajar yang terjadi seharusnya menyenangkan.Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa? (2)  Bagaimana pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa?(3) Bagaimana pengaruh emosi negatif  terhadap hasil belajar siswa?(4) Bagaimana pengaruh antara emosi positif  dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa ? Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 1 minggu terhitung mulai tanggal 27 April 2016 sampai dengan 3 Mei 2016. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (Queetionnaire) dan kamera.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1)  Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa.(2)Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi positif terhadap hasil belajar siswa.(3) Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi negatif terhadap hasil belajar siswa.(4)  Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (1) Kesimpulan penelitian ini adalah Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (2) Ada pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa. (3) Ada pengaruh emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (4) Ada pengaruh emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswaKata Kunci: Kecerdasan Emosinal, Hasil Belajar
ANALISIS PROSES MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN Firdaus, Hana Puspita Eka
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.831 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.421

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri Umbulsari 1 pada 18 Juni 2013, diperoleh dugaan adanya perbedaan proses menyelesaikan masalah matematika yang dilakukan oleh 3 siswa yang bergaya belajar yang berbeda. Ketiga siswa tersebut bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, oleh karena itu dilakukan penelitian di sekolah yang serumpun dengan SD Negeri Umbulsari 1 yaitu SD Negeri Kesilir 1 untuk memahami lebih jauh perbedaan yang terjadi dalam proses menyelesaikan masalah matematika yang dilakukan oleh 3 siswa yang bergaya belajar berbeda. Gaya belajar dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Sedangkan tahapan proses menyelesaikan masalah matematika yang dipilih adalah tahap proses menyelesaikan masalah matematika menurut Polya, yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan cara penyelesaian, (3) melaksanakan rencana, dan (4) melihat kembali.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan kesimpulan (1) siswa yang bergaya belajar visual selama memahami masalah matematika membaca lembar soal dengan gerakan mata yang cepat serta mengarah ke bawah. Ketika merencanakan cara penyelesaian siswa yang bergaya belajar visual sering mencoret-coret kertas hitungan sambil memikirkan rencana penyelesaian masalah matematika. Selama melaksanakan rencana penyelesaian masalah matematika, siswa yang bergaya belajar visual melaksanakan rencana yang telah dibuat dengan teratur. Ketika memeriksa kembali siswa yang bergaya belajar visual menghitung ulang hasil perhitungan yang telah diperolehnya; (2) Siswa yang bergaya belajar auditorial selama memahami masalah matematika bersuara pelan ketika membaca lembar soal penyelesaian masalah matematika. Selama merencanakan rencana penyelesaian, siswa yang bergaya belajar auditorial terlihat berbicara pada diri sendiri sambil sesekali menengadahkan kepala untuk memikirkan cara penyelesaian soal penyelesaian masalah matematika. Ketika melaksanakan rencana penyelesaian masalah matematika yang telah direncanakan sebelumnya, siswa yang bergaya belajar auditorial terlihat ragu-ragu dalam menuliskan rencana penyelesaian yang telah dipikirkannya. Ketika memeriksa kembali soal penyelesaian masalah matematika yang telah dikerjakan, siswa yang bergaya belajar auditorial sering terlihat ragu-ragu dalam menuliskan perbaikan penyelesaian masalah matematika; (3) Siswa yang bergaya belajar kinestetik selama memahami masalah matematika membaca lembar soal sambil memainkan pensil di tangannya. Selama merencanakan cara penyelesaian, siswa yang bergaya belajar kinestetik memikirkan cara penyelesaian masalah matematika sambil melipat-lipat pojok lembar soal. Ketika melaksanakan rencana, siswa yang bergaya belajar kinestetik melaksanakan rencana yang telah dipikirkan sebelumnya sambil sesekali menggaruk-garuk wajahnya. Ketika memeriksa kembali siswa yang bergaya belajar kinestetik membaca kembali penyelesaian masalah matematika sambil melakukan aktivitas fisik berupa melipat-lipat ujung taplak meja.Kata Kunci: Proses Menyelesaikan Masalah Matematika, Gaya Belajar, Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan
PENGAJARAN REMEDIAL TUTOR SEBAYA MODEL KATEGORI KELOMPOK UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LIMIT Yuliati, Yuliati
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.007 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.423

Abstract

Pengajaran klasikal oleh guru kurang efektif bagi sebagian besar siswa sehingga perlu dicarikan metode pengajaran yang tepat, efektif dan efisien.yang lebih menekankan pada aktivita belajar siswa dan bukan pada aktifitas mengajar guru. Pengajaran Remedial Tutor Sebaya Model Kategori Kelas pada materi Limit diterapkan untuk memperbaiki hasil belajar yang rendah dan ketuntasan belajar yang belum tercapai di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Dalam penelitian Tindakan kelas ini siswa dikelompokkan berdasarkan kategori hasil belajarnya. Kelompok I dengan interval nilai 0 – 24, kelompok II nilai 25 – 49, kelompok III nilai 50 -74, kelompok IV  nilai 75 – 100. Anggota kelompok IV akan menjadi tutor bagi kelompok di bawahnya. Setiap siswa bisa berpindah kelompok sesuai dengan peningkatan prestasi belajarnya. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan peningkatan ketuntasan belajar klasikal. Siswa juga termotivasi untuk bisa berpindah ke kelompok di atasnya dengan meningkatkan kemampuannya.Kata Kunci: Tutor Sebaya
DESKRIPSI ASIMILASI DAN AKOMODASI MAHASISWA BERKEMAMPUAN SEDANG DALAM BELAJAR ELLIPS, HIPERBOLA, DAN PARABOLA Soewardini, Herfa Maulina Dewi
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.197 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.420

Abstract

Terdapat tiga jenis kemampuan mahasiswa dalam menyerap dan memproses informasi yang diterimanya yaitu kemampuan rendah, kemampuan sedang, dan kemampuan tinggi. Mahasiswa yang berkemampuan sedang memiliki deskripsi yang berbeda dengan mahasiswa berkemampuan yang lain dalam menganalisis pemerolehan informasi baru. Mereka beradaptasi dengan bentuk asimilasi dan akomodasi dalam struktur kognitifnya saat mereka menyerap, memproses, dan menganalisis suatu informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asimilasi dan akomodasi mahasiswa yang berkemampuan sedang dalam belajar ellips, hiperbola, dan parabola. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang telah diuji. Instrumen penelitian menggunakan wawancara berbasis tugas. Peneliti mewawancara mahasiswa meggunakan pedoman wawancara yang digunakan untuk membimbing mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan untuk merekam deskripsi dari proses asimilasi dan akomodasi. Setiap tugas yang diberikan pada subjek adalah soal-soal geometri yang mengandung konsep-konsep baru seperti bentuk-bentuk ellips, hiperbola, dan parabola; persamaan; juga persamaan garis singgung. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan tiga tahapan analisis yaitu menelaah transkrip data, reduksi data, dan koding.Kata Kunci: ellips, hiperbola, parabola, asimilasi, akomodasi, mahasiswa berkemampuan tinggi
PROFIL KOMPUTASI MENTAL MAHASISWA CALON GURU SD DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKSIF-IMPULSIF Galatea, Chusnul Khotimah
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.258 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan komputasi mental mahasiswa calon guru sekolah dasar yang ditinjau dari gaya kognitif refleksif-impulsif pada bilangan desimal. Dua puluh delapan mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini dan mahasiswa tersebut dites dengan menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT). Mereka dikelompokkan dalam mahasiswa dengan gaya kognitif refleksif dan impulsif. Berdasarkan hasil tersebut, dua mahasiswa terpilih sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian dites dengan tes komputasi mental yang dilakukan secara lisan. Tes tersebut terdiri dari 4 soal dengn operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan desimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komputasi mental subjek impulsif lebih baik daripada subjek refleksif. Saat strategi komputasi dianalisis, ditemukan bahwa subjek refleksif menggunakan metode standar yang dipengaruhi oleh algoritma tradisional dan hanya memiliki satu strategi untuk menjawab soal penjumlahan dan pengurangan, sementara itu subjek impulsif menggunakan metode non standar tanpa reformulasi dan dapat memberikan strategi alternatif dalam menjawab soal. Meskipun demikian, strategi alternatif yang digunakan oleh subjek impulsif dipengaruhi oleh algoritma tradisional. Kata kunci:  komputasi mental, strategi komputasi, mahasiswa, gaya kognitif, bilangan desimal.
PENGEMBANGAN VIRTUAL CLASS MATEMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MOODLE DAN WORDPRESS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Rohmad Wahid Rhomdani
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.130

Abstract

The rapid information and communication technology nowadays requires education to contribute in developing instructional media. One of the rapid information and communication technology in education is a Course Management System (CMS) and Content Management System (CMS) which is designed to facilitate the Lecturer in managing long distance learning (online). One of CMS application that quite popular is Wordpress and Moodle. Moodle is a software package that is useful for creating and conducting courses / training / education-based internet. Moodle given away for free as open source software (licensed under the GNU Public License). It means, despite it has the copyright, Moodle still be given the freedom to copy, use, and modified. Moodle can be obtained at the address http://moodle.org/download. Moodle is an acronym for Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle has a module that can create quizzes. Wordpress is one of Content Management System (CMS) that is Open Source, is free software that can be used to make the web the simplest to the most complex, such as a web portal. Called open source because the user can modify, delete, or add a script that is included in the software as long as include the copyright remain origins and obey the rules that have been agreed together. Merging the two CMS Wordpress and Moodle CMS made to produce a dynamic virtual class, interactive and practical. Therefore, the developing researchers of digital learning management system (LMSD) used Worple as a mathematics virtual class in UNMUH Jember. Finally, this research is to produce a dynamic website, interactive and practical to develop digital learning management system in UNMUH Jember. The method used in this research is the kind of research and development according to Gall and Brog (type Expositori research product development), with the data collection methods of literature studies, interviews, and questionnaires. This research included respondents from students, lecturers, and designer. Keywords: Virtual Class, Moodle end Wordpress
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 4 JEMBER Hairul Umam, Rohmad Wahid Rhomdani
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.422

Abstract

Latar Belakang saat ini belajar kurang memerhatiakan peran dan pengaruh emosi pada proses dan hasil belajar yang di capai seseorang, Tetapi sejak orang mulai memerhatikan peran otak dalam segala bentuk perilaku manusia, maka emosi mulai jadi perhatian, termasuk peranannya dalam meningkatkan hasil belajar. Emosi tidak lagi dipandang konvensional, melainkan sebagai sumber kecerdasan, kepekaan, berperan menghidupkan perkembangan dan penalaran yang baik. Bahkan saat ini di sadari bahwa untuk mencapai keberhasilan belajar, maka proses belajar yang terjadi seharusnya menyenangkan.Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa? (2)  Bagaimana pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa?(3) Bagaimana pengaruh emosi negatif  terhadap hasil belajar siswa?(4) Bagaimana pengaruh antara emosi positif  dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa ? Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 1 minggu terhitung mulai tanggal 27 April 2016 sampai dengan 3 Mei 2016. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (Queetionnaire) dan kamera.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1)  Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa.(2)Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi positif terhadap hasil belajar siswa.(3) Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi negatif terhadap hasil belajar siswa.(4)  Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (1) Kesimpulan penelitian ini adalah Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (2) Ada pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa. (3) Ada pengaruh emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (4) Ada pengaruh emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswaKata Kunci: Kecerdasan Emosinal, Hasil Belajar
ANALISIS PROSES MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN Hana Puspita Eka Firdaus
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.421

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri Umbulsari 1 pada 18 Juni 2013, diperoleh dugaan adanya perbedaan proses menyelesaikan masalah matematika yang dilakukan oleh 3 siswa yang bergaya belajar yang berbeda. Ketiga siswa tersebut bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, oleh karena itu dilakukan penelitian di sekolah yang serumpun dengan SD Negeri Umbulsari 1 yaitu SD Negeri Kesilir 1 untuk memahami lebih jauh perbedaan yang terjadi dalam proses menyelesaikan masalah matematika yang dilakukan oleh 3 siswa yang bergaya belajar berbeda. Gaya belajar dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Sedangkan tahapan proses menyelesaikan masalah matematika yang dipilih adalah tahap proses menyelesaikan masalah matematika menurut Polya, yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan cara penyelesaian, (3) melaksanakan rencana, dan (4) melihat kembali.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan kesimpulan (1) siswa yang bergaya belajar visual selama memahami masalah matematika membaca lembar soal dengan gerakan mata yang cepat serta mengarah ke bawah. Ketika merencanakan cara penyelesaian siswa yang bergaya belajar visual sering mencoret-coret kertas hitungan sambil memikirkan rencana penyelesaian masalah matematika. Selama melaksanakan rencana penyelesaian masalah matematika, siswa yang bergaya belajar visual melaksanakan rencana yang telah dibuat dengan teratur. Ketika memeriksa kembali siswa yang bergaya belajar visual menghitung ulang hasil perhitungan yang telah diperolehnya; (2) Siswa yang bergaya belajar auditorial selama memahami masalah matematika bersuara pelan ketika membaca lembar soal penyelesaian masalah matematika. Selama merencanakan rencana penyelesaian, siswa yang bergaya belajar auditorial terlihat berbicara pada diri sendiri sambil sesekali menengadahkan kepala untuk memikirkan cara penyelesaian soal penyelesaian masalah matematika. Ketika melaksanakan rencana penyelesaian masalah matematika yang telah direncanakan sebelumnya, siswa yang bergaya belajar auditorial terlihat ragu-ragu dalam menuliskan rencana penyelesaian yang telah dipikirkannya. Ketika memeriksa kembali soal penyelesaian masalah matematika yang telah dikerjakan, siswa yang bergaya belajar auditorial sering terlihat ragu-ragu dalam menuliskan perbaikan penyelesaian masalah matematika; (3) Siswa yang bergaya belajar kinestetik selama memahami masalah matematika membaca lembar soal sambil memainkan pensil di tangannya. Selama merencanakan cara penyelesaian, siswa yang bergaya belajar kinestetik memikirkan cara penyelesaian masalah matematika sambil melipat-lipat pojok lembar soal. Ketika melaksanakan rencana, siswa yang bergaya belajar kinestetik melaksanakan rencana yang telah dipikirkan sebelumnya sambil sesekali menggaruk-garuk wajahnya. Ketika memeriksa kembali siswa yang bergaya belajar kinestetik membaca kembali penyelesaian masalah matematika sambil melakukan aktivitas fisik berupa melipat-lipat ujung taplak meja.Kata Kunci: Proses Menyelesaikan Masalah Matematika, Gaya Belajar, Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2020): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika More Issue