cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23562005     EISSN : 25984950     DOI : -
Core Subject : Science,
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2016): INOVASI" : 6 Documents clear
ANALISIS PENGARUH BOPO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMING LOAN, DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET Muliahadi Tumanggor
Inovasi Vol 3, No 2 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.023 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.109

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh BOPO, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan dan Loan to Deposit Ratio terhadap Return On Asset. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk memudahkan penelitian, penulis mengambil sebanyak 6 Bank di Indonesia yang sudah go-public yaitu Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA dan Bank CIMB NIAGA yang terdiri atas perhitungan rasio keuangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Data Panel menggunakan Eviews 7.1. Secara parsial dari empat variable independen yang diteliti, ada 3 variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset yaitu : BOPO, NPL dan LDR. Sedangkan 1 variabel independen tidak berpengaruh terhadap return on asset yaitu variable CAR.Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa BOPO, CAR, NPL dan LDR secara simultan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Return On Asset sebesar 79,54%. Bank harus berusaha semaksimal mungkin agar tingkat NPL berada di bawah 5%. Semakin tinggi NPL akanmengakibatkan kerugian terhadap bank. Selain itu, bank juga harus mampu menyalurkan kredit dengan efektif, sehingga jumlah kredit macetnya akan kecil dan besarnya standar LDR harus mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia antara 80%-110%. Kata Kunci : BOPO, CAR, NPL, LDR, dan ROA.
ANALISIS STRATEGI BERSAING PENJUALAN PRODUK PAKAIAN PEDAGANG-PEDAGANG DI PASAR PARUNG PANJANG BOGOR TERHADAP PEDAGANG DI PASAR LAIN edi Sukarjono
Inovasi Vol 3, No 2 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.829 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.105

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan untuk mengetahui kondisi kemampuan bersaing pedagang-pedagang pakaian di Pasar Parung Panjang Bogor yang berjumlah setidaknya 400 pedagang dengan pedagang di pasar lain saat ini dan strategi bersaing yang lebih tepat bagi pedagang-pedagang di Pasar Parung Panjang Bogor dengan pedagang di pasar lain. Saat ini, minat beli dan keputusan pembelian di pasar tersebut semakin berkurang. Tujuan penelitisan adalah untuk mengkaji dan menganalisis alternative-alternatif strategi yang lebih sesuai bagi obyek yang diteliti. Setelah didapatkan beberapa alternatef strategi yang relevan untuk meningkatkan kemampuan bersaing, mama dipilih dan direkomendasikan strategi yang paling baik dan paling berpeluang untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menganalisis dan mengkaji kondisi kemampuan bersaing saat penelitian dan rekomendasi strategi yang sebaiknya dipilih dan diimplementasikan. Kajian dan analisis dilakukan melalui tahapan analisis matrik kondisi, matrik SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemapuan bersaing menurut hasil analisis dengan matrik kondisi berada pada kuadran merah dengan titik koordordinat (-1,25; -1) atau dalam kriteria bertahan. Rekomendasi strategi yang harus dilakukan berdasar hasil analisis dengan matriks SWOT yang di padu dengan matriks QSPM adalah strategi pembelian berkelompok.
PENGARUH PENERAPANMUTU LABORATORIUM ISO 17025 MELALUI BUDAYA KUALITAS PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN Dadang Kurnia
Inovasi Vol 3, No 2 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.685 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.110

Abstract

Penelitian Tugas Akhir yang berjudul Pengaruh Penerapan Mutu Laboratorium ISO 17025 Melalui Budaya Kualitas Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan ISO 17025 dan budaya kualitas perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan di PT. Qualis Indonesia? dan apakah Penerapan ISO 17025 dan Budaya Kualitas Perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Qualis Indonesia?. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Pemahaman ISO 17025 dan Budaya Kualitas Perusahaan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Qualis Indonesia. Hasil ini dapat dilihat dari F hitung sebesar 0.410 dengan tingkat signifikan 0.667 yang lebih besar dari α (0.667 > 0.05). Pengaruh variabel ISO 17025 dan Budaya Kualitas Perusahaan terhadap Kinerja Karyawan sebesar 2.5% sedangkan sisanya sebesar 97.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pemahaman ISO 17025 dan Budaya Kualitas Perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Qualis Indonesia. Hasil ini dapat dilihat dari t hitung variabel ISO 17025 sebesar 0.685 dengan tingkat signifikan 0.498 yang lebih besar dari α (0.498 > 0.05) dan t hitung variabel Budaya Kualitas Perusahaan sebesar -0.566 dengan tingkat signifikan 0.575 yang lebih besar dari α (0.575 > 0.05) Kata kunci: Manajemen Mutu Laboratorium, ISO 17025, Regresi Linier Berganda
PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN Sunanto Sunanto
Inovasi Vol 3, No 2 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.381 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.106

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan Kualitas layanan baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi alam penelitian ini adalah pelanggan Apotik SunFarma dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100, sampling dengan teknik aksidental. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data:Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji t), dan Uji Simultan (Uji F).Hasil Penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier Y = - 28,582 + 0,927X1, nilai R=0,927 (korelasi positif sangat kuat), dan Nilai kontribusi adjusted R² sebesar 0,858 serta Nilai t hitung 24,515 (> t tabel), nilai sig. 0,000 (<0,05). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier sederhana Y = -16,376 + 0,950X2, dan Nilai R= 0,950 (korelasi positif sangat kuat), dan nilai kontribusi adjusted R² sebesar 0,902, nilai t hitung 30,204 (> t tabel), nilai sig. 0,000 (<0,05). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga dan Kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier berganda Y = -22,073 + 0,302X1+ 0,668 X2, dan nilai korelasi ganda sebesar 0,956 (korelasi positif sangat kuat), serta nilai F hitung 516,005 (> F tabel) dan nilai sig. 0,000 (<0,05). Kata Kunci: Penetapan Harga, Kualitas layanan, Kepuasan Pelanggan, Apotik SunFarma
PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN BERBASIS BUDAYA SEBUAH TANTANGAN KEPEMIMPINAN BARU PADA DIVISI INTERNASIONAL BNI 46 JAKARTA Teguh Yuwono
Inovasi Vol 3, No 2 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.106 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.107

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah kepemimpinan di Divisi Internasional BNI 46 Jakarta. Hal ini menjadi ketertarikan tersendiri karena BNI sebagai sebuah BUMN di Indonesia dengan Divisi Internasionalnya,  telah  mengokohkan dirinya sebagai salah satu dari sembilan perusahaan di Indonesia yang mendunia ( Koran Sindo, 15 Juli 2014). Dan di tahun yang sama mendapat penghargaan dari Majalah South East Asian sebagai The Best Division. Pencapaian ini tentu tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode Chain of Evidence, yaitu merangkai data baik dari wawancara langsung kepada first hand informan, grup diskusi maupun literatur lainnya. Dalam penelitian ini juga dilakukan analisa SWOT untuk mengetahui strategi kepemimpinan yang ada. Dari hasil wawancara ditemukan adanya kharakteristik kepemimpinan yang berbasis budaya, yaitu bagaimana seorang pemimpin mampu menerapkan nilai-nilai kehidupan yang harus linier dalam bekerja. Dari hasil grup diskusi ditemukan bahwa kepemimpinan yang dilakukan di Divisi Internasional BNI 46 bukan saja mampu menciptakan etos kerja, namun mampu menumbuhkembangkan budaya kepemimpinan itu sendiri. Sehingga semua sepakat bahwa Pemimpin Divisi Internasional adalah sebagai role model. Dari hasil analisa SWOT ditemukan bahwa proses terbentuknya budaya organisasi di  Divisi Internasional yaitu mendasarkan pada visi, strategi dan filosofi serta nilai-nilai kepemimpinan. Pemikiran atau ide dari Pemimpin Divisi Internasional diterapkan kepada seluruh karyawan sesuai dengan pola perilaku para pekerjanya dengan nilai-nilai dan norma yang sudah menetap dengan istilah Budaya Kerja Prinsip  46 :  Empat Nilai Budaya Kerja : 1. Profesionalisme, 2. Integritas, 3. Orientasi perbankan, 4. Perbaikan tiada henti.  Enam  Nilai Perilaku Utama Insan BNI :1. Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik, 2. Jujur, Tulus dan Ikhlas 3.Disiplin, Konsisten dan Bertanggung Jawab, 4. Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis 5. Senantiasa Melakukan Penyempurnaan,  6. Kreatif dan Inovatif Kata Kunci : Kepemimpinan, Budaya, Tantangan Baru
MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN WAFER COKELAT MENGGUNAKAN METODA AHP PADA PERUSAHAAN PT, XYZ TANGERANG. Sewaka Sewaka
Inovasi Vol 3, No 2 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.906 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.108

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu proses manajemen untuk menganalsiis kesempatan pasar untuk memilih posisi, program, pengendalian pemasaran yang menciptakan serta mendukung bisnis yang aktif untuk mencapai tujuan serta sasaran pemasaran. Kegiatan pemasaran tidak hanya untuk kepentingan jangka pendek saja, tetapi juga untuk jangka panjang. Penulis mencoba menganalisis strategi pemasaran menggunakan metoda Analytical Hierarchi Process (AHAP) untuk memilih alternatif strategi pemasaran. AHP merupakan sebuah teknik pengambilan keputusan multikriteria (kriteria banyak), di mana faktor kuantitatif dan faktor kualitatif dikombinasikan sehingga dapat dilakukan pengurutan prioritas, kedudukan, dan evaluasi alternatif-alternatif. Dari hasil analisis pada produk wafer cokelat di PT XYZ Tangerang dapat diperoleh bahwa strategi pemanfaatan sumber daya yang ada mempunyai skor paling tinggi yaitu 0,6661, kemudian strategi diferensiasi produk dengan skor 0,204  dan yang merupakan skor paling bawah yaitu strategi perluasan pangsa pasar dengan nilai 0,132. Sehingga strategi pemasaran yang paling baik dan dipilih adalah Strategi Pemasaran Pemanfaatan Sumber Daya Yang Ada. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Wafer Cokelat, Metoda AHP.

Page 1 of 1 | Total Record : 6