cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23562005     EISSN : 25984950     DOI : -
Core Subject : Science,
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen" : 6 Documents clear
ANTESEDEN GENERASI MILENIAL UNTUK MELAKUKAN SOCIAL COMMERCE: PERAN KEPERCAYAAN Kahfi Fikrianoor; Faishal Prahatma Ganinda; Ervilia Agustine Wiharsianti; Amir Hidayatulloh
Inovasi Vol 7, No 2 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i2.p98-109.7917

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah generasi milenial masih mempertimbangkan privasi saat melakukan social commerce. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna media sosia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) pengguna media sosial yang minimal dua kali sudah melakukan pembelian melalui media sosial yang dimiliki, dan (2) pengguna media sosial yang tergolong generasi milenial, yaitu rentang tahun kelahiran 1980 sampai dengan 2000. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan dengan bantuan internet, yaitu melalui google form. Penelitian ini memiliki responden berjumlah 150 responden. Alat statistik yang digunakan adalah warpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kepercayaan pada situs social commerce dipengaruhi oleh persepsi keefektifan kebijakan privasi dan persepsi keefektifan regulasi mandiri. Kepercayaan tehadap situs social commerce berpengaruh terhadap valensi WOM (baik positif maupun negatif), konten WOM, dan pengamatan konsumen lain. Sedangkan, niat untuk melakukan pembelian melalui medis sosial ditentukan oleh valensi WOM (baik positif maupun negatif), sedangkan konten WOM dan pengamatan konsumen lain tidak berpengaruh terhadap niat untuk melakukan pembelian melalui media sosial.Kata Kunci :     Kepercayaan, Konten WOM, Pengamatan Konsumen Lain,  Social Commerce, Valensi WOM
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN PADA SEKOLAH TINGGI METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA Moh. Sutoro
Inovasi Vol 7, No 2 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i2.p110-119.7918

Abstract

ABSTRAK Bekerja keras dan mencapai tujuan adalah suatu perilaku kerja yang baik, dan perusahaan menghendaki hal tersebut. Namun, memiliki SDM unggul tidak mudah, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mengembangkannya, di antaranya menghadirkan aturan disiplin dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Bekerja keras dan mencapai tujuan adalah suatu perilaku kerja yang baik, dan perusahaan menghendaki hal tersebut. Namun, memiliki SDM unggul tidak mudah, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mengembangkannya, di antaranya menghadirkan aturan disiplin dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Salah satu upaya ilmiah yang dapat membuktikan kajian ini adalah pendekatan kuantitatif. Suatu teknik mendeskripsikan dan mengemukakan temuan penelitian berupa angka statistik, sehingga hasil penelitian mudah dipahami. Untuk mendapatkan data penelitian, dilakukan penyebaran kuesioner dengan alat ukur skala likert. Secara teknis, kuesioner diberikan secara langsung kepada responden, di dalamnya terdapat pertanyaan tertutup yang menuntut kejujuran di dalam menjawab. Hasil penelitian mengemukakan, lingkungan kerja adalah faktor dominan di dalam menjelaskan kinerja pegawai. Artinya, model yang baik di dalam meningkatkan kinerja karyawan di lingkungan Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika adalah membangun lingkungan kerja yang kondusif. Kondusif yang dimaksud adalah nyaman, humanis, dan religius.Kata Kunci :     Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan
ANALISIS PENYUSUNAN STRATEGI DAN PROGRAM PEMBINAAN USAHA MIKRO KECIL DKI JAKARTA AKIBAT PANDEMIC COVID 19 DENGAN PENDEKATAN USG DAN SWOT Yurianto Yurianto
Inovasi Vol 7, No 2 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i2.p120-133.7919

Abstract

ABSTRAK Kedatangan wabah virus korona telah merubah tatanan kehidupan secara signifikan. Suka atau tidak, setiap orang, bahkan pelaku usaha harus beradaptasi. Beragam upaya dilakukan, tidak terkecuali penetapan strategi. Bagi pelaku usaha kecil, hal ini adalah kejadian luar biasa. Sebab, ruang gerak menjadi sangat terbatas. Oleh karenanya, menelaah keadaan (internal dan eksternal) perlu dilakukan secara seksama, sehingga menghasilkan formulasi usaha yang tepat di tengah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah strategi bisnis yang relevan digunakan oleh UMK di Provinsi DKI Jakarta akibat pandemi Covid 19. Untuk menindaklanjuti kegiatan ini, maka diperlukan suatu cara-cara ilmiah, di antaranya melakukan riset mendalam dengan pendekatan kualitatif. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif (USG, SWOT, EFAS, dan IFAS). Berdasarkan hasil analisis, maka strategi yang perlu diterapkan dalam pembinaan usaha mikro kecil pada masa Pandemic Covid 19 adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/jasa).Kata Kunci : USG, SWOT, EFAS, dan IFAS
ANALISIS RANCANGAN SELEKSI TALENT POOL DENGAN METODE ASSESSMENT CENTRE PADA TEAM LEADER GUNA MENDUKUNG TALENT MANAGEMENT PROGRAM DI PT. METRAPLASA JAKARTA Dewi Ulfah Arini; Robby Kharisma; Khairunnisa Khairunnisa
Inovasi Vol 7, No 2 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i2.p77-87.7915

Abstract

ABSTRAK Maraknya perkembangan online shop dengan competitor seperti elevania dan Shopee memberikan pembelajaran bagi perusahaan untuk memerhatikan talent yang mendukung visi dan misi organisasi. Proses penetapan talent mengacu kepada Kompetensi yang sudah tersusun dan terimplementasi dalam bentuk Talent pool ini menjadi program dari Talent Management. Dimana pada prosesnya, talent manajemen membutuhkan assessment center sebagai bentuk seleksi dan Mapping. Metode Assessment centre sebagai proses seleksi yang didalamnya terdapat simulasi mengenai kondisi kerja yaitu penyelesaian masalah, diskusi kelompok dan memainkan peran sebagai pihak atasan untuk mengetahui penyelesaian masalah yang berhubungan dengan tim kerja. Hasil yang didapat adalah dari sejumlah karyawan yang di assessment sebanyak 215 hanya mendapatkan 60 karyawan yang memiliki kapasitas kompetensi yang memadai sesuai ketentuan pekerjaan. Karena itu, sebanyak 28% yang menjadi talenta memenuhi ketentuan yang ditetapkan sebagai future leader dengan kategori A. Pada kompetensi, terdapat 15 kompetensi yang muncul, yang tertinggi adalah kompetensi layanan pelanggan sebesar 54%, komunikasi sebesar 53%, Creative and Innovation sebesar 32%, Teamwork 53%, Leadership 15%, Managing Strategi 17%.. Sedangkan untuk psikotes sendiri pada talenta di Perusahaan ini memiliki potensi berfikir yang tinggi yaitu dengan rentang kategori Rata-rata  (IQ 100) dan Diatas rata-rata ( IQ = 120). Dengan demikian team leader dapat dipetakan dalam kuadran yang sesuai Matrix Human Asset Value dalam penyusunan Talent Pool.Kata Kunci :     Talent Pool, Assessment Centre, Kompetensi
DESAIN FORMULASI DAN IMPLEMENTASI BISNIS STRATEGIK DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) TERINTEGRASI KERANGKA INTEGRATED PERFORMANCE MANAGEMENT SYSTEM (IPMS) PADA KOPERASI ASPERINDO Ali Maddinsyah; Dayat Hidayat; Juhaeri Juhaeri; Denies Susanto; Denok Sunarsi
Inovasi Vol 7, No 2 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i2.p67-76.8141

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian untuk menciptakan, merancang dan membuat desain formulasi bisnis strategik dengan menggunakan pendekatan elemen Business Model Canvas (BMC) dan kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) sehingga dapat di implementasikan secara tepat pada Koperasi Asperindo.  Metode yang digunakan yaitu teknik pengumpulan dilakukan dengan teknik trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif. Hasil analisis redesain BMC Koperasi Asperindo didapat 5 komponen yang harus dioptimalisasi diantaranya : Value Propotions. Customer Relations Channels, Key Resource dan Key Partners. Setelah itu mengintegrasikan BMC dengan perancangan kinerja Koperasi Asperindo dengan metode IPMS Framework. Sistem manajemen kinerja dibuat agar sesuai dengan visi, misi dan strategi koperasi. Karena itu, Analisis SWOT dan BMC serta peta strategi digunakan untuk mendapatkan kinerja variabel yang sesuai untuk keberhasilan usaha Koperasi Asperindo. hasil perancangan pengukuran kinerja koperasi dihasilkan 31 sasaran strategis (KPI Koperasi Asperindo). Hasil tersebut merupakan terjemahan dari 9 elemen Building BMC redesain koperasi. Dalam membuat skema penerapan IPMS terdapat lima langkah utama, yaitu: mengembangkan strategi, merencanakan strategi, menyelaraskan organisasi, implementasi, & monitoring dan pembelajaran.Kata Kunci : Koperasi, Logistik, SWOT, QSPM, BMC, IPMS, AHP, KPI, Peta Strategi
PERAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA STUDI KASUS PADA BIMBA AIUEO PAMULANG Rio Setiawan; Fahmi Susanti
Inovasi Vol 7, No 2 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i2.p88-97.7916

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis :1) Peran BIMBA-AIUEO Pamulang Permai dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa 2) Standar Proses yang sudah dilakukan dalam meningkatkan kemempuan membaca siswa. Objek penelitian ini adalah BIMBA -AIUEO Pamulang Permai. Penelitian ini menggunakan combine metode dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Peran BIMBA-AIUEO Pamulang Permai dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa cukup baik, sesuai dengan dasar hukum /PP tentang Manajemen pembelajaran UU No 20 tahun 2003, 2) Standar Proses yang dilakukan sudah baik penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan kurikulum Pendidikan nasional. Pelaksanaan proses pembelajaran yaitumetode, media, sumber belajar yang berlangsung kooperatif, kreatip serta dialogis. Poin total IFAS EFAS BIMBA ialah 2,68 serta 2,5. Menunjukkan power BIMBA lebih kuat dari pada kelemahan dan teknik penerapan kelola  internal pada tingkat sedang. Diagram SWOT BIMBA berada di Kuadaran 1.Kata Kunci :     Manajemen Pembelajaran, IFAS, EFAS

Page 1 of 1 | Total Record : 6