cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
ISSN : 23032375     EISSN : 25974521     DOI : https://doi.org/10.21009/JKKP
Core Subject : Education,
JKKP (Jurnal Kesejahteran Keluarga dan Pendidikan) provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and the novel technology news related to science of family welfare, education, entrepreneurship and hotel accommodation. Articles published in JKKP are articles that have not been published previously in other journals.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)" : 9 Documents clear
PENGASUHAN ORANGTUA TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS ANAK YANG DITINGGALKAN DALAM KELUARGA MIGRAN : SEBUAH STUDI LITERATUR Dimas Teguh Prasetyo
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.005 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.01

Abstract

Fenomena orangtua yang bermigrasi ke luar negeri membawa dampak positif dan negatif bagi keluarga, tak terkecuali pada anak-anak yang ditinggalkan di rumah. Meskipun migrasi memberikan keuntungan bagi pertumbuhan ekonomi keluarga, tetapi dampak psikologis pada anak-anak yang ditinggalkan pun perlu diperhatikan demi Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia tumbuh kembang anak di masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi literatur dari berbagai sumber artikel ilmiah yang relevan dengan masalah penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa betapa pentingnya pengasuhan ibu dibandingkan ayah pada keluarga yang memiliki orangtua yang bermigrasi ke luar negeri.
PENGARUH GRANPARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI REMAJA PADA KELUARGA TKI DI KECAMATAN GEKBRONG CIANJUR-JAWA BARAT Hani Nurannisa; Uswatun Hasanah; Tarma Tarma
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.545 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.02

Abstract

Pada saat ini, pengasuhan anak tidak hanya dilakukan oleh orang tua. Perubahan peran keluarga menjadikan pengasuhan dilakukan oleh baby sitter atau anggota keluarga lain seperti ini. Padahal anak membutuhkan pengasuhan dari orang tua untuk perkembangan pada dirinya. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh pengasuhan nenek terhadap perkembangan emosi remaja pada keluarga TKI. Penelitian ini dilaksanakan di 5 desa Kecamatan Gekbrong yaitu Cintaasih, Cikancana, Sukaratu, Bangbayang, dan Songgom. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi pada penelitian ini adalah anak keluarga TKI yang berusia remaja dengan jumlah 40 orang yang dijadikan sebagai responden. Uji hipotesis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Koefesien Product Moment yang menyatakan korelasinya sebesar r = 0,136 yang artinya hubungan antara variabel sangat lemah. Hasil Uji Signifikasi pada koefisiennya sebesar t = 0,851 dan dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi adalah tidak signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 1,87% menunjukan variabel perkembangan emosi remaja ditentukan oleh grandparenting. Hasil hipotesis penelitian dan uji mengenai pengaruh dapat diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara grandparenting dengan perkembangan emosi remaja pada keluarga TKI di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat.
ANALISIS PENGELOLAAN KARTU JAKARTA PINTAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Haryanto Pardamean Siringoringo; Hamiyati Hamiyati; Shinta Doriza
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.714 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.03

Abstract

Kartu Jakarta Pintar merupakan program sosial untuk masyarakat DKI Jakarta yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin khusus nya membantu biaya personal pendidikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan KJP oleh ibu untuk meningkatkan hasil belajar anak nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan informan secara purposive sampling yang berarti secara disengaja dan ditentukan oleh penelitian. Informan yang menjadi sumber data adalah 4 orang. Penelitian ini dilakukan di SDN 09 Malaka Jaya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa ibu hanya tahu secara umum KJP dan pengetahuan manajemen keuangan serta pengelolaan KJP yang dilakukan hanya sekadar memenuhi kebutuhan namun tidak berpengaruh banyak terhadap hasil belajar anak.
Pengaruh Dukungan Orangtua terhadap Minat Anak dalam berwirausaha (Pada Siswa SMK Strada Koja, Jakarta Utara) Aprilia Periera; Nurlaila Abdullah Mashabi; Metty Muhariati
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.431 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.04

Abstract

Dalam meningkatkan minat anak wirausaha banyak faktor yang dapat mempengaruhi, salah satunya faktor dari dukungan orangtua dimana saat anak memiliki minat berwirausaha orangtua harus mendukung dan membimbing anak sehingga dari dukungan tersebut anak merasa bahwa ia di dukung dan bisa mengembangkan mintanya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orangtua terhadap minat anak dalam berwirausaha khususnya siswa siswi SMK Strada koja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif asosiatif dan responden ini secara perposive sampling yang berarti teknik pengambilan sapel secara sengaja. Maksudnya, peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil karena ada pertimbangan tertentu, jadi sampel diambil kerena ada pertimbangan tertentu. Jadi, sampel diambil tidak secara acak. Tapi, di tentukan sendiri oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan responden sebanyak 86 siswa. Hasil penelitian diperoleh menunjukan terdapat korelasi yang kuat antara kedua variabel dengan r=0,677, thitung = 8,44. Persamaan regresi yang diperoleh Y=29,87 + 0,715 X dan Fhitung =1,07 dan Ftabel= 1,69. Dan koefisien determinasi diperoleh 45,87%, artinya dukungan keluarga secara signifikan mempengaruhi minat anak dalam berwirausaha pada siswa SMK Strada Koja.
Pemanfaatan Tepung Ampas Kelapa sebagai Sumber Serat Pangan dan Aplikasinya pada Nugget Jamur Tiram Meddiati Fajri Putri
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.295 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar serat pangan nugget jamur tiram yang diaplikasikan dengan penambahan tepung ampas kelapa hasil penelitian, serta besar sumbangan kandungan serat pangan nugget jamur tiram dengan substitusi tepung ampas kelapa. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan Rancangan Acak Lengkap. Dilakukan ulangan pecobaan tiga kali an ulangan analisa tiga kali. Hasil analisa yang dipeoleh kemudian dianalisa secara statistik. Analisa penentuan kadar serat pangan nugget jamur tiram yang diaplikasikan dengan penambahan tepung ampas kelapa hasil penelitian menggunakan Metode Sohxlet (AOAC, 1970). Kandungan serat pangan nugget jamur tiram pada nugget jamur tiram putih dengan penggunaan tepung ampas kelapa 6%per 100g adalah sebesar 2,604g, nugget jamur tiram putih dengan penggunaan kadar serat per 100 gram nugget pada tepung ampas kelapa 10% adalah sebesar 3,644g, dan nugget jamur tiram putih dengan penggunaan terlihat kadar serat per 100 gram tepung ampas kelapa 14% nugget adalah sebesar 4,064g. Sehingga apabila mengkonsumsi nugget seberat 100gram akan dapat memberikan sumbangan serat berkisar antara 2,604-4,064 gram per hari. Artinya sumbangan substitusi jamur tiram terhadap kandungan serat nugget jamur tiram per 100 gram adalah sebesar 2,604- 4,064 gram. Sementara kebutuhan serat pangan yang dianjurkan yaitu 6-15 gram serat kasar per hari.
STUDI KEPUASAN STAKEHOLDER TERHADAP LAYANAN PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Agus Dudung
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.68 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.06

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis Studi Kepuasan Stakeholder terhadap Layanan Pendidikan Program Studi di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Fakutas Teknik UNJ khususnya di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga dan Jurusan Teknik Mesin dengan menggunakan metode penelitian survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multistage sampling dengan jumlah sampel 121 orang. Variabel yang digali dalam penelitian ini adalah kepuasan stakeholder yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empaty. Berdasarkan hasil penelitian indikator tangible menunjukkan bahwa pengggunaan teknologi, berbagai fasilitas pembelajaran serta penampilan dosen dalam pembelajaran sangat baik. Sedangkan fasilitas gedung/bangunan, ruang belajar, kamar mandi, kantin, parkir, ruang sekretariat jurusan, fasilitas perpustakaan serta berbagai materi yang berhubungan dengan pelayanan (informasi) masih menunjukkan hasil yang kurang baik dan masih harus diperbaiki. Untuk indikator reliability menunujukkan bahwa pelayana program studi kepada mahasiswa masih kurang baik. Indikator responsiveness menunjukkan hasil kurang baik dalam pemberian informasi dan pelayanan dosen dan karyawan. Sedangkan dalam pemberian bantuan dosen dan karyawan yang mengalami kesulitan menunjukkan sangat baik. Indikator Assurance diantaranya tentang kompetensi dosen san karyawan menunjukkan sangat baik. Sedangkan untuk kemampuan dosen dan karyawan dalam menjelaskan program studinya menunjukkan kurang baik. Indikator empathy dosen dan karyawan menunjukkan hasil yang kurang baik. Sebaliknya pelayanan bagian administrasi dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa telah dilakukan sesuai dengan jam kerja dilakukan dengan sangat baik.
PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BAGI PEMBELAJARAN Gufron Amirullah; Restu Hardinata
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.249 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.07

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis Android untuk siswa serta mengetahui kualitas produk media pembelajaran mobile learning yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 89,71% dengan kategori Sangat Baik dan penilaian ahli materi sebesar 95,83% dengan kategori Sangat Baik. Uji coba pertama didapatkan hasil kualitas media pembelajaran dengan persentase 85,13% dengan kategori Baik. Uji coba yang kedua dilakukan didapatkan hasil kualitas media pembelajaran dengan persentase 86,91% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis Android layak digunakan sebagai sumber belajar siswa.
Perancangan Program Day Care Berbasis Experiential Learning di Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Nur Mu’jizatin; Yoyoh Jubaedah; Isma Widiaty
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.384 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.08

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya program day care berbasis experiential learning di laboratoruim Prodi PKK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan perancangan program di day care, merancang program day care berbasis experiential learning, melaksanakan expert judgmant, dan menghasilkan program day care berbasis experiential learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE yang telah dimodifikasi oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan, sehingga peneliti hanya melakukan empat tahapan yaitu meliputi Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Sampel penelitian ini terdiri dari penggelola day care dan Ibu bekerja yang memiliki anak usia balita. Program day care yang dirancang terdiri dari profil lembaga,tujuan, komponen penyelenggaraan day care, interaksi dan komunikasi, proses pelaporan, dan pembelajaran berbasis experiential learning. Hasil expert judgmant mengenai program day care berbasis experiential learning berada pada kategori sangat layak. Ketercapaian kriteria tersebut tervalidasi oleh para ahli dan praktisi yang terdiri dari aspek profil lembaga,tujuan, komponen penyelenggaraan day care, interaksi dan komunikasi, proses pelaporan, dan pembelajaran berbasis experiential learning. Rekomendasi untuk pengelola day care agar dapat memfailitasi sarana dan prasarana untuk keberlangsungan program day care. Saran bagi orangtua untuk lebih selektif dalam memilih tempat day care. Bagi peneliti selanjutnya program day care dapat diuji coba dan diimplementasikan, dengan menyesuaikan karakteristik anak usia dini, sarana dan prasarana yang ada di day care. Program pembelajaran berbasis experiential learning dapat diterapkan di lembaga PAUD seperti Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak dan Sekolah PAUD Sejenis sebagai program pembelajaran untuk anak usia dini.
LITERASI ASESMEN IPA Rizkia Suciati; Gufron Amirullah
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 4 No 02 (2017): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.871 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.042.09

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui literasi asesmen dari guru-guru sekolah dasar di Bengkulu. Survei dilakukan terhadap guru sekolah dasar (n = 28) yang berasal dari 22 sekolah dasar dari 5 kecamatan se-kota bengkulu. Responden diminta melengkapi 4 pertanyaan tertutup dan 5 pertanyaan terbuka berkenaan dengan tingkat literasi asesmen, tujuan utama dari asesmen dan pemanfaatan berbagai teknik asesmen, kebutuhan akan pelatihan lanjutan dan cara-cara yang disarankannya untuk meningkatkan literasi asesmen di perguruan tinggi dan pada praktek keguruan (PPL). Sebagian besar responden menilai tingkat kemampuan asesmen mereka relatif baik, meskipun hal itu bertolak belakang dengan pendapat mereka tentang tujuan asesmen. Tujuan sumatif masih mendominasi sebagai tujuan asesmen dalam pembelajaran, sedikit yang berpendapat asesmen dilakukan untuk keperluan formatif (pengembangan) dan diagnostik. Mereka lebih menyukai menggunakan teknik asesmen komunikasi personal dan tes pilihan (responden terbatas), namun bila ada pelatihan teknik asesmen di masa mendatang mereka memilih teknik asesmen observasi. Perguruan tinggi dapat berperan dalam pengembangan literasi asesmen calon guru dan guru, termasuk melalui kerja sama dengan Dinas Pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2017 2017